Ditemukan 143291 dokumen yang sesuai dengan query
Doan Andreas Nathanael
"Aplikasi real-time collaborative editor mengizinkan beberapa pengguna bekerja pada suatu dokumen dalam waktu yang sama meski dalam lokasi yang berjauhan. Real-time collaborative editor yang populer seperti Google Docs dan Figma memanfaatkan arsitektur client-server dalam mengimplementasikan fitur tersebut. Arsitektur client-server dalam membuat real-time collaborative editor memiliki beberapa kelemahan, diantaranya hilangnya kepemilikan data pengguna serta latensi sinkronisasi perubahan yang lebih tinggi daripada seharusnya. Tldraw adalah aplikasi real-time collaborative editor berupa whiteboard bersifat open-source. Tldraw masih memanfaatkan arsitektur client-server dalam implementasi real-time collaboration. Local-first software adalah proposal jenis aplikasi yang menyelesaikan kelemahan-kelemahan tersebut. Berdasarkan proposal tersebut, diusulkan implementasi Tldraw P2P yang merupakan pengembangan dari aplikasi Tldraw yang memenuhi aspek Local-first software. Tldraw P2P memanfaatkan teknologi peer-to-peer networkingWebRTC dan implementasi CRDT Yjs untuk memenuhi aspek local-first software. Dalam penelitian ini, Tldraw P2P diuji dalam aspek local-first software serta latensi sinkronisasi. Dari hasil pengujian, berhasil ditunjukkan bahwa Tldraw P2P berhasil memenuhi aspek local-first software yang tidak dipenuhi Tldraw, serta memiliki latensi sinkronisasi yang lebih rendah dibandingkan Tldraw.
A real-time collaborative editor allows multiple users to work on the same document simultaneously, even from distant geographic locations. Popular real-time collaborative editors such as Google Docs and Figma use client-server architecture in implementing these features. However, client-server architecture has a few weaknesses, such as lost user data ownership and unnecessarily higher update synchronization latency. Tldraw is an open-source real-time collaborative editor in the form of a whiteboard. Tldraw is still using a client-server architecture in its implementation. Local-first software is a proposal for a type of application that aims to solve these weaknesses. Based on the Local-first software proposal, Tldraw P2P is proposed as an implementation of Tldraw which fulfills local-first software aspects. Tldraw P2P utilizes WebRTC, a peer-to-peer networking technology, and Yjs, a CRDT implementation, to fulfill local-first software aspects. In this research, Tldraw P2P is evaluated on local-first software aspects and sync latency. The evaluation results demonstrated that Tldraw P2P had fulfilled local-first software aspects that Tldraw does not while also having lower sync latency than Tldraw"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Alif Saddid
"Aplikasi kolaboratif berbasis real-time menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia, terutama di masa pandemi ketika setiap orang sulit untuk bertemu secara langsung. Salah satu aplikasi tersebut adalah aplikasi collaborative whiteboard, yang bisa digunakan untuk menggambar secara bebas. Salah satu implementasi dari sistem collaborative whiteboard adalah Tldraw. Tldraw yang semula dikembangkan menggunakan arsitektur client-server kemudian diimprovisasi menggunakan arsitektur peer-to-peer yang memanfaatkan teknologi WebRTC, menghasilkan aplikasi Tldraw yang rendah latensi. Namun, aplikasi Tldraw tersebut dinilai tidak bersifat scalable, karena arsitektur peer-to-peer tersebut menggunakan topologi full-mesh. Dilatarbelakangi oleh hal tersebut, penelitian ini mengusulkan optimasi aplikasi Tldraw menggunakan topologi random peer sampling. Usulan optimasi tersebut dinilai memiliki pertumbuhan penggunaan sumber daya yang lebih landai apabila dibandingkan dengan Tldraw P2p, meskipun memiliki sedikit overhead.
A real-time based collaborative applications are taking part in human daily life, especially in the pandemic era when it is prohibited to directly meet other people. One example of those kind of application is collaborative whiteboard application, which can be use to draw things freely. Tldraw previously developed using client-server architecture, which later improved using peer-to-peer architecture using WebRTC technology, resulting a low-latency Tldraw application. Nevertheless, those improvisations seem to be not scalable, since the peer-to-peer architecture use full-mesh network topology. Motivated by that, this research propose optimization for Tldraw application using random peer sampling topology. Those optimizations resulting in lower growth of cpu, memory, and bandwidth usage with little overhead."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rothstein, Michael F.
New York : Wiley-Interscience, 1970
651.8 ROT g
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Boston: Kluwer, 1991
004.33 FOU
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Rajkumar, Ragunathan
Boston: Kluwer, 1991
004.33 RAJ s
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Boston: Kluwer, 1991
004.33 FOU
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Cheng, Albert M.K.
Hoboken: Wiley-Interscience, 2002
658.403 8 CHE r
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Hocky Yudhiono
"Penelitian ini memaparkan sebuah aplikasi editor kode kolaboratif local-first berbasis peer-to-peer yang diimplementasi dengan WebRTC dan CRDT. Selain itu, aplikasi ini menyertai shell bersama yang dapat dijalankan oleh salah satu pengguna dan digunakan oleh setiap pengguna lain dalam suatu kelompok jaringan. Terdapat beberapa variasi arsitektur backend pada aplikasi yang dibandingkan dalam penelitian ini. Dari segi algoritma dalam menjaga konsistensi dokumen, dua pendekatan berbeda yang diteliti ialah algoritma OT (operational transformation) dan metode yang memanfaatkan struktur data CRDT (conflict-free replicated data types). Dari segi arsitektur jaringan, penelitian ini mengevaluasi CRDT berbasis client-server, CRDT berbasis peer-to-peer, serta OT berbasis client-server. Keterbatasan OT yang diimplementasi pada penelitian ini membutuhkan suatu sumber kebenaran berupa server, sehingga OT berbasis peer-to-peer tidak dievaluasi. Penelitian ini menemukan bahwa variasi implementasi CRDT peer-to-peer yang diujikan memiliki performa lebih baik untuk sejumlah pengguna n≤8. Selain itu, signalling server pada variasi ini menggunakan resource yang minim, sehingga lebih optimal untuk kelompok jaringan yang lebih banyak. Sementara itu, variasi CRDT client-server dapat dipertimbangkan penggunaannya ketika terjadi masalah saat melakukan inisialiasi jaringan peer-to-peer atau jumlah pengguna dalam suatu kelompok jaringan jauh lebih banyak dari eksperimen yang dilakukan pada penelitian ini.
This research presents a peer-to-peer and local-first collaborative code editor application implemented with WebRTC and CRDT. In addition, the application includes a shared shell that can be run by one user and used by every other user in a network group. There are several variations of architecture in the applications compared in this study. In terms of algorithms for maintaining document consistency, two different approaches were evaluated, OT (operational transformation) algorithm and CRDT (conflict-free replicated data types) data structure. In terms of network architecture, this study assessed client-server based CRDT, peer-to-peer based CRDT, and client-server based OT. The limitation of OT implemented in this research is that it requires a single source of truth in the form of a server, so peer-to-peer-based OT was not evaluated. This study found that the peer-to-peer based CRDT variation tested performed better for a number of users n <= 8. Moreover, the signaling server in this variation uses minimal resources, making it more optimal for larger network groups. However, the client-server CRDT variation’s usage can be considered when there are problems initializing a peer-to-peer network or the number of users in a network group is much larger than the experiments conducted in this study."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Blackman, Maurice
London: John Wiley & Sons, 1975
001.644 BLA d
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Halang, Wolfgang A.
Boston: Kluwer Academic Publishers, 1991
004.33 HAL c
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library