Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 217872 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fanty Marianty
"Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui karakteristik-karakteristik perusahaan dan kondisi pasar yang dapat mempengaruhi financial structure suatu perusahaan selama periode tahun 2000 sampai dengan tahun 2004, dimana karakteristik perusahaan tersebut meliputi investment opportunities, profitability, size, dan tangibility. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah melihat apakah investment opportunities, profitability, size, tangibility, dan kondisi pasar pada saat bullish (dan juga bearish) mempengaruhi financial structure.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode regresi linier berganda dengan pendekatan dummy. Di dalam model hanya mempunyai satu variabel terikat yaitu debt ratio (DR) dan lima variabel bebas. Sebelum melakukan analisis terhadap hasil regresi, terlebih dahulu hasil tersebut diuji asumsi klasiknya dan signifikansinya, sehingga dapat dipastikan basil tersebut memenuhi standar BLUE (Best Linier Unbiased Estimator).
Hasil penelitian didapati bahwa profitability dan tangibility berpengaruh signifikan negatif terhadap financial structure perusahaan. Sedangkan, investment opportunities, size, dan kondisi pasar tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap financial structure perusahaan.

This research aims to find out firm's characteristics and market conditions that have ability to influence a firm's financial structure for the period of 2000 until 2004, wherein those characteristics cover investment opportunities, profitability, size, and tangibility. The purpose of this research is testing whether cover investment opportunities, profitability, size, tangibility, and market conditions when bullish and bearish influence financial structure.
In this research, writer uses the ordinary least square regression method with dummy approach. In model has only one dependent variable that is debt ratio and free independent variables. Before starting the analyzing of the result of regression we need to examine the result to prove its significance by mean of statistic and classic assumption test, therefore we can ascertain the result already has a BLUE (Best Linier Unbiased Estimator).
The conclusion of this research is that profitability and tangibility have negative significant influence for firm's financial structure. On other side, investment opportunities, size, and market conditions are no significant influence to firm's financial structure.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2005
T18858
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alan Gumilar
"Setiap perusahaan mempunyai anggaran untuk kegiatan pemasaran. Belanja iklan dan promosi berkontribusi signifikan dalam beban pemasaran. Jumlah signifikan ini menarik perhatian bagi shareholder tentang bagaimana perusahaan mengkonversikan belanja iklannya menjadi nilai perusahaan. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruhbelanja iklan, konsentrasi pasar, ukuran dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi. Objek penelitian ini yaituperusahaan consumer goodsdi Bursa Efek Indonesiayang dipilih melalui teknikpurposive samplingpada periode 2011-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belanja iklan berpengaruh positif terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan, sementara konsentrasi pasar tidak berpengaruh terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan. Adapun ukuran dan leverage berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan.

Each company has budget for marketing activities. Advertising spending and promotions contributed significantly in marketing expenses. This significant amount attracted the attentionof shareholders about how the company is converting the spend into the firm value. Thus, this study aims to analyze the influence of advertising spending, market concentration, size and leverage on firm value with profitability as a mediating variable. The object of this research that the consumer goods company in Indonesia Stock Exchange were selected through purposive sampling technique in the period of 2011 2015. The results showed that advertising spending positively affects the profitability and firm value, while market concentration has no effect on the profitability and firm value. Firm size and leverage have significant effect on profitability and firm value."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
T47417
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diah Permata Sari
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja keuangan perusahaan terhadap Eco-Innovation. Secara khusus, penelitian ini membahas kinerja keuangan perusahaan yang diproksikan dengan Return on Asset ROA , Return on Equity ROE , dan Earning Retention Ratio ERR yang dapat mempengaruhi perusahaan dalam mengambil keputusan mengenai EcoInnovation. Penelitian ini menggunakan total observasi sebanyak 155 firm years yang terdiri dari 31 perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2011-2015. Dari total observasi ditemukan sebanyak 75 firm years melakukan Eco-Innovation dan 80 firm years tidak melakukan EcoInnovation. Metode pengujian yang digunakan adalah regresi Logit. Hasil dari penelitian ini adalah ROA memiliki pengaruh signifikan negatif terhadap EcoInnovation, ROE memiliki pengaruh signifikan positif terhadap Eco-Innovation, dan ERR tidak memiliki pengaruh terhadap Eco-Innovation.

This research examines the influence of Firm Financial Performance towards EcoInnovation. In particular, this research discusses firm financial performance which proxies by Return on Asset ROA, Return on Equity ROE, and Earning Retention Ratio ERR that could affect firms on make a decision about EcoInnovation. This research used 155 firm years from total observation that contains of 31 consumer goods companies listed in Indonesian Stock Exchange during the period 2011 2015. From the total observation was found that 75 firm years perform Eco Innovation and 80 firm years didn rsquo t perform Eco Innovation. The test was conducted by using logistic regression model. The results of this study are ROA has a significant and negative impact toward Eco Innovation, ROE has a significant positive impact on Eco Innovation, and ERR has no significant impact on Eco Innovation. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S66605
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anies Ajeng Garahita
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage dan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi terhadap profitabilitas sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek Indonesia. Jumlah observasi dalam penelitian ini berjumlah 162 data observasi. Desain penelitian ini adalah desain explanatory research. Data penelitian ini diolah dengan perangkat lunak Eviews 9.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage memiliki hasil postif signifikan terhadap profitabilitas perusahaan dan leverage dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi memiliki hasil yang negatif signifikan pada perusahaan kecil, serta pengaruh positif tidak signifikan pada perusahaan besar dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi terhadap profitabilitas perusahaan di sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

This study aims to determine the effect of leverage and firm size as a moderating variable to the profitability of the consumer goods industry sector listed on the Indonesian stock exchange. The number of observations in this study is 162 observational data. The design of this research is explanatory research design. This research data is processed by software Eviews 9.
The result of research indicate that leverage have significant positive result to company profitability and leverage with firm size as moderation variable have negative significant result in small company, and positive insignificant result at large company with firm size as a moderating variable to the profitability of firms in the consumer goods industry sector listed on the Indonesia Stock Exchange.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S67661
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anggit Laras Ardindra
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perubahan modal kerja terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang mengalami kendala keuangan dan perusahaan yang tidak mengalami kendala keuangan yang termasuk pada Industri Barang Konsumsi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2011 – 2015. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 64 perusahaan. Penelitian ini menggunakan Fixed Effect Model yang diolah dalam program EViews 9. Variabel yang terkait pada penelitian ini adalah earnings, net assets, interest, dividend, research and development, cash dan net working capital. Dari variabel-variabel tersebut yang memiliki pengaruh pada keseluruhan perusahaan adalah earnings, net assets, dividend, research and development, dan cash. Sementara untuk perusahaan yang mengalami kendala keuangan adalah variabel earnings dan net assets, sedangkan untuk perusahaan yang tidak memiliki kendala keuangan adalah dividend dan cash.

This study aimed to analyze the effects of changes in working capital to the company's value to companies experiencing financial constraints and a company that is not experiencing financial constraints are included in the Consumer Goods Industry and Trade, Service and Investment which is listed on the Indonesia Stock Exchange period 2011 - 2015. The sample used in this study is 64 company. This study uses a Fixed Effect Model that is processed in EViews program 9. The variables associated in this study is the earnings, net assets, interest, dividend, research and development, cash and net working capital. Of the variables that have an influence on the whole enterprise is the earnings, net assets, dividend, research and development, and cash. As for companies experiencing financial constraints are variable earnings and net assets, while for companies that do not have financial constraints is the dividend and cash."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S63211
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Annisa Cahyaningtyas
"Penelitian ini untuk meneliti pengaruh dari strategic dan non-strategic CSR terhadap kinerja keuangan Perusahaan Consumer Goods pada sub sektor food and beverage yang terdaftar di BEI tahun 2010 ndash; 2015. Dengan menggunakan matriks checklist untuk menilai tingkat strategic dan non-strategic CSR. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategic CSR berpengaruh positif dan non-strategic CSR tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan Perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di BEI tahun 2010 ndash; 2015.

The purposes of this study are to examine the effect of strategic CSR and non strategic CSR on financial performance of Consumer Goods Company in Food and Beverage sub sector. By using cheklist matrix to assess the level of strategic and non strategic CSR. The results of this study show that strategic CSR positively affect financial performance, while non strategic CSR doesn rsquo t have an effect financial performance of Consumer Goods Company."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S66833
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ria Rakhmawati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen modal kerja terhadap profitabilitas perusahaan pada sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen modal kerja yang diukur melalui siklus konversi kas, average collection period, dan net trade cycle terbukti berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas yang diukur melalu return on asset. Sedangkan average inventory period berpengaruh negatif tidak signifikan dan average payment period terbukti berpengaruh positif tidak signifikan terhadap profitabilitas yang diukur melalui return on asset.

This study aims to determine the effect of working capital management on corporate profitability in the consumer goods industry sector listed in Indonesia Stock Exchange Year 2011 2015. The results showed that working capital management as measured through cash conversion cycle, average collection period, and net trade cycle prove to have an negative significant effect on profitability measured through return on asset. While average inventory period prove to have an negative unsignificant and average payment period to have an positive unsignificant effect on profitability measured through return on asset."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S69446
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Besty Varisya
"Penelitian ini membahas pengaruh karakteristik perusahaan terhadap struktur modal. Perusahaan membutuhkan pendanaan dan modal untuk menjalankan kegiatan operasional. Pendanaan tersebut bisa berasal dari internal maupun eksternal perusahaan melalui hutang maupun ekuitas. Setiap perusahaan memiliki kebijakan perusahaan yang berbeda beda tergantung berbagai faktor, diantaranya ialah karakteristik perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan dan struktur aktiva terhadap debt to equity ratio. Sampel yang digunakan ialah perusahaan dibidang consumer good yang tercatatat di Bursa Efek Indonesia periode 2015 – 2019 dengan menggunakan teknik purposive sampling dan mendapatkan sampel 40 perusahaan. Hasil penelitian pada sampel secara keseuluruhan menunjukkan bahwa variabel dependen secara bersama sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap struktur modal yang diukur dengan debt ratio. Adapun secara parsial, profitabilitas, pertumbuhan perusahaan dan struktur aktiva memiliki pengaruh positif signifikan. Sementara, likuiditas memiliki pengaruh negatif signifikan. Variabel ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap struktur modal.

This study discusses the effect of company characteristics on capital structure. Companies need funding and capital to carry out operational activities. Funding can come from internal and external companies through debt or equity.. Every company has different company policies depending on various factors, including company characteristics. This study aims to determine the effect of profitability, liquidity, company size, company growth and asset structure on debt to equity ratio. The sample used is companies in the consumer good sector which are listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2015 – 2019 obtained by using purposive sampling as many as 40 companies in the sample. . The results of the study on the sample as a whole show that the dependent variable together has a significant effect on capital structure as measured by the debt ratio. As for partially, profitability, company growth and asset structure have a significant positive effect. Meanwhile, liquidity has a significant negative effect. The firm size variable does not have a significant effect on capital structure."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ery D Prasetyo
"Struktur Modal masih menjadi kontroversi dalam dunia keuangan perusahaan. Ada beberapa pendekatan yang mendasari teori struktur modal, namun tidak satupun yang sesuai dengan praktek di lapangan. Keputusan struktur modal dianggap penting karena dapat mempengaruhi tingkat pengembalian dan berdampak pada kemampuan perusahaan menghadapi lingkungan persaingan. Tujuan penulisan karya akhir mi adalah untuk melihat bagaimana dampak perbedaan jenis usaha diantara dua kelompok perusahaan, dalam hal mi adalah kelompok Ritel dan Consumer goods, dilihat dari beberapa rasio finansial yang tercermin dan laporan keuangan perusahaan. Dari perbedaan yang diamati kemudian dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai dampaknya terhadap pemilihan struktur modal perusahaan. Penelitian mi merupakan replikasi hasil pengujian yang dilakukan oleh Chiang Yat Hung, Chan Ping Chuen Albert dan Hui Chi Man Edie (Hong Kong Polytechnic University, Hong Kong) pada kelompok perusahaan kontraktor dan developer di Hong Kong dan penelitian oleh Akhtar Shumi terhadap perusahaan yang tergolong perusahaan multinasional dan perusahaan domestik di Australia. Penelitian tersebut dipicu oleh kondisi profitabilitas yang sangat superior di kelompok developer yang sangat berlawanan dengan kelompok kontraktor. Pengujian dilakukan dengan metode "twoindependent sample-test" untuk melihat adanya perbedaan yang signifikan kemudian dilanjutkan dengan uji korelasi variabel yang dipilih sebagai faktor determinan tingkat leverage perusahaan dan terakhir menguji regresi untuk membuat model yang dapat memprediksi komposisi struktur modal yang optimal. Untuk penelitian di Indonesia, dipilih kelompok usaha Ritel dan Consumer goods yang memiliki kesamaan dalam jenis produk yang dipasarkan adalah produk masal namun berbeda dalam hal cara perolehannya. Kelompok consumer goods memproduksi sendiri sementara ritel hanya mendistribusikan barang yang bukan diproduksi oleh perusahaan tersebut. Pengujian menggunakan data laporan keuangan tahunan dan perusahaan yang terdaftar di BEJ selama periode tahun 2000 - 2006. Hasil uji perbedaan dua kelompok tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik diantara kedua kelompok tersebut dengan menggunakan variabel skalá perusahaan, struktur aset perusahaan, pertumbuhan perusahaan dan profitabilitas perusahaan. Dari kelima variabel yang dipilih, ditambah satu variabel dummy yang menggolongkan perusahaan berada di kelompok ritel atau consumer goods, dilakukan pengamatan untuk melihat tingkat korelasi antara masing-masing variabel terhadap variabel terikat yaitu tingkat leverage perusahaan. Hasil pengujian korelasi menunjukan bahwa variabel skala perusahaan, profitabilitas, kelompok perusahaan, struktur aset dan pertumbuhan memiliki korelasi berurutan dari yang paling kuat. Namun dilihat dan tingkat signifikansinya, hanya variabel skala perusahaan, profitabilitas dan kelompok perusahaan yang diduga memiliki pengaruh kuat terhadap keputusan struktur modal.Uji regresi dilakukan terhadap variabel dummy dan variabel interaksi antara variabel dummy dengan variabel bebas lainnya untuk melihat pengaruh perbedaan kelompok pada setiap variabel bebas sebagai faktor determinan struktur modal. Uji regresi menunjukan bahwa model yang dibentuk memiliki nilai signifikan pada tingkat 0,05 yang berarti pemodelan mi secara umum dapat diterima. Namun model yang dibentuk mi hanya memiliki nilai adjusted R2 kurang dari 50 % yang berarti model mi hanya mampu menjelaskan variabel terikat dengan porsi kurang dari 50 %. Dari variabel bebas yang digunakan, variabel dummy menunjukan arah negatif yang berarti kelompok industri nitel cenderung memiliki porsi hutang lebih besar dibandingkan consumer goods. Walaupun beberapa variabel bebas tersebut merupakan faktor determinan yang signifikan terhadap struktur modal perusahaan, namun hasil penelitian mi menunjukan bahwa diantara kelompok industri nitel dan consumer goods, masing-masing kelompok dipengaruhi oleh variabel yang berbeda. Jika dilihat lebih dalam lagi, ternyata hanya variabel SIZE yang memiliki interaksi signifikan dengan perbedaan jenis usaha. Perbedaan skala perusahaan di kelompok Ritel dan Consumer goods memiliki dampak yang signifikan terhadap keputusan struktur modal perusahaan. Dengan memperhatikan variabel yang signifikan terhadap tingkat leverage perusahaan, manajemen dapat memilih aktivitas mempengaruhi struktur modal ke arah yang dianggap optimal. Pihak kreditur disarankan untuk mengikutsertakan variabel yang signifikan ketika melakukan penilaian dalam memutuskan besar pinjaman yang akan diberikan ke perusahaan."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T 23065
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>