Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 129358 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
cover
Adri Gautama
"Kemajuan teknologi tidak berhenti hanya sampai mikroprosessor, namun kemudian terbentuk perangkat yang sudah mengintegrasikan mikroprosesor, memori, I/O, dan pewaktu yang kemudian di sebut mikrokontroller. Dapat dikatakan perangkat mikrokontroller merupakan sebuah komputer mini. Mikrokontroller banyak digunakan seperti pada pengendali lift, mesin cuci, tv, dah bahkan pesawat luar angkasa. Mikrokontroller dengan tujuan aplikasi tertentu merupakan sebuah sistem embedded yang mampu mengerjakan tugas tugas seperti sebuah sistem komputer utuh. Sebuah sistem embedded merupakan gabungan dari perangkat keras komputer dan perangkat lunaknya, baik dengan kemampuan yang tetap, melakukan pekerjaan yang sama terus menerus atau di program, sesuai dengan tugas khusus sebagai perangkat aplikasi dalam bentuk sistem minimum. Mesin industri, kendaraan, perangkat medik, kamera, peralatan rumah tanga, pesawat, mainan dan handphone atau PDA merupakan contoh penggunaan sistem embedded.Tujuan penulisan tesis ini adalah untuk merancang sebuah sistem multimedia dengan menggunakan mikrokontroller ATMEGA32 produksi ATMEL sebagai sistem embedded yang dapat digunakan untuk berbagai macam aplikasi multimedia berbasis TCP/IP pada jaringan komputer. Analisa yang dilakukan adalah mempelajari kinerja perangkat yang dibuat, dengan melakukan pengukuran pada parameter parameter jaringan seperti delay, packet loss, dan kualitas hasil pada lingkungan kerja yang berbeda beda dengan menggunakan alat bantu Ethereal untuk menangkap laju informasi paket. Untuk melihat kinerja perangkat, dilakukan perbandingan dengan perangkat serupa yang ada di pasaran komersil dengan parameter yang sama.

Microprocessor is an advance in technology, but it doesn?t stop here, it all the way to the new technology which is called microcontroller, a new way to integrate cpu, memory, I/O and clock. A microcontroller is like a mini computer device. Microcontroller many used as a controller on elevator, washing machine, television, even spaceship, in general all electronic devices among us is controlled by a microcontroller. Microcontroller is also known as embedded devices since its represent what a computer does and doing a specific task. An embedded system is a hardware and software, with special purposes all over again and again, or reprogram for special purpose. This paper describe how to design and build a simple microcontroller system for multimedia purposes based on microprocessor ATMEGA32 from Atmel corp., as an embedded system that can be use for many application of TCP/IP on a network system. Analysis is done by evaluate the performance of the system by doing measurements on variables of a network such as delay, packet loss and the quality of the results on a different area of test using Ethereal as a tools to capture all the packets traffic. For further evaluation, we benchmark it with similar commercial devices using a same technical specification and variables."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
T21280
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Benny Syahputra Pratama
"Perkembangan di bidang komunikasi dan informasi dewasa ini mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, tidak terkecuali ?Pendidikan?. Perkembangan tersebut dapat dilihat terutama dengan dikenalkannya internet yang memberi pengaruh kuat terhadap cara pembelajaran. Electronic Learning atau biasa disebut juga e-learning, merupakan sistem pembelajaran yang mengubah cara belajar konvensional yang telah dikenal sebelumnya.
Penelitian ini merupakan implementasi dan pengembangan konten multimedia interaktif dari sistem e-learning, dengan segala kemudahan dan fleksibilitasnya, yang diterapkan pada model pendidikan di pesantren. Konten-konten tersebut meliputi Al-Qur'an flash, audio Qur'an, dan hadits digital.
Selanjutnya konten-konten tersebut melalui serangkaian pengujian load testing dan usability testing, yang memberikan hasil bahwa untuk konten-konten hadits digital dan audio Qur'an 100% request dapat ditangani oleh server dan sesuai dengan acuan response time 10 detik. Namun untuk beberapa kasus, yaitu konten Al-Qur'an flash terdapat request error mulai 2.5% sampai 21.4%.

The evolution in communications and information currently affect many aspects of life, education is no exception. It can be seen especially with the introduction of internet that gives a strong influence on the ways of learning. Electronic learning changes the way of learning that has been known previously.
This research is a development and implementation of multimedia interactive based contents of e-learning system, like flash Qur'an, audio Qur'an, and digital hadits, which is applied to a pesantren. Furthermore, these contents through load and usability testing.
A satisfied result give by the contents of digital hadits and audio Qur'an, 100% request can be handled by the server which following the standard of 10 seconds response time. But for some cases, especially the content of Al-Qur'an flash, there are some requests errors between 2.5% until 21.4%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S67
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Perkembangan teknologi mobile saat ini begitu cepat. Kita dapat lihat pada perkembangan teknologi hadphone, dimana handphone saat ini tidak hanya digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi saja melainkan sebagai media pembelajaran. Handphone saat ini dapat digunakan sebagai alat pembelajaran bagi anak usia dini khususnya anak TK. Penelitian ini akan merancang sebuah aplikasi pembelajaran pengenalan binatang berbasis mobile, yang menampilkan kumpulan jenis-jenis binatang yang ada di sekitar alam ini, disertai dengan gambar untuk memberikan informasi dari masing - masing jenis binatang dan contoh dari suara yang dihasilkan dari binatang tersebut. Aplikasi ini dirancang menggunakan bahasa pemograman Java dengan editor Eclipse dan hanya bisa berjalan pada sistem operasi android maksimal dengan operation system support versi 4.1 (Jelly Bean). Aplikasi yang dibuat berjenis client server, dimana aplikasi server berbasis web dan aplikasi client berbasis android dan terkoneksi menggunakan teknologi web service (Json). Aplikasi ini diperuntukkan untuk anak-anak sehingga membutuhkan bimbingan guru atau orangtua yang difasilitasi ponsel berbasis android."
000 JEI 4:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nofriyadi Nurdam, Author
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2004
T40219
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Bahasa isyarat merupakan bahasa yang mengutamakan komunikasi visual, pengguna bahasa ini menggunakan orientasi, bentuk, dan gerakan tangan, lengan, tubuh, serta ekspresi wajah untuk mengungkapkan pikiran mereka. Para tunawicara menggunakan bahasa isyarat untuk mengatasi keterbatasan mereka dalam berkomunikasi. Namun, berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat seringkali menyulitkan dan membatasi komunikasi dengan orang lain khususnya orang normal yang umumnya tidak memahami bahasa isyarat. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan upaya penerjemahan bahasa isyarat tersebut menjadi bahasa yang umum atau mudah dipahami oleh lawan bicara."
JURTEL 17:1 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Arie Valdano T.
"Jaringan thin client merupakan pengembangan konsep pemberdayaan jaringan komputer lokal berbasis Green ICT. Model jaringan dumb terminal dan diskless merupakan dua model jaringan thin client yang dikenal saat ini. Model jaringan dumb terminal dan diskless menawarkan penghematan konsumsi daya dan upaya pendukung teknologi ramah lingkungan. Tulisan ini membahas tentang kinerja jaringan dumb terminal dan diskless untuk melayani aktivitas pengguna dengan aplikasi multimedia yang banyak dimanfaatkan pengguna saat ini.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem jaringan diskless memiliki kinerja lebih baik dibandingkan jaringan dumb terminal untuk mengoperasikan aplikasi multimedia. Hal ini ditunjukkan bahwa jaringan diskless mampu menghemat penggunaan sumber daya hingga 30,78 % untuk konsumsi CPU dan 12,16 % untuk konsumsi memori serta memiliki intensitas komunikasi data hingga 15,17 % lebih besar dibandingkan dengan jaringan dumb terminal.

Thin client network is a development concept of Local Area Network (LAN) deployment based on Green ICT. Dumb terminal network and diskless network are two well known of thin client network model. Dumb terminal network and diskless network offer saving power consumption and "Green" technology effort. This paper discuss about dumb terminal network and diskless network performance to server user activities with multimedia application that well known around many people now.
Experiment result show that diskless network system performance is better than dumb terminal network system to operate multimedia application. It show that diskless network can save resource usage up to 30.78 % of CPU usage and up to 12,16 % of memory usage and also has data transfer intensity up to 15.17 % that is bigger than dumb terminal network.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42906
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ni Luh Sustiawati
"ABSTRAK
Pencatuman seni dalam program-program pendidikan dapat difungsikan untuk membantu pendidikan, khususnya dalam usahanya untuk menumbuhkembangkan peserta didik agar menjadi utuh, dalam arti cerdas nalar serta rasa, sadar rasa kepribadian serta rasa sosial, dan cinta budaya bangsa sendiri maupun bangsa lain. Localgenius knowledge atau pengetahuan kearifan lokal Bali sebagai identitas/kepribadian budaya bangsa wajib dilestarikan dan ditransformasikan sejak pendidikan usia dini melalui pengalaman belajar seni untuk menjadikan siswa mampu mewarisi dan mempertahankan nilai-nilai luhur kearifan lokal budaya Bali sebagai kekayaan budaya bangsa Indonesia.
Tujuan penelitian ini teridentifikasinya potensi localgenius Bali sesuai dengan topik dan tema kurikulum sekolah dasar sebagai sumber pengembangan desain pembelajaran seni tari di sekolah dasar berpendekatan Integrated Learning. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan pendekatan Research and Development (R&D). Penelitian tahun pertama ini diawali dengan research melalui beberapa tahapan yaitu (1) analisis kebutuhan; (2) analisis kurikulum di sekolah dasar; (3) analisis potensi localgenius Bali; (4) analisis komparasi antara hasil analisi kebutuhan, kurikulum sekolah dasar dan potensi localgenius Bali. Teknik pengumpulan data digunakan studi pustaka, wawancara, observasi, dokumentasi dan diskusi terarah, serta analisis datanya digunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan, hasil analisis kebutuhan bahwa adanya fenomena rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap tanah air semakin menipis, maka hasil analisis kurikulum dipilihlah tema 3 yaitu Hidup Rukun dan tema 5 yaitu Bangga Sebagai Bangsa Indonesia di kelas 5 sekolah dasar. Hasil analisis Localgenius Bali, dipilih seni tradisi Bali yang masih lestari dan sarat dengan nilai-nilai luhur religius, etika, estetika, bela negara dan kepahlawanan, yaitu (1) Gebug Seraye (mewakili Bali Timur/Kabupaten Karangasem); (2) Med-medan (mewakili Bali Selatan/Kota Denpasar); (3) Megoak-goakan (mewakili Bali Utara/Kabupaten Buleleng); dan (4) Makepung (mewakili Bali Barat/Kabupaten Jembrana)."
Denpasar: Pusat Penerbitan LP2MPP Institut Seni Indonesia Denpasar, 2017
300 MUDRA 32:2 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Irfan Joko Prasetyo
"Abstrak
Pentingnya proses belajar mengajar guna menghasilkan penerbang TNI yang handal maka perlu suatu edia pembelajaran yang efektif dan efisien serta interaktif terhadap siswa siswa penerbang tersebut. untuk itu perlu dikembangkan suatu media interaktif yang bisa membantu peserta didik dalam memahami materi khususnya materi instrument landing system dan membantu infrastruktur penerbang dalam menyampaikan bahan pelajaran tersebut sehingga diharapkan semua peserta didik nantinya dapat menguasai materi dengan mudah. oleh karena itu pada penelitian kali ini akan dikembangkan suatu media pembelajaran frngan menggunakan multimedia interaktif yaitu mengkombinasikan brebagai unsur media yang terdiri dari teks, grafis,foto, animasi, video, dan suara yang disajikan secara interaktif dalam media pembelajaran untuk materi instrument landing system dengan berbasis adobe flash. untuk menambah kenyamanan dalam belajar, multimedia interaktif ini dilengkapi dengan animasi tentang penggambaran instrument landing system yang disajikan dengan tamplan yang menarik sehingga user dapat dengan mudah memahami materi. untuk menguji seberapa jauh pemahaman user, di lengkapi dengan quiz tentang materi localizer, glide slope dan marken beacon"
Yogyakarta: Akademi Angkatan Udara, 2019
050 JDST 8:1 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>