Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3870 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Benardi Wiriaatmadja
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1993
S2253
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Hanif Pramudya Zamzami
"Penalaran deduktif adalah suatu metode berpikir logis di mana seseorang menarik kesimpulan spesifik (hipotesis) berdasarkan premis atau pernyataan umum yang dianggap benar dengan menerapkan aturan inferensi logika. Aturan inferensi logika adalah prinsip-prinsip logika yang memungkinkan seseorang untuk mengambil hipotesis yang absah dari premis yang diberikan. Meskipun penalaran deduktif memiliki keunggulan pada penalaran yang absah, manusia cenderung membuat kesalahan dalam bernalar deduktif. Salah satu model bahasa untuk penalaran deduktif adalah Natural Logic (NatLog), yaitu model berbasis machine learning yang dilatih untuk melakukan klasifikasi kelas dari hubungan persyaratan antar kalimat. Namun, model memiliki keterbatasan pada rentang kalimat yang panjang. Di sisi lain, Large Language Model (LLM) seperti Generative Pre-trained Transformer (GPT) telah menunjukkan performa yang baik dalam tugas penalaran deduktif, terutama dengan menggunakan metode Chain of Thought (CoT). Namun, metode CoT masih menimbulkan masalah halusinasi dan inkonsistensi dari langkah perantaranya, yang berujung pada konklusi akhir yang tidak absah. Metode Chain of Thought - Self-Consistency (CoT-SC) merupakan pengembangan dari metode CoT yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran pada LLM. Dalam metode CoT-SC, CoT dijalankan beberapa kali untuk menghasilkan beberapa sampel jawaban. Setelah itu, dilakukan operasi modus, yaitu pemilihan jawaban yang paling sering muncul di antara sampel-sampel yang dihasilkan, untuk menentukan jawaban akhir. Jawaban dengan frekuensi kemunculan terbanyak dianggap sebagai jawaban yang paling konsisten dan akurat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan dan menganalisis kemampuan metode CoT-SC pada model GPT dalam menyelesaikan tugas penalaran deduktif. Penelitian ini akan mengevaluasi kemampuan penalaran deduktif pada model GPT menggunakan tiga sumber data yang merepresentasikan tiga domain tugas penalaran deduktif yang berbeda, yaitu ProntoQA, ProofWriter, dan FOLIO. Setelah itu, akan dilakukan analisis perbandingan performa LLM berbasis metode CoT-SC dengan manusia dalam menyelesaikan tugas penalaran deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode CoT-SC menunjukkan performa akurasi yang baik dalam mayoritas tugas penalaran deduktif serta LLM GPT dengan metode CoT-SC mengungguli 1 dari 3 domain tugas penalaran deduktif. Hasil ini menunjukkan model GPT berbasis metode CoT-SC memiliki potensi dalam tugas penalaran deduktif.

Deductive reasoning is a method of logical thinking in which one draws specific conclusions (hypotheses) based on general premises or statements that are considered true by applying the rules of logical inference. Rules of logical inference are principles of logic that allow one to derive valid hypotheses from given premises. Although deductive reasoning has the advantage of valid reasoning, humans tend to make mistakes in deductive reasoning. One of the language models for deductive reasoning is Natural Logic (NatLog), which is a machine learning-based model trained to perform class classification of conditional relations between sentences. However, the model has limitations on long sentence ranges. On the other hand, Large Language Models (LLMs) such as Generative Pre-trained Transformer (GPT) have shown good performance in deductive reasoning tasks, especially by using the Chain of Thought (CoT) method. However, the CoT method still raises the problem of hallucinations and inconsistencies of the intermediate steps, leading to invalid final conclusions. The Chain of Thought - Self-Consistency (CoT-SC) method is a development of the CoT method that aims to improve reasoning ability in LLM. In the CoT-SC method, CoT is run several times to produce several sample answers. After that, a mode operation is performed, which is the selection of the most frequently occurring answer among the generated samples, to determine the final answer. The answer with the highest frequency of occurrence is considered the most consistent and accurate answer. The purpose of this study is to implement and analyze the ability of the CoT-SC method on the GPT model in solving deductive reasoning tasks. This study will evaluate the deductive reasoning ability of the GPT model using three data sources representing three different deductive reasoning task domains, namely ProntoQA, ProofWriter, and FOLIO. After that, a comparative analysis of the performance of LLM based on the CoT-SC method with humans in solving deductive reasoning tasks. These results indicate the GPT model based on the CoT-SC method has a potential in deductive reasoning tasks."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"This study attemps to determine impact of the implementation of Realistic Mathematics Education (RME) model on the improvement of deductive reasoning ability, and to describe the perceptions of teachers and students of secondary schools toward the RME model. A quasi-experiment with pretest-postest non-equivalent group as research design was employed into 2 groups of research subjectL the experimental group and the control group and each was treated under RME and conventional teaching model. A number of 44 students of SMPN1 Parung and 20 students of SMP Islam Terpadu Jabon Mekar in Parung district were chosen as research subjects. Quantitative data obtained through questionnaries and written test were analyzed using student-t test. While qualitative information gathered through responses to personal interview and observations was analyzed using qualitative-naturalistics method. Findings reveals that learning mathematics using the RME model impacts on increasing students' deductive learning ability in both schools with amount of increase is 30.7 for SMP Islam Terpadu and 44.8 for SMPN1 Parung. RME model also impacts on developing students' positive attitude of students toward mathematics as seen in the number of students who liked mathematics lesson, that is 100% for SMP Islam Terpadu and 97% SMPN 1 Parung. The perceptions of teachers and students in both schools toward the RME Model are positive. Application of learning mathematics using PMR model becomes more enjoyable and students become more active."
JPUT 11:1 (2010)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Vanness Callista Lafida
"Kecurangan akademik merupakan masalah yang kerap ditemukan di dunia pendidikan padahal perbuatan tersebut memberikan kerugian pada diri sendiri dan orang lain. Masalah ini semakin berkembang terutama dengan kehadiran internet yang semakin memfasilitasi perilaku tersebut. Salah satu faktor yang berhubungan dengan kecurangan akademik adalah penalaran moral yang berkaitan dengan penilaian mahasiswa terhadap benar atau tidaknya suatu hal. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara penalaran moral dan kecurangan akademik dengan internet pada mahasiswa sarjana. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa sarjana (N = 100) di Indonesia yang berusia 18-25 tahun. Pengukuran variabel kecurangan akademik dengan internet menggunakan alat ukur Internet Triggered Academic Dishonesty Scale (ITADS) dan penalaran moral menggunakan Defining Issues Test (DIT). Hubungan kedua variabel diuji menggunakan metode Spearman correlation dan ditemukan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara penalaran moral dan kecurangan akademik dengan internet, (r(98) = -0,100, p = 0,320, two-tailed). Oleh karena itu, penelitian selanjutnya diharapkan dapat lebih menjelaskan hubungan antara kedua variabel. Akan dibahas beberapa permasalahan, limitasi, dan saran untuk penelitian selanjutnya.

Academic dishonesty is a prevalent issue in the educational world, causing harm to both individuals and others. This problem has been exacerbated by the presence of the internet, which increasingly facilitates such behavior. One factor related to academic dishonesty is moral reasoning, which pertains to students' judgments about the rightness or wrongness of actions. The hypothesis of this study is that there is a significant relationship between moral reasoning and internet-facilitated academic dishonesty among undergraduate students. This research was conducted on undergraduate students (N = 100) in Indonesia aged 18-25 years. The measurement of the academic dishonesty variable with the internet used the Internet Triggered Academic Dishonesty Scale (ITADS), and moral reasoning was measured using the Defining Issues Test (DIT). The relationship between the two variables was tested using the Spearman correlation method, and it was found that there was no significant relationship between moral reasoning and internet-facilitated academic dishonesty (r(98) = -0.100, p = 0.320, two-tailed). Therefore, further research is expected to better explain the relationship between these two variables. Several issues, limitations, and suggestions for future research will be discussed."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yemima
"Penelitian dirancang untuk mengetahui hubungan antara keberfungsian keluarga dan penalaran moral pada mahasiswa tahun pertama di Universitas Indonesia. Keberfungsian keluarga diukur dengan Family Adaptability and Cohesion Evaluation Scale (FACES) II dan Family Communication Scale (FCS) berdasarkan Circumplex Model of Marital and Family System, sedangkan penalaran moral diukur dengan Defining Issues Test (DIT). Ada sebanyak 608 yang tersebar di 14 fakultas. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara keberfungsian keluarga dan penalaran moral (r=0.016, p>0.05). Rata-rata keberfungsian keluarga responden tergolong adekuat (M=170.47), sedangkan rata-rata penalaran moral responden tergolong sedang.

This study was designed to investigate correlation between family functioning and moral reasoning among freshmen in Universitas Indonesia. Family functioning was measured by Family Adaptability and Cohesion Evaluation Scale (FACES) II and Family Communication Scale (FCS) in Circumplex Model of Marital and Family System, and moral reasoning was measured by Defining Issues Test (DIT). There were 608 participants from 14 faculties in Universitas Indonesia. The result show insignificant correlation between family functioning and moral reasoning (r=0.016, p>0.05). Mean of participants had adequate family functioning (M=170.47), and had moderate moral reasoning.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S58883
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Tugas akhir ini membicarakan sistem basis data deduktif yang inspirasi pembentukannya berasal dari dua sumber uama yaitu sistem basis data relasional dan pemrograman logika. Pemrograman logika yang sudah dikembangkan adalah pemrograman PROLOG. Tujuan tugas akhir ini adalah memperkaya suatu aplikasi sistem basis data deduktif dengan menggunakan PROLOG sebagai bahan implementasinya."
Universitas Indonesia, 1987
S27254
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Christ Billy Aryanto
"ABSTRAK
Penelitian Mozart effect telah banyak dilakukan di negara-negara barat, tetapi belum diketahui pengaruhnya pada partisipan di Asia, khususnya Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh musik klasik barat dan musik tradisional Indonesia terhadap kemampuan penalaran spasial mahasiswa Indonesia. 37 partisipan mengerjakan tiga borang tugas spasial setelah mendengarkan Sonata for Two Pianos in D, KV. 448 karya Mozart, musik Gamelan Bali, dan hening selama 10 menit. Mood, arousal, dan kesukaan serta kelaziman terhadap lagu yang didengarkan juga diukur untuk mengetahui apakah hal tersebut memengaruhi skor penalaran spasial. Ditemukan bahwa musik karya Mozart dan musik Gamelan Bali secara signifikan meningkatkan penalaran spasial dibandingkan keadaan hening. Musik karya Mozart diketahui dapat meningkatkan mood dan arousal, sedangkan musik Gamelan Bali hanya meningkatkan arousal saja. Analisis dari kesukaan dan kelaziman lagu menunjukkan musik karya Mozart lebih disukai dibandingkan musik Gamelan Bali, meskipun kedua lagu sama-sama lazim bagi partisipan. Hasil dan saran penelitian akan didiskusikan lebih lanjut untuk mengeksplorasi hasil yang tidak konsisten dari penelitian Mozart effect sebelumnya.

ABSTRACT
Research on Mozart effect have been widely researched in western countries, but it is not known the influence on participants in Asia, especially Indonesia. This study aims to determine the effect of western classical music and Indonesian traditional music on Indonesian students rsquo spatial reasoning abilities. 37 participants did three spatial task rsquo s forms after listening to Sonata for Two Pianos in D, KV. 448 works by Mozart, Balinese Gamelan music, and silence for 10 minutes. Mood, arousal, and liking also familiarity of the songs were also measured to determine whether this affects the score of spatial reasoning. It was found that Mozart music and Balinese Gamelan music significantly improve spatial reasoning compared to the state of silence. Music by Mozart are known to improve mood and arousal, while the Balinese Gamelan music only enhances arousal. Analysis of liking and familiarity of the songs show that by Mozart music is preferred over Balinese Gamelan music, although both songs were equally familiar for participants. Results and recommendations will be discussed to explore the inconsistent results from previous studies Mozart effect."
2016
T47462
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prihatin Muslim
"Skripsi ini terdiri dari 5 bab, dan 3 bab merupakan inti dari buah pikiran penulis tentang tinjauannya secara filosofis terhadap matematika. Pada bab pertama selain memuat tema, metode dan sistematika penulisan juga secara ekplisit diberikan argumen dipilihnya judul dari skripsi. Karena penulis sangat prihatin atas terlupakannya ilmu-ilmu bantu seperti matematika oleh para pengguna dan pengembang matematika ini. Untuk selanjutnya diharapkan dengan pemahaman agak mendalam terhadap matematika, para pengguna dan pengembang sadar dan tahu bahwa ilmu-ilmu bantu seperti matematika, fisika, kimia dan lain sebagainya dapat bahkan penting untuk pengembangan ilmu dan teknologi. Metodologi matematika selama ini metode yang dipergunakan sering berubah-ubah namanya, dalam skripsi ini menggunakan metode deduksi dan aksiomatisasi. Apakah deduksi dan apa aksiomatisasi dapat diikuti pada bab 3, secara sengaja dipakai ilustrasi pada model-model matematika yang telah popular. Pada bab 4 berisi epistemologi dan ontologi dalam matematika. Kajian episternologi matematika mencari jawab dari mana sumber-sumber matematika, batas-batasnya dan juga. metodenya: Ontologi matematika tidak mempermasalahkan adanya matematika; tetapi adanya obyek-obyek di dalam matematika. Orang telah telanjur latah menyebut garis, titik, dan bidang di dalam lima ukur datar. Tetapi apakah hakekat dari garis, titik, dan sebagainya? Adakah hal-hal tersebut didunia nyata atau hanya ada di dalam ide saja, jawaban ini beraneka ragam menurut paham dan aliran-aliran filsafat yang dianut; Pada paham logisme mengatakan bahwa hakekat matematika adalah logika, tetapi aliran formalisme menekankan segi-segi formal."
Depok: Universitas Indonesia, 1989
S16155
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>