Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 116883 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
cover
Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 1992
370.157 UTA m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Aaron, David
Jakarta: UNICEF, Yayasan Harapan Permata Hati Kita, Rotary Club, Ford Foundation, 2004
R 362.293 07 DAV b
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Asdina Ratnawati
"ABSTRAK
Menurut pengamatan yang penulis lakukan, kesulitan untuk Menguasi bunyi-bunyi bahasa asing dialami pula oleh para siswa pada sebuah lembaga kurus di Jakarta. Kesulitan timbul karena beberapa bunyi bahasa dalam Bahasa Inggris tidak terdapat dalam Bahasa Indonesia. Sebagai Pemecahannya, seringkali mereka mengganti bunyi-bunyi bahasa tersebut. Selain itu, mereka kadang kala juga menghilangkan bunyi-bunyi bahasa Inggris tertentu, atau menambahkan bunyi-bunyi bahasa yang lain pada sebuah kata. Gejala ini umumnya terlihat bila mereka menghadapi clusters. Dari pengamatan sekilas, penulis mengasumsikan bahwa kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi dapat diterangkan dengan teori yang diajukan Foss dan Hakes mengenai kesulitan mendengarkan bunyi-bunyi bahasa asing. Penelitian akan difokuskan pada persepsi dan pelafalan bunyi-bunyi bahasa Inggris. Kedua hal tersebut kemudian dijadikan bahan perbandingan. Dengan demikian dapat disimpulkan apakah kesalahan yang mereka lakukan menyangkut fonetik atau fonologi. Setelah mengadakan penelitian, penulis akan mencoba merumuskan persepsi para objek penelitian terhadap bunyi-bunyi bahasa Inggris yang didapat melalui serangkaian pengujian. Selain itu, penulis Juga akan meneliti kesalahan mereka dalam melafalkan bunyi-bunyi bahasa Inggris. Dalam pembahasan tersebut akan dibicarakan pula penyebab timbulnya kesulitan penguasaan dan pelafalan pada para obyek penelitian. Penelitian ini hanya akan difokuskan pada fonem-fonem segmental. Sesuai dengan kurikulum yang telah ditentukan, para siswa tidak memperoleh pelajaran mengenal perbedaan makna yang timbul karena adanya fonem suprasegmental. Bab-bab berikut dalam skripsi ini akan membahas penelitian terhadap kesulitan dalam penguasaan bunyi-bunyi bahasa Inggris. Kesimpulan, pada bab terakhir, akan menjelaskan apakah landasan teori Foss dan Hakes memang dapat dipakai untuk membahas masalah tersebut.

"
Lengkap +
1989
S14155
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desy Safitri
"Media massa sebagai alat komunikasi modern dapat dipergunakan untuk berbagai kepentingan. Dewasa ini, tak sedikit orang yang mulai "melirik" media massa untuk dijadikan sarana pendidikan karena kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Kelebihan-kelebihan yang dimaksud di sini adalah unsur hiburan, salah satu sifat dasar yang dimiliki oleh media massa. Unsur hiburan dalam menyampaikan pesan mendidik dapat mebuat khalayak belajar dengan rasa senang, sehingga efektifitas pesan menjadi maksimal. Anak sebagai generasi penerus memiliki tugas berat yaitu tugas untuk berkembang. Tetapi, anak juga berada dalam keadaan dimana bermain merupakan suatu kebutuhan. Orang tua yang menyadari keadaan ini lalu memanfaatkan media massa sebagai saranan untuk memberikan pendidikan kepada anak mereka. Karena, dengan memakai media massa sebagai sarana pendidikan diharapkan anak dapat berkembang ke arah positif tanpa harus mengorbankan kegiatan bermainnya. Masalahnya sekarang, apakah pesan yang disampaikan oleh pihak media dapat diterima dengan baik oleh anak? Hal inilah yang akan dilihat sebagai pokok permasalahan dalam penelitian ini. Teori yang dipakai sebagai landasan penelitian ini adalah Teori Uses dan Gratifikasi. Namun dalam pembahasan hanya dipakai satu unsur saja yaitu penggunaan (uses) media. Di dalam penelitian akan dilihat bagaimana khalayak menggunakan Majalah Bobo yang diduga dapat mempengaruhi tingkat pengetahuannya. Setelah dilakukan pengujian hasil penelitian dengan menggunakan rumus Pearson'r dan tabel silang didapatkan hasil bahwa sebagian besar responden memiliki tingkat pemahaman bacaan tergolong rendah. Lama responden telah membaca Bobo berpengaruh terhadap tingkat pengetahuannya. Namun, banyaknya isi Bobo dibaca responden kurang berpengaruh."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1995
S4149
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Francisca
"ABSTRAK
Attention Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD) didefinisikan sebagai suatu gejala ketidakmampuan untuk memusatkan perhatian dan/atau hiperaktivitas-impulsivitas yang berlangsung terus menerus pada taraf yang maladaptif dan tidak sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Anak-anak ADHD mempunyai resiko yang tinggi untuk mengalami masalah akademis maupun sosial. Lingkungan sering memarahi, menghukum, menolak atau memberikan label negatif, kepada mereka. Kegagalan yang dialami, terutama dalam bidang akademis, dan reaksi negatif ini dapat memperburuk keadaan dan menimbulkan masalah karena anak-anak ADHD sangat sensitif baik secara emosional maupun neurologis. Oleh karena itu, penelitian ini berlujuan untuk melihat permasalahan emosi, perilaku dan keadaan atau reaksi lingkungan terhadap anak-anak ini, melalui tes Human Figure Drawing’s (HFDS), Child Behavior Checklist (CBCL) dan alloanamnesa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana fokus perhatiannya untuk mendapatkan informasi yang mendalam mengenai masalah yang diteliti_ Data yang digunakan berasal dari kasus-kasus yang ada di Klinik Bimbingan Anak Fakultas Psikologi UI. Kriteria subyek penelitian adalah didiagnosa ADHD, IQ berada pada rata-rata dan berusia 6 tahun 0 bulan sampai dengan 9 tahun 0 bulan. Jumlah subyek penelitian yang digunakan adalah 5.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan emosi yang paling menonjol
adalah kesulitan dalam mengontrol impuls-impuls dan dalam membina hubungan
dengan orang lain. Sedangkan permasalahan tingkah laku yang paling menonjol adalah masalah konsentrasi. Pola asuh yang menonjol dalam keluarga adalah adanya pemberian hukuman fisik, seperti memukul, mencubit, dalam menerapkan disiplin. Guru juga memberikan hukuman yang berupa penambahan tugas atau jam belajar di sekolah. Dalam pergaulan, mereka biasa dijauhi oleh teman-temannya.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
T38374
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Keneally, Thomas, 1935-
Australia: Penguin Books, 1970
828.99 KEN s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Anindita Ratnawati Aditya
"Perkembangan bisnis cafe di Indonesia belakangan mengalami peningkatan, sehingga membuat tingkat persaingan juga semakin ketat. Hal ini lah yang membuat para pebisnis cafe harus pintar mempertahankan loyalitas pelanggan, karena karekteristik konsumen senang mencoba hal atau tempat baru. Dalam mengambil keputusan, pelanggan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti ulasan pelanggan lainnya, platform ulasan, dan karakteristik properti serta profil pelanggan itu sendiri. Dalam konteks ini, penelitian dilakukan untuk mengetahui kelompok atribut-atribut yang membentuk online review yang dianggap penting pada platform social media dan review website dalam memilih cafe. Penelitian ini mengembangkan model penelitian terdahulu dengan membandingkan dua jenis platform (platform social media dan review website) dan menguji secara empiris dengan mengumpulkan data dari kuesioner yang akan disebar melalui survei online. Exploratory Factor Analysis (EFA) digunakan untuk melihat pengelompokan dimensi yang membentuk online review. Hasil analisis menunjukkan terdapat 7 kelompok dimensi pada kedua jenis platform, yaitu kegunaan, keahlian pengulas, volume, ketepatan waktu, ulasan positif, ulasan negatif, dan kelengkapan. Uji beda juga dilakukan untuk melihat perbedaan antara kelompok responden yang menganggap atmosfer cafe dengan tingkat kepentingan berbeda. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh pengusaha cafe dalam mengembangkan strategi untuk menarik pelanggan potensial. Pengusaha cafe dapat lebih memperhatikan faktor-faktor yang mendorong dalam menarik konsumen untuk membuat keputusan pembelian.

The development of cafe business in Indonesia has recently increased, making the level of competition become tighter. This is what makes cafe business must be able to maintain customer loyalty, due to the characteristics of consumers tend to try new things or places. The customers decision making is affected by various factors such as other customer reviews, review platforms, and property characteristics as well as the customers profile itself. In this context, research was conducted to determine the groups of attributes that make up online reviews which are considered important on social media and review website platforms in choosing a cafe. This study referred to the former research model by comparing two types of platform (social media and review website) and empirically tested by collecting data from questionnaires that were distributed using online survey. Exploratory Factor Analysis (EFA) is used to see the dimension groupings that make online reviews. The results of the analysis showed that there were 7 dimension groups on both types of platforms, namely usefulness, reviewers expertise, volume, timeliness, positive online reviews, negative online reviews, and comprehensiveness. A different test was also conducted to see differences between groups of respondents who considered the cafe atmosphere with different levels of importance. The results of this study can be used by cafe entrepreneurs to develop their strategies for engaging potential customers. Cafe entrepreneurs can pay more attention to the most encouraging factors that attract customers to make purchasing decisions."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53884
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Liza Garnita
"Om te onderzoeken wat de Bommelstrips zowel voor' kinderen als literatuurliefhebbers interessant maakt, moeten we eerst de eigenschappen van de literaire vertel_lingen en van kinderve'rhalen kennen. Daarom begin ik met de bespreking van een aantal eigenschappen van literaire vertellingen. Daarna bespreek ik de eigenschappen van kinderverhalen. Vervolgens onderzoek ik welke van beide soorten eigenschappen we aantreffen in de Bommelstrips De kwade inblazingen, De tuttlewurm en De wisselschat. Het onderzoek laat zien dat alle drie de verhalen literaire eigenschappen hebben. We verwachten van een literair verhaal dat het ons confronteert met bepaalde thema's van algemeen of historischmaatschappelijke aard. Bij die algemene thema's kunnen we denken aan problemen die samenhangen met de grenzen van het menselijk kunnen. De drie Bommelverhalen confronteren ons met een aantal algemene thema's, zoals de vraag wat de oorzaken zijn van het goede en het kwade, en het probleem dat er tussen mensen voortdurend misverstanden zijn. Maatschappelijke thema's in de verhalen zijn het burocratische karakter van de welvaartsstaat, het autoritaire optreden van de overheid, en de rol en werkwijze. van de wetenschap. Een andere eigenschaap die de Bommelverhalen voor literatuur_liefhebbers interessant maakt, is de originaliteit van het taalgebruik, in het bijzonder het veelvuldig voorko_men van neologismen. Ook zijn de verhalen vaak humorisch en ironisch. Bommelsverhalen bezitten ook veel eigenschappen die hen voor kinderen interessant maken. De verhalen zijn relatief kart, niet meer dan 100 pagina's, en het taalge_bruik is eenvoudig. Er zitten veel dialogen in en er vinden spectaculaire gebeurtenissen plaats, zodat de verhalen heel levendig en spannend zijn. Er zijn relatief weinig beschouwingen en beschrijvingen. De acties worden door plaatjes gevisualiseerd en de conflictontwikkeling wordt eenvoudig weergegeven. Er zijn niet veel fokali-satiewisselingen, complicerende retroversies, antici_paties en open plekken. De verhalen beeindigen altijd met een 'happy end' die gevierd wordt met een gemeenschappe_lijke maaltijd. Bovennatuurlijke versehijnselen spelen bij het ontstaan en oplossen van de problemen een be_langrijk rol. In De kwade inblazingen veroorzaakt een vreemd apparaat een ramp. En in De tuttlewurm kunnen vreemde wormpjes het lot van beer Bommel beinvloeden. De setting van de gebeurtenissen is vaak misterieus, bij_voorbeeld een donker geheimzinnig bos. De personages zijn 'flat characters' die bepaalde eigenschappen representeren. Heer Bommel is meestal dom, Tom Poes is meestal slim en Super en Hyper zijn slecht. De algemene thema's zijn meestal ook vrij gemakkelijk voor kinderen om to begrijpen. Daarom zijn de verhalen ook voor hen leerzaam.;Om te onderzoeken wat de Bommelstrips zowel voor' kinderen als literatuurliefhebbers interessant maakt, moeten we eerst de eigenschappen van de literaire vertel_lingen en van kinderve'rhalen kennen. Daarom begin ik met de bespreking van een aantal eigenschappen van literaire vertellingen. Daarna bespreek ik de eigenschappen van kinderverhalen. Vervolgens onderzoek ik welke van beide soorten eigenschappen we aantreffen in de Bommelstrips De kwade inblazingen, De tuttlewurm en De wisselschat. Het onderzoek laat zien dat alle drie de verhalen literaire eigenschappen hebben. We verwachten van een literair verhaal dat het ons confronteert met bepaalde thema's van algemeen of historischmaatschappelijke aard. Bij die algemene thema's kunnen we denken aan problemen die samenhangen met de grenzen van het menselijk kunnen. De drie Bommelverhalen confronteren ons met een aantal algemene thema's, zoals de vraag wat de oorzaken zijn van het goede en het kwade, en het probleem dat er tussen mensen voortdurend misverstanden zijn. Maatschappelijke thema's in de verhalen zijn het burocratische karakter van de welvaartsstaat, het autoritaire optreden van de overheid, en de rol en werkwijze. van de wetenschap. Een andere eigenschaap die de Bommelverhalen voor literatuur_liefhebbers interessant maakt, is de originaliteit van het taalgebruik, in het bijzonder het veelvuldig voorko_men van neologismen. Ook zijn de verhalen vaak humorisch en ironisch. Bommelsverhalen bezitten ook veel eigenschappen die hen voor kinderen interessant maken. De verhalen zijn relatief kart, niet meer dan 100 pagina's, en het taalge_bruik is eenvoudig. Er zitten veel dialogen in en er vinden spectaculaire gebeurtenissen plaats, zodat de verhalen heel levendig en spannend zijn. Er zijn relatief weinig beschouwingen en beschrijvingen. De acties worden door plaatjes gevisualiseerd en de conflictontwikkeling wordt eenvoudig weergegeven. Er zijn niet veel fokali-satiewisselingen, complicerende retroversies, antici_paties en open plekken. De verhalen beeindigen altijd met een 'happy end' die gevierd wordt met een gemeenschappe_lijke maaltijd. Bovennatuurlijke versehijnselen spelen bij het ontstaan en oplossen van de problemen een be_langrijk rol. In De kwade inblazingen veroorzaakt een vreemd apparaat een ramp. En in De tuttlewurm kunnen vreemde wormpjes het lot van beer Bommel beinvloeden. De setting van de gebeurtenissen is vaak misterieus, bij_voorbeeld een donker geheimzinnig bos. De personages zijn 'flat characters' die bepaalde eigenschappen representeren. Heer Bommel is meestal dom, Tom Poes is meestal slim en Super en Hyper zijn slecht. De algemene thema's zijn meestal ook vrij gemakkelijk voor kinderen om to begrijpen. Daarom zijn de verhalen ook voor hen leerzaam."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1992
S5864
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>