Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 179457 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aris Triyanto
"Salah satu kemampuan dari komunikasi multimedia adalah melakukan proses pengiriman gambar. Dalam proses tersebut akan sangat banyak membutuhkan ruang pengingat serta kanal transmisi. Pengembangan teknologi telekomunikasi dewasa ini lebih banyak ditujukan untuk lebih mengefisienkan penggunaan ruang pengingat dan saluran (kanal) transmisi yang dipakal. Semakin efisien penggunaan ruang pengingat maka akan semakin meningkat kecepatan pengolahan data dan selanjutnya akan meningkatkan kecepatan pengiriman gambar tersebut.
Salah satu cara yang ditempuh untuk meningkatkan efisiensi penggunaan pengingat tersebut adalah dengan memampatkan gambar tersebut sebelum dilakukan proses selanjutnya. Dalam tulisan ini dijelaskan dan dibahas salah satu cara untuk mengefisienkan data image tersebut dengan menggunakan bantuan arsitektur jaringan saraf jenis MLP. Jaringan MLP ini dapat digunakan sebagai salah satu altematif untuk pemampatan data gambar dikarenakan kesederhanaan arsitektur dan imptementasinya.
Salah satu tahap yang penting dari keseluruhan proses yang terjadi dalam jaringan MLP ini adalah tahap penentuan bobot-bobot hubungan node-node (simpul) jaringan MLP. Proses penentuan bobot-bobot yang biasa disebut sebagai proses learning dan suatu jaringan saraf, akan sangat berpengaruh terhadap sifat (chi) dan unjuk kerja keseluruhan jaringan MLP. Jika konfigurasi berubah maka secara keseluruhan sifat (ciri) maupun unjuk kerja jaringan tersebut akan berubah pula.
Dua buah teknik learning yang banyak digunakan dalam proses learning (optimasi) adalah dengan memanfaatkan konsep backpropagation (BP) (metoda steepest descent) dan konsep Levenberg-Marquadt (LM) (salah satu pendekatan metoda Gauss-Newton). Tulisan ini menyajikan perbandingan unjuk kerja dua buah metoda tersebut dalam proses learning jaringan MLP serta gambar recall yang dihasilkannya. Hasil simulasi program menunjukkan bahwa metoda LM memberikan hasil recall gambar yang lebih bagus (high fidelity Irma recall kecil) serta mempunyai kecepatan konvergensi yang lebih tinggi jika dibandingkan metoda BP (SD).

One of the capabilities of the multimedia communication is the image communication. With this service, we will use so many memory spaces and transmission tines. Many of the development in telecommunication technologies are aimed to have the higher efficiency in using the memory spaces. The more efficient we use the memory spaces, the higher speed of the image data processing, and finally we can increase the speed of the image transmission.
One of the technique to have more efficiency in using the memory spaces is by compressing the image data before we stored and transmitted them. In this writing, we discussed one of the techniques for solving the image data compression, especially for still picture, by using the architecture of the neural networks. One of those types for this purpose is Multi Layer Perceptron (MLP). The MLP was choice in this purpose because of the simplicity of the architecture and the implementation.
One of the credal stages of the whole process in the MLP network is configuring the link weights of the nodes in the MLP network. Since the link weights are actually internal parameters associated with each node, changing the weights of the node will alter the behavior of the whole MLP network and then will change the MLP's performances.
There are two methods that often have been used in the learning process, the one was backpropagation (BP) method (steepest descent) and the other one was Levenberg-Marquadt (LM) concept (one of the approximations of the Gauss-Newton method). This writing is presenting the comparison between the performances of the LM method to the BP method in the learning process also the results of the recall pictures. The simulation shows that LM method gives the better image recall (higher fidelity) and has the higher convergence speed in the learning process.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Okto Sriyono
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S38328
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Laksmiati
"Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX) dibangun berdasarkan standar yang dibuat oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). Dirancang untuk memenuhi kebutuhan akan akses nirkabel berkecepatan tinggi. WiMAX memungkinkan akses terhadap aneka aplikasi multimedia via koneksi nirkabel termasuk diantaranya teknologi streaming yang mentransmisikan data, video atau audio secara real time / pre-recorded dari sender ke receiver. Pada thesis ini dilakukan pembangunan simulasi performa layanan video streaming pada jaringan WiMAX.
Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan membangun simulasi menggunakan aplikasi Network Simulator (NS-2) versi 2.29 yang berjalan dalam system Windows XP dengan menggunakan cygwin sebagai environment Linuxnya. Pada NS-2.29 yang diinstall ditambahkan modul QoS-included WiMAX prerelease-09-04-2008 yang dikembangkan oleh Aymen Belghith dan modul Evaluation Video (Evalvid) untuk NS-2 yang dikembangkan oleh Chih-Heng, Ke.Hasil output akhir pada NS-2 akan divisualisasikan berupa Tabel, grafik dan video yang kemudian akan dianalisa lebih lanjut menggunakan metrik pengukuran nilai throughput, frame loss, delay, jitter, Mean Opinion Score (MOS), Peak Signal to Noise Ratio (PSNR) dengan menggunakan script AWK beserta beberapa tambahan modifikasinya.
Hasil simulasi yang didapatkan dari penelitian ini: Pada skenario SS Tunggal untuk SS dengan QoS UGS, rtPS, BE didapatkan throughput 3509.661kbps, 3822.564kbps, 1211.189kbps, delay sebesar 447.59ms, 43.224ms, 451.66ms, jitter 157.577ms, 504.307ms, 655.447ms, frame loss 9,75%, 10.75%, 11%, PSNR 33.23, 32.70, 32.73, dan MOS 3.82, 3.73, 3.74. Pada skenario dengan 4 SS untuk SS video dengan QoS UGS, rtPS dan BE didapatkan : throughput 3509.661kbps, 4502.601kbps, 1229.134kbps, delay 447.59ms, 43.224ms, 307.521ms, jitter 168.927ms, 504.306ms, 774.004ms, PSNR 33.23, 32.70, 32.48, dan MOS 3.82, 3.73, 3.68.
Secara keseluruhan video-video hasil simulasi tidak menampakkan banyak perbedaan, hal ini tidak berbeda dengan nilai PSNR keseluruhan simulasi yang sama pada sebagian besar frame. Masing-masing video hasil simulasi pada setiap SS hanya menampakkan hasil yang berbeda pada titik tertentu dimana terjadi kemacetan trafik yang mengakibatkan packet drop.

Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX) built based on the standard made by Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). It designed to fulfill needs of broadband access. WiMAX enable access to various multimedia application through wireless connection, includes streaming technology that transmits real-time/pre-recorded data, video, or audio from sender to receiver. In this thesis, the development of video streaming service performance simulation on WiMAX network is conducted.
The research methods is building the simulation using Network Simulator (NS-2) version 2.29 application that runs inside Windows XP, by using Cygwin as Linux. The installed NS-2.29 is added with QoS-included WiMAX prerelease-09-04- 2008 module developed by Aymen Belghith and Evaluation Video (Evalvid) for NS-2 module developed by Chih-Heng, Ke. The final output from NS-2 will be visualized to video, graphic, and table that will be analyzed using Mean Opinion Score (MOS) measurement metric, Peak Signal to Noise Ratio (PSNR), throughput, and delay using AWK scripts with added with several modifications.
The simulation result from this research is, on single video SS scenario for SS with QoS UGS, rtPS, BE : throughput 3509.661kbps, 3822.564kbps, 1211.189kbps, delay sebesar 447.59ms, 43.224ms, 451.66ms, jitter 157.577ms, 504.307ms, 655.447ms, frame loss 9,75%, 10.75%, 11%, PSNR 33.23, 32.70, 32.73, and MOS 3.82, 3.73, 3.74. On 4 SS scenario for video SS with QoS UGS, rtPS dan BE, the result are: throughput 3509.661kbps, 4502.601kbps, 1229.134kbps, delay 447.59ms, 43.224ms, 307.521ms, jitter 168.927ms, 504.306ms, 774.004ms, PSNR 33.23, 32.70, 32.48, and MOS 3.82, 3.73, 3.68.
Overall videos from the simulations do not showing many differences, it is suited with PSNR value in all simulations that shows same value at most of the frames. Every simulations video only show differences in particular frame where traffic congestion happened and causing packet drop.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
T26244
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Kristof, Ray
London: Adobe Press, 1995
006.6 KRI i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"This book constitutes the refereed proceedings of the 18th International Multimedia Modeling Conference, MMM 2012, held in Klagenfurt, Austria, in January 2012. The 38 revised regular papers, 12 special session papers, 15 poster session papers, and 6 demo session papers were carefully reviewed and selected from 142 submissions. The papers are organized in the following topical sections: annotation, annotation and interactive multimedia applications, event and activity, mining and mobile multimedia applications, search, summarization and visualization, visualization and advanced multimedia systems, and the special sessions: interactive and immersive entertainment and communication, multimedia preservation: how to ensure multimedia access over time, multi-modal and cross-modal search, and video surveillance."
Berlin: Springer-Verlag, 2012
e20410381
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
"The book describes recent research results in the areas of modelling, creation, management and presentation of interactive 3D multimedia content. The book describes the current state of the art in the field and identifies the most important research and design issues. These are, database modelling of 3D content, security in 3D environments, describing interactivity of content, searching content, visualization of search results, modelling mixed reality content, and efficient creation of interactive 3D content. Each chapter is illustrated with example applications based on the proposed approach. The final chapter discusses some important ethical issues related to the widespread use of virtual environments in everyday life. "
London: Springer, 2012
e20407548
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzan
"Enhanced UMTS Radio Access Netwok Extensions for NS -2 (EURANE) yang dikembangkan oleh SEACORN membawa fase lanjut pada perkembangan simulasi UMTS pada sistem seluler generasi ketiga (3G) yaitu High Speed Downlink Packet Access (HSDPA). Sistem selular 3G didesain untuk dapat membawa berbagai jenis paket multimedia melalui jaringan IP (IP-based) sehingga interkoneksinya dengan fixed network dimana mayoritas layanan multimedia ditawarkan oleh provider pun akan menjadi lebih mudah. Video streaming merupakan salah satu layanan multimedia yang mengizinkan user untuk berkomunikasi melalui transmisi audio-video dua arah secara real-time dan simultan.
Untuk memperoleh kualitas video streaming yang balk, dilakukan simulasi pengukuran performa. Performa kualitas layanan video streaming tidak pernah terlepas dari parameter QoS seperti throughput, packet loss rate, packet delay, atau packet jitter. Di samping itu perlu juga diukur evaluasi kualitas video secara subyektif berdasarkan perbandingan tampilan video sumber dan video yang diterima frame demi frame melalui perhitungan Peak Signal to Noise Ratio (PSNR) dan Mean Opinion Score (MOS).
Pada tesis ini penulis melakukan pembangunan simulasi performa layanan video streaming dengan menggunakan teknologi HSDPA pada jaringan UMTS berdasarkan 3 user environment, yaitu indoor, pedestrian, dan vehicular.
Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan membangun simulasi menggunakan aplikasi Network Simulator (NS 2) versi 2.30 yang berjalan diatas operating system Fedora Core 7 berbasis Kernel 2.6 dan tambahan patch Enhanced UMTS Radio Access Network Extensions for NS -2 (EURANE) versi 1.60 yang dikembangkan oleh IST-SEACORN (Simulation of Enhanced UMTS Access and Core Network) dan modul Evaluation Video (EvalVid) yang dikembangkan oleh Technical University of Berlin, Telecommunication Network (TIKN). Hasil output akhir pada NS-2 akan divisualisasikan berupa grafik dan tabel yang kemudian akan dianalisa lebih lanjut yaitu berupa pengukuran throughput, packet loss, delay, PSNR, dan MOS.

Enhanced UMTS Radio Access Network Extensions for NS-2 (EURANE) developed by SEACORN has brought us to the higher phase of UMTS simulation in third generation (3G) wireless telecommunication system, which is High Speed Downlink Packet Access (HSDPA). Wireless 3G is designed to deliver various kind of multimedia package through an IP network so that its interconnection with fixed network where most of multimedia services offered by provider become easier. Video streaming is one of those multimedia services which allow user to communicate through two-way real-time audio-video transmission simultaneously.
To achieve the good quality of video streaming, the measurement of performance simulation should be done. Video streaming services are always connected with QoS parameter such as throughput, packet loss rate, packet delay, or packet jitter. Besides, subjective video quality evaluation is also needed based on comparison between source video and receiving video by using Peak Signal to Noise Ratio (PSNR) and Mean Opinion Score (MOS) calculation.
In this thesis, the author is developing a simulation of video streaming service for HSDPA technology over UMTS network based on 3 user environments, such as indoor, pedestrian, and vehicular.
The research method is by developing simulation using Network Simulator (NS-2) application version 2.30 running at operating system Fedora Core 7, Kernel 2.6 based and Enhanced UMTS Radio Access Network Extensions for NS-2 (EURANE) addition patch version 1.6 developed by SEACORN (Simulation of Enhanced UMTS Access and Core Network) and Evaluation Video (EvalVid) module developed by Technical University of Berlin, Telecommunication Network (TKN). This simulation development will perform output graphics and measurement of throughput, packet loss, delay, PSNR and MOS.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
T24398
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
"The two volume set, CCIS 262 and 263, constitutes the refereed proceedings of the International Conference, MulGraB 2011, held as Part of the Future Generation Information Technology Conference, FGIT 2011, in conjunction with GDC 2011, Jeju Island, Korea, in December 2011. The papers presented were carefully reviewed and selected from numerous submissions and focuse on the various aspects of multimedia, computer graphics and broadcasting."
Berlin : Springer-Verlag, 2011
e20410512
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Indra Syafruddin
"Peningkatan kebutuhan streaming file multimedia dibatasi oleh kemampuan bandwidth jaringan internet. Aplikasi Xml-based Friendly Active Network System (XFANS) dapat menjadi solusi altematif untuk mengatasi masalah tersebut. Aplikasi ini mengubah format media yang dikirim, sehingga kecepatan pengiriman tidak melebihi kemampuan bandwidth penerima. Sistem Xml-based Friendly Active Network System dibangun dalam dua aplikasi, yaitu client dan Service Registration Point (SRP). Aplikasi client memiliki fungsi utama untuk menerima dan mengirim media. Aplikasi SRP berfungsi sebagai pusat informasi daftar media. Semua permintaan media dikirim ke SRP. Hasil evaluasi throughput menunjukkan bahwa streaming file multimedia yang cukup besar bisa ditampilkan secara lancar pada client dengan bandwidth terbatas, walaupun ukuran video menjadi kecil. Delay saat transmisi yang terjadi sangat kecil, sehingga gerakan video yang ditampilkan cukup halus. Instalasi aplikasi juga lebih mudah dibandingkan dengan instalasi aplikasi sejenis."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S40038
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Teknologi multimedia berkembang terus dan semakin banyak digunakan dalam konten komunikasi. Konten multimedia memungkinkan interaksi yang lebih kaya jika dibandingkan dengan konten tekstual. Citra merupakan komponen komunikasi yang banyak digunakan. Pertumbuhan penggunaan citra sebagai konten komunikasi menyebabkan meningkatnya kebutuhan infrastruktur telekomunikasi pita lebar. Pengembangan algoritma pemampatan citra dapat dimanfaatkan untuk mengifisienkan pemampatan yang lebih tinggi dibandingkan algoritma pemampatan tak merugi (lossy) memberikan rasio pemampatan yang lebih tinggi dibandingkan algoritma pemampatan tak merugi (lossless). Algoritma pemampatan merugi memanfaatkan sifat sparsitas dari citra. Citra akan ditransformasikan ke domain basis tertentu yang merepresentasikan citra tersebut lebih sparse (kompresif). Basis yang diusulkann dalam penelitian ini adalah basis latih K-SVD. Penggunaan basis latih ini dapat mentransformasikan citra ke domain yang lebih komprehensif. Hal ini disebabkan karena penggunaan pustaka latih lebih mengeksplorasi sifat-sifat dari citra."
JURTEL 17:1 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>