Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 134540 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Soerjono Soekanto
Bandung: Mandar Maju, 1990
344.041 6 SOE a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Machmud Aziz
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 1984
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kembaren, Abadi
"Apotik adalah salah satu tempat dilakukannya pekerjaan kefarmasian dan penyaluran perbekalan farmasi kepada masyarakat. Apotik baru dapat beroperasi apabila telah memperoleh surat izin apotik atas nama apoteker pengelolanya. Apotik merupakan salah satu tempat dilakukannya pengabdian profesi seorang apoteker selain industri (makanan & minuman, obat tradisional, kosmetika dan alat kesehatan) dan rumah saklt tanggung jawab seorang apoteker dalam melaksanakan tugas profesinya di apotik jauh lebih luas jika dibandingkan dengan tugas profesi di lndustri maupun di rumah sakit, karena meliputi hubungan dengan pasien, dokter dan asisten apoteker. Keberadaan apoteker di Indonesia sama tuanya dengan keberadaan apotik itu sendiri yakni sejak 1862. Pada tahun 1946 didirikan pendidikan tinggi farmasi di Indonesia Peraturan perundang-undangan tentang apotik telah beberapa kali mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan serta tuntutan masyarakat. Di dalam melaksanakan tugas profesinya di apotik seorang apoteker dapat saja terjadi mal praktek yang dikenal dengan istilah amisfiled prescription yaitu semua aspek yang berkaitan dengan kesalahan pada penyiapan obat dengan resep dalam bentuk antara lain salah membaca resep, salah membaca menulis aturan pakal, tertukar dengan resep pasien lain. Tanggung jawab apoteker di apotik dapat meliputi tanggung jawab dari aspek hukum perdata dan aspek etik. Tanggung jawab dari aspek hukum perdata dapat terjadi karena perbuatan melanggar hukUm (PMH) atau karena "wanprestasi dari aspek etik seorang apoteker harus mematuhi etika profesi apoteker di apotik yang telah ditentukan oleh organisasi profesi. Tanggung jawab apoteker dalam melaksanakan profesinya di apotik adalah tanggung jawab mandiri dan hubungannya dengan pasien adalah bersifat "resultaat verbintenis", yakni suatu hubungan hukum yang didasarkan pada suatu hasil kerja. Namun demikian perlindungan hukum bagi apoteker dalam melaksanakan tugas profesinya di apotik adalah menjadi penting, sehingga apoteker memperoleh kepastian dan ketenangan dalam melaksanakan tugasnya hal mana akan terjadi apabila apoteker telah tidak melakukan malpraktek, perbuatan melanggar hukum ataupun wanprestasi. Perlindungan hukum bagi apoteker dalam melaksanakan tugas profesinya dl apotik dimaksudkan untuk menciptakan keseimbangan hak dan kewajiban antara pasien dan apoteker. Studi ini dilakukan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2003
S21098
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meutia Prima Dara
"ABSTRAK
Saat ini Ikatan Dokter Indonesia (IDI) kembali mengembangkan pelayanan dokter
keluarga. Walaupun sudah berkali-kali dicoba untuk dikembangkan, tetap saja
pelayanan dokter keluarga belum dikenal masyarakat sampai saat ini. Hal ini
menyebabkan timbul dugaan bahwa pelayanan dokter keluarga tidak sesuai dengan
harapan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. Apalagi kehidupan di kota
besar dimana individu tidak terbiasa membina komunikasi secara mendalam, sangat
mementingkan privacy dan tidak ingin orang lain mengetahui masalah pribadi
(Milgram dalam Pines dan Maslach, 1993) dianggap tidak mendulcung pelayanan
dokter keluarga.
Penelitian ini mencoba menggambarkan rnengenai harapan masyarakat Jakarta
terhadap pelayanan kesehatan yang sesuai dengan pelayanan dokter keluarga, dan
selanjutnya mengggambarkan karakteristik mana dalam pelayanan dokter keluarga
yang dianggap paling sesuai dengan harapan masyarakat terhadap pelayanan
kesehatan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam
memasyarakatkan pelayanan dokter keluarga.
Sampel penelitian ini adalah 98 orang pengguna jasa pelayanan kesehatan di
Jakarta, yang diperoleh melalui tehnik accidental sampling (Guilford & Fruchter,
1987). Alat yang digunakan yaitu kuesioner yang mengukur harapan terhadap
pelayanan kesehatan yang sesuai dengan pelayanan dokter keluarga. Perhitungan
statistik dilakukan dengan mencari skor total, persentase dan chi-kuadrat.
Berdasarkan skor totalnya, responden dibagi dalam kelompok responden yang
memiliki kesesuaian harapan yang rendah, sedang dan tinggi.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa harapan masyarakat terhadap pelayanan
kesehatan yang sesuai dengan pelayanan dokter keluarga adalah tinggi. Adapun karakteristik pelayanan dokter keluarga yang dianggap paling sesuai dengan
harapan masyarakat adalah pelayanan yang bersifat manusiawi.
Hal ini dapat menjadi masukan bagi pihak IDI yang sedang mengembangkan
pelayanan dokter keluarga. Diperkirakan pelayanan dokter keluarga dapat berhasil
karena karakteristik pelayanannya sesuai dengan harapan masyarakat. Bila ingin
mengenalkan pelayanan dokter keluarga disarankan untuk menekankan pada
karakteristik pelayanan yang bersifat manusiawi."
1998
S2496
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Lumenta, Benyamin
Yogyakarta: Kanisius, 1989
362.1 BEN p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nurhayani Purwitasari. author
"Pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang bertujuan untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut diselenggarakan upaya-upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh dan terpadu. Apotik merupakan salah satu sarana penting dalam menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat, yaitu dalam hal pengadaan obat serta tempat pelayanan kesehatan yang langsung berhubungan dengan masyarakat. Dewasa ini apotik banyak didirikan antara apoteker dengan pihak swasta, hal ini dilatarbelakangi oleh besarnya modal yang diperlukan dalam mendirikan usaha apotik. Dalam hal ini peran pihak swasta adalah sebagai pemilik modal yang membiayai seluruh kegiatan kefarmasian apotik. Akan tetapi jika kita telaah kembali ternyata kedua belah pihak yang terikat dalam perjanjian ini mempunyai latar belakang kepentingan yang berbeda. Pihak swasta lebih berorientasi pada bisnis, sedangkan apoteker sendiri terikat pada kode etik yang tentunya berorientasi pada masyarakat. Berbedaan ini tentunya sangat berpengaruh terhadap fungsi sosial sebuah apotik. Dalam pelaksanaannya, hal ini tentunya banyak menimbulkan konflik, akan tetapi, kesadaran dan pengertian kedua belah pihak yang mengadakan perjanjian, akan fungsi sosial apotik sangatlah diperlukan, sehingga konflik ini dapat diatasi. Dengan demikian adanya kerjasama ini diharapkan dapat lebih meningkatkan sarana pelayanan kesehatan masyarakat, khususnya dalam hal penyaluran obat, sesuai dengan tujuan pembangunan nasional di bidang kesehatan."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 1996
S20689
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurmaulid
"Ibu yang mengalami penyulit persalinan memerlukan asuhan keperawatan psikososial yang akan mengatasi masalah-masalah psikososial yang akhirnya memperlancar persalinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman dan harapan terhadap pelayanan keperawatan psikososial pada ibu yang pernah mengalami kesulitan persalinan di Makassar. Sampel sebanyak tujuh orang dipilih dengan purposive sampling. Analisa data menggunakan langkah analisa Collaizi.
Hasil penelitian dikelompokkan menjadi: pengalaman merasakan keluhan fisik dan keluhan psikologis saat kesulitan persalinan, upaya mengatasi keluhan, respon keluarga saat kesulitan persalinan, pengalaman dan persepsi memperoleh pelayanan fisik dan pelayanan psikososial saat kesulitan persalinan, harapan terhadap pelayanan keperawatan psikososial saat kesulitan persalinan. Perlu di tingkatkan lagi variasi pelayanan psikososial pada ibu bersalin saat mengalami kesulitan persalinan, sehingga dampak keluhan hanya dirasakan dalam batasan minimal.

Women in difficulty delivery process need a psychosocial nursing care in order to reduce their stress that in turn will affect the delivery process. The aim of this study is to identify the experience and expectation of psychosocial nursing care in women who have experienced childbirth difficulties in Makassar. Seven women who participated in this research are selected by purposive sampling. Data are analyzed using Collaizi method.
Result are grouped into physical and psychological complaints during childbirth difficulties, effort to overcome complaint, family responses during childbirth difficulties, experience and perception of physical and psychosocial nursing care during childbirth difficulties, and expectation of psychosocial nursing care during childbirth difficulties. Variation of psychosocial nursing care is needed, in order to minimize the impact of childbirth difficulties.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2010
T41467
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Camelia
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2006
S10407
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>