Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 61367 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Hendro Sewoyo, Author
"Situs Trowulan dikenal sebagai satu-satunya situs kota (town site, city site atau urban site) masa klasik yang ditemukan di Indonesia. Sebagai warisan budaya, situs yang diduga bekas pusat kerajaan Majapahit tersebut keberadaannya amat penting dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat. Oleh karena itu, pelestarian merupakan sesuatu yang penting. Namun demikian, langkah-langkah pelestarian yang telah dilakukan oleh pemerintah, belum membuahkan hasil yang maksimal, bahkan terdapat kecenderungan semakin kalah berpacu dengan peningkatan keterancaman. Salah satu faktor yang sering ditunjuk sebagai penyebab peningkatan keterancaman tinggalan arkeologi adalah masyarakat (penduduk lokal). Hal ini terkait dengan kenyataan adanya kecenderungan jumlah industri bata rakyat yang semakin meningkat dengan areal yang.meluas. Selain itu, posisi kawasan situs berada pada jalur ekonomi yang cukuprramai, telah memberi kesempatan tumbuhnya tempat-tempat usaha yang, menyediakan berbagai kebutuhan pergerakan (mobilitas) manusia dan barang. Tempat-tempat tersebut juga telah merambah daerah-daerah yang masih mengandung lapisan budaya Majapahit. Meskipun terdapat berbagai peraturan serta kebijakan, namun tidak cukup memberikan perlindungan bagi situs dan tinggalan arkeologi yang ada. Situasi tersebut telah memberikan pemahaman, bahwa pelestarian tinggalan arkeologi di kawasan situs Trowulan tidak hanya menyangkut masalah teknis penerapan teknologi konservasi ataupun aspek peraturan (legal) dan kebijakan. Masalah pelestarian juga telah mencakup aspek masyarakat (penduduk). Pelestarian adalah juga upaya memberi makna baru dalam masyarakat yang pluralistik. Oleh sebab itu, upaya pelestarian memerlukan keterpaduan berbagai pendekatan dalam suatu kerangka sistem manajemen, sehingga memungkinkan untuk mengakomodasikan kepentingan berbagai pihak (kelompok) termasuk generasi yang akan datang. Kajian ini berupaya memahami tiga aspek penting tersebut, yaitu aspek tinggalan arkeologi, peraturan dan kebijakan, dan masyarakat dalam suatu proses pelestarian"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2006
T38088
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dakhlan Choeron
"Penelitian Sistem Informasi Manajemen Klinik Gumayun di Kabupaten Tegal dengan Berbasis Web, dilatarbelakangi adanya ketidaksesuaian laporan kegiatan serta laporan keuangan di Klinik Gumayun. Tujuan penelitian adalah sistem informasi manajemen untuk pelayanan kesehatan di klinik Gumayun. Variabel penelitian ini adalah pada aspek ketersediaan data dan informasi, relevansi data dan informasi, kecepatan laporan dan akurasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi di klinik Gumayun sebelum pengembangan sistem belum dapat menghasilkan informasi secara mudah, tepat waktu, akurat dan relevan. Dengan demikian diharapkan pengembangan sistem informasi manajemen dapat meningkatkan kualitas data dan informasi di Klinik Gumayun. Kesimpulanya adalah sistem informasi yang terkomputerisasi dapat memudahkan pencatatan dan pelaporan distribusi obat, laporan kunjungan pasien dan juga laporan keuangan serta dapat memberikan informasi kepada masyarakat. Saran yang dapat diberikan adalah perlu adanya petugas yang bertanggung jawab untuk memelihara dan mengembangkan sistem, petugas klinik yang ada dapat dimanfaatkan pada masing - masing ruang pelayanan sesuai dengan tugas dan fungsinya,.Selain itu, sistem informasi manajemen ini dalam implementasi kedepan, masih dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan diharapkan dapat diintegrasikan terhadap pelaporan dari klinik swasta ke instansi pemerintah seperti Puskesmas dan Dinas Kesehatan.

Clinical Research Management Information System Gumayun in Tegal district based on web highlighted with in order to avoiding the discrepancy of the activity reports and financial reports at that clinic. The purpose of this research is to develop a management information system for health care services in the clinic. The variables of this research based on the aspects of the availability of data and information, the relevance of data and information, the speed of report and also the accuracy of data. The results of this research showed that the information system at the Gumayun clinic before the development of the system has not been able to generate information in an easy, timely, accurate and relevance. Hopefully, by the development of the management information system will improve the quality of data and information at the Gumayun clinic from the element of convenience, timeliness, accuracy, and relevancy. The conclusion of this research is by using the computerized information system services that can establish it easier to recording and reporting of the drug distribution, reporting patiens and also on the report about financial results and information to many people. Advice that can be given is to deploy the system into the services at the clinic activities at the Gumayun clinic, and also it needs the health care personnel who can be responsible for maintaining and developing the system so that when the system is needed, the system can be used easily. The existing clinic personnel can be utilized on every services area based on the function. In addition, the management information system in the implementation of the future, they can be developed according to the needs and are expected to be integrated to the reporting of private clinics to health centers and government agencies such as the Department of Health.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas indonesia, 2014
T41681
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Saepul Anwar
"Peningkatan persaingan dan kunjungan di situs web e-commerce shopping mall di Indonesia perlu disertai dengan meningkatkan strategi Customer Relationship Management CRM . Strategi yang bisa digunakan adalah peningkatan kualitas pelayanan, hal ini bisa di implementasikan melalui penyusunan sistem rekomendasi produk di situs web e-commerce tersebut. Untuk menyusun sistem tersebut, penggalian pola asosiasi produk dilakukan dengan memanfaatkan data web log yang berisi data navigasi dan pola kebiasaan pelanggan. Hal tersebut diakomodasi oleh metode web usage mining yaitu association rules. Algoritma yang digunakan adalah algoritma yang memberikan input asosiasi berdasarkan frekuensi item, yakni algoritma Apriori. Untuk menguji dan menyeleksi pola yang dihasilkan, objective interestingness measure dilakukan dan menghasilkan 25 luaran pola asosiasi.

An increasing of competition and visitors on e commerce shopping mall websites in Indonesia, need to be accompanied by improving Customer Relationship Management strategy. A strategy that can be used is improving the quality of services, it can be implemented through the preparation of product recommendation system on the e commerce website. To compile the system, pattern recognition of product association is conducted by utilizing weblog data which contains navigation data and customer behavior pattern. It is accommodated by web usage mining method that is association rules. The algorithm applied is an algorithm that provides input association based on item frequency, i.e Apriori algorithm. To test and select the resulting pattern, objective interestingness measure was performed and yields 25 outcomes of the association pattern."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67205
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Situs web sangat kompleks dengan beragam isi dan dinamis karena selalu menampilkan informasi terbaru. Kompleksitas situs web akan bertambah saat situs web tersebut harus dimodifikasi untuk menambahkan halaman-halaman baru dan fitur-fitur baru sesuai permintaan pengunjung. Untuk menghindari kompleksitas tersebut, perlu diciptakan sebuah aplikasi berbasis web yang dapat digunakan untuk mengelola seluruh sumber daya situs web. Aplikasi ini dikenal dengan sistem manajemen isi (content management system). Makalah ini membagikan pengalaman penulis dalam mengembangkan sistem manajemen isi pada PT X yang dinamai dengan xCMS. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah ICONIX Process. Metode ICONIX Process menggunakan Unified Modeling Language (UML) sebagai notasi utama untuk mengambarkan dan mendokumentasikan sistem yang dibangun. Makalah ini menguraikan secara garis besar aktifitas-aktifitas dan artefak-artefak yang dihasilkan pada setiap fase pengembangan. Hasil akhir adalah sebuah prototipe aplikasi manajemen isi aplikasi web yang diberi nama xCMS."
Fakultas llmu Komputer UI, 2008
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Yulianta, Author
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2003
T40379
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purwani Istiana
"Evaluasi didefinisikan sebagai proses sistematis untuk menentukan kegunaan, manfaat, nilai dan harga diri sesuatu. Dalam perpustakaan digital evaluasi berarti proses untuk menentukan apakah maksud dan tujuan dari perpustakaan digital dapat tercapai. TLA merupakan salah satu cara untuk mengetahui secara menyeluruh bagaimana pengguna menggunakan perpustakaan digital. Sistem transaction logging bisasanya merupakan sebuah fitur otomasi perpustakaan yang dapat digolongkan dalam dua kategori: 1) sistem yang menghitung transaksi yang mereka lakukan dan 2) sistem yang menyimpan teks hasil transaksi. Selain mengevaluasi menggunakan transaction log analysis (TLA) online survey dapat juga dijadikan komplemen pada penggunaan suatu website atau situs. TLA dapat merekam perilaku pengguna pada saat online dan survey adapat merekam motivasi, tujuan, sikap dan tingkat kepuasan. Dengan mengkombinasikan TLA dan online survey pencatatan akan lebih komprehensif. Dengan menghimpun data dengan pencatatan diharapkan dapat membantu kita mengetahui apa pengguna perpustakaan digital lakukan di perpustakaan kita, dan kemudian dapat membuat kebijakan bagaimana mempertemukan kebutuhan pengguna dengan meningkatkan kualitas pencarian dengan memperbaiki setiap interface pada sistem kita. TLA akan sangat berguna bila digunakan untuk mengkaji perilaku pengguna perpustakaan digital atau situs yang kita punya. Dari pencatatan tersebut kita dapat mengevaluasi perpustakaan digital atau situs yang kita miliki dengan mengetahui dari pencatatan tersebut, siapa pengguna kita, informasi apa yang pengguna butuhkan, bagaimana perilaku pencarian pengguna, mengapa pengguna memerlukan informasi tersebut."
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2011
020 VIS 13:3 (2011)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmaddhani
"Saat ini Teknologi informasi semakin menjadi alat yang penting bagi para individu, institusi/organisasi bahkan bai negara untuk membuat, menyimpan, menganalisa dan menggunakan informasi. E-government memungkinkan pemanfaatan Teknologi Informasi yang seoptimal mungkin dalam membantu pemerintahan dalam meberikan pelayanan kepada publik. E-government didefinisikan sebagai penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mendorong pemerintahan yang efisien dan efektif, menfasilitasi kemudahan akses publik ke layanan pemerintah, dan memungkinkan akses ke informasi yang lebih besar kepada publik, serta membuat pemerintahan yang lebih transparan. Berkaitan dengan penyampaian pelayanan pemerintahan yang lebih transparan. Berkaitan dengan penyampaian pelayanan pemerintahan dan penyampaian informasi ke publik dengan media elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan posisi di antara situs web pemerintah daerah di Indonesia dengan berdasarkan metode social network analysis. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi untuk penyempurnaan penerapan E-governement di Indonesia.

Currently, information technology becomes increasingly important tool for the individual, institution / organization even for countries to create, store, analyze and use information. E-government allows the use of Information Technology optimally may help in the government in providing services to the public. E-government is defined as the use of information and communication technology (ICT) to encourage the efficient and effective, facilitating ease of access to government services, access to information allows a larger public the morning, and make government more responsible against citizens. In connection with the delivery of government services and information to the public with electronic media.This study aims to determine the role and position of the web sites of local governments on Indonesia with a method based on social network analysis. This research is expected to contribute to the implementation of E-Government di Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2009
T847
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Priyo Raharjo
"Creating a university librarys website needs to pay attention to usability aspect as a key of success and also as a user requirement for a website existence. The purpose of this research is to identify and analyze what problem would user facing and also giving a recommendation for maintenance in websites interface to become more user-friendly. In this research, we did usability test to Universitas Mercu Buana librarys website using cognitive walkthrough method. A Cognitive walkthrough is a method to test usability where tester does series of task scenario to reach its goal. Usability test component covers effectiveness and efficiency. The result of this testing shows that the rate of finished task scenario from respondent are 90%. The Margin of error in this task scenario are from downloading from ProQuest database article. The average time for respondent completes all the task scenario is 680 seconds. The problem that users facing when using the website are finding book title, downloading thesis, finding journal title, finding article title, and downloading article from ProQuest database. the improvement this website need are adding the new search filter for ProQuest database article, the search box should be on every web pages, collection availability status should be showing in the search result without clicking title or call number, and term naming should be relevant to the content."
Bogor: Perpustakaan IPB, 2016
020 JPI 15:1-2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Kemala Hayati
"Sebagai bagian dari perencanaan dan pembangunan suatu negara, tingkat perkembangan infrastruktur sepanjang tahun cenderung meningkat. Industri konstruksi merupakan suatu sektor yang berfungsi dalam memenuhi kebutuhan tersebut, sementara industri konstruksi merupakan sektor yang sangat rentan terhadap perubahan dalam pelaksanaannya, dimana sebagian besar mengarah pada timbulnya klaim. Saat hal ini terjadi, kemampuan para pihak yang terlibat dalam proyek dalam mengelola klaim secara tepat menjadi sangat penting agar tidak menjadi sengketa yang akan berpengaruh pada proyek (time and cost overrun).
Penelitian ini bertujuan mengembangkan suatu sistem manajemen klaim yang terintegrasi dan terinovasi berbasis sistem informasi yang dapat di gunakan oleh praktisi guna menjalankan fungsi dalam manajemen klaim. Pengembangan sistem ini diawali dengan melakukan beberapa penelitian (reseacrh question) yang terdiri dari identifikasi risiko dan tindakan preventif, strategi manajemen kontrak, administrasi dan dokumentasi klaim, serta proses resolusi ditingkat arbitrase dan litigasi.
Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode analisa uji homogenitas, uji validitas, uji reliabilitas, analisa deskriptif, chi square, analisa relative importance index (RII), dan analisa ISM (Interpretative Struktural Model) dengan hasil berupa SOP, instruksi kerja dan checklist. Hasil penelitian kemudian dikembangkan menjadi suatu sistem informasi berbasis Web dengan jenis EIS (executive information system) dengan menggunakan metode Rapid Applications Development (RAD), pemograman menggunakan HTML dan PHP serta MySQL sebagai database servernya.
Prototipe yang telah siap kemudian diuji kinerjanya dari aspek fungsional, efisiensi, kompatibilitas, usability dan security. Sistem informasi manajemen klaim berbasis Web ini dapat digunakan oleh para pelaku industri konstruksi khususnya pada kontrak design build sebagai suatu mekanisme informasi dan guidance untuk mengambil keputusan dalam melaksanakan manajemen klaim dari sebelum terjadinya klaim, saat terjadinya sampai sudah menjadi sengketa konstruksi.

As part of a country development plan, the rate of need for physical infrastructures of the country is increasing throughout the year. In this regard, construction industry is the sector that serves, hence feeds the need. Whilst, the industry itself is a service sector with probability of changes in its implementation considered soaring that mostly led to claims. At this point, capability of the parties involved in a project to properly manage the claims is compromised. Fails to settle the claims mean disputes to occur, thus jeopardize the project implementation such in costs and time overrun.
This research aims to develop an innovative and integrated management of claims with its guideline that is based on information system on the web. The study started with questions leading to identification of risks and its preventive actions, contract management strategies, administration and claim documentation models, and resolution processes at the arbitration and litigation level.
Various methods and analysis applied in this research in order to test the findings, i.e. homogeneity test analysis, validity and reliability tests, descriptive analysis, chi square, Relative Importance Index analysis (RII), Interpretive Structural Modeling (ISM) that is framing the Standard Operating Procedure (SOP), and task instructions and its checklist. Moreover, the results exercised with Rapid Applications Development (RAD) method in order to configure a web-based Executive Information System (EIS). In developing the system, HTML and PHP programming were deployed, whereas MySQL engaged as its server database.
Furthermore, the system prototype is tested for its performance, thus to be fitted with such aspects of its functionality, efficiency, compatibility, usability, and security. The developed Web-based Claim Management System is hence strongly suggested to be used in the construction industry, especially for projects with design-build contract. The system shall serve as guidance in an advance mechanism for decision making, hence improving the whole management cycle of claims; even when it turns to dispute.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
D2607
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>