Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 165862 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tristiana Candra Dewi Trias Iriani
"ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui cara
penyelenggaraan pelayanan majalah ilmiah (2) mengetahui
keterpakaian majalah ilmiah dan kepuasan pemakai atas
pelayanan majalah ilmiah, (3) mengetahui hubungan antara
keterpakaian dengan kepuasan pemakai. Penelitian ini
dilakukan sebagai penelitian evaluatif. Subjek penelitian
adalah mahasiswa S2/S3 Universitas Gadjah Mada yang aktif
menggunakan jasa pelayanan majalah ilmiah yang tercatat
pada periode pemakaian 1995/1996. Perpustakaan Pascasarja-
na Universitas Gadjah Mada menyediakan jasa layanan maja-
lah ilmiah ini sebagai upaya untuk mendukung pelaksanaan
Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi pemakai utamanya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan
pelayanan majalah ilmiah telah diupayakan untuk memenuhi
kebutuhan 50 program studi yang ada pada Program Pascasar-
jana UGM, Serta telah didukung oleh staf pelayanan yang
memiliki latar belakang pendidikan dan ketrampilan yang
diperlukan dan dengan sarana pendukung pelayanan yang
sesuai untuk kegiatan pelayanan dan sistem layanan yang
lebih memuaskan pemakai. Hasil penelitian terhadap keter-
pakaian apabila ditinjau dari aspek frekuensi kunjungan
masih rendah, karena mahasiswa yang berkunjung ke pelaya-
nan majalah per hari hanya 23 orang atau sebesar 0,7 dari
keseluruhan mahasiswa yang sebetulnya menjadi pemakai
potensial. Dari aspek lamanya waktu berkunjung dan volume
pemanfaatan majalah, pemakai banyak yang berkunjung mini-
mal seminggu sekali untuk memanfaatkan 2 sampai 3 judul
majalah dalam tempo 1 sampai 2 jam lebih pada setiap kali
kunjungannya. Hasil evaluasi terhadap kepuasan pemakai
akan kualitas, waktu dan biaya pelayanan menunjukkan
tanggapan yang berbeda-beda, namun secara umum banyak yang
ditanggapi positif (memuaskan pemakai). Tanggapan negatif
(tidak memuaskan) terutama terhadap (1) aspek kualitas
layanan, yakni judul majalah yang tersedia masih dianggap
belum memadai dengan program studi dan nomor majalah
sering tidak lengkap, penempatan majalah yang terpisah
antara nomor terbaru dengan yang terjilid dan penempatan
ruang layanan fotokopi yang berjauhan dengan ruang pelaya-
nan majalah, fasilitas foto kopi yang kualitas hasilnya
dianggap tidak memuaskan.(2) aspek waktu, yakni jam buka
pelayanan yang ditanggapi belum memadai dan majalah yang
sedang dalam proses penjilidan untuk dapat tersaji kembali
di ruang pelayanan memakan waktu lama. (3) Aspek biaya,
yakni biaya fotokopi dianggap cukup memberatkan. Hasil uji
hipotesis menunjukkan tidak ada hubungan antara keter-
pakaian dengan kepuasan pemakai.
Secara statistik :1) Terdapat hubungan secara nyata
antara keterpakaian majalah ilmiah dengan kepuasan pemakai
2) Tidak ada hubungan secara nyata antara frekuensi kun-
jungan dengan kepuasan pemakai 3) Tidak ada hubungan
secara nyata antara lamanya waktu berkunjung dengan kepua-
san pemakai 4) Tidak ada hubungan secara nyata antara
volume penggunaan dengan kepuasan pemakai.

Abstract
The Objectives of this research are 1) to identity
the scientific Journal service management 2) to identity
the usage and users satisfaction of scientific Journal
service 3) to identity the relationship between the usage
and the user's satisfaction. The Subjects of this research
are the postgraduate students of Gadjah Mada University
who are active used the scientific journal service, within
the period of 1995/1996.
The Result of the research shows that the scientific
journal service has been organized by collecting the
journals that are appropriate and suitable with the 50
study programs in the Gadjah Made University Postgraduate
Programs. The service has been supporrted by profesional
staff and sufficient fasilities. The result of the re-
search on the evaluation of the usage of the service
observed bassed on the visiting frequency, the length of the
visiting and the volume of the Journal using is still low.
The result of the evaluation on the user?s satisfaction of
the service quality, time, and its fee shows positive re-
sponds. Furthermore, the result of show that 1) there is
relationship between the usage of the service and the
user's satisfaction 2) there is no relationship between
the visiting frequency and user?s satisfaction 3) the
length of the visiting and user's satisfaction 4) volume
of the journal using and user?s satisfaction."
1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Soraya Pandu Negara
"Skripsi ini membahas tentang kepuasan pemustaka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan pemustaka terhadap layanan, terhadap koleksi, terhadap pustakawan dan terhadap sarana dan prasarana. Di samping itu juga inginmengetahui hambatan dan saran. Hasil penelitian ini kepuasan pemustaka terhadap layanan pada tingkat puas dengan skor 4,61. Kepuasan pemustaka terhadap koleksi pada tingkat puas dengan skor 3,84. Kepuasan pemustaka terhadap pustakawan pada tingkat puas dengan skor 3,96. Kepuasan pemustaka terhadap pada tingkat puas dengan skor 3,96. Secara keseluruhan kepuasan pemustaka terhadap perpustakaan umum Jakarta barat ada tingkat puas dengan skor 3,81.Dan hambatan dan saran yang diberikan oleh pemustaka adalah masalah jaringan internet.

This undergraduate thesis is studying about user satisfaction. The purpose of this study to determine the satisfaction user of service, to the collection, to librarians, and to facilities and infrastructure. And want to know the obstacles and suggestion provided user. The research is quantitative case studies. The results of this study was user satisfaction of the service at the level of satisfied with a score of 4,61, user satisfaction of the collection at the level of satisfied with a score of 3,84, user satisfaction of the librarians at the level of satisfied with a score of 3,96, user satisfaction of the facilities and infrastructure at the level of satisfied with a score 3,96. The study concluded there is an user satisfied in library service. Obstacles and recommended provided by user is internet network."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43135
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yunita Indriani
"Penelitian mengenai kepuasan pemakai tidak asing dalam bidang ilmu perpustakaan. Tingkat kepuasan pemakai pada penelitian ini difokuskan pada jasa di Perpustakaan Umum Islam Iman Jama', dengan mengambil responden penelitian yaitu mahasiswa.Tujuan penelitian ini adalah: (1) memperoleh gambaran tingkat kepuasan pemakai mahasiswa terhadap jasa perpustakaan PUIIJ, yaitu fasilitas perpustakaan, (2) memperoleh gambaran tingkat kepuasan pemakai mahasiswa terhadap jasa perpustakaan PUIIJ, yaitu layanan perpustakaan, (3) memperoleh gambaran tingkat kepuasan pemakai mahasiswa terhadap jasa perpustakaan PUIIJ, yaitu koleksi perpustakaan, (4) memperoleh gambaran tingkat kepuasan pemakai mahasiswa terhadap jasa perpustakaan PUIIJ, yaitu staf perpustakaan. Dan dari hasil temuan penelitian akan diketahui perbedaan tingkat kepuasan mahasiswa yaitu S 1 dan D3 yang signifikan dalam memanfaatkan jasa di PUIIJ.Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan survei. Sampel yang dipilih pemakai PUIIJ yang berstatus mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan langsung kepada responden. Pengolahan data menggunakan rumus crosstabulation dan uji t-test untuk perbedaan skor rata-rata tingkat kepuasan antara mahasiswa Si dan D3.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pemakai mahasiswa di PUIIJ terhadap jasa perpustakaan, yaitu fasilitas, layanan, koleksi, dan staf perpustakaan tergolong sedang. Diketahui pada hasil penelitian bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat kepuasan yang signifikan antara mahasiswa SI dan D3 terhadap fasilitas perpustakaan, dan terdapat perbedaan tingkat kepuasan yang signifikan antara mahasiswa S1 dan D3 terhadap layanan perpustakaan, koleksi perpustakaan, dan staf perpustakaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S15380
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lubis, Al Iqbal
"Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan respon pengguna perpustakaan terhadap layanan yang disediakan atau diberikan oleh pihak Kantor perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan khususnya mengenai tingkat kepuasannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna layanan Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa respon pengguna terhadap layanan yang diberikan merasa puas serta tidak ada hambatan yang berarti dalam memanfaatkan layanan yang disediakan oleh pihak Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan.

This study aims to reveal the response of library users to the services provided or given by the Office of Library and Archives South Jakarta Administration particularly on the level of satisfaction. This research is a quantitative study using survey methods. Respondents in this study were users of the Office of Library and Archives South Jakarta Administration. The results of this study indicate that the user response to the services provided are satisfied and there is no significant obstacle in utilizing the services provided by the Office of Library and Archives South Jakarta Administration."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S44802
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amin
"Penelitian Pemanfaatan Majalah Ilmiah Bidang Ilmu Perpustakaan dilakukan di UPT Perpustakan UI (Perpustakaan Pusat UI), Depok pada bulan Maret s/d Mei 2002. Tujuannya adalah mengetahui sejauh mana majalah dalam bidang ilmu perpustakaan yang masih dilanggan dan pernah dilanggan dimanfaatkan oleh pemakai (11 judul yang masih dilanggan sampai th. 2002, dan 50 judul yang pernah dilanggan).Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan menggunakan analisis dokumen (documentary analysis), yaitu penelitian yang dilakukan terhadap informasi yang didokumentasikan dalam rekaman, gambar, suara, dan tulisan. Data diambil dari hasil pemanfaatan fotokopi selama 5 tahun ( tahun 1997 ski 2001) dan pendapat pengguna melalui kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan metode kuantitatif dan disajikan dalam bentuk tabel.Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa dari 61 judul majalah bidang ilmu perpustakaan yang diteliti: 1) Hasil pemanfaatan fotokopi: 50 judul (82 %) yang dimanfaatkan,sedangkan judul yang tidak pernah dimanfaatkan sebanyak 11 judul (18 %). 2) Hasil Kuesioner: 55 judul (90 %) yang dipilih responden, sedangkan judulyang tidak dipilih sebanyak 6 judul (10 %). 3)n Terdapat Perbedaan antara judul yang terbanyak dimanfaatkan melalui fotokopi dengan yang dipilih (sering digunakan) oleh pengguna (responden) yaitu, Computer in Libraries (hasil fotokopi) dan Library Journal (hasil kuesioner)Untuk perbedaan hasil tersebut disimpulkan, untuk Computer in Libraries karena adanya minat yang sama terhadap suatu topik oleh banyak pengguna (adanya isu yang sedang trend saat judul tersebut digunakan), sedangkan untuk Library Journal banyak dipilih responden karena merupakan majalah tertua di bidangnya, lebih favorit dan merupakan majalah umum dalam bidang ilmu perpustakaan.Terdapat persamaan antara judul majalah yang tidak pernah difotokopi dengan judul majalah yang tidak dipilih (tidak digunakan) oleh responden, sebanyak 5 judul, antara lain: Emergency Librarians (EL.), The Library of Congress Information Bulletin, NTIS Alert: Computers Control and Information, Online Libraries and Microcomputers, dan Specialist: Newsletter of the Special Libraries Association.."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002
S14964
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zenia Annabel
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tingkat kepuasan mahasiswa FEB UI terhadap pangkalan data dalam jaringan Perpustakaan UI. Pengambilan data dilakukan dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner terhadap 97 responden yang merupakan mahasiswa program S1 FEB UI. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2017. Penilaian terhadap layanan berbasis web didasari oleh enam dimensi yang memengaruhi penilaian tingkat kepuasan terhadap perpustakaan digital, yaitu kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, kegunaan, kemudahan, dan penyerapan kognitif. Enam dimensi ini berasal dari model yang merupakan perkembangan ulang dari model ISSM Information System Success Model oleh Masrek 2016 . Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa mahasiswa FEB UI merasa puas dengan layanan pangkalan data dalam jaringan Perpustakaan UI. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan rata-rata keseluruhan dimensi yang menunjukkan hasil yang positif.

ABSTRACT
This study discusses the level of student satisfaction in FEB UI to the online database Universitas Indonesia Library. The research uses quantitative approach and uses quesionnaire for data collecting which spread to 97 respondens. This research has taken in April 2017. The assessment of web based service is based on six dimentions that influence the level of satisfaction of digital library. Those dimentions which is derived from a model based on the re specified ISSM Information System Success Model by Masrek 2016 , are information quality, system quality, service quality, perceived usefulness, perceived ease of use, and cognitive absorption. The resulted in this research found that student in FEB UI are satisfied with the online database Universitas Indonesia Library. This thing can be seen from the calculation of the average overall dimention that show positive result."
2017
S67396
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Derry Herdiana Wiguna
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh elemen arsitektural, elemen sensorik visual, dan suasana terhadap kepuasan pemustaka di Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Barat (SUDIN PUSIP Jakarta Barat). Ini adalah penelitian kuantitatif, adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemustaka Ruang Baca Layanan Remaja/Dewasa SUDIN PUSIP Jakarta Barat tahun 2018. Teknik pengambilan sampel dengan rumus Slovin, dengan jumlah sampel 100 pemustaka. Teknik sampling yang digunakan yaitu accidental sampling. Dalam analisis data digunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa elemen arsitektural, elemen sensorik visual dan suasana secara bersama-sama berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pemustaka.

This research aims to examine and analyze the influence of architectural elements, visual sensory elements, and ambiance on user satisfaction at the Library and Archives Department of West Jakarta Administrative City (SUDIN PUSIP West Jakarta). This is quantitative research, while the population in this study is all of the Youth/Adult Service Reading Room readers SUDIN PUSIP West Jakarta in 2018. The sampling technique is Slovin formula, with a sample of 100 users. The sampling technique used is accidental sampling. In the analysis of data used multiple linear regression. The results of the study revealed that architectural elements, visual sensory elements and ambiance together had a significantly positive effect on user satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
T53747
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Two keywords in implementing Quality Management System ISO 9001:2008 are customer satisfaction and continuous improvement. Both are important and always influence each other. In the practice of library service, user satisfaction becomes an essential aspect for the library to make a continuous improvement. This means when a library puts priority on user satisfaction, it will make continuous improvement. In other words, a continuous improvement will always be made when the library concentrates on achieving user satisfaction. This study is aimed at identifying the achievement level ofuser satisfaction reached at Sanata Dharma University Library (SD UL) in the period of 2008 to 2014 and to find out continuous improvement that has been made by SDUL, especially, the result analysis on monitoring and assessing user satisfaction. This study was a survey that used descriptive method. The result of the study showed the achievement level of monitoring and assessmentof user satisfaction at SDUL in the period of 2008 to 2014 reached maximum score, that is, 3.5 to 3.8 in the scale of I to 5. Observed from the user satisfaction analysis, continuous quality improvement conducted in SDUL covered three important fields, that is, information and information access facilities, library services, and infrastucture and work environment.
Keywords: library user satisfaction, collection and information access, library services, infrastructure and work environment
"
BIPI 11 :2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Fitri Fauziea
"Masalah yang dimunculkan pada penelitian ini adalah bagaimana kepuasan pemakai dari profesi Pengacara, Peneliti, Wartawan Hukum dan Pengelola pusat dokumntasi hukum dan apakah ada perbedaan kepuasan antara profesi tersebut terhadap kualitas koleksi Peraturan dan Putusan Perpustakaan Daniel S.Lev. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan survei pendapat umum. Dalam penelitian ini populasinya adalah Anggota Internal dan Anggota Komunitas Perpustakaan Daniel S.Lev. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling, Sedangkan metode yang digunakan adalah simple random sampling, karena pemilihan sampel diambil dari anggota perpustakaan terdiri dari berbagai latar belakang profesi yang berbeda, yaitu Pengacara, Peneliti, Wartawan/Redaksi, dan Pengelola pusat dokumentasi hokum (PPDH), maka digunakan metode Proporsional Allocation untuk menentukan besarnya sampel yang harus diambil dari setiap profesi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan pemakai dari profesi Pengacara, Peneliti, Wartawan dan Pengelola Pusat Dokumentasi Hukum terhadap koleksi Peraturan dan Putusan yang terdapat pada Perpustakaan Daniel S.Lev adalah memuaskan. Namun, hasil tersebut tidak mutlak sehingga masih ada pemakai profesi wartawan yang tidak puas terhadap koleksi putusan. Dengan demikian perlu ditingkatkan kualitas koleksi baik dari segi kelengkapan, keterkaitan, ketepatan dan kemutakhiran. Selain itu, terdapat perbedaan kepuasan yang dinyatakan setiap profesi terhadap indikator. Dengan demikian perlu diperhatikan kebutuhan koleksi setiap profesi.

Abstract
This study takes the title: "User Satisfaction of Rules and Decisions Collection at theDaniel S.lev Library". The problem raised in this research is: how user satisfaction of the profession Lawyers, Researchers, Journalists and managers of law documentation center and whether there are differences between the professions of satisfaction to quality of rules and decision collections at Daniel S. Lev Library. This type of research used is quantitative descriptive approach by using public opinion surveys. In this study population was of Internal Members and Members of the Community Library Daniel S. Lev. Sampling technique used in this study is probability sampling, while the method used is simple random sampling, because the selection of samples were taken from members of the library consists of many different professional backgrounds, namely Lawyer, Researcher, Journalist / Editor, and Manager of law documentation center, then used the method to determine the amount of Proportional Allocation of samples to be taken from each profession. The results showed that the level of user satisfaction from the profession's lawyer, researcher, journalist and manager of law Documentation Center of Rules and Decision collection contained in Daniel S. Lev library is satisfactory. However, these results are not absolute so that there are still users of professional journalists who are not satisfied with the collection of the verdict. Thus needs to be improved both in terms of quality collection completeness, relevance, accuracy and regency. In addition, there are differences in every profession expressed satisfaction towards the indicator. Thus to consider the needs of every professional collection."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S264
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Perpustakaan Perguruan Tinggi merupakan sebuah sarana penunjang yang didirikan untuk mendukung kegiatan Civitas Akademik, di mana Perguruan Tinggi itu berada. Dalam buku pedoman Perpustakaan Perguruan Tinggi disebutkan bahwa, Perpustakaan Perguruan Tinggi merupakan unsur penunjang Perguruan Tinggi dalam kegiatan pendidikan , penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk itu Perpustakaan perlu mengadakan, menghimpun, mengolah, menyimpan dan melayankan koleksinya yang berisi informasi yang dibutuhkan oleh Penggunanya. Mengingat begitu berarti dan pentingnya perpustakaan bagi Penggunanya, maka perlu diadakan suatu kegiatan yang memperlihatkan dan menjelaskan manfaat pentingnya Perpustakaan bagi seluruh sivitas akademikanya. Hal yang sering terjadi adalah bahwa kemampuan pemakai dalam memanfaatkan Perpustakaan merupakan dasar yang amat penting dalam mencapai keberhasilan pendidikan. Selain itu Perpustakaan diharapkan mampu untuk mendidik pemakai untuk tertib dan bertanggung jawab dalam memanfaatkan semua koleksinya secara maksimal. Dengan demikian Perpustakaan akan berfungsi secara optimal apabila penggunanya dapat mengetahui dengan baik dan cepat di mana dan bagaimana cara menemukan sumber informasi yang mereka butuhkan."
JUPITER 14:2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>