Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 122536 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Melok Roro Kinanthi
"ABSTRAK
Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak henti-hentinya dihadapkan pads berbagai macam masalah. Individu yang memiliki karakteristik kepribadian tertentu tampaknya mampu mengatasi dan beradaptasi dengan masalah yang dihadapinya tanpa hams terkena dampak negatif dad hal tersebut. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal ini adalah problem solving appraisal yang dimiliki individu, yaitu bagaimana individu menilai kemampuan dirinya dalam menyelesaikan suatu masalah. Hasil penelitian menunjukan adanya korelasi antara ketrampilan individu dalam memecahkan masalah yang dihadapi dengan simtom -simtom depresi, kenutusasaan, ataupun ide bunuh diri.
Corey (1977) mengemukakan setiap psikolog memiliki blind spot,
dimana masing-masing memiliki masalah pribadi yang belum terselesaikan,
yang kemungkinan akan mempengaruhi efektivitas psikolog dalam menjalankan tugasnya. Gunarsa (2001) mengajukan pertanyaan: apakah seorang psikolog yang sedang memiliki masalah di dalam kehidupan pribadinya sendiri dapat membantu orang lain mengatasi masalah pules?
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran problem solving appraisal pads mahasiswa Magister Profesi Psikologi Universitas Indonesia. Penelitian ini menggunakan instrumen problem solving inventory yang diformulasikan oleh Heppner sebagai alat untuk mengetahui penelaian individu terhadap kemampuan dirinya dalam menyelesaikan masalah. Pendekatan utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Selain itu, pendekatan kualitatif jugs diperlukan dalam mengolah data pendukung berupa hasil wawancara subyek tertentu. Subyek penelitian ini berjumlah 43 orang yaitu mahasiswa Magister Profesi Psikologi Universitas Indonesia yang telah atau sedang menempuh mass Mayor Praktik-Institusi.
Teknik sampling yang digunakan adalah insidental sampling dimana subyek diambil berdasarkan ketersediaan dan kemudahan (Guilford & Fruchter, 1987).
Metode validitas yang digunakan adalah construct validity melalui teknik internal consistency dan menggunakan rumus pearson product moment.
Metode validitas yang digunakan adalah construct validity melalui teknik internal consistency dan menggunakan rumus pearson product moment. Uji reliabilitas dilakukan melalui pendekatan single form reliability dengan
menggunakan rumus koefisien cronbach alpha.
Basil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan mayoritas item pads alat ukur ini rnemiliki koefisien validitas yang cukup memuaskan yaitu r > 0,2. Hanya lima item yang koefisien validitasnya r < 0,2 (yaitu item no.4, 7, 8, 15, dan 32). Sementara itu reliabilitas yang dihasilkan juga cukup memuaskan (a = 0,8578).Wawancara yang dilakukan kemudian terhadap reponden dengan skor terendah dan responden dengan skor tertinggi menunjukan adanya perbedaan problem solving appraisal yang signifikan diantara keduanya. Dengan demikian dapat disimpulkan item-item yang ada telah telah benar-benar mengukur konstruk yang ada di tiap-tiap kategori serta cukup dapat menunjukkan perbedaan antar subyek pads aspek yang diukur.
Adapapun gambaran problem solving appraisal mahasiswa Magister Profesi Psikologi Universitas Indonesia yang menjadi sampel penelitian ini adalah: sebanyak 11 responden (25,58%) memiliki skor total Problem Solving Inventory kategori rendah. Dengan demikian, individu tersebut memiliki penilaian yang positif terhadap kemampuan mereka dalam menyelesaikan suatu masalah. Sebanyak 29 orang (67,44%) memperoleh skor total Problem Solving Inventory kategori menengah.
Hal ini berarti individu yang bersangkutan menilai kemampuan diri mereka berada pada tingkatan rata-rata dalam menyelesaikan suatu permasalahan secara efektif. Hanya 3 responden (6,98%) yang memiliki jumlah skor keseluruhan Problem Solving Inventory yang tergolong tinggi. Hal ini menunjukan mereka memiliki penilaian yang negatif terhadap kemampuan mereka dalam memecahkan suatu masalah secara efektif.
Diperlukan revisi terhadap penulisan kelima item yang memperoleh koefisien validitas r < 0,2, untuk selanjutnya dapat pula dilakukan penelitian lanjutan untuk menguji kembali item-item yang telah direvisi tersebut. Secara umum, alat ukur Problem Solving Inventory menghasilkan validitas dan reliabilitas yang cukup baik, sehingga peneliti menyarankan penggunaan alat ukur ini dalam bidang klinis."
2007
T17829
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
New York : Cambridge university , 2003
153.43 PSY
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Robertson, S. Ian
East Sussex: Psychology Press, 2001
153.43 ROB p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Fogler, H. Scott
"Strategies for Creative Problem Solving, Second Edition, will help you sharpen your "street smarts" and leverage your creative skills to find better solutions for virtually any technical problem. Drawing on advanced, National Science Foundation-funded research, it introduces a start-to-finish problem-solving framework that integrates proven strategies from todays most effective technical organizations. Using its hands-on techniques and exercises, you'll learn how to gather data, systematically identify problems, generate superior alternatives, choose and implement the best solution, evaluate what you learn, and use that knowledge to create even better outcomes."
Upper Saddle River, N.J: Prentice-Hall, 2008
153FOGS002
Multimedia  Universitas Indonesia Library
cover
Fogler, H. Scott
"Strategies for Creative Problem Solving, Second Edition, will help you sharpen your "street smarts" and leverage your creative skills to find better solutions for virtually any technical problem. Drawing on advanced, National Science Foundation-funded research, it introduces a start-to-finish problem-solving framework that integrates proven strategies from todays most effective technical organizations. Using its hands-on techniques and exercises, you'll learn how to gather data, systematically identify problems, generate superior alternatives, choose and implement the best solution, evaluate what you learn, and use that knowledge to create even better outcomes."
Upper Saddle River, N.J: Prentice-Hall, 2008
153FOGS001
Multimedia  Universitas Indonesia Library
cover
New York: McGraw-Hill, 2012
620 EID e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
New York: McGraw-Hill, 2012
620 ENG
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Fogler, H. Scott
"This text helps your students hone their creative skills and apply those skills to solve nearly any problem. Drawing on National Science Foundation-funded, advanced research that studied problem-solving techniques in all areas of modern industry, the book presents a comprehensive, systematic problem-solving framework. Through hands-on techniques and exercises drawing on realistic examples, students will learn how to approach an ill-defined problem, identify the real problem, generate and implement the best solution, evaluate what you learn, and build on that knowledge."
Harlow: Prentice-Hall, 2014
153.43 FOG s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Mayer, Richard E.
New York: W.H. Freeman, 1983
153.42 MAY t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Risanita Fardian Farid
"Tesis ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program SDLMI dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah sosial pada slow-learner. Penelitian ini menggunakan desain subyek tunggal dan efektivitas program diukur dengan membandingkan kondisi sebelum (pretest) dan setelah intervensi diberikan (posttest). Pada penelitian ini, subyek tidak hanya menunjukkan adanya peningkatan keterampilan pemecahan masalah sosial, tetapi juga dapat mempertahankan keterampilan tersebut seminggu setelah diberikan instruksi pemecahan masalah. Edukasi mengenai SDLMI perlu diberikan kepada orangtua dan guru yang menghadapi siswa berkebutuhan khusus atau siswa dengan karakteristik seperti slowlearners.

The purpose of this study is to investigate the efectiveness of SDLMI in increasing social problem solving skills for slow-learner. This research used single subject design and program effectiveness was measured by comparing pretest and posttest data. Research's result not only suggested an improvement but also maintenance in partisipant's problem-solving skill, one week after problem solving instruction was given. Furthermore, educations about SDLMI need to be given for parents and teacher who struggle with special-need or slow-learner student."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T45438
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>