Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 58204 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Ali Azhar
"Penelitian ini bertujuan untuk menentukan variabel keputusan, fungsi tujuan, alternatif prioritas dan fungsi pencapaian dalam perencanaan investasi. Dari komponen optimasi tersebut dapat diperoleh model optimasi perencanaan investasi galangan kapal. Model yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah optimasi perencanaan investasi galangan kapal dengan pendekatan programasi tujuan ganda. Model terdiri atas 5 variabel keputusan, 11 fungsi tujuan, 2 alternatif prioritas dan 11 fungsi pencapaian. Implementasi model dilakukan terhadap rencana investasi galangan kapal PT ASSI. Perhitungan dengan menggunakan program Quantitative System 3.0 dan diperoleh besarnya parameter variabel keputusan untuk beberapa alternatif. Alternatif pertama dengan prioritas tujuan yang mempunyai bobot sama dan alternatif kedua dengan prioritas tujuan yang mempunyai bobot berbeda.

Optimation model of planning investment dockyard with approach multi objective goal programming. The purpose of this research is to determine decision variable, goal function, alternative priority and achievement function in investment planning. From this optimation component, the model of ship yard investment planning could be achieved. The model of developed model in this research was the optimation of ship yard investment planning using multi objective goal programming approach. The model consist of 5 decision variable, 11 goal function, 2 alternative priority and 11 achievement functions. The model implementation was done toward PT ASSI investment planning. The calculation using from Quantitative System 3.0 was that the quantity of decision variable parameters could be achieved. The first alternative was based on the difference goal priority, and the second alternative based on similiar goal priority."
Depok: Lembaga Penelitian Universitas Indonesia, 2002
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Wattimena, Bobby Agustiara Tamaela
"Perencanaan pengembangan kapasitas pernbangkitan tenaga listrik dalam suatu sistem ketenagalistrikan umumnya menggunakan pendekatan optimisasi dengan fungsi tujuan tunggal berupa minimisasi biaya total pembangkitan yang meliputi biaya investasi pembangkit baru, biaya operasi dan perawatan serta biaya bahan bakar. Pendekatan yang digunakan tersebut memiliki beberapa kelemahan antara lain bahwa perencanaan ketenagalistrikan pada umumnya menghadapi berbagai kriteria, dimana kriteria-kriteria tersebut saling bertolak belakang.
Untuk mengetahui bagaimana interaksi kriteria-kriteria tersebut terhadap optimisasi yang dilakukan maka pendekatan yang dapat digunakan adalah optimisasi dengan menggunakan kriteria ganda. Melalui pendekatan ini berbagai kriteria akan diperhitungkan berdasarkan bobot prioritas yang diberikan oleh pengambil keputusan. Hasil optimisasi yang didapat merupakan solusi Pareto optimal, yaitu nilai optimal berdasarkan suatu kriteria belum tentu merupakan nilai optimal kriteria lainnya. Dengan kata lain terjadi suatu trade-off antara berbagai kriteria yang digunakan.
Penelitian ini menggunakan metoda optimisasi dengan kriteria ganda untuk melihat trade-off antara kriteria minimisasi total biaya produksi dengan kriteria minimisasi biaya emisi gas CO2 dalam pengembangan kapasitas pembangkitan di sistem ketenagalistrikan Jawa-Madura-Bali (JAMALI). Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa total biaya pengembangan kapasitas ketenagalistrikan akan berubah sesuai dengan pemberian bobot kepada masing-masing kriteria yang digunakan. Pembobotan yang paling tinggi kepada kriteria minimisasi biaya emisi gas CO2 akan menyebabkan total biaya pembangkitan sistem mencapai US$ 242,6 juta, sedangkan pemberian bobot tertinggi kepada kriteria minimisasi biaya produksi akan menyebabkan total biaya sistem menjadi US$ 199 juta. Perbedaan yang cukup besar ini karena pembobotan pada kasus pertama akan menyebabkan terpilihnya teknologi pembangkitan yang ramah lingkungan namun memiliki biaya investasi yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi konvensional.
"
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T20410
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nanang Iskandar
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S36016
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hendra Sudjaka
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1991
S35883
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kainalu Malik Santoso
"Galangan kapal memiliki peran penting dalam mendukung industri maritim dan memberikan dampak signifikan pada perekonomian suatu negara. Dalam operasionalnya, tata letak fasilitas galangan sangat berpengaruh terhadap produktivitas dan biaya produksi. Material handling cost merupakan komponen utama dalam perencanaan tata letak fasilitas, mencakup 30%-70% dari biaya produksi total. Optimasi tata letak galangan kapal menjadi sangat penting untuk mengurangi biaya ini dan meningkatkan produktivitas, terutama dengan mempertimbangkan perkembangan ukuran kapal dan penggunaan material berat. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan tata letak galangan kapal yang optimal dengan meminimalisir material handling cost menggunakan dua metode: Brute dan Simulated Annealing (SA). Metode SA merupakan algoritma optimasi yang memanfaatkan probabilitas dan mekanika statistik untuk mencapai solusi optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SA lebih efektif dan efisien dibandingkan metode Brute dalam mengurangi material handling cost, dengan penurunan yang lebih signifikan dan proses yang lebih stabil. Implementasi kedua metode menggunakan bahasa Python dalam Visual Studio Code membuktikan bahwa metode SA dapat mencapai pengurangan material handling cost yang lebih besar, sehingga memberikan solusi tata letak galangan yang lebih optimal dan sistematis.

Shipyards play a crucial role in supporting the maritime industry and have a significant impact on a country's economy. The layout of shipyard facilities is essential for optimizing productivity and reducing production costs. Material handling cost is a major component of facility layout planning, accounting for 30%-70% of total production costs. Optimizing shipyard layouts is vital for reducing these costs and enhancing productivity, particularly given the increasing size of ships and the use of heavy materials. This research aims to achieve an optimal shipyard layout by minimizing material handling costs using two methods: Brute and Simulated Annealing (SA). SA is an optimization algorithm that leverages probability and statistical mechanics to reach an optimal solution. The study's findings indicate that SA is more effective and efficient than the Brute method in reducing material handling costs, with more significant reductions and a more stable process. The implementation of both methods using Python in Visual Studio Code demonstrates that SA can achieve greater reductions in material handling costs, thus providing a more optimal and systematic shipyard layout solution."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sidebang, Verdi Benediktus H.
"Jalur perdagangan dunia sebagian besar dilakukan menggunakan transportasi laut, yang memicu peningkatan permintaan kapal yang siap untuk berlayar. Keadaan ini menuntut galangan untuk mampu bekerja maksimal dalam membangun kapal. Namun, terdapat masalah yang dihadapi dalam proses manufaktur kapal di lapangan. Masalah tersebut adalah tingginya material handling cost karena kebanyakan tata letak galangan kapal dibuat berdasarkan pengalaman dan pengetahuan para ahli saja. Pemanfaatan teknologi sudah seharusnya digunakan untuk meminimalkan material handling cost dan menghasilkan tata letak galangan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan metode baru dalam menentukan desain galangan kapal dengan bantuan algoritma pemrograman. Metode penelitian ini menggunakan simulasi software dan analisis numerik. Simulasi software dilakukan menggunakan phyton dan microsoft excel sebagai data input. Analisis numerik dilakukan menggunakan algoritma genetika untuk membuat aturan dan batasan dalam pemrograman penelitian ini. Penurunan material handling cost dianalisis melalui jarak antar bangunan di galangan dan kuantitas perpindahan material antar bangunan. Berdasarkan hasil penelitian ini, algoritma genetika dapat menurunkan nilai material handling cost tanpa mempengaruhi alur produksi kapal di galangan.

The world trade path is mostly using sea transportation which triggers an increase in the demand for ships ready for sailing. This situation demands the shipyard to be able to work optimally in building ships. However, there are problems encountered in the ship manufacturing process in the field. The problem is the high material handling cost because most of the shipyard layout is designed based on the experience and knowledge of experts. Utilization of technology is already supposed to be used to minimize material handling cost and produce optimal shipyard layout. The study aims to demonstrate a new method of determining shipbuilding design with the help of programming algorithms. This method of study uses software simulations and numerical analysis. Simulated software is done using Python and Microsoft Excel as the input data. Numerical analysis is done using a genetic algorithm to create rules and constraints in this research programming. The decrease in a material handling cost is analyzed through the distance between departments in the shipyard and quantity of material displacement between departments. Looking at the results of this study, the genetic algorithm can reduce material handling cost without affecting the vessel production flow in the shipyard."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Budi Santoso
"Naiknya harga baja di dunia yang disebabkan oleh krisis global, sangat membebani perusahaan galangan kapal. Untuk itu penggunaan baja harus dikurangi seminimal mungkin. Salah satu caranya adalah dengan melakukan optimasi koefisien blok kapal. Optimasi koefisien blok dapat dilakukan untuk semua jenis kapal. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari ukuran utama kapal yang optimal dan meminimalisir biaya pengadaan pada proses pembuatan kapal. Data diambil dari PT. Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero), yaitu kapal yang sudah dibangun dengan tipe cargo semi container. Untuk mempermudah dalam pengolahan data maka peneliti menggunakan bantuan software maxsurf.
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa daerah optimal berada pada varian 3. Dengan selisih total biaya pengadaan sebesar Rp 1,024 milyar, hal ini membuktikan bahwa bertambahnya koefisien blok kapal akan berakibat bertambahnya hambatan kapal sehingga bertambah pula biaya pengadaan instalasi tenaga penggerak. Sedangkan dampak pada biaya pengadaan baja semakin berkurang, hal ini dikarenakan dengan koefisien blok yang besar tingkat kerumitan dalam pembangunan semakin berkurang.

World crisis effects the development of steel rate. It impedes the business of ship building. Therefore, the usage of steel must be decreased. The alternative way is by optimizing the block coefficient of ship. It can be done by all variants. The goal of this research is to find out the main calculation of ship optimally. The data is taken from PT. Dok and Perkapalan Kodja Bahari (Persero) that the ship has established by the type of cargo with semi container design. The writer uses the maxsurf software in order to easier the writer in analyzing the data.
The result of this research proves that the optimal area appears in 3rd variant. The difference result can be seen from the cost provided with the amount of 1.024 million rupiah. It proves the increasing the block coefficient of ship that causes the increasing of resistance. Therefore, it causes the increasing of the installation cost provided in main spring. In contrast, the effect of the steel cost provided is getting decrease.. It is because the high degree of block complexity in establishing is also getting decrease.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51000
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Budi Adinugraha
"Di era persaingan pasar global dan tidak stabilnya harga material, industri perkapalan nasional harus memiliki suatu keunggulan kompetitif. Salah satu contoh yang dapat dilakukan adalah dengan pengurangan biaya produksi. Dilihat dari sudut pandang desain, suatu pengurangan biaya produksi dapat dilakukan dengan mengoptimalkan bentuk kapal. Pengoptimalan bentuk kapal akan tekait langsung dengan biaya pengadaan material.
Penelitian ini bertujuan untuk mencari biaya pengadaan material minimal dari suatu proses optimasi bentuk kapal. Proses yang dilakukan adalah dengan mendesain ulang kapal yang telah ada, dengan menggunakan software Maxsurf Professional. Setelah didapatkan beberapa variasi desain, kemudian dianalisis biaya pengadaan yang paling minimal. Hasil yang didapat menunjukan bahwa, memperpanjang kapal dapat meminimalisir biaya pengadaan.

In the era of global market competition and unstable material costs, national shipping industry should own competitive advantages. One of examples that could be conducted is to cut the production costs. Considering the designs, a production cost reduction could be done by optimizing the ship shape which is directly related to material supplies cost.
This research is aimed to search for minimum supplies cost of materials of an optimal process of the ship shape. The process is to redesign the existing ships by using Maxsurf software. Having got some design variations, the most minimum supplies cost is then analyzed. The result shows that extending the ships could minimalyze the supplies cost.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51005
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>