Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 15085 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Chomsky, Noam
New York: Praeger , 1986
410 CHO k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Diamond, Arthur Sigismund
London : Methuen, 1959
409 DIA h
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Arzaqia Luthfi Yani
"Sikap terhadap bahasa Indonesia dan penggunaan bahasa Indonesia oleh para pelajar dan mahasiswa Indonesia di luar negeri menarik untuk diteliti. Berbeda dengan situasi di Indonesia, bahasa Indonesia adalah bahasa minoritas di lingkungan mereka sekarang. Penelitian ini mengkaji sikap terhadap bahasa Indonesia dan hubungannya dengan masa tinggal di luar negeri serta penggunaan bahasa Indonesia berdasarkan situasi dan frekuensinya. Responden penelitian ini adalah 103 pelajar dan mahasiswa Indonesia yang sedang berada di Jepang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Dalam penelitian ini, responden menunjukkan sikap positif terhadap bahasa Indonesia. Durasi masa tinggal tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap bahasa, namun ditemukan sedikit penurunan pada aspek konatif sikap bahasa. Saat berada di Jepang, mayoritas responden menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi dengan orang Indonesia lain. Para responden mempertahankan bahasa Indonesia dengan berbicara, membaca berita, mendengarkan lagu, dan menonton tayangan berbahasa Indonesia secara cukup rutin.

Attitudes towards the Indonesian language and the use of Indonesian language by Indonesian students abroad are fascinating subjects. Unlike their home country, Indonesian is a minority language in their current environment. This study discusses the attitudes toward the Indonesian language, its correlation with the length of stay abroad, and the use of Indonesian based on the situation and frequency. The respondents of this study are 103 Indonesian students who are currently in Japan. The method used is quantitative. In this study, respondents show a positive attitude towards the Indonesian language. The length of stay had no significant effect on language attitudes, but there is a slight decrease in the conative aspect. The majority of respondents use Indonesian to communicate with compatriots in Japan. The respondents maintain the Indonesian language by speaking, reading the news, listening to songs, and watching shows in Indonesian quite regularly."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Chomsky, Noam
London: MIT Press, 1992
410 CHO l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Adhitya
"Makalah ini membahas tentang penggunaan bahasa Inggris dalam iklan perusahaan mobil Suzuki. Perusahaan-perusahaan menggunakan pemilihan kata yang tepat dalam iklan produk mereka. Akan tetapi, fakta bahwa bagaimana perusahaan memilih kata-kata yang tepat masih menjadi pertanyaan. Dalam makalah ini, penulis akan membahas mengenai identifikasi dan analisa dari makna yang terkandung dalam tag-line iklan Suzuki. Secara garis besar penelitian ini menggunakan "Language Expectancy Theory" milik Burgoon untuk mendapatkan hasil yang ingin dicapai. Pada akhirnya, penelitian ini menunjukkan bahwa tag-line berbahasa Inggris dalam iklan produk ini dapat diartikan dan dipahami dengan baik tergantung dari karakteristik produk tersebut. Kata-kata yang dipilih dalam iklan produk Suzuki tersebut sangat menarik dan mudah diingat oleh masyarakat.

This article mainly talks about the use of English tag-line in Suzuki Car Company's advertisements. Companies make advertisements or commercials using a good choice of words. However, it is still a question that how the companies choose the words for their tag-line. In this article, I want to identify and analyze the meaning of Suzuki commercial tag-lines. The study will mainly use Burgoon's "Language Expectancy Theory" to get the result of it. As a result, the study reveals that the English tag-lines in these commercials can be defined and understood clearly depending on the product's characteristics. The words chosen by Suzuki Company in their tag-lines are very attractive that people who see those tag-lines finds them very memorable.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Sidauruk, Juniato
"ABSTRAK
Tesis ini membahas penggunaan instruksi berfokus bentuk dan pengaruhnya bagi pembelajar bahasa asing terkait kesalahan berbahasa pembelajar di kelas kemahiran berbicara. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian menemukan bahwa pembelajar umumnya memproduksi kesalahan tatabahasa, kosakata dan pelafalan. Pengajar memberikan instruksi berfokus bentuk berupa elisitasi langsung, permintaan klarifikasi, koreksi langsung, pengulangan, pengubahan, tanggapan metalinguistik, dan non verbal. Tanggap paling efektif adalah tanggap penggunaan balikan permintaan klarifikasi. Hasil penelitian menyarankan bahwa pengajar perlu memberikan balikan yang tepat agar menghasilkan tanggap yang sukses. Mengingat pentingnya penggunaan balikan untuk mendapatkan tanggap pembelajar dalam interaksi di kelas kemahiran berbicara, lembaga pengajaran diharapkan dapat memberikan pelatihan yang mendalam kepada pengajar tentang pemberian balikan yang efektif.

ABSTRACT
The focus of this study is to observe the use of form-focused instruction and its effects on foreign language learners’ mistakes/errors in speaking class. This is a descriptive research. The findings show that the learners produced mistakes/errors on grammar, vocabulary, and pronunciation and the teacher used form-focused instruction and provided different kinds of feedback (elicitation, clarification request, direct correction, repetition, recasts, metalinguistic, and non-verbal feedback). The most effective uptake is clarification request. The findings of the research suggest that teachers need to choose the right type of feedback to produce successful uptakes. Considering the importance of feedback in interactions in the classroom, teaching institution should conduct workshops on effective form-focused instruction to teachers."
2013
T32969
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Satyawati
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas penggunaan bahasa Jawa Tegal oleh orang Tegal yang tinggal di Jakarta dan Depok. Data penelitian didapatkan melalui penyebaran kuesioner. Terdapat 44 responden yang masuk dalam kriteria penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar orang Tegal tetap menggunakan bahasa Jawa Tegal walaupun telah tinggal di Jakarta dan Depok. Secara keseluruhan, para responden menggunakan bahasa Jawa Tegal saat berbicara dengan keluarga dan teman yang berasal dari Tegal. Namun, saat membicarakan topik resmi, responden lebih sering menggunakan bahasa Indonesia. Begitu pula saat berada di luar rumah, responden lebih sering menggunakan bahasa Indonesia. Ketika berkomunikasi di media sosial, responden cenderung menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa campuran. Hasil lainnya adalah responden pria lebih sering menggunakan bahasa Jawa Tegal daripada responden wanita.

ABSTRACT
This thesis deals with the use of Tegal Javanese language by Tegal people who live in Jakarta and Depok. The data of this research are obtained through questionnaires. There are 44 respondents who meet the criteria in this research. The result of this research shows that the majority of the respondents still use Tegal Javanese. Overall, they use BJT when talking to family and friends who come from Tegal. However, when talking about the official topics, respondents were are likely to use BI. Similarly when outside the home, respondents are more likely to use bahasa Indonesia. When communicating in social media, the respondents tend to use bahasa Indonesia and bahasa campuran. In addition, male respondents use Tegal Javanese more than female respondents.
"
2016
S65284
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bloomer, Aileen, 1947-
New York: Routledge , 2006
410 BLO i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Amsterdam: John Benjamins , 2004
418.285 HOW
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rezky Yuliasari Fachry
"ABSTRAK
Tesis ini membahas penggunaan pertanyaan dan pemberian waktu tunggu oleh seorang pengajar bahasa Inggris yang belum berpengalaman dan seorang pengajar bahasa Inggris yang berpengalaman pada tingkat sekolah menengah atas. Tipe pertanyaan pada penelitian ini diklasifikasi berdasarkan Taksonomi Bloom Anderson Krathwohl, 2001 . Waktu tunggu diklasifikasi menjadi waktu tunggu untuk pertanyaan yang langsung mendapatkan respon waktu tunggu I dan waktu tunggu II dan untuk pertanyaan yang tidak langsung mendapatkan respon waktu tunggu I fase I-II dan waktu tunggu II . Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh dari hasil observasi kelas, catatan lapangan, dan daftar cek observasi kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pengajar yang belum berpengalaman mengajukan tipe pertanyaan mengingat, memahami, mengaplikasikan, dan menganalisis. Pengajar yang berpengalaman mengajukan tipe pertanyaan mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, dan mengevaluasi. Kedua, tingkat kognitif pertanyaan yang diajukan oleh pengajar yang belum berpengalaman dan pengajar yang berpengalaman hanya mempengaruhi lama waktu tunggu I untuk pertanyaan yang langsung mendapatkan respon. Tingkat kognitif pertanyaan yang diajukan oleh kedua pengajar tidak berkaitan dengan lama waktu tunggu I fase I-II dan waktu tunggu II untuk pertanyaan yang tidak langsung mendapatkan respon. Ketiga, tipe pertanyaan yang memfasilitasi partisipasi pemelajar adalah tipe pertanyaan mengingat, memahami, mengaplikasikan, dan menganalisis. Keempat, pemberian waktu tunggu kurang dari tiga detik menduduki posisi tertinggi, baik untuk pertanyaan yang langsung mendapatkan respon maupun tidak langsung mendapatkan respon. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan pengunaan tipe pertanyaan dan pemberian waktu tunggu oleh pengajar yang belum berpengalaman dan pengajar yang berpengalaman. Kata kunci: penggunaan pertanyaan, pemberian waktu tunggu, pengajar berpengalaman dan belum berpengalaman, pengajar bahasa asing.

ABSTRACT
This thesis discusses the use of questions and the allotment of wait time by the inexperienced English teacher and the experienced English teacher at high school level. Types of questions in this study were classified according to Bloom Taxonomy Anderson Krathwohl, 2001 . Types of wait time were classified into questions with direct response wait time I and wait time II and questions with indirect response wait time I phase I II and wait time II . This study is a case study with both qualitative and quantitative approaches. The instruments used to collect data were classroom observation, field notes, and classroom observation check list. The results show that first, the types of questions asked by the inexperienced teacher were remembering, understanding, applying, and analyzing. The types of questions asked by the experienced teacher were remembering, understanding, applying, analyzing, and evaluating. Second, cognitive levels of questions asked by the inexperienced teacher and an experienced teacher only affected the length of wait time I for questions with direct response. Cognitive levels of questions asked by both teachers did not correspond to the length of wait time I phase I II and wait time II for question with indirect response. Third, the types of questions that facilitated learners rsquo participation were remembering, understanding, applying, and analyzing questions. Fourth, the allotment of wait time of less than three seconds took the highest position, both for the questions with direct response and for the questions with indirect response. In conclusion, there is no difference in the use of questions and the allotment of wait time by the inexperienced English teacher and the experienced English teacher. Keywords the use of questions, the allotment of wait time, experienced and inexperienced teachers, foreign language teachers"
2016
T47185
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>