Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 130424 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Adinda Wilhelmina
"Unit Kearsipan FIB UI merupakan salah satu unit kearsipan yang mempunyai tugas dan kewajiban dalam mengawasi penyelenggaraan kearsipan. Pengelolaan arsip dinamis inaktif yang tepat akan menjamin keselamatan arip, menjaga informasi penting organisasi, dan mempermudah temu kembali arsip. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi Unit Kearsipan FIB UI dalam melakukan pengelolaan arsip dinamis inaktif sebagai upaya menciptakan sarana temu kembali arsip yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dipilih menggunakan metode purposive sampling. Proses analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan arsip dinamis inaktif di Unit Kearsipan FIB UI dimulai dari proses pemindahan, penataan dan penyimpanan, pelayanan arsip, dan pemusnahan arsip. Upaya dalam menciptakan sarana temu kembali telah dilakukan dengan memfokuskan penataan dan penyimpanan sesuai standar. Sarana temu kembali yang digunakan adalah daftar pencatatan arsip dalam bentuk digital. Namun, terdapat hambatan berupa pencatatan yang belum lengkap dan keterbatasan tempat penyimpanan. Diharapkan hambatan tersebut dapat menjadi acuan perbaikan untuk efektifitas temu kembali arsip.

FIB UI Archives Unit is an archival unit tasked with overseeing archives administration. Proper administration of inactive dynamic records ensures archive safety, protects critical organizational information, and facilitates archive retrieval. The purpose of this research is to outline the FIB UI Archives Unit's strategy for managing inactive dynamic archives in order to develop an effective archive retrieval service. A descriptive-qualitative research method was used for this study. Techniques for collecting data include observation, interviews, and documentation. Purposive sampling was used to identify informants. Data analysis involves the reduction of data, the display of data, and the making of conclusions. The results of the study show that the management of inactive dynamic archives at the FIB UI Archives Unit starts with the processes of moving, organizing, and storing archives, serving archives, and destroying archives. Efforts to develop a retrieval system have focused on standards and storage. The retrieval tool used is a list of archival records in digital form. However, there are obstacles in the form of incomplete records and limited storage space. It is hoped that these obstacles can be used as inspiration for future improvements to archive retrieval's effectiveness."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Reza Fauzi
"Skripsi ini membahas tentang penerapan persyaratan fungsional Sistem Elektronik Kearsipan Universitas Indonesia (SEKAR UI) di Unit Kearsipan FISIP UI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan apakah SEKAR UI telah memenuhi persyaratan fungsional. Persyaratan fungsional tersebut terdiri dari fungsi registrasi, akses, pelacakan, penyusutan, dan pelaporan-statistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum SEKAR UI telah memenuhi persyaratan fungsional, terutama pada bagian registrasi dan akses. Penelitian juga menunjukkan bahwa Unit Kearsipan FISIP UI telah dapat mengimplementasikan aplikasi tersebut dengan baik.

This thesis discusses about the implementation of functional requirements of Sistem Elektronik Kearsipan Universitas Indonesia (SEKAR UI) at Archival Unit of FISIP UI. The purpose of this research is to identify whether SEKAR UI has met the functional requirements. That functional requirements covers: registration, access, tracking, retention, and report-statistic. This research used qualitative studies with case study method. The researcher used participant observation and interviews to collect data. The results of this study indicate that overall SEKAR UI has met the functional requirements, especially in registration and access. The study also shows that Archival Unit of FISIP UI has been able to implement these applicationn properly."
2015
S62149
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Irvan Ardiansyah
"ABSTRACT
Penelitian ini membahas tentang kegiatan pemeliharaan arsip foto di Kantor Arsip UI. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan aktifitas kegiatan pemeliharaan koleksi arsip foto yang menjadi memori UI berdasarkan kontrol terhadap lingkungan, penyimpanan koleksi arsip foto, dan digitalisasi koleksi arsip foto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Kantor Arsip UI masih belum dapat melaksanakan pemeliharaan secara maksimal seperti mengontrol faktor lingkungan dan penyimpanan pada Ruang Audio Visual. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada Kantor Arsip UI untuk meningkatkan pemeliharaan koleksi arsip foto melalui kontrol lingkungan secara maksimal dan cara penyimpanan yang tepat.

ABSTRACT
This research is about archive maintenance activities in UIs archive office. The purpose of this research is to explain the photo collection of archive maintenance activities which became UIs memory based on the control of environment, the archive of photo collection storage, and the digitalization of photo archive collection. This research is qualitative study with case study method. The result from this research shows that UIs archive office is still not able to maintain, such as controlling environment factor and the storage on Audio Visual Room, maximally. Based on the result of this research, it is recommended for UIs archive office to improve the maintenance of archive photo collection through maximum environmental control and proper storage.
"
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anissa Aprilia Sundari
"Arsip sangat penting keberadaanya sebagai sumber informasi bagi sebuah organisasi. Pengelolaan arsip inaktif harus dilakukan untuk menjaga nilai guna dan menghindari terjadinya arsip kacau. Arsip kacau masih ditemukan diantara arsip-arsip pada penyimpanan arsip di Record Center Kementerian CX. Unit pengolah mengirimkan arsipnya dalam bentuk kardus dan karungan tanpa dilampiri daftar arsip. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengelolaan arsip dinamis inaktif di Unit Kearsipan Kementerian CX dari segi prosedur, sumber daya manusia dan juga sarana dan prasarana sebagai bentuk kepatuhan arsiparis terhadap aturan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara kepada delapan informan yang merupakan arsiparis di Kementerian CX. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menangani arsip inaktif masih banyak arsip yang kacau yang disebabkan oleh pengetahuan dan kesadaran pengolah dalam memaknai arsip di organisasi. Hal ini mempengaruhi kepatuhan arsiparis di Unit Pengolah untuk mengelola arsipnya dengan baik, meskipun sudah terdapat prosedur dan kebijakan, masalah masih disebabkan pada original order di Unit Kearsipan. Sarana dan prasarana pendukung dialihfungsikan serta ruangan yang belum memenuhi standar. Oleh karena itu, arsiparis di Unit Kearsipan harus melakukan pengelolaan ulang agar sesuai dengan urutan asli (original order) arsip di Unit Kearsipan.

Archives have a very important role as a source of information for an organization. Management of inactive records must be carried out to maintain their value and prevent them from becoming messy. Arsip kacau (messy records) are still found in the archive storage of the Ministry of CX's Record Center. The processing unit sends these records in the form of boxes and sacks without a file list attached. This study aims to explain the management of inactive dynamic archives at the Archives Unit of the Ministry of CX in terms of procedures, human resources and also facilities and infrastructure as a form of archivist compliance with the rules. The research method used is the case study method with a qualitative approach. The data collection technique used for this research is an interview with eight informants who were archivists at the Ministry of CX. The results of this study indicate that, in handling inactive records, there are still many messy records caused by the knowledge and awareness of the processors in interpreting the records in the organization. This affects the compliance of archivists in the Processing Unit to manage their records properly, even though there are procedures and policies in place, problems are still caused in the original order at the Archives Unit. Supporting facilities and infrastructure were converted and rooms did not meet standards. As a result, archivists in the Archives Unit must re-manage it so that it is in accordance with the original order of the archives in the Archives Unit."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Wafa Zaira
"Setiap harinya, proses dan kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi pasti menghasilkan dan membutuhkan arsip. Namun, tidak semua arsip baik fisik maupun elektronik bisa disimpan dalam jangka waktu yang tidak menentu. Dibutuhkan suatu kontrol penyimpanan arsip di dalam sebuah organisasi. Kontrol terhadap berapa lama arsip akan disimpan dalam sebuah organisasi dapat dilakukan melalui kegiatan penyusutan. Tanpa mekanisme penyusutan yang efektif, arsip akan menumpuk dan penemuan informasi akan menjadi sulit. Masalah penumpukan arsip ditemukan di LPDP Kementerian Keuangan RI. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui mekanisme penyusutan arsip di LPDP Kementerian Keuangan RI. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan kajian pustaka. Hasil penelitian mengungkapkan LPDP baru melakukan penyusutan setelah ruang arsip penuh. Arsip juga tidak langsung disusutkan, namun dilakukan alih media terlebih dahulu tanpa penilaian yang efektif. Akibat penundaan penyusutan, arsip baru terus tercipta sementara arsip yang lebih lama belum dilakukan penyusutan. Pada tahun ini LPDP baru melakukan penyusutan yang terdiri dari pemindahan dan pemusnahan, sementara penyerahan arsip statis belum terlaksana.

Every day, the processes and activities carried out by the organization must produce and require records. However, not all records, both physical and electronic, can be stored for an indefinite period of time. It takes an archive storage control in an organization. Control over how long records will be kept in an organization can be exercised through different activities. Without an effective differentiation mechanism, records will accumulate and information retrieval will be difficult. The archive problem was found in the LPDP of the Ministry of Finance of the Republic of Indonesia. The aim of the research is to identify the disposal mechanism at LPDP Ministry of Finance Republic of Indonesia. The research was conducted using a case study approach. Data collection was done by interview, observation, and literature review. The results of the study revealed that LPDP only done records disposal after the records space was full. The archives were not disposed immediately, but it media transferred without an effective assessment. As a result of the delay, new archives continue to be created while older archives have not been disposed of. This year the LPDP has only carried out records moving and destruction, meanwhile the permanent records handover has not been carried out."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Septyanto Putro
"Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan efektifitas kegiatan registrasi arsip dan temu kembali arsip dengan menggunakan aplikasi berbasis web yang dibangun beradasarkan bahasa pemrograman PHP dan di integrasikan dengan database MySQL. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan melakukan beragam percobaan atau trials pada fungsi dan syntax yang terdapat pada bahasa pemrograman PHP serta membuat rancangan basis data yang sesuai. Pembangunan aplikasi ini juga disesuaikan dengan standar form daftar pencarian arsip yang digunakan pada unit kearsipan fakultas ilmu pengetahuan budaya, universitas indonesia. Hasil penelitian ini dapat membantu kegiatan pengelolaan arsip, khususnya pada saat dilakukan pendataan arsip, penyimpanan data-data arsip dan penelusuran kembali arsip tersebut.

The focus of this study is to gain the effectivensess of archive registration and archive retireval using a web-based application which established by PHP Programming Language and integrated with MySQL database. This is an experimental research which has a lot of trials and errors in finding the right PHP syntax and functions. And also in designing a proper database system to store all the data. This application is also adapt archive description standard on archive retrieval form that being used by the archive center of faculty of humanities, university of indonesia. The result of the research can assist the archive management activities especially the archive registration, archive data storage and archive retrieval.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"As the collage archives, Gajah Mada University archives has implemented an archival service to users as a form of utilization of archives."
020 KHA 7:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Afiat Kurnia Syahadat
"Skripsi ini membahas tentang Kompetensi Petugas Arsip Dalam Layanan Temu Kembali Arsip di BPAD DKI Jakarta sebagai upaya mengetahui kompetensi yang dimiliki petugas arsip bagian layanan dalam kegiatan dan layanan temu kembali arsip. Tujuannya adalah mendapatkan gambaran kompetensi petugas arsip dalam hal layanan kearsipan, mengetahui permasalahan yang timbul dalam layanan kearsipan dan apa yang dapat dilakukan petugas arsip dalam menangani permasalahan layanan kearsipan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara observasi, wawancara semistruktur dan studi literatur. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dengan tidak adanya pendidikan formal mengenai kearsipan, petugas arsip mampu melakukan pekerjaannya dengan tepat dengan mengandalkan pengalaman dalam bekerja meskipun belum menggunakan sistem temu kembali yang terstruktur.

This undergraduate thesis discusses the archive officers competency in the archive retrieval Services at BPAD DKI Jakarta as an effort to know the competency of archive officers in the activities and records retrieval services. The goal is to get an overview of competence in terms of archival service, knowing the problems that arise in archival services and what archive officers can do in addressing the problems of archival services. The study used a qualitative approach to the case study method. Data collected by observation, semi-structured interviews and literature studies. The results of this study found that in the absence of formal archive education, archivist is able to do his job properly by relying on experience in working despite not using structured retrieval systems.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57592
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yeremia Iqnatius
"Alih media arsip inaktif dilaksanakan oleh Instansi X dalam rangka melakukan penataan arsip inaktif untuk perpindahan ke ibu kota negara baru menggunakan aplikasi SRIKANDI. Alih media arsip inaktif membuat pemindahan arsip menjadi lebih efektif dan efisien, dengan ruang penyimpanan elektronik menggunakan perangkat teknologi informasi. Pengendalian arsip menjadi lebih sistematis, tersedianya salinan arsip, dan memudahkan pemindahan arsip. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses tindakan alih media arsip inaktif agar siap untuk dilakukan penataan dan pemindahan, dengan mengkaji kendala dan solusi atas permasalahan yang terjadi selama proses berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi proses penelitian. Kesimpulan mengenai proses pemindahan dan alih media arsip inaktif Instansi X merupakan program pemindahan arsip pemerintah menuju integrasi dan kolaborasi. Program ini mengacu pada Peraturan Kepala ANRI terkait pemindahan, alih media dan arsip inaktif yang berkolaborasi untuk terwujud dalam kebijakan percepatan penataan arsip kementrian/lembaga yang akan pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Kepatuhan pelaksana dan instansi terhadap prosedur dan strategi penataan arsip dari ANRI menentukan keberhasilan alih media arsip mengiringi pemindahan ibu kota negara memanfaatkan SRIKANDI. Pengelolaan arsip inaktif menggunakan SRIKANDI merupakan cerminan strategi pemerintahan yang terintegrasi.

The transfer of inactive archive media is carried out by Institution X in order to arrange inactive archives for the move to the new national capital using the SRIKANDI application. Transfer of inactive archive media makes the transfer of archives more effective and efficient, with electronic storage space using information technology devices. Archive control has become more systematic, archive copies are available, and archive transfer is easier. This study aims to describe the process of transferring inactive archive media so that it is ready for arrangement and transfer, by examining obstacles and solutions to problems that occur during the process. This research uses a qualitative approach with a case study method and the data collection process is carried out through interviews, observations, and documentation of the research process. Conclusion on the process of displacement and transfer of inactive archive media Institution X is a government archive transfer program towards integration and collaboration. This program refers to the Regulation of the Head of ANRI regarding the transfer, transfer of media and inactive archives that collaborate to materialize in the policy of accelerating the arrangement of archives of ministries/institutions that will move to the Capital City of the Nusantara (IKN). The compliance of implementers and agencies with ANRI's archive management procedures and strategies determines the success of the transfer of archive media to accompany the transfer of the national capital using SRIKANDI. Inactive records management using SRIKANDI is a reflection of an integrated government strategy."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Lilik Istiqoriah
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang perencanaan penyelenggaraan Arsip Perguruan
Tinggi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, ditinjau dari aspek kesiapan SDM
kearsipannya. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan
lcuantitatifl Populasi penelitian ini adalah penanggung jawab dan staf pengelola
arsip di Sub Bagian Umum dari setiap unit kerja utama di UIN Jakarta yakni
sebanyak 28 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan
wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian
menunjuldkan bahwa kesiapan SDM kearsipan dalam perencanaan
penyelenggaraan Arsip Perguruan Tinggi mencapai tingkat/ kategori cukup.
Peneliti menyarankan agar UIN Jakarta mewujudkan amanat undang-
undang untuk menyelenggarakan Arsip Perguruan Tinggi tersebut dan
meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM kearsipannya.

Abstract
This thesis is about the accomplishment of University Archives in UIN Jakarta,
views whom the readiness of human resources aspect. This study is a survey
research with a quantitative approach. The population are the coordinator and stat?
of records/ archival management in the General Subdivision of each major unit at
UIN Jakarta those are 28 people. Data were collected by means of questionnaire
and interview. Data were analyzed by descriptive analytical method. The results
shows that the level of readiness of archival human resources is enough.
Researcher suggests that UIN Jakarta could apply the Archives Law in the
University Archives immediately and improve the quality and quantity of
archival human resources."
2011
T31607
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>