Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 79333 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 1996
R 930.598 SEJ
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta : Perpustakaan Nasional RI, 1996
930.095 98 SEJ
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Jenny Novita M.A.
"Penelitian tentang sejarah berdirinya Perpustakaan Naslonal RI bertujuan untuk memberikan gambaran sejarah berdirinya Perpustakaan Nasional RI sejak munculnya konsep tentang perpustakaan nasional pada periode 1950-an sampai berdirinya Perpustakaan Nasional RI pada tahun 1989. Pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur sumber-sumber primer dan sekunder yang dapat diperoleh sesuai dengan judul penelitian, dan wawancara terhadap beberapa pelaku sejarah untuk melengkapi data yang diperoleh dari sumber tertulis. Penelitian ini bermanfaat untuk memberikan gambaran mengenai sejarah berdirinya Perpustakaan Nasional RI, mulai dari munculnya konsep tentang perpustakaan naaional pada periode 1950-an sampai berdirinya Perpustakaan Nasional. R.I. pada tahun 1989. Selain itu penelitian ini juga bermaufaat sebagai sumbangan terhadap kajian sejarah perpuatakaan di Indonesia, khususnya mengenai Perpustakaan Nasional RI Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa berdirinya Perpustakaan Nasional R.I. didukung oleh faktor-faktor: (1) Kabinet Pemerintahan yang relatif stabil sehingga kegiatan pembangunan dapat dilakukan (2) Meningkatnya perekonomian negara sehingga memungkinkan tersedianya dana untuk membiayai pembangunan, termasuk pembangunan di bidang perpustakaan (3) Desakan para pustakawan kepada Pemerintah agar segera merealisasikan pembentukan Perpustakaan Nasional (4) Saran dan rekomendasi dari konsultan perpustakaan kepada Pemerintah untuk mem_bangun sistem nasional perpustakaan dan Perpustakan Nasional (5) Hubungan kekerabatan dan hubungan pribadi Mastimi dengan Ibu Tien (Alm) selaku Ibu Negara saat itu, yang mempercepat didirikannya Perpustakaan Nasional."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1998
S15506
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Perpustakaan Nasional, 1995
027.598 PER
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Perpustakaan Nasioanal RI, 2000
899.221 KIS
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 1999
R 133.3 PRI
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
[Place of publication not identified]: Perpustakaan Nasional RI, [Date of publication not identified]
398.216 IND k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta : Perpusnas RI, 1998
297.5 AJA
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Lucya Dhamayanti
"Perpustakaan Nasional RI sebagai perpustakaan rujukan melakukan berbagai jenis layanan, seperti Pemberian Informasi Umurn, Penyediaan Informasi Khusus, Bantuan Penelusuran Literatur, Bantuan Penggunaan Katalog dan Bantuan Penggunaan Buku Rujukan. Penelitian ini dilakukan pada salah satu kelompok kerja yang melakukan rujukan yang paling intensif yaitu kelompok Layanan Katalog dan Rujukan. Petugas layanan pada kelompok tersebut cukup sering berinteraksi dengan pemakai perpustakaan Tujuan penelitian adalah memahami manajemen layanan rujukan melalui interaksi antara petugas layanan dan pemakai perpustakaan.
Interaksi antara petugas layanan dan pemakai perpustakaan merupakan masalah yang bersifat alamiah, kompeks dan selalu berkembang. Oleh karena itu metode yang digunakan adalah kualitatif dengan studi kasus dan pendekatan intrepretatif. Data, dalam penelitian ini diperoleh melalui pengamatan, wawancara dan kajian dokumen.
Berkaitan dengan hal tersebut di atas dapat direkomendasikan hal-hal sebagai berikut: Perlu adanya peningkatan sumber daya manusia, kajian terhadap minat petugas layanan dalam melakukan pekerjaan, peninjauan jumlah personil serta penyempurnaan tata letak dan fasilitas layanan. Dalam interaksi antara petugas layanan dan pemakai perpustakaan, kita dapat memahami manajemen layanan rujukan, prilaku petugas layanan dan komunikasi yang berpola. Manajemen layanan rujukan yang terlihat berkaitan dangan sumber daya manusia, fasilitas layanan, pembagian kerja dan prosedur layanan. Perilaku petugas layanan ketika melayani terlihat tidak sama bergantung kesibukan petugas. Komunikasi yang berpola merupakan akibat dari tata letak dan kemampuan petugas layanan.

The National Library of Indonesia as reference library provides general and special information; reader's advisory; searching, catalogue and reference book assistance. The catalogue and reference services team was chosen as field research because it is the most intensive team which is give reference services to the patrons. Within the field, there are much interactions between the librarians and the patrons. The aim of the research is to understand library management through the interaction between the librarians and the patrons.
The interaction is natural and changeable so that the qualitative methode, case study and interpretative approach were chosen. The data gathering techniques were observation, interview and document study. Through the interaction, it is could understand reference services management, librarian behavior and communication patterns. In this case, references services management is dealing with man power, service facilities, job description and service procedure. Librarian behavior depends on how many jobs they do. Communication pattern is influenced by service facilities lay out and the reference services competency of the librarians.
Base on the research, it is could recommend as follows: it should developed human resources, study on librarians interest and the ammount of reference librarian, relocate and add library facilities."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2004
T11587
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>