Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 138286 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Maulana Farhan Burhand
"Biaya operasional kapal sangat ditentukan oleh konsumsi bahan bakar yang digunakan selama pelayaran. Meningkatnya laju konsumsi bahan bakar salah satunya dipengaruhi oleh biofouling. Biofouling menyebabkan bertambahnya berat kapal dan hambatan total dari kapal sehingga berdampak pada laju peningkatan konsumsi bahan bakar. Minyak kulit biji mete (Anacardium occidentale) adalah produk alam yang memiliki kadar fenolik berfungsi sebagai racun dan juga memiliki sifat licin yang berfungsi untuk menghambat penempelan fouling. Pada penelitian ini digunakan 2 buah eksperimen yang ditujukan untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki minyak kulit biji mete terhadap biofouling. Uji statis dilakukan untuk melihat interaksi senyawa fenolik terhadap biofouling, sedangkan uji aliran dalam pipa dilakukan untuk melihat sifat licin yang dimiliki oleh minyak kulit biji mete. Pada pengujian ini, senyawa fenolik masih belum menunjukkan hasil yang signifikan dibandingkan dengan cat besi, sementara itu sifat licin yang dimiliki CNSL menunjukkan kemampuan yang positif. Penelitian ini masih memerlukan pengembangan karena material alam berupa minyak kulit biji mete menunjukkan prospek yang cerah di masa mendatang.

Operational costs of Ship is depending on the volume of fuel consumption used when they operate. One of several reasons that make rate of fuel consumption increases is influenced by biofouling. Biofouling not only makes the overall weight of ship increases but also increasing total of resistance of ship then impacted on the rate of fuel consumption. Cashew nut shell liquid (Anacardium occidentale) is natural product which has fenolic content. Fenolic content means that useful to prevent biofouling attach as a toxic. In the other side, CNSL has another characteristic as slippery that can be useful to reduce probability of biofouling attaching into the lowest level. This research conducting 2 experiment to explore the ability of Cashew nut shell liquid against biofouling. Static test conducted to see interaction between fenolic compound and biofouling, meanwhile internal flow pipe test conducted to see the characteristic of slippery of CNSL. In this experiment, fenolic compound hasn’t show the good result yet comparing to the control paint. In the other hand, the characteristic of slippery showed their ability in positive ways. At the end, this experiment was still preliminary and need more development because of CNSL shows good prospect for the future.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simanjorang, Bartolomeus Ridwan
"ABSTRAK
Batubara adalah salah satu komoditas ekspor terbesar Indonesia, namun pengangkutan batubara masih belum efisien dalam penggunaan bahan bakar. Terbatasnya cadangan minyak dunia memerlukan inovasi dalam rangka mecnapai pengurangan konsumsi bahan bakar pada kendaraan laut. Salah satu solusi untuk meningkatkan efisiensi adalah dengan mengurangi hambatan total kapal dengan menggunakan cat biopolimer. Biopolimer dipilih karena bersifat biodegradable. Biopolimer yang akan diuji coba adalah minyak kulit mete (Cashew Nut Shell Liquid/CNSL). Penelitian dilakukan dengan uji coba tongkang pelat datar model di kolam percobaan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh cat biopolimer dari CNSL terhadap hambatan total kapal. Hasil ditunjukkan dalam grafik hubungan koefisien hambatan total dengan variasi bilangan Froude. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan cat biopolimer dari CNSL dapat mengurangi hambatan gesek kapal dimulai pada bilangan Froude 0.3466 pada kondisi tanpa beban dan 0.3178 pada kondisi diberikan beban 3 kilogram.

ABSTRACT
Coal is one of Indonesia?s largest export commodity, yet still not efficient in fuel use. Limited world?s oil reserve requires innovation in order to achieve fuel consumption reduction on marine vehicles. One solution to improve efficency is to reduce ship?s total resistance by using biopolymer paint. Biopolymer chosen because it has biodegradable properties. Biopolymer to be tested is the cashew nut shell liquid (CNSL). The study was conducted by using a flat plat barge models to investigate the biopolymer paint effect against ship?s total resistance. The results are shown on the graph as a function of the drag coefficient and Froude number. It shows that the use of CNSL biopolymer paint can reduce ship?s total resistance begins at Froude number 0.3466 with no-load and 0.3178 with 3 kilograms load.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S54989
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anna
"Dalam penelitian ini, zeolit KNaX (rasio molar Si/Al = 1,24) disintesis dari kaolin yang berasal dari Pulau Belitung di Indonesia. Zeolit KNaX tersebut digunakan sebagai katalis pada reaksi antara minyak kulit biji mete yang mengandung gugus ?OH fenolik dan karboksil ?COOH dengan metanol menggunakan pelarut DMSO untuk diaplikasikan sebagai biopelumas. Produk katalitik diekstrak menggunakan campuran pelarut etil asetat dan n-heksan dengan perbandingan volume 1:1. Fasa organik dipisahkan dan diuapkan untuk menghilangkan pelarut dan dianalisis menggunakan FTIR & GC-MS.
Hasil analisis dengan FT-IR menunjukkan telah terjadi reaksi O-metilasi dan esterifikasi dengan terbentuknya gugus ?OCH3 pada bilangan gelombang 2876,61 cm-1 dan gugus karbonil dari ester pada bilangan gelombang 1732,80 cm-1. Hal ini juga diperkuat dari data GC-MS menunjukkan adanya kenaikan berat molekul dari m/z 300 menjadi m/z 328, mengindikasikan adanya penambahan 2 gugus CH3. Produk reaksi katalitik dikarakterisasi terhadap beberapa parameter pelumas dan diperoleh hasil sebagai berikut: viskositas suhu 40°C = 35,2 cSt dan viskositas suhu 100°C = 4,1 cSt, TAN = 0,88 mg KOH/g sampel, TBN = 2,09 mg KOH/g sampel, densitas = 0,9902, flash point = 120°C dan pour point = -27°C. Selanjutnya dilakukan variasi jumlah pelarut DMSO dan persen berat katalis zeolit KNaX untuk mendapatkan nilai TAN lebih rendah sesuai spesifikasi biopelumas.

In this research, KNaX zeolite (molar ratio Si/Al = 1,24) was synthesized from kaolin, originating from Belitung Island in Indonesia. KNaX zeolite was used as catalyst in the reaction between cashew nut shell liquid containing phenolic ?OH group and carboxylic ?COOH with methanol using the solvent DMSO for the application as biolubricant. The reaction product was extracted using mixed solvents of ethyl acetate and n-hexane 1:1. The organic phase was separated and evaporated to remove the solvents and was analyzed using FTIR and GC-MS.
The FT-IR spectra showed the result of O-methylation and esterification reactions by the formation of ?OCH3 group at 2876,61 cm-1 and carbonyl group from ester at 1732.80 cm-1. These results were also confirmed by the GC-MS analysis result, which showed an increase in molecular weight of m/z 300 to m/z 328, indicating the addition of 2 CH3 groups. The catalysis reaction products were characterized toward several parameters of lubricant which showed the following results: Viscosity 40°C = 35,2 cSt and viscosity temperature of 100°C = 4,1 cSt, TAN = 0,88 mg KOH/g sample, TBN = 2,09 mg KOH/g sample, density = 0,9902, flash point = 120°C and pour point = -27°C. Furthermore, the amount of used DMSO solvent and the percentage of weight catalyst were varied to obtain the reduced TAN values as required for biolubricant."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2011
T28802
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Furqon Firmansyah
"Kapal penumpang merupakan kapal yang digunakan untuk mengangkut orang, tetapi ada juga kapal penumpang yang digunakan untuk mengangkut orang dan barang. Kapal penumpang pelat datar merupakan kapal penumpang dengan lambung yang terdiri dari pelat – pelat datar tanpa di bending terlebih dahulu. Kapal pelat datar (flat hull) merupakan salah satu bentuk kapal alternatif selain kapal berbentuk lengkung (streamline). Kapal pelat datar tersebut dapat memberi kemudahan dalam proses perakitan dan perbaikan, tetapi memiliki hambatan relatif lebih besar daripada kapal lambung streamline pada kecepatan tinggi. Hambatan kapal merupakan salah satu faktor penting dalam perancangan kapal karena memiliki pengaruh yang besar dalam perhitungan daya mesin induk kapal, biaya operasional kapal dan konsumsi bahan bakar. Desainer kapal melakukan berbagai penelitian dan perlakuan untuk menghasilkan kapal dengan nilai hambatan seminimal mungkin. Minyak kulit biji mete (Anacardium occidentale) adalah produk yang memiliki sifat licin sehingga memiliki potensi untuk mengurangi hambatan total dari kapal. Selain itu, minyak kulit kacang mete ini merupakan limbah dari industri kacang mete yang nilai pemanfaatannya dan nilai jualnya masih rendah sekali. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan diaplikasikan cat biopolimer berbahan dasar minyak kulit kacang mete pada kapal penumpang pelat datar model. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan drag reduction cat biopolimer dari minyak kulit kacang mete dipadukan dengan resin alkid pada lambung kapal dan komposisi cat biopolimer serta varian kecepatan yang menghasilkan optimum drag reduction. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan melakukan uji tarik kapal model di towing tank untuk melihat pengaruh sifat licin minyak kulit biji meter terhadap hambatan total dari kapal. Hasil dari pengujian kemampuan drag reduction cat biopolimer dari minyak kulit kacang efektif meningkatkan performa kapal pada kecepatan relatif tinggi dan komposisi cat biopolimer cnsl : resin alkid sebesar 2:1 pada nilai Fn 0.274327 memberikan optimum drag reduction sebesar 24,50%.

Passenger Ship is ships transporting passengers or transporting passengers and cargo. Passenger ship flat plate is passenger ship which of hull consist of flat plates without bending. Ship flat plate is an alternatif ship design that gives simplicity in assembling and repairing process, but it has bigger ship’s total resistance than streamline ship in high velocity. Ship’s resistance is one of the most important factor in ship design because it has great influence in calculation main engine power of ship, ship’s operation cost and fuel consumption. Naval Architect undertake researches and treatments to create ship which of minimal resistance. Cashew Nut Shell Liqud or CNSL (Anacardium occidentale) is natural product which has slippery properties thus potentially to reduce the ship’s resistance especially the drag resistance. futhermore, Cashew Nut Shell Liqud is industrial waste of cashew nut industry which has not been widely used and has very low price. Therefore, in this Final Project will apply biopolymer coating from cashew nut shell liquid (CNSL) on passanger ship flate plate model. The purpose of the Final Project is to know the ability Biopolimer Coating from Cahsew Nut Shell Liquid with Alkyd Resin in reduction the ship’s resistance and which composition gives the optimum drag redution . Research method used is by doing towing test to the ship model in towing tank at Hydrodynamic Laboratorium to determine the effect of Cashew Nut Shell Liquid sliperry properties in ship model resistance. The result of towing test method is use of biopolymer coating from cashew nut shell liquid with alkyd resin gives significant effect inreasing ship’s performance on the high speed and the composition of biopolimer coating which of cnls : alkyd resin for 1 : 1 on Froude’s number 0.274327 gives optimum drag reduction for 24.05%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S57700
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"To study the ethanol production of cashew nut apple extract by Zymomonas mobilis fermentation, a batch fermentation process (in 24, 48 and 72 hours) using cashew nut apple extract (red, green and yellow variety) were performed. The urea, ammonium sulphate, extract of green peanut sprout and extract of koro were used as sources of nitrogen. The green cashew nut extract with ammonium sulphate in 24 hours of fermentation produced ethanol in optimum result. This treatment yielded pH of 5.87, 7.64 g/100 ml of sugar (with 48.44% of consumption), 8.0 x 10 bacterial (u = 0,154) and ethanol equal to 33.02 g/l (Ye= 90.19%)."
JOBIBIO
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Akhmad Mustofa
"To study the ethanol of cashew nut apple extract by zymomonas mobilis fermentation process (in 24,48 and 72 hours) using cashew nut apple extract (red,green and yellow variety) were performed. The urea, ammonium sulphate, extract of green peanut sprout and extract with ammonium sulphate in 24 hours of fermentation produced ethanol in optimum result. this treatment yielded pH of 5.87, 7.64g/100 ml of sugar (with 48.44% of consumption), 8.0 X 10 bacterial and ethanol equal to 33.02 g/l"
[Place of publication not identified]: Indonesian Center for Biotechnology and Biodiversity Research and Development (UNS), [Date of publication not identified]
JBB 2 (2011) (1)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Epstein, David G.
St.Paul,Minn.: West Publishing Company, 1976
381.34 Eps c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Maraist, Frank L.
St. Paul: West, A Thomson Reuters Business, 2010
343.096 MAR a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Dobbyn, John F.
St. Paul, Minn.: West Publishing, 1996
346.086 DOB i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>