Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 87125 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Alif Faridalthaf
"Industri Perhiasan Indonesia merupakan sektor unggulan dalam perekonomian dengan nilai ekspor mencapai 5,42 miliar USD pada tahun 2021. Tingginya nilai ekspor ini tentunya dipicu oleh peruhasaan-perusahaan lokal yang bekerja dalam menjalankan bisnisnya. Salah satu perusahaan perhiasan lokal di Indonesia dalam menajalankan bisnis perhiasan emas adalah PT Sentral Kreasi Kencana (PT SKK). PT SKK merupakan anak perusahaan dari CMK Group, yang merupakan manufaktur perhiasan terbesar di Asia Tenggara yang memulai usahanya pada periode 1970-an. Selama menjalankan bisnisnya, PT SKK menghadapi beberapa tantangan di bagian produksi. Salah satunya mengelola kebutuhan bahan baku perhiasan pada manufaktur. Maka dari itu, dibuatlah suatu perancangan sistem informasi kebutuhan bahan baku pada PT SKK. Sebelum perancangan sistem informasi ini menggunakan metode, Importance Perfomance Analysis dan Economic Order Quantity (EOQ) untuk menentukan strategi dan jenis inventory management yang akan digunakan, selanjutnya menggunakan pendeketan System Development Life Cycle (SDLC) untuk menggambarkan perancangan sistem informasi. Dampak dari perancangan sistem informasi ini adalah membantu PT SKK untuk mengurangi waktu transaksi dalam memenuhi kebutuhan bahan baku dan penghematan biaya. Hasilnya adalah PT SKK tidak lagi mengalami kekurangan bahan baku dan mengeliminasi waktu pengadaan bahan baku.

The Indonesian Jewelry Industry is a leading sector in the economy with an export value of 5.42 billion USD in 2021. The high value of this export is certainly triggered by local companies that work in running their business. One of the local jewelry companies in Indonesia in running the gold jewelry business is PT Sentral Kreasi Kencana (PT SKK). PT SKK is a subsidiary of CMK Group, which is the largest jewelry manufacturer in Southeast Asia which started its business in the 1970s. During its business, PT SKK faced several challenges in the production department. One of them is managing the needs of jewelry raw materials in the production process. Therefore, an information system design for raw material needs was made at PT SKK. Before designing the information system, using Importance Perfomance Analysis and Economic Order Quantity (EOQ) Method to define strategy and type of inventory management, then uses the System Development Life Cycle (SDLC) method. to The impact of designing this information system is to help PT SKK to reduce transaction time in meeting raw material needs and reducing inventory cost. The result is PT SKK has no longer run out the raw materials and eliminated procurement time of raw material."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Teuku Firmansyah
"[Industri elektronik merupakan komoditas perdagangan terbesar di ASEAN. Kebutuhan terhadap barang elektronik terus meningkat setiap tahunnya sehingga petumbuhan permintaan komponen elektronik juga terus meningkat. Dengan semakin meningkatnya permintaan komponen elektronik, kecepatan aliran bahan baku dengan kualitas terjaga mutlak diperlukan. Pembuatan model sistem informasi dalam proses inspeksi mutu bahan baku menjadi hal yang penting. Belum adanya integrasi sistem informasi pada inspeksi mutu bahan baku
mengakibatkan banyaknya aktifitas tidak bernilai saat melakukan pekerjaan. Metodologi IDEF0 digunakan untuk membuatu model peta proses aliran informasi. Penelitian ini menggambarkan model aliran proses informasi aktual saat ini (As Is) yang didapatkan dari Focus Group Discussion (FGD) dan model alternatif aliran proses informasi (To Be) yang dapat mengurangi aktifitas tidak bernilai saat melakukan inspeksi dengan validasi melalui wawancara Expert. Dengan pemanfaatan IDEF0, Business Process Reengineering (BPR) dapat
dilakukan pada aktifitas inspeksi mutu bahan baku di manufaktur komponen elektronik. Alternatif aliran proses informasi yang didapatkan adalah aliran informasi yang menggunakan database di server sebagai pusat data dan dokumen inspeksi, serta rangkuman masalah bahan baku yang pernah terjadi sehingga operator tidak perlu melakukan aktifitas yang mengarah pada inefisiensi;The electronics industry is the largest trading commodity in ASEAN. The need
for electronic goods continues to increase each year so that demand for electronic components also raise up. With the increasing demand of electronic components, the incoming parts flow rate with maintained quality is absolutely necessary. Modeling of information systems in the process of quality inspection of incoming part becomes important. The lack of information systems integration on incoming part quality inspection draw in many activities with no value added. IDEF0 methodology used to map the information flow models. This study illustrates the flow model of current actual information process (As Is) obtained from the Focus Group Discussion (FGD) and the alternative model of the flow of information process (To Be) that can reduce the activity with no value added and it has already validated from Expert Interview. With the utilization of IDEF0, Business Process Reengineering (BPR) can be carried on the activity of the incoming part quality
inspection in the manufacture of electronic components. The alternative process flow is the information flow that is obtained in the database server as a data center for all inspection documents and history of the part problems that have occurred so that the operator does not need to do the activities that lead to inefficiency., The electronics industry is the largest trading commodity in ASEAN. The need
for electronic goods continues to increase each year so that demand for electronic
components also raise up. With the increasing demand of electronic components,
the incoming parts flow rate with maintained quality is absolutely necessary.
Modeling of information systems in the process of quality inspection of incoming
part becomes important. The lack of information systems integration on incoming
part quality inspection draw in many activities with no value added. IDEF0
methodology used to map the information flow models. This study illustrates the
flow model of current actual information process (As Is) obtained from the Focus
Group Discussion (FGD) and the alternative model of the flow of information
process (To Be) that can reduce the activity with no value added and it has already
validated from Expert Interview. With the utilization of IDEF0, Business Process
Reengineering (BPR) can be carried on the activity of the incoming part quality
inspection in the manufacture of electronic components. The alternative process
flow is the information flow that is obtained in the database server as a data center
for all inspection documents and history of the part problems that have occurred
so that the operator does not need to do the activities that lead to inefficiency]"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T44559
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kalinsha Rahmadini
"ABSTRAK
Laporan Magang ini membahas mengenai Payroll Cycle yang diterapkan pada Lembaga
KJI. Selain itu laporan ini juga membahas mengenai proses implementasi Human
Resource Information System yang dilakukan pada sistem baru di Lembaga KJI tersebut.
Lembaga KJI merupakan salah satu Lembaga Negara. Analisis dilakukan dengan
memberikan penjelasan mengenai bagaimana siklus Payroll, serta proses tahapan
implementasi sistem yang dilakukan, dan membandingkannya dengan konsep konsep
Payroll Cycle yang dikemukakan oleh Romney (2018), dan System Development Life
Cycle. Berdasarkan hasil analisis, secara garis besar payroll cycle pada Lembaga KJI telah
mengikuti konsep yang sama dengan Romney, namun proses payroll cycle pada Lembaga
KJI lebih rumit karena proses bisnis Lembaga Negara yang besar. Selain itu, hasil analisis
juga menunjukkan bahwa proses yang dilakukan dalam melakukan impelementasi sistem
baru telah sesuai dengan konsep System Development Life Cycle.

ABSTRACT
This internship report aims to analyze the payroll cycle that implemented at KJI. This
internship report also analyze the implementation of Human Resource Information
System in the new system at KJI. KJI is one of State Instituion. The analysis is conducted
by explaining the payroll cycle and the process involved in implementing Human
Resource Information System, and the conformity of its content with the concept that is
stated by Romney (2018), and the concept of System Development Life Cycle. Based on
the analysis, in broad terms, the payroll cycle in the KJI Institution have followed the
same concept as Romney, but the payroll cycle at KJI Institution is more complex due to
its large business processes. The result of the analysis also shows that, the implementation
of Human Resource Information System have been in line with the concept of System
Development Life Cycle."
2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Tinitah Kusumastuti
"PT. X merupakan perusahaan perdagangan alat-alat kesehatan yang bertempat di Jakarta. Saat ini sistem informasi pada siklus pendapatan PT. X belum terintegrasi sehingga menimbulkan beberapa masalah dalam pelaksanaan siklus pendapatan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem informasi terintegrasi pada siklus pendapatan PT. X dengan harapan rancangan sistem informasi tersebut ketika diimplementasikan dapat mengurangi masalah yang terjadi pada siklus pendapatan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode FAST (Framework for The Application of System Thinking) hingga tahap desain logikal berupa logical system model dan spesifikasi dari sistem yang akan dikembangkan.

PT. X is a medical equipment trading company located in Jakarta. Currently, PT. X's revenue cycle information system has not been integrated causing some problems in implementing revenue cycle. The purpose of this study is to design an integrated information system on the revenue cycle PT. X with the expectation that the design of the information system when it’s implemented can reduce the problems in the cycle. The research was done by using FAST method (Framework for the Application of System Thinking) up to logical design phase in the form of logical system model and specification of the system to be developed."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aflah Ulil Amri
"ABSTRAK
Program pemerintah Indonesia dalam menyediakan jutaan hunian bagi masyarakat telah mendorong dibangunnya ratusan rumah susun di seluruh Indonesia. Disaat bersamaan, deviasi antara biaya anggaran dan biaya aktual yang dikarenakan buruknya perencanaan kebutuhan material menjadikan hal tersebut isu yang perlu diperhatikan oleh kontraktor. Material adalah elemen penting pada proyek konstruksi mengingat besarnya biaya material yang mencapai 50% - 60% dari total biaya proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi isu tersebut dengan menerapkan perencanaan kebutuhan material yang baik melalui sistem informasi berbasis Work Breakdown Structure dengan menggunakan Building Information Modeling. Building Information Modeling berguna untuk menyimpan banyak informasi sejak tahap awal perencanaan proyek sehingga permasalahan konstruksi dapat diminimalisir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan sistem informasi berbabis Work Breakdown Structure dengan menggunakan Building Information Modeling. Langkah pertama adalah memvalidasi Work Breakdown Structure untuk menentukan material beserta referensi merk material yang dapat digunakan pada proyek konstruksi rumah susun dengan menggunakan penilaian para pakar. Langkah kedua adalah mengembangkan sistem informasi material. Material konstruksi yang telah divalidasi digunakan untuk mengembangkan sistem informasi dengan menggunakan Building Information Modeling. Sebuah studi kasus pada proyek konstruksi rumah susun dilakukan untuk memastikan sistem informasi yang dibuat berjalan dengan baik. Hasil dari pengembangan sistem informasi dinilai oleh para pakar. Metode Dephi digunakan terhadap penilaian para pakar. Kontribusi dari penelitian ini, yaitu penggunaan Building Information Modeling untuk mengembangkan sistem informasi perencanaan kebutuhan material konstruksi dan untuk meningkatkan efektifitas perencanaan kebutuhan material konstruksi pada proyek rumah susun.

ABSTRACT
Indonesian government program to provide millions homes for community has carried out hundreds flat construction project. At the same time, deviation between the budget and actual cost due to unwell planned construction material make it a disrupting focus among contractor issue. Construction material is an important element in construction projects since it cost up to 50% - 60% of the total project cost. This study intend to overcome these issue by implementing well planned construction material requirement information system based on Work Breakdown Structure using Building Information Modeling. The benefit of Building Information Modeling there is a lot of information which could be stored at Building Information Modeling in early planning stage so that construction conflict could be minimize. This research is using qualitative approach to achieve information system of material needed based on Work Breakdown Structure using Building Information Modeling. First step is validating Work Breakdown Structure to define construction materials needed in flat construction project using expert assessment. Second step is developing construction material information system. Validated construction materials are used to develop information system using Building Information Modeling. A case study in flat construction project is conducted to ensure information system is working well. The result of the development of construction material information system is assessed by experts. The Delphi method is used to validate the expert assessment. Contribution from this research include utilization of Building Information Modeling to develop construction material information system is proposed and to enhance the effectiveness of the construction material requirement planning in flat construction project."
2019
T54164
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ainol Mardhiah
"Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu sumber daya yang penting dalam suatu organisasi: juga penentu berhasil atau tidaknya pembangunan di suatu negara, baik dalam pembanguoan ekonomi dan: kesehatan. Undang-undang Kesehatan No. 23 tahun 1992 menyatakan bahwa tenaga kesehatan merupakan salah satu sumber daya kesehatan yang diperlukan sebagai pendukung Sehingga perlu dikembangkan suatu sistem informasi perencanaan kebutuhan SDM kesehatan di Puskesmas berdasarkan beban kerja. Dimana sistem yang akan dikembangkan ini diharapkan dapat membantu pengambil keputusan dan d.ijadikan bahan acuan dalam menentukan kebijakan dalam perencanaan, monitoring dan evaluasi terhadap perencanaan dan distribusi SDM. Sistem infonnasi ini disebut sistem pendukung keputusan. Metodologi yang dipakai adalah dengan menggunakan pendekatan Development Lift Cycle (SDLC) dengan cara wawancara mendalam dengan para informan.
Permasalahan sistem yang ada sekarang adalah data yang ada masih terpisah-pisah dibagian yang berbeda, pengolahan masih dilakukan secara manual, sehingga bel diperolehnya informasi. Pengembangn sistem dimulai dari penetapan kebutuban sitepemodelan sistem serta penetapan sofeware dan hardware yang digunakan dengan harapan dapat penghasilan informasi yang dibutuhkan user dalam perencanaan kebutuhan SDM Kesehatan.
Software yang digunakan untuk aplikasi prototype ini adalah Fox pro, dengan spesifikasi minimum hardware adalah pentium ll 450 Mhz, kapasitas RAi\.1 128 MB, kapasitas hardisk 106 B.

Human resource is one of the important resources in an organization, it is also a de derminant-factor on success or failure o development in a country, both of economic and health. The health legislation no. 23 in 1992 expressed that a health officer is one of important health resource as a supported health effort in order to existence of public health level optimally.
To reach an efficacy of health development as expressed on legislation no. 23 in research used Development Life Cycle (SDLC) method by a deep interview to informant.
The existing system problem is existing data still separated by different shares, processing is still conducted by manual, so the information is not obtained yet System development is started by determining of system requirement, system model and also determining of software and hardware which is used in order to get an important information for user on requirement of health human resources planning. Software used for the application of this prototype is Fox pro, 'Yioith a minimum specification of hardware is Pentium II 450 :Mhz, memory capacity is 128MB, hard disk capacity is 10 B.
Almost all of required information by user are availaole on development of this system. On the next system, it is expected can result development of health human resources planning and also inventory of health facilities in Depok.
By developing an information system o requirement of health human resources planning. it is expected can improve perfcnnance of program organizer-in managing and analyzing data quickly and efficient, so it can result a required information for user."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2006
T20945
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naufal Pramudya Yusuf
"Klinik Vocation Wellness Center Universitas Indonesia (VWC UI) merupakan klinik rehabilitasi medik yang berada di bawah naungan Program Studi Vokasi UI. Klinik VWC UI menghadapi permasalahan terkait kompleksitas proses bisnis dan dokumen rekam medis. Sistem yang ada saat ini belum bisa membantu tenaga kesehatan di VWC UI untuk menyelesaikan pekerjaan terkait proses bisnis dan dokumen rekam medis (Perceived Usefulness). Upaya digitalisasi rekam medis yang sebelumnya pernah dilakukan pun belum dapat membuahkan hasil karena penggunaannya yang sulit (Perceived Ease of Use). Permasalahan kompleksitas dan risiko-risiko dari dokumen rekam medis yang masih berbentuk fisik menghambat dan mengurangi efisiensi pelaksanaan operasional klinik (Perceived Efficiency). Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem informasi kesehatan untuk membantu klinik VWC UI dalam menghadapi permasalahan yang dialami. Penelitian ini menggunakan metodologi Design Science Research (DSR) dalam pengembangannya. Tahapan DSR yang dilakukan dalam penelitian ini adalah awareness of problem, suggestion, development, evaluation, dan conclusion. Manfaat dari penelitian ini adalah proses pengelolaan layanan kesehatan klinik VWC UI yang lebih mudah dan efisien dari saat ini. Permasalahan dari klinik diidentifikasi dengan melakukan studi literatur, wawancara, observasi, dan analisis proses bisnis klinik saat ini. Dari temuan masalah, Sistem Informasi Klinik VWC UI dibuat sebagai usulan solusi. Pengembangan SIK ini dilakukan dengan metode prototyping, yang dilanjutkan dengan evaluasi kuesioner Usability Testing (UT), User Acceptance Test (UAT), dan evaluasi Post-Study System Usability Questionnaire (PSSUQ) dengan evaluasi kuantitatif tambahan. Pada evaluasi UAT, terdapat satu skenario yang tidak sukses dalam pengujiannya, yang selanjutnya diperbaiki sebelum pelaksanaan UAT responden lain. Tingkat pengalaman pengguna dari hasil evaluasi UT sudah baik terlihat dari rata-rata waktu pelaksanaan skenario yang singkat dan tingkat kesulitan skenario yang rendah. Kemudian, hasil evaluasi sistem secara keseluruhan dari instrumen PSSUQ dan kuantitatif tambahan secara berurutan adalah 1,75 dan 1,676. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa sistem yang dikembangkan dapat mendukung penyelesaian pekerjaan (Perceived Usefulness) dengan baik, memiliki fitur yang mudah dipahami (Perceived Ease of Use), dan meningkatkan efisiensi (Perceived Efficiency) operasional klinik.

Vocation Wellness Center Universitas Indonesia (VWC UI) is a medical rehabilitation clinic directly managed by The Vocational Education Program of Universitas Indonesia. The VWC UI clinic faces problems related to the complexity of business processes and medical record documents. The current system has not been able to help health workers at VWC UI to complete work related to business processes and medical record documents (Perceived Usefulness). Previous efforts to digitize medical records have not been able to produce results due to their difficult use (Perceived Ease of Use). Problems of complexity and risks from medical record documents that are still in physical form hinder and reduce the efficiency of clinic operations (Perceived Efficiency). This research aims to build a health information system to help the VWC UI clinic in dealing with the problems experienced. This research uses the Design Science Research (DSR) methodology in its development. Problems from the clinic were identified by conducting literature studies, interviews, observations, and analyzing the clinic's current business processes. From the problem findings, the VWC UI clinical information system was created as a proposed solution. The development of this clinical information system was carried out using the prototyping method, followed by Usability Testing (UT) evaluation, User Acceptance Test (UAT), and Post-Study System Usability Questionnaire (PSSUQ) evaluation with additional quantitative evaluation. There was one scenario that was not successful in the UAT which was subsequently corrected before conducting other respondents’. The UT result shows that the usability level is good as proven by the quick average completion time and the low scenario difficulty score. Then, the overall system evaluation scores from the PSSUQ and additional quantitative instruments are respectively 1.75 and 1.676. The results of this study proved that the developed system can support the completion of work (Perceived Usefulness) better, has features that are easy to use (Perceived Ease of Use), and increases the efficiency (Perceived Efficiency) of the clinic’s operations."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rayum Sonia Kuswardhani
"Pertumbuhan pasar otomotif di Indonesia membuat penjualan motor mengalami pertumbuhan sehingga produsen motorpun berlomba dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas produksinya untuk meraih pasar yang besar. Permintaan pasar atas kuantitas motor yang tinggi ini memerlukan dukungan proses produksi yang dapat diandalkan. Salah satu bentuk dukungan proses produksi yaitu sistem informasi. Untuk memastikan proses produksi berjalan dengan baik untuk itulah dibutuhkan laporan produksi yang dapat diakses tepat waktu oleh pengambil keputusan.
Dari hasil pengamatan diketahui bahwa para pengambil keputusan seringkali tidak berada di lapangan sehingga mendapatkan sedikit sekali informasi terkait kejadian di lapangan. Salah satu masalah yang sering muncul adalah masalah minus produksi. Padahal seharusnya masalah tersebut dapat dicegah oleh pengambil keputusan dengan mengetahui informasi rinci mengenai masalah yang terdapat di lapangan sehingga dapat memecahkan masalah sebelum masalah yang sama terulang.
Oleh karena itulah pengembangan sistem informasi diperlukan pada sistem informasi monitoring proses produksi engine dengan menggunakan metode Framework Analytical System Thinking (FAST) untuk menghasilkan laporan produksi harian yang lebih cepat dan mudah diakses oleh para pengambil keputusan sehingga dapat membantu menghasilkan keputusan yang tepat dan memperkuat sistem kontrol produksi.

The growth of the automotive market in Indonesia made motorcycle sales growth, that the motor manufacturers were compete to improve their quality and quantity of production to achieve that large market. In order to fulfill the market demand of high quantity motorcycle, require the support of a reliable production process. One kind of support that the production process is information systems. To ensure the production process runs as planned need the production of reports that can be accessed timely by decision makers.
As the observation begin, those the decision makers were not always present in the field so they gets very little relevant information about the problem in the plant. For example, one problem that often arises is the problem is a minus in production quantity that reflected in the high reject rate in May 2013. Though the problem should be prevented by the decision makers know the detailed information about the problems that are in the field so as to solve the same problems before they happen.
Hence, the development of information systems required in the information system monitoring engine production process using the Analytical Framework System Thinking ( FAST ) to generate daily production reports more quickly and easily accessible to decision makers so that they can help produce the right decisions and strengthen the control system production.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S54036
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gabriela Rentasari
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem informasi akuntansi (SIA) dan pengendalian internal dalam siklus pendapatan pada perusahaan skala UMKM, Takana Coffee, dengan penerapan sistem pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Latar belakang penelitian ini adalah peningkatan kompleksitas dan risiko sistem pembayaran akibat inovasi teknologi QRIS. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Evaluasi dilakukan menggunakan kerangka kerja COSO ICIF 2013 untuk menilai efektivitas SIA dan pengendalian internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan QRIS menciptakan prosedur yang berbeda dari pembayaran lainnya dan meningkatkan risiko kesalahan perangkat lunak, gangguan peralatan, serta tindakan kecurangan. Rekomendasi penelitian mencakup peningkatan aktivitas pengendalian, identifikasi risiko yang komprehensif, dan pemantauan keamanan sistem secara menyeluruh guna memitigasi risiko yang muncul akibat penggunaan QRIS dalam siklus pendapatan perusahaan. Implementasi rekomendasi dapat dilakukan melalui pemisahan tugas antara barista dan kasir, penggantian koneksi internet menjadi koneksi privat, serta pelatihan rutin dan evaluasi sistem secara berkala. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang implementasi QRIS dalam konteks UMKM dan pengelolaan risiko yang terkait.

This study aims to evaluate the accounting information system (AIS) and internal control within the revenue cycle of a small to medium-sized enterprise (SME), Takana Coffee, with the implementation of the Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) payment system. The background of this research is the increased complexity and risk in the payment system due to the innovation of QRIS technology. The research method used is a qualitative approach. Data was collected through observation, interviews, and document studies. The evaluation was conducted using the COSO ICIF 2013 framework to assess the effectiveness of AIS and internal control. The results of the study indicate that the use of QRIS creates different procedures from other payment methods and increases the risk of software errors, equipment failures, and fraud. The research recommendations include enhancing control activities, comprehensive risk identification, and thorough system security monitoring to mitigate risks arising from the use of QRIS in the company's revenue cycle. Recommendations can be implemented by separating duties between baristas and cashiers, switching to private internet connections, and conducting regular training and system evaluations. This research is expected to contribute to the understanding of QRIS implementation in the context of SMEs and related risk management.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Husni, compiler
Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Kebudayaan. Direktorat Permuseuman, 2000
R 391.709598 MUH p
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>