Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 112344 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Soedarsono
Jakarta : Gramedia, 1988
418.4 SOE s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Soedarso
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama , 1991
418.4 SOE s (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Soedarso
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2000
418.4 SOE s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Ananda Satyari Utami
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk untuk memberikan gambaran pelaksanaan reading challenge yang diadakan oleh blog buku sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan minat baca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik blog Luckty.wordpress.com dan Renslittlecorner.blogspot.com yang dipilih dengan
menggunakan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa reading challenge dapat meningkatkan minat baca, khususnya pada kalangan blogger. Akan tetapi, reading challenge di blog hanya dapat meningkatkan minat baca pada orang yang sudah
memiliki minat baca, bukan meningkatkan minat baca pada orang yang belum memiliki minat baca.

ABSTRACT
The aim of this study is to describe the implementation of reading challenge as a method to increase reading interest. A qualitative approach with study case method is used in this study. In this study, the data were collected with interview and observation methods. In this study, the informant are the blogger of Luckty.wordpress.com dan Renslittlecorner.blogspot.com
that were chosen with purposive sampling method. The result of this study showed that reading challenge in blog can be a method to increase reading interest, especialy for the blogger. But, reading challenge just increase reading interest for the people that have already had reading interest, not the people who do not have reading interest."
2015
S61450
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Yulia Annisa
"Penelitian ini membahas mengenai minat baca anak jalanan di KOPPAJA Klender, Jakarta Timur serta upaya yang dilakukan oleh komunitas dalam meningkatkannya. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini ialah minat membaca anak di KOPPAJA terkait dengan aktivitas sehari ? hari mereka di jalan dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk memahami minat membaca anak jalanan yang didukung oleh adanya fasilitas, koleksi, serta program yang dibuat oleh KOPPAJA Klender, Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan teknik studi kasus. Peneliti menyimpulkan bahwa keberadaan KOPPAJA sangatlah penting karena merupakan sarana pembentukan kebiasaan membaca bagi anak-anak jalanan di Klender, Jakarta Timur.

This study discusses about reading interest of street children in KOPPAJA Klender, East Jakarta and efforts community to improve it. The issues raised in this research children reading interest at KOPPAJA related to their daily activities in the street to meet the economic necessity of a family. This study attempt to understand reading interest of street children who supported by facilities, collection, and program made by KOPPAJA. In this study, researcher use the qualitative method which is case study method. The researcher concluded that the existance of KOPPAJA is very important because it is a means of reading habit formation for street children in Klender, East Jakarta."
2016
S62481
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Joko D. Muktiono
Jakarta: Elex Media Komputindo, 2003
028.9 JOK a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Chicago : The National Society for the Study of Education, 1984
028.9 BEC
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Teddy Indira Budiwan
"Proses belajar merupakan suatu proses yang terjadi pada setiap orang selama hidupnya. Teori kognitif menekankan tiga aspek yang saling berhubungan di dalam belajar (Resnick, 1989). Aspek yang pertama adalah belajar adalah proses penyusunan pengetahuan, bukan hasil rekaman ataupun penghisapan (absorption). Aspek yang kedua adalah belajar tergantung kepada pengetahuan yang telah dimiliki (knowledge dependenf). Aspek yang terakhir adalah belajar tergantung kepada lingkungan belajar. Hal yang dapat menolong terjadinya proses belajar yang efektif adalah dengan penggunaan mindtools atau yang dikenal dengan cognitive tools. Mindtools merupakan alat bantu yang memfasilitasi memahami suatu konsep atau pengetahuan (Jonassen, 1996). Sebagai salah satu media pendukung belajar efektif, komputer telah menjadi bagian yang penting di dalam kehidupan kita.
Penelitian bertujuan untuk meneliti pengaruh Concept Mapping sebagai alat bantu dalam membaca teks pada mahasiswa fakultas psikologi Universitas Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada subyek yang menggunakan CM dan yang tidak menggunakan CM setelah sebelumnya subyek diberikan bacaan. Pada subyek yang menggunakan CM, subyek diminta untuk membuat concept map sebelum menjawab pertanyaan.
Dari hasil penelitian, lebih banyak subyek yang memakai CM mengintegrasikan ide yang mereka peroleh dari bacaan dengan ide yang mereka miliki sebelumnya. Subyek yang memakai CM juga dapat mengingat lebih banyak ide tiga minggu setelah membaca bacaan.
Dari hasil ini peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan CM, subyek cenderung menunjukkan pemahaman yang diperoleh melalui interpretation. Namun, pada subyek yang menggunakan CM dan bekerja di dalam kelompok, kecenderungan itu tidak terlihat. CM juga tidak dapat dikatakan berpengaruh terhadap memory retention pada subyek. Subyek yang memakai CM juga banyak mengelaborasi ide yang mereka peroleh dengan pengalaman mereka sendiri atau dengan diri mereka sendiri. Subyek yang mengelaborasi ide mereka juga mempunyai ingatan yang lebih baik mengenai bacaan yang mereka baca."
Depok: Universitas Indonesia, 2002
S2912
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>