Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4419 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Selu Margaretha Kushendrawati
"Suatu kenyataan yang kita hadapi dengan jelas sains dan teknologi telah semakin mendapat tempat dalam perhatian manusia. Sehubungan dengan hal tersebut, secara khusus Habemias menanggapi bahwa sains dan teknologi telah menjadi ideologi. Agaknya, pendapat orang pada umumnya, kemajuan rasio, sains dan teknologi dapat membuktikan keberadaan materi sebagai satu-satunya ada dalam dunia yang teratur ini.
Di sini terdapat suatu prasangka bahwa perkembangan sains dan teknologi yang cenderung materialistik itu menghambat bahkan menghapuskan eksistensi Tuhan. Apakah benar kemajuan sains dan teknologi merupakan ancaman terhadap eksistensi Tuhan? Sebenarnya prasangka ini telah timbul sejak jaman skolastik di mana Thomas Aquinas (1225-1274) menyatakan dengan tegas bahwa akal merupakan bahaya atau ancaman bagi iman. Selama beberapa abad filsafat skolastik merupakan filsafat resmi gereja Katolik dalam kekaisaran Romawi yang berhadapan dengan aliran-aliran hellenisme.
Lambat laun filsafat klasik kehilangan daya tariknya, antara lain akibat munculnya suatu cara berpikir baru yaitu berpikir secara ilmiah, terutama dalam bidang fisika. Munculah tokoh-tokoh filsafat pada awal jaman baru fisikus-fisikus seperti: Copernicus dengan heliosentrismenya (1473-1543), Galilei (1564-1642) dan Isaac Newton (1642-1727). Fisika Newton dengan gemilang dapat menunjukkan bahwa pendekatan terhadap realitas melalui pengalaman ilmiah yaitu observasi dan eksperimen dapat membuktikan alam semesta ini terdiri dari atom yang saling rnempengaruhi secara kausal. Maka lahirlah sikap kritis sebagai inti sikap ilmiah. Timbul pada jaman modern mengenai suatu keraguan akan kebenaran: Apakah manusia dapat memastikan apa yang benar dan apa yang tidak? Maka muncul pertentangan antara ajaran agama dan teori-teori ilmu pengetahuan.
Sebagai perintis filsafat baru dikenal nama Rene Descartes (1596﷓ 1650). la mencari titik tolak penyelidikan tentang yang pasti dan benar yaitu dalam kesadaran manusia sendiri "Cogifo Ergo Sum". Oleh karenanya Descartes dianggap seorang tokok rasionalisme. Era tersebut bertahan sampai kemudian jaman Aufklarung di abad 17 dan ke 18 melahirkan begitu banyak pemikir."
Depok: Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Margaretha Paulus
Bogor: Maharani Press, 1998
113 MAR a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Musavi Lari, Mujtaba
Iran: Foundation of islamic C.P.W., 2010
297.21 MUS g
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Agustinus Ryadi
Sidoarjo: Zifatama, 2013
297.57 AGU k
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Naupal
"Konsep mengenai Tuhan bersifat fluksitas atau mengalir. Makna kata "Tuhan" terus menerus mengalami pengayaan semantis dan sosio-pragmatis. Perjalanan konsep Tuhan berkembang sesuai dengan perkembangan alam pikiran manusia Sejarah perkembangan manusia memperlihatkan adanya aliran-aliran dalam konsep ketuhanan, misalnya dikenal konsep teisme, deism; panteisme dan lain sebagainya Aliran-aliran itu muncul sebagai keragaman cara pandang terhadap realitas yang tertinggi dari fenomena di batik dunia yang tampak.
Kekayaan makna konseptual Tuhan menimbulkan pertanyaan yang cukup menggelisahkan penulis. Apa yang menyebabkan keragaman tersebut muncul dan apakah ada suatu landasan dasariah atas keragaman tersebut. Pertanyaan tersebut muncul sebagai akibat dari realitas empirik yang memperlihatkan bahwa konsep tentang Tuhan sernakin terpragmentasi dan multiperspektif; bahkan dalam satu agama pun orang mungkin memiliki pandangan berbeda mengenai Tuhannya. Hal ini dapat terjadi karena konsep Tuhan tidak lahir dari ruang hampa budaya, melainkan dari interpretasi dan penalaran manusia yang terbungkus dalam konteks.
Cara pandang manusia tentang Tuhan dalam perjalanan selanjutnya dilandasi oleh dua sumber:
1. Akal budi (rasio), yang menghasilkan argumen filosofis mengenai keberadaan Tuhan
2. Pengungkapan (revelation) yang tertuang dalam teks-teks suci (wahyu) dengan argumen teologisnya.
Kedua sumber itu yang kemudian sering kali menjadi dua kutub yang saling bertubrukan dan bergesekan, yaitu kebenaran wahyu dan kebenaran akal budi. Kedua legitimasi kebenaran tersebut bagaikan pendulum selalu berayun dari satu sisi ekstrim ke sisi ekstrim yang lain sehingga ada kelompok yang menafikan kebenaran akal budi dan hanya mau menerima kebenaran wahyu, seperti kelompok aliran kebatinan dalam Islam atau yang terlihat pada masa dark ages sebagian umat Kristiani di Eropa pada abad pertengahan. Sedang sisi ekstrim kebenaran akal terlihat pada para filsuf positivistik yang menafikan segala yang berbau metafesik termasuk Tuhan.
Sikap berlebih-lebihan dari dua kelompok tersebut mendapat perhatian yang cukup mendalam dari para filsuf ketnhanan. Tesis ini akan menunjukkan bagaimana Al-Ghazali dan Thomas Aquinas sebagai tokoh filsuf ketuhanan dalam Islam dan Kristen berusaha mendamaikan kedua paham ekstrim tersebut dengan argumen-argumen yang kokoh. Baik Al Ghazali maupun Thomas Aquinas berusaha menempatkan kedudukan akal dan wahyu secara proporsional sesuai dengan fungsinya masing-masing. Pandangan kedua filsuf tentang kedudukan akal dan wahyu sangat penting untuk dipahami, karena akan mengantarkan kita kepada pemahanan akan pernikiran filsafat ketuhanan mereka, seperti tentang konsep keesaaan, transendensi dan imanensi, nama-nama dan sifat-sifat Tuhan.
Walaupun ada beberapa hal yang berbeda tentang konsep ketuhanan dari kedua tokoh tersebut, karena perbedaan agama, budaya, dan latar belakang kehidupan dan gagasan dasar ide ketuhanan, tapi keduanya telah berusaha memurnikan ajaran agama masing-masing dari segala bidang, baik dari kaum filsuf dan kaum teolog. Keduanya telah menggunakan argumentasi argumentasi rasional dan filosofis bagi eksistensi Allah dengan tetap menaruh pertalian yang besar terhadap kebenaraan wahyu sebagai argumen tekstual yang bersifat adi kodrati.
Pemikiran-pemikiran filosofis tentang konsep ketuhanan dari Al-Ghazali dan Thomas Aquinas masih perlu untuk diteliti, bahkan tetap relevan hingga kini, walaupun keduanya hidup pada abad pertengahan, sebab ajaran-ajaran mereka hingga kini masih tetap dilestarikan dan terus dikaji. Di hampir seluruh Pondok Pesantren di Indonesia, karya-karya Al-Ghazali masih menjadi bacaan wajib, demikian juga ajaran Thomas Aquinas masih terus dipelajari, bahkan para mahasiswa di Sekolah Tinggi Driyarkara begitu akrab dengan Thomisme."
Depok: Universitas Indonesia, 1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sianipar, Dony R.
"Untuk menjadi pemenang dalam persaingan pada pasar adalah tujuan yang ingin dicapai oleh setiap pelaku usaha, akan tetapi cara-cara yang dilakukan oleh pelaku usaha tersebut tidak boleh melanggar undang-undang. Salah satu larangan yang terdapat di dalam UU No. 5 Tahun 1999 ialah kegiatan penguasaan pasar, dimana ketentuan ini sangat berkaitan dengan kekuatan atau dominasi pasar yang dmiliki oleh suatu pelaku usaha. Pengawasan terhadap kegiatan penguasaan pasar yang dilakukan oleh KPPU sebagai lembaga kausi yudikatif yang bertugas untuk mengawasi pelaksanaan UU No. 5 Tahun 1999.
Dalam melakukan pengawasan kegiatan penguasaan pasar, KPPU cenderung membuktikan peristiwa-peristiwa yang terkait dugaan pelanggaran hanya didasarkan satu alat bukti,oleh karena itu belum memenuhi syarat pembuktian. Akan tetapi hal itu dapat dibenarkan karena dalam UU No. 5 Tahun 1999 tidak ada pengaturan mengenai minimal alat bukti dan keyakinan sebagaimana halnya dalam hukum politik
To be a winner in competition in the market is a goal that every business actor wants to achieve, but the methods used by these business actors must not violate the law. One of the prohibitions contained in Law no. 5 of 1999 is a market control activity, where this provision is closely related to the power or market dominance owned by a business actor. Supervision of market control activities carried out by KPPU as a judicial causation institution tasked with supervising the implementation of Law no. 5 of 1999.
In supervising market control activities, KPPU tends to prove that events related to alleged violations are based on only one piece of evidence, therefore they have not fulfilled the requirements of proof. However, it can be justified because in Law no. 5 of 1999 there is no regulation regarding minimum evidence and belief as is the case in political law.
"
Jakarta: Fakultas Hukum, 2008
T24255
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yogyakarta: Qalam, 2005
231 OTH t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Sobary
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1995
297.211 MOH k
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ferguson, Kitty
New York: Walker, 1999
523.1 FER m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Brian Agung Cahyo
"ABSTRAK
Telah dikaji sebuah model sederhana yang menjelaskan mekanisme kompaktifikasi dimensi dengan menggunakan medan skalar Dirac-Born-Infeld pada lima dimensi. Dengan mereduksi satu dimensi, model kita hanya akan menghasilkan vacua anti de Sitter. Investigasi pada q dimensi ekstra (q lebih dari satu) juga mendapatkan hasil anti de Sitter.

ABSTRACT
A simple model that explains mechanism of dimensional compactification using Dirac-Born-Infeld scalar field in five dimensions has been studied. By reducing the one dimension, our model will only result in the anti de Sitter vacua. Investigation on q-extra dimensions (q more than one) also gets the result anti de Sitter vacua."
2014
S56132
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>