Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 101990 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mohammad Zidane Bhagaskara Putra
"Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi Perpustakaan Cikini dalam memberikan pelayanan kepada pemustaka disabilitas serta strategi dalam mengatasi hambatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi sejak bulan Maret hingga Mei 2023, analisis dokumen, dan menggunakan analisis coding. Hasil penelitian menunjukkan ketersediaan fasilitas ruang inklusi, toilet disabilitas, jalur kursi roda, parkir khusus, dan lift aksesibel. Memiliki layanan khusus seperti layanan peminjaman, layanan prioritas, dan layanan kunjung serta koleksi khusus berupa buku braille,audiobook, dan komputer bicara. Staf perpustakaan telah diberikan pelatihan pelayanan umum, penanganan pemustaka dengan gangguan jiwa, serta pengoperasian alat-alat di ruang inklusi. Perpustakaan juga memiliki kerja sama dengan organisasi disabilitas. Meskipun demikian, hambatan yang ditemukan adalah minimnya ketertarikan pemustaka disabilitas terhadap literasi dan aksesibilitas yang belum sepenuhnya terpenuhi, dan staf perpustakaan menghadapi kesulitan dalam berkomunikasi dengan pemustaka tunarungu. Kesimpulan penelitian ini adalah Perpustakaan Cikini memiliki komitmen untuk mewujudkan pelayanan yang inklusif dan aksesibel bagi pemustaka disabilitas berdasarkan fasilitas, layanan dan koleksi, kemampuan staf, dan kerja sama perpustakaan yang dimiliki. Rekomendasi penelitian ini meliputi peningkatan aksesibilitas fasilitas perpustakaan, pelatihan bahasa isyarat bagi staf perpustakaan, meminjamkan koleksi kepada individu, dan peningkatan kerja sama dengan organisasi disabilitas guna meningkatkan minat literasi.

This study aims to describe the Cikini Library's strategy in providing services for disabled users and strategies in overcoming obstacles. The research method used is qualitative with a case study approach. Data collection was carried out through interviews, observations from March to May 2023, document analysis, and using coding analysis. The result showed the availability of inclusion room facilities, disabled toilets, wheelchair ramps, special parking, and accessible lifts. The library have special services including loan services, priority services, and visiting services, also special collections such as braille books, audiobooks, and talking computers. Library staff have received training in public services, mental disorders handling, and operating tools in the inclusion rooms. The library collaborates with disability organizations. However, the obstacles identified including the lack of interest among disabled users in literacy and unfulfilled accessibility, and library staff face difficulties in communicating with deaf users. The study concludes that the Cikini library is strongly committed to inclusive and accessible services for disabled users through facilities, services, collections, staff capabilities, and collaboration. Recommendations from this research include improving the accessibility of library facilities, training staff in sign language, providing individual loan, and increasing collaboration with disability organizations to promote literacy among disabled users."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Dary Ammar
"Penelitian ini membahas tentang promosi Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta kepada pemustaka anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kegiatan promosi yang dilakukan perpustakaan kepada pemustaka anak di Perpustkaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara secara mendalam dan kajian dokumen.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan promosi yang dilakukan oleh perpustakaan sesuai dengan yang mereka pahami dan teori cara melakukan promosi yaitu kegiatan. Peneliti menyarankan perpustakaan perlu mengetahui bagaimana ukuran kesuksesan tujuan dari promosi kepada pemustaka anak itu dikatakan berhasil.
Hasil dari penelitian ini adalah Perpustakaan Umum Daerah provinsi DKI Jakarta dalam kegiatan promosi telah menetapkan tujuan, cara mencapai tujuan dan mengetahui kebutuhan pemustaka supaya mendapatkan hal yang ingin dicapai dari kegiatan promosi yang mereka lakukan.

This research discusses the promotion of the Public Library of DKI Jakarta Province to children. The purpose of this research is to identify the promotional activities of the library to children at the Public Library of DKI Jakarta Province. This research used case study method. The data collecting with observation, depth interview and analysis document.
The conclusion is promotional activities library accordance with they understand and theory of promotion is that activity. Researchers suggest the library needs to know how to measure the success of the purpose of promotion to children successful.
The result is that the library has set goals, ways to achieve goals and has identified user needs to fulfill the goals from its promotional activities.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S64378
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fina Idamatussilmi
"Perpustakaan memiliki peluang untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi individu neurodivergen dan mempromosikan pentingnya akses inklusif ke semua orang di komunitas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk fasilitas dan program yang telah disediakan oleh Perpustakaan Jakarta-Cikini yang dapat berperan dalam mengakomodasi kebutuhan anak-anak neurodivergen. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Informan dipilih melalui metode purposive sampling. Penjaringan data dilakukan dalam kurun waktu empat bulan sejak bulan Maret 2023 sampai Juni 2023 dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pustakawan layanan anak penanggung jawab layanan inklusi, dan pendamping anak neurodivergen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan fasilitas dan program di Perpustakaan Jakarta-Cikini sudah berperan dalam mengakomodasi kebutuhan anak neurodivergen. Akomodasi berbagai permainan yang ada di Bilik Bercerita dan pelaksanaan beberapa program di Bilik Bermain yang berkaitan dengan aktivitas sensorik dan motorik mendukung kebutuhan anak neurodivergen. Dilaksanakan pula pelatihan terhadap staf perpustakaan demi melayani pemustaka disabilitas mental dan intelektual. Hambatan yang dialami oleh Perpustakaan Jakarta-Cikini berupa anggaran untuk fasilitas yang dibutuhkan oleh pemustaka neurodivergen dan kesulitan menjadwalkan waktu pelatihan staf perpustakaan. Dengan ini, Perpustakaan Jakarta-Cikini diharapkan dapat memahami pentingnya akomodasi kebutuhan untuk anak neurodivergen sehingga dapat terus meningkatkan layanan.

Libraries have the opportunity to create a welcoming environment for neurodivergent individuals and promote the importance of inclusive access to everyone in the community. This research aims to identify the forms of facilities and programs that have been provided by the Jakarta-Cikini Library that can play a role in accommodating the needs of neurodivergent children. This research was conducted using a qualitative approach and case study method. Informants were selected through purposive sampling method. Data collection was carried out over a period of four months from March 2023 to June 2023 using observation, interview, and documentation techniques. The informants in this study are children's services librarians who are in charge of inclusion services, and neurodivergent children's assistants. The results of this study indicate that the existence of facilities and programs at the Jakarta-Cikini Library has played a role in accommodating the needs of neurodivergent children. The accommodation of various games in the Storytelling Room and the implementation of several programs in the Play Room related to sensory and motor activities support the needs of neurodivergent children. Training was also conducted for library staff to serve mentally and intellectually disabled users. Barriers experienced by Jakarta-Cikini Library include budget for facilities needed by neurodivergent users and difficulty scheduling library staff training time. With this, Jakarta-Cikini Library is expected to understand the importance of accommodating the needs of neurodivergent children so that it can continue to improve its services."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Suhaila
"Skripsi ini membahas tentang perilaku pemustaka dalam memperlakukan koleksi di Perpustakaan Universitas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai bentuk perilaku pemanfaatan koleksi disertai pula dengan upaya baik yang telah dilakukan maupun yang dapat dilakukan kedepannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa bentuk perilaku pemanfaatan koleksi di Perpustakaan Universitas Indonesia yang ditemui meliputi mutilasi, serta vandalisme, hingga terkena air hujan. Upaya yang tengah dilakukan Perpustakaan Universitas Indonesia dilakukan melalui kegiatan sirkulasi, shelving hingga preservasi dan konservasi. Penelitian ini menyarankan agar pihak perpustakaan dapat mempertimbangkan pengadaan pendidikan preservasi/ pelestarian bahan pustaka untuk para pemustaka.

This thesis discusses the behaviours of library users in treating the collections of the University of lndonesia. The research aimed to describe various forms of behaviours in the making use of the collections and the continuous efforts taken in the past as well as In the in the future. This reaserch uses qualitative approach with case study methodology. Data collection is done through interview, observation and documents analysis.
This reaserch concludes that various forms of behaviours of the library users include mutilation and vandalism. It also found the various acts of efforts by the Library of the University of lndonesia covers the circulation activities, shelving, preservation and conservation. This research suggest the Library to consider conducting preservation education for library users.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S68260
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lolong, Kevin Julian
"Skripsi ini membahas tentang pengimplementasian kode etik pustakawan Ikatan Pustakawan Indonesia dalam pelayanan yang diberikan oleh pustakawan di Perpustakaan Umum Daerah Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman pustakawan Perpumda Jakarta terhadap kode etik pustakawan Indonesia dan penerapannya di lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa masih ada pustakawan yang belum mengerti arti dari kode etik, namun dalam diri para pustakawan Perpumda Jakarta sudah ada nilai-nilai yang tertulis dalam Kode Etik Pustakawan IPI, dan maka karena itu mereka juga telah mengimplementasikannya dalam pekerjaan sehai-hari. Penelitian ini menyarankan agar Perpustakaan Umum Daerah Jakarta lebih berusaha mensosialisasikan kode etik kepada pustakawan-pustakawannya dan memberikan penjelasan mengapa penting bagi pustakawan untuk mengacu kepada kode etik pustakawan dalam bekerja. Penelitian ini juga menyarankan agar Perpustakaan Umum Daerah Jakarta melakukan evaluasi tentang layanan yang telah dilakukan selama ini terutama pada hal-hal yang berkaitan dengan sikap dan perilaku pustakawannya.

This thesis discusses about the implementation of Indonesian Librarian Organization's (IPI) Librarian's code of ethics in the library services that is given by the Jakarta Public Library's (Perpumda Jakarta) librarian. The purpose of this research is to identify the understanding of Perpumda Jakarta's librarian about IPI's code of ethics and how they implement it in their daily duties. This research uses a qualitative approach with case study method. The data were collected through observation, interview, and document analysis. The result of this research concludes that there are librarians that still don't understand the concept of code of ethics, however in their minds they already have the values that are written in IPI's code of ethics, and therefore they unknowingly already implemented it when they are doing their daily duties. This research suggest that Perpumda Jakarta put more effort in socializing the meaning of code of ethics and it's importance as reference when doing library services. This research also suggest for Perpumda Jakarta to evaluate it's librarians performance up until now, especially about anything related to their behavior."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57962
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sutan Aulia Akbar
"Artikel ini membahas mengenai pelayanan perpustakaan umum dari perspektif multikulturalisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran perpustakaan umum dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat multikultural. Metode studi literatur digunakan dalam melihat berbagai pandangan terkait topik dengan meninjau artikel jurnal nasional maupun internasional dalam kurun waktu lima tahun terakhir (2016-2020). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan umum berperan dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat multikultural terutama dalam mendukung proses adaptasi dengan lingkungan baru sekaligus dapat mempertahankan identitas dan budaya asalnya. Pengembangan layanan khusus merupakan solusi pemenuhan kebutuhan ini melalui penyediaan informasi khusus, koleksi multilingual, dan koleksi yang memiliki nilai kelokalan dari pendatang dan pribumi. Penyediaan ruang aktivitas bersama dapat menjembatani permasalahan perbedaan kebudayaan yang sering mengakibatkan munculnya ketegangan ketegangan dan prasangka buruk antar suatu komunitas budaya. Kebijakan dan kesadaran kolektif pustakawan menjadi faktor penentu utama dalam mendukung keberhasilan perpustakaan umum dalam memberikan pelayanan dan kebutuhan informasi masyarakat multikultural. Selain itu, kemampuan pustakawan dalam memahami keragaman budaya, atau yang dikenal dengan istilah kompetensi budaya, merupakan tuntutan. Artinya, pustakawan harus mampu memahami kebutuhan masyarakat yang beragam dan kemampuan ini harus terus dikembangkan sejalan dengan dinamika perubahan dalam masyarakat multikultural.

This article discusses public library services from the perspective of multiculturalism. This study aims to identify the role of public libraries in providing services to multicultural society. The study method used in looking at various views related to the topic by reviewing national and international journal articles in the last five years (2016-2020). The results show that public libraries supports the information needs of multicultural society, especially in supporting the adaptation process to a new environment, can at the same time maintain their original identity and culture. The development of special services is a solution to meet this need by providing specific information, multilingual collections, and collections that have newcomer and indigenous values. Providing space for joint activities can bridge the problem of cultural differences that are often caused by tracing and prejudice between cultural communities. Librarian collective policy and awareness are the main determining factors in supporting public libraries in providing services and information needs of multicultural communities. In addition, the librarian's ability to understand cultural diversity, or what is known as cultural competence, is a legacy. This means that librarians must be able to understand the diverse needs of society and this ability must be developed in line with the dynamics of change in a multicultural society."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Rosnaiti
"Kantor Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta (Perpumda) merupakan unsur penunjang Pemerintah DKI Jakarta di bidang pelayanan informasi, pengembangan dan pembinaan perpustakaan, telah berusaha memberikan peiayanan yang berkualitas dan memuaskan pelanggannya (pengunjung perpustakaan umum). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran kualitas pelayanan pada Perpustakaan Umum DKI Jakarta, dan untuk mengetahui pola Seven S dari MC Kinsey terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta sebagai institusi pengelola perpustakaan umum.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori yang dikembangkan oleh Zeitaml, Parasuraman dan Leonard L. Berry dengan lima dimensinya yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan teori yang dikemukakan oleh MC Kinsey melalui model Seven S (Strategy, Structure, System, Style, Staff, Skill, dan Shared Value).
Penelitian ini ada dua macam yaitu pertama, penelitian mengenai kualitas pelayanan yang jenis penelitiannya kuantitatif yang bersifat deskriptif menggunakan metode survey dengan pendekatan cross-sectional survey, pengumpulan data primer dan sekunder, serta pengambilan sampel sebanyak 335 responden dari 4264 orang pelanggan/pengunjung perpustakaan umum melalui kuesioner berskala Likert, Pengolahan data melalui teknik statistik yang hasilnya digunakan untuk mengukur servqual pada Gap-5. Kedua penelitian mengenai pola Seven S terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta (Perpumda) dianalisis secara kualitatif, pengumpulan data primer dan sekunder, serta sampel yaitu semua pegawai bidang layanan dan informasi perpustakaan (sampel jenuh) sebanyak 18 orang, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan pedoman wawancara, penyebaran kuesioner dan teknik observasi non partisan.
Berdasarkan hasil pengolahan data maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan :
a. Kualitas Pelayanan Perpustakaan Umum Daerah Khusus Ibukota Jakarta (Perpustakaan Umum di Tingkat Provinsi) belum memuaskan pelanggan/pengguna jasa, karena masih terdapat kesenjangan antara harapan dengan pelayanan yang diterima (tingkat kinerja pelayanan);
b. Pemanfaatan Perpustakaan Umum DKI Jakarta oleh masyarakat belum maksimal karena masih sangat kurang pelaksanakan sosialisasi, publikasi dan promosi yang dilakukan Perpustakaan Umum DKI Jakarta;
c. Kepemilikan Peralatan yang modern dan mutakhir masih sangat kurang seperti fasilitas komputer untuk intemet;
d. Komponen Seven S dari Mc Kinsey yang ada pada Kantor Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta belum memadai dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan;
e. Status dan kedudukan institusi Perpustakaan Umum DKI Jakarta sebagai Kantor, sudah tidak sesuai dengan volume dan beban kerja yang diembannya.
Selanjutnya berdasarkan kesimpulan di atas, dapat dipertimbangkan beberapa saran sebagai berikut:
a. Membenahi kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan dan meningkatkan disiplin dan loyalitas pegawai dalam melaksanakan tugas terutama saat menjalankan tugas pelayanan pada Perpustakaan Umum;
b. Meningkatkan pelaksanaan sosialisasi, publikasi dan promosi agar masyarakat tahu, kenal dan tertarik kepada perpustakaan umum;
c. Menambah fasilitas peralatan yang modem dan mutakhir, antara lain; menambah fasilitas komputer untuk internet;
d. Untuk meningkatkan Kualitas Pelayanan Perpustakaan Umum Daerah Khu sus Ibukota Jakarta (Perpustakaan Umum di Tingkat Provinsi) perlu dibenahi komponen 7 S dari Mc. Kinsey pada Kantor Perpustakaan Umum Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta sebagai institusi pengelola Perpustakaan Umum Daerah Khusus Ibukota Jakarta antara lain :
- Memberi kesempatan kepada Pegawai untuk meningkatkan pendidikannya, terutama mengusahakan pegawai untuk mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan pada bidang studi ilmu perpustakaan;
- Mengupayakan agar status dan kedudukan Kantor Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta ditingkatkan menjadi Badan atau Dinas."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2006
T22578
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tantio Pradhana Sularto
"Penelitian ini membahas persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan Kemensos RI. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dan pembahasan bersifat memaparkan atau menjabarkan hasil dari data penelitian.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan Kemensos RI yang terdiri dari, jenis layanan, koleksi perpustakaan, pustakawan, sarana & prasarana, dan jam buka perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan Kemensos RI.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa layanan yang diberikan perpustakaan Kemensos RI sudah baik, namun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki seperti lokasi perpustakaan yang tidak strategis dan jumlah pustakawan yang masih kurang untuk memberikan layanan.

This research discusses about user's perceptions of the library service at social ministries of Republic Indonesia. This research is a descriptive quantitative with survey method.
The problem of this research is to know how perception of user about the library service of library of social ministries RI which consist of kind of service, library’s collection, librarians, facilities & infrastructure, and operational hour of the library. The purpose of this research is to know the user's perception about the library service.
The result of this research shows that the library service is good enough for the user, but some things must to be repair, such as the location of library which not strategic for user and the quantity of librarians which not support to provide the excellent service.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46038
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galuh Ayu Puspita
"Penelitian ini membahas persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan di Peprustakaan Ali Alatas Kementerian Luar Negeri RI. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Dimensi kuesioner untuk mengetahui persepsi pemustaka adalah dengan mengukur persepsi terhadap layanan perpustakaan, persepsi terhadap koleksi perpustakaan, persepsi terhadap sumber daya manusia perpustakaan,dan persepsi terhadap gedung dan fasilitas.
Hasil penelitian menyatakan bahwa 30 responden berpersespi baik, dengan nilai 2,94, terhadap keseluruhan layanan perpustakaan di Perpustakaan Ali Alatas berdasarkan pada penghitungan yang dilakukan. Persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan adalah baik dengan nilai 2,79, persepsi pemustaka terhadap koleksi perpustakaan adalah baik dengan nilai 2,78, persepsi pemustaka terhadap sumber daya manusia adalah sangat baik dengan nilai 3,28, dan persepsi pemustaka terhadap gedung dan fasilitas perpustakaan adalah baik dengan nilai 2,9.

This study discusses library users’ perception of library services at Ali Alatas Library of Ministry of Foreign Affairs of Republic of Indonesia. This research is quantitative research by using survey method. The dimension of questionnaire is to know library users perception by measuring perception of library services, library collection,human sources at library, and perception of its building and facilities.
The result of this research states that 30 respondens have good perception, with score 2,94, to overall library services at Ali Alatas Library based on calculation done. Users perception of library services is good with score 2,79, users perception of library collection is good with score 2,78, users perception of human sources at library is very good with score 3,28, and users perception of its’ building and facilities is good with score 2,9.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46298
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Rasiono
"Skripsi ini membahas tentang layanan perpustakaan bagi pemustaka berkebutuhan khusus pada Perpustakaan Nasional RI yang tentunya berhubungan dengan koleksi dan fasilitas perpustakaan. Latar belakang penelitian ini adalah butir pasal lima ayat tiga Undang-Undang RI nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan yang menjelaskan bahwa masyarakat yang memiliki cacat dan/atau kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau sosial berhak memperoleh layanan perpustakaan yang disesuaikan dengan kemampuan dan keterbatasan masing-masing.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami perencanaan dan pewujudan inovasi dalam pembentukan ketersediaan aksesibilitas dan fasilitas dalam bentuk layanan yang diberikan oleh perpustakaan bagi seluruh pemustakanya baik yang pernah dilakukan, sedang dilakukan, atau akan dilakukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan strategi studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, analisis dokumen,dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ditemukan beberapa kendala penting yang dihadapi oleh Perpustakaan Nasional dalam menyediakan fasilitas dan memberikan layanan bagi pemustaka berkebutuhan khusus, antara lain: kebijakan, anggaran, perencanaan gedung, sumber daya manusia, pertimbangan pengembangan, dan pemustaka berkebutuhan khusus itu sendiri.
Sedangkan upaya yang akan dilakukan sebagai inovasi yaitu: Perpustakaan Nasional akan membangun gedung layanan baru sebesar 24 lantai, melakukan sentralisasi perpustakaan dengan menggabungkan sistem layanan terbuka dan tertutup, menyediakan lantai khusus dengan segala koleksi yang dibutuhkan bagi pemustaka berkebutuhan khusus, menyediakan lantai khusus dengan segala fasilitas yang dibutuhkan bagi pemustaka berkebutuhan khusus, meningkatkan mutu pelayanan khususnya bagi pemustaka berkebutuhan khusus, dan memberikan pendidikan dan pelatihan bagi pustakawan maupun petugas yang ada berkenaan dengan pemustaka berkebutuhan khusus.

This thesis discusses about library services for special needs at the National Library of Indonesia which is certainly related to the collection and library facilities. The background of this research is the point section five, verse three of Undang-Undang 43 of 2007 about the library which explains that people who have disabilities and/or physical, emotional, mental, intellectual, and/or social are entitled to library services which costumized to the abilities and limitations.
The purpose of this study is to understand the planning and realization of innovation in the establishment of the availability and accessibility of facilities in the form of services provided by the library for everyone. The type of research used in this study is a qualitative research with case study strategy. Data collected through interviews, observation, document analysis,and triangulation of data. These results indicate that found some important obstacles faced by the National Library in providing the facilities and providing the services to the library user with special needs, such as: policy, budgets,building planning, human resources, development considerations, and library user with special needs itself.
The efforts or services innovations of National Library are: the National Library will build a new 24 floors buiding, the National Library will conduct a centralization of library services by combining open access and closed access systems, the National Library will provide a special floor for people with special needs, the National Library will provide an education and training for librarians and existing officers, etc.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45941
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>