Ditemukan 124492 dokumen yang sesuai dengan query
Jakarta : UKKP Proyek PS2-PT, 1992,
R 370.16 Pra d
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan Staf dan Sarana Perguruan Tinggi Unit Koordinasi Kegiatan Perpustakaan, 1992
R 370.16 DAF
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Aryasuta Arvin Daniswara
"Education for Sustainable Development (ESD) merupakan sebuah pendekatan pendidikan yang dibuat sebagai respon atas upaya mengatasi isu lingkungan dan keberlanjutan dengan menerapkan pemahaman mengenai kedua isu tersebut pada masyarakat. Isu lingkungan merupakan salah satu poin penting dalam keberlanjutan, sebab masalah lingkungan menjadi salah satu penghalang besar dalam pentingnya menjaga ketersediaan sumber daya alam yang diperlukan dalam keberlanjutan. Penulisan makalah ilmiah ini akan menceritakan pengalaman penulis sebagai volunteer fasilitator dalam menjalankan program upaya penerapan ESD yang dilakukan di wilayah Jabodetabek. Dengan menggunakan konsep community development, World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia berupaya untuk menerapkan konsep keberlanjutan melalui program edukasi dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan dengan pemilihan fokus target audiens sekolah yang berada di wilayah Jabodetabek. Makalah ilmiah ini adalah refleksi kegiatan volunteer fasilitator Panda Mobile WWF Indonesia di Jabodetabek dalam upaya edukasi dan pemberdayaan masyarakat mengenai isu lingkungan dan keberlanjutan.
Education for Sustainable Development (ESD) is an educational approach created in response to efforts in addressing environmental and sustainability issues by applying an understanding of the later issues to the community. Environmental issues are a crucial point in sustainability due to environmental problems as one of the great obstacles to maintaining the availability of natural resources necessary for sustainability. This paper will describe the author's experience as a volunteer facilitator in implementing the ESD program conducted in Jabodetabek. Using the concept of community development, the World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia strives to apply the concept of sustainability through educational and community development programs with the focus target audiences being schools in the Jabodetabek area. This paper is a reflection on activities of WWF Indonesia's Panda Mobile volunteer facilitator in Jabodetabek as an attempt to educate and empower the community on environmental and sustainability issues."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
[place of publication not identified]: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 1990
R 370.16 Him
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 1991
R 378.598 Ind d
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Direktorat Pembinaan Sarana Akademis, 1993
R 378.598025 DIR
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Tompodung, Linda Maya
"
ABSTRAKLatar Belakang: Persepsi mahasiswa terhadap lingkungan pembelajaran terbukti dapat memengaruhi prestasi, kepuasan dan kesuksesan mahasiswa. Mahasiswa yang berpendapat bahwa lingkungan pembelajaran memberikan dukungan akan belajar lebih keras dan memberikan prestasi lebih baik. Di Indonesia prestasi belajar lulusan dokter diukur secara nasional dengan menggunakan UKMPPD.Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran persepsi mahasiswa terhadap lingkungan pembelajaran dan hubungannya dengan kelulusan dalam UKMPPD.Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan cross-sectional. Data diperoleh dari 105 peserta UKMPPD. Persepsi lingkungan pembelajaran diukur menggunakan kuesioner DREEM dan menghubungkannya dengan kelulusan dalam UKMPPD. Data berdistribusi tidak normal sehingga digunakan analisis Mann-Whitney. Analisis multivariat digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kelulusan UKMPPD.Hasil: Penelitian ini menunjukkan sembilan puluh persen mahasiswa FK UNSRAT mempunyai persepsi lsquo;positif rsquo; terhadap lingkungan pembelajaran. Total skor median DREEM persepsi mahasiswa kurang berprestasi lebih baik dibandingkan mahasiswa berprestasi. Hasil analisis multivariat tidak menemukan hubungan lingkungan pembelajaran dan kelulusan UKMPPD, namun kelulusan UKMPPD berhubungan dengan dengan status ujian peserta.
ABSTRACTBackground Students rsquo experience about their learning environment in medical education has been shown to be related to their achievements, satisfaction and success. Students who consider the learning environment supportive will learn harder and perform better. In Indonesia, the performance of newly graduated physicians is measured nationally using Indonesia Medical Licensing Exam IMLE . Objective The aim of this research is to describe students rsquo perception about their learning environment and its relationship with pass rate in IMLE.Methods We measured the perception on the learning environment of 105 students of Sam Ratulangi University UNSRAT Faculty of Medicine who were about to undertake IMLE in February 2017 using DREEM questionnaire and calculated the relationship with IMLE pass rate. Data analyzed was conducted using Mann Whitney test. Multivariate analysis was used to identify the factors affecting pass rate at IMLE.Results We found that 90 percent of the students have positive perception regarding learning environment in UNSRAT. The overall median DREEM score of the academic under achievers 136.00 was higher compared to the academic achievers 126.00 . However, multivariate analysis found no significant association between learning environment and the IMLE pass rate. Instead, IMLE pass rate is associated with the participant rsquo s exam status."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Depok: Universitas Indonesia, 2009
370 UNI u
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Depok: Universitas Indonesia, 2009
370 UNI u
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Jakarta: Departemen Perguruan Tinggi, 1965
378.598 IND p
Buku Teks Universitas Indonesia Library