Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 135668 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
cover
cover
cover
"Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menggambarkan beberapa kondisi yang terkait dengan persolalan dan penerapan MBS menurut sistem pendidikan di Indiana, USA, khususnya di lingkungan Monroe Country School Corporation (MCCSC) dan kemungkinan penerapannya dalam sistem pendidikan di Indonesia...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Adi W. Gunawan
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005
155.4 ADI a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Esty Wiria
"Tujuan utama dari penelitian ini untuk mengetahui pola-pola kalimat yang dibuat oleh murid kelas VI SD di DKI Jakarta. Pola-pola kalimat tersebut dideskripsikan berdasarkan fungsi kalimat. Dari deskripsi tersebut, pola-pola kalimat diklasifikasikan berdasarkan jumlah klausa di dalamnya dan struktur klausanya. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan utama bahwa pola kalimat yang dibuat oleh murid kelas VI SD di lima SD di DKI Jakarta sangatlah beragam. Berdasarkan hasil kuesioner, para murid menyatakan bahwa mereka kurang menyukai pelajaran mengarang dalam bahasa Indonesia. Namun demikian, kemampuan mereka dalam menghasilkan karangan cukup tinggi. Kenyataan ini dapat dijadikan motivasi bagi para guru bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar untuk semakin memotivasi kcmampuan muridnya dalam hal penuangan ide secara tulisan"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2002
S10830
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diah Harianti
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara persyaratan mental guru (yaitu pengetahuan dan sikap guru) dan kesenangan membaca guru dengan prestasi membaca-dan menulis permulaan murid kelas II SD di Pedesaan. Pada kelas-kelas permulaan sekolah dasar hubungan antara guru dan muridnya sangat erat. Keadaan guru mempengaruhi prestasi muridnya. Keadaan guru yang mempengaruhi muridnya antara lain adalah ciri-ciri kepribadian guru yang menjadi persyaratan mental dari guru yang efektif. Persyaratan mental tersebut adalah persyaratan pengetahuan dan sikap guru terhadap muridnya. Selain itu kesenangan membaca guru juga mempengaruhi prestasi membaca-dan-menulis-permulaan murid.
Subyek penelitian adalah guru dan murid kelas II SD di Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk Jawa Timur. Alat penelitian yang dipakai adalah alat penelitian yang sebagian besar dibuat sendiri oleh penulis yang sebelum dikenakan pada subyek penelitian dicari lebih dahulu validitas dan reliabilitasnya. Alat tersebut adalah tes pengetahuan, Skala sikap dan angket kesenangan membaca untuk guru den tes dikte untuk murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara persyaratan mental dan kesenangan membaca guru dengan prestasi-membaca-dan-rnenulis-permulaan murid kelas II SD pedesaan tidak signifikan. Penulis sarankan apabila akan melakukan pembuktian terhadap hipotesa tersebut sebaiknya mengontrol pula faktor lingkungan sekolah dan subyek penelitian lebih diperbanyak."
1988
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yanesthi Hardini
"Saat ini perempuan berjilbab bukan merupakan hal yang aneh lagi. Padahal sekitar tahun 1980-an, banyak kejadian tidak menyenangkan yang menimpa para perempuan berjilbab, misalnya tekanan dari pihak sekolah yang melarang para sisiwi muslim untuk berjilbab, isu-isu yang tidak benar tentang perempuan berjilbab atau juga teror yang ditujukan pada mereka. Selain itu ada juga para perempuan berjilbab yang mendapat tekanan dari orang tuanya berupa larangan untuk berjilbab. Larangan in diwujudkan dalam berbagai pedakuan dengan tujuan agar anak perempuannya itu tidak lagi berjilbab.
Pedakuan-pedakuan tidak menyenangkan sebagai bentuk dad larangan bisa Hiniki oleh perempuan berjilbab tersebut sebagai hal yang menekan atau mengancam keberadaannya. Penilaian atas keadaan ini bisa menimbulkan stres, terutama bila perempuan tersebut tidak memJliki kemampuan dan dukungan untuk mengatasi hal ini (Sarafino, 1994). Munculnya frustrasi dan konflik akibat adanya larangan orang tua merupakan hal-hal yang dapat menyebabkan stres (Lazarus, 1969). Perlakuan orang tua yang kemungkinan besar berubah juga merupakan hal yang potensial menyebabkan stres, apalagi bila hal ini bedangsung dalam jangka waktu yang cukup lama (Mirowsky dan Ross, 1989).
Untuk dapat memahami stres ada tiga pendekatan yang dapat digunakan, yaitu pendekatan yang berorientasi stimulus, pendekatan yang berorientasi respon, dan yang ketiga adalah pendekatan transaksionaL Pendekatan transaksional memandang stres sebagai basil interaksi antara individu dan lingkungan, sehingga dalam proses ini individu merupakan pihak yang aktif yang dapat mempengaruhi akibat dari stres melalui strategi-strategi tingkah laku, kognitif maupun emosi (Sarafino, 1994).
Interaksi antara individu dan lingkungannya menimbulkan penilaian kognitif yang dilakukan individu untuk mengevaluasi situasi atau tuntutan yang potensial menyebabkan stres. Selain menilai situasi yang potensial menyebabkan stres, penilaian ini juga mengevaluasi sumber-sumber yang dimilikinya untuk mengatasi tuntutan tersebut (Lazarus dan Folkman, dalam Johnson, 1986). Perbedaan individual yang memperngaruhi proses penilaian kognitif ini menyebabkan perbedaan dalam mengevaluasi stces dan sumber-sumber yang dimilikinya untuk mengatasi stres tersebut.
Betdasatkan uraian di atas, akan diteliti lebih lanjut bagatmana proses stres yang oleh perempuan berjilbab yang pemah mendapat larangan dari orang tua untuk berjilbab serta perilaku coping apa saja yang dilakukan untuk mengatasi masalab tersebut.
Dalam penelitian ini akan digunakan pendekatan kualitatif, karena dengan pendekatan ini akan didapatkan pemahaman yang mendalam atas suatu fenomena (Poerwandari, 1998). Selain itu karena masalah yang akan diungkap merupakan masalab yang unik dan sensitif, maka pendekatan kuabtatif merupakan pendekatan yang sesuai (Patton, dalam Perwandari, 1998). Subyek penebtian berjumlab empat orang dan pengambilan sampel akan dilakukan secara purposif. Pengambilan data akan Hilalcnkan dengan metode wawancara mendalam.
Dari basil wawancara dapat disimpulkan babwa tiga orang subyek sudab mengalami stres pada masa sebelum berjilbab dan terus berlanjut sampai mereka sudab berjilbab (pada masa pelarangan). Sedangkan satu orang subyek yang lain baru mengalami stres setelab berjilbab (pada masa pelarangan). Tuntutan-tuntutan yang dibadapi pada masa sebelum berjilbab adalab tuntutan internal, berupa keingman yang kuat untuk berjilbab; dan tuntutan ekstemal, berupa larangan dari orang tua untuk berjilbab. Sumber-sumber stres yang ditemui adalab terjadinya konflik internal, konflik ekstemal, dan anggapan orang tua yang negatif tentang perempuan berjilbab.
Reaksi-reaksi yang muncul pada masa ini adalab sedib dan kecewa, dan timbul keragu-raguan, dan bingung karena ada konflik internal. Adapun strategi coping yang banyak dipakai pada masa ini adalab prohkm-focused coping^ yaitu active coping dan seeking social support for instrumental reasons strategi emotional-focused coping juga dilakukan, yaitu seeking social srtpportfor emotional reasotr, ada pula subyek yang melakukan strategi coping maladaptif, yaitu mental disengagement. Pada masa pelarangan, tuntutan utama yang barus dibadapi oleb keempat subyek adalab ketidaksetujuan orang tua atas kepututsan mereka untuk berjilbab.
Dari tuntutan ini sumber-sumber stres yang ditemiai adalab perlakuan orang tua yang tidak menyenangkan pada subyek, dan anggapan orang tua yang negatif terbadap perempuan berjilbab. Reaksi-reaksi yang muncul adalab rasa sedib, malas pulang ke rumab, kecewa dan kesepian. Strategi coping yang HilaVukan adalab prohkm-focused coping^ yaitu active coping dan seeking social stppori for instrumental reason^ strategi emotion-focused coping yang dilakukan bersamaan dengan prohkm-focused coping adalab turning to religion, seeking social support for emotional reason, denial, acceptance, dan beberapa perilaku coping unik dari masing-masing subyek.
Untuk penebtian selanjutnya disarankan imtuk menggab masalab ini dari sudut pandang orang tua yang peraab melarang anaknya untuk berjilbab, jadi tidak banya dari sudut pandang perempuan berjilbab yang mempunyai masalah ini saja, sehingga basilnya akan lebih kaya dan komprebensif. Ada baiknya juga bUa dalam penebtian lanjutan dimasukkan teori-teori perkembangan, terutama yang berbubungan dengan psikologi keluarga, sebingga bisa digab dinamika bubungan orang tua dan anak ketika keluarga tersebut sedang mengalami masalab ini."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1999
S2466
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1981
499.21 KEM
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>