Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 144772 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jemimah Michelle Wylie
"

Teori transfer kepercayaan merupakan teori yang menyatakan bagaimana kepercayaan dapat berpindah dari suatu entitas ke entitas lain. Dalam beberapa tahun ke belakang, terdapat peningkatan penelitian teori ini atas fenomena e-commerce dan s-commerce yang kian berkembang. Hal tersebut disebabkan karena dalam ranah bisnis maupun pemasaran, transfer kepercayaan menjadi elemen penting dalam menjelaskan bagaimana kepercayaan konsumen dapat terbangun atau terbentuk. Makalah ini bertujuan untuk mengidentifikasi keberadaan transfer kepercayaan dalam e-commerce dan s-commerce, pihak dan variabel yang terlibat dalam proses transfer, dan bagaimana penelitian dilakukan pada studi terdahulu. Penelitian dilakukan dengan kajian literatur atas 6 artikel jurnal yang membahas transfer kepercayaan dalam e-commerce dan s-commerce serta dipublikasikan dalam rentang tahun 2016 hingga 2022. Hasil kajian menunjukkan bahwa transfer kepercayaan terbukti secara konsisten ditemukan dalam semua penelitian. Pihak trustor yang diteliti adalah pengguna platform sementara target transfer yang paling banyak diteliti adalah platform s-commerce. Ditemukan pula beberapa keterbatasan dari penelitian terdahulu terkait dengan metode penelitian, pengumpulan data, dan perincian variabel yang diteliti.


Trust transfer theory is a theory that states how trust can be transferred from one entity to another. In recent years, there has been an increase in research on this theory due to the growing phenomenon of e-commerce and s-commerce. This is due to the fact that in the realm of business and marketing, trust transfer is an important element in defining how consumer trust can be built or formed. This paper aims to identify the existence of trust transfer in e-commerce and s-commerce, the parties or variables involved in the transfer process, and how the research was conducted in previous studies. This research is conducted with a literature review of 6 journal articles that discuss trust transfer in e-commerce and s-commerce and were published between the time range of 2016 to 2022. The results showed that trust transfer was consistently found in all previous studies. The trustor studied is the platform user while the most studied transfer target is the s-commerce platform itself. Some limitations of the previous studies were also found related to the research method, data collection, and details of the variables studied.

"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Rayport, Jeffrey F.
Boston: McGraw-Hill , 2001
658.84 RAY e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rayport, Jeffrey F.
Boston: McGraw-Hill Irwin, 2001
658.872 RAY e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Mayang Sari
"Penggunaan sistem informasi (SI) oleh usaha kecil menengah (UMKM) merupakan suatu hal yang menarik untuk diketahui. Sistem dan teknologi tersebut disebutkan sebagai penggerak pembangunan yang memegang peranan penting dalam pertumbuhan berkelanjutan suatu organisasi bisnis. Perangkat lunak akuntansi dan e-commerce merupakan bentuk dari penggunaan sistem informasi yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat.
Skripsi ini membahas pengaruh perangkat lunak akuntansi dan e-commerce terhadap kinerja perusahaan pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). UMKM yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah UMKM yang berada di Jabodetabek. Metode yang digunakan dalam pemilihan sampel adalah nonprobabilitas dengan cara convenience sampling. Responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ada sebanyak 30 UMKM.
Hasil dari penelitian ini adalah perangkat lunak akuntansi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja, baik diukur melalui ROA dan ROS. Sedangkan e-commerce berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja bila diukur dengan ROA dan berpengaruh positif tidak signifikan bila diukur dengan ROS.

The use of information system (IS) by small and medium enterprises (SMEs) are an interesting thing to be known. The system and technology play an important role in the sustainable growth of a business organization. Accounting software and e-commerce is a form of information systems that are widely known by the public.
This thesis discusses the impact of accounting software and e-commerce on firm performance in micro, small and medium enterprises (SMEs). SMEs located in Jabodetabek area to be sampled in this study. The method used in the selection of sample is non-probability sampling (convenience sampling). There are 30 SMEs who become the sample in this study.
The results of this study are accounting software has significant positive impact on performance, whether measured by ROA and ROS. While e-commerce has no significant negative impact on performance when measured with the ROA and e-commerce has no significant positive impact on performance when measured with the ROS.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tari Trinatha
"Perkembangan teknologi telah mengeksplorasi berbagai sektor di kehidupan termasuk
sektor pembelanjaan, seperti e-commerce. Penetrasi internet dan peningkatan penggunaan
smartphone membuka potensi keberlangsungan dan perluasan ranah e-commerce
termasuk ragam media belanja yang semakin beragam, salah satunya live streaming. Live
streaming pada e-commerce atau dikenal pula sebagai aktivitas live shopping
menjembatani aktivitas pembelian tradisional secara tatap muka dengan pembelian online.
Shopee sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia memperkenalkan fitur live
streaming bernama Shopee Live pada 6 Juni 2019. Seiring tren kemunculan live
streaming pada e-commerce di Indonesia, penting untuk mempelajari perilaku konsumen
melalui media tersebut sebagai channel pembelian, salah satunya impulsive buying.
Penelitian ini menggunakan pemodelan expectation confirmation model (ECM) untuk
mengetahui bagaimana konfirmasi memengaruhi persepsi pengguna dan kemudian
memicu dorongan perilaku impulsive buying dengan menganalisis perceived value berupa
utilitarian (visualization dan interactivity), hedonic (entertainment dan best deal), dan
social value (self-esteem, status, dan homophily). Selain itu, penelitian ini juga
menganalisis pengaruh faktor customer situation (time availability dan money
availability). Hasil analisis membuktikan bahwa confirmation berpengaruh positif
terhadap perceived value dan satisfaction, perceived value berpengaruh positif terhadap
satisfaction dan impulsive buying, satisfaction berpengaruh positif terhadap impulsive
buying, serta time availability dan money availability berpengaruh positif terhadap
impulsive buying. Penelitian ini diharapkan dapat mengisi celah penelitian terdahulu serta
dapat memberikan manfaat terhadap industri live streaming commerce di Indonesia.

Technological developments have explored various sectors in life including the shopping
sector, such as e-commerce. Internet penetration and increased use of smartphones open
the potential for the continuation and expansion of the realm of e-commerce including an
increasingly diverse variety of shopping media, one of which is live streaming. Live
streaming in e-commerce or also known as live shopping activities bridges traditional
face-to-face purchasing activities with online purchases. Shopee, as one of the largest e
commerce companies in Indonesia, introduced a live streaming feature called Shopee
Live on June 6 2019. As the trend for the emergence of live streaming on e-commerce in
Indonesia, it is important to study consumer behavior through this media as a purchasing
channel, one of which is impulsive buying. . This study uses the expectation confirmation
model (ECM) to find out how confirmation influences user perception and then triggers
impulsive buying behavior by analyzing perceived value in the form of utilitarian
(visualization and interactivity), hedonic (entertainment and best deal), and social value
(self- esteem, status, and homophily). In addition, this study also analyzes the influence
of customer situation factors (time availability and money availability). The results of the
analysis prove that confirmation has a positive effect on perceived value and satisfaction,
perceived value has a positive effect on satisfaction and impulsive buying, satisfaction
has a positive effect on impulsive buying, and time availability and money availability
have a positive effect on impulsive buying. It is hoped that this research can fill in the
gaps of previous research and can provide benefits to the live streaming commerce
industry in Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Laudon, Kenneth C., 1944-
"This book offers a short, in-depth introduction to the field of e-commerce, focusing on important concepts and using real-world examples"
Boston : Pearson, 2014
381.142 LAU e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sonya Corry
"Penelitian ini mengusulkan kerangka kerja konseptual untuk menganalisa pengaruh model kognitif kepercayaan terhadap kepercayaan dalam e-commerce dan niat menggunakan e- commerce. Model kognitif kepercayaan terdiri dari informasi yang dirasakan, hiburan yang dirasakan, gangguan serta iritasi yang dirasakan dan kecenderungan kepercayaan nasabah. Untuk menguji kerangka konseptual, model persamaan struktural digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan dari 115 nasabah pengguna BCA Klikpay.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor informasi yang paling mempengaruhi kepercayaan dalam transaksi e-commerce. Informasi yang memadai merupakan kunci dalam meningkatkan kepercayaan dalam e-commerce. Pemahaman yang jelas dari hubungan variabel yang dipelajari mungkin dapat mendorong BCA Klikpay untuk mengetahui tindakan yang sesuai untuk memenangkan kepercayaan pelanggan dengan menyediakan layanan yang lebih baik dalam rangka menciptakan basis pelanggan setia.

This research has proposed a conceptual framework to analyze the effects of a cognitive model of trust to trust in e-commerce and intentions to use e-commerce. A cognitive model is perceived informative, perceived entertainment, perceived irritation and trust propensity. To test the conceptual framework, structural equation modeling (SEM) has been used to analyze the data collected from 115 customers of BCA Klikpay.
The results of the study indicate that perceived informative are significantly and positively related to trust in e- commerce. A good perceived informative are the key to increase trust in e-commerce. A clear understanding of the postulated relationships among the studied variables might encourage the BCA Klikpay to figure out appropriate course of action to win customers? trust and intention by providing better services in the future.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44704
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arsh Starfy Firdausy
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh potensial online servicescape atau yang dalam penelitian ini disebut ldquo;e-servicescape rdquo; Harris Goode, 2010 yang terdiri dari tiga dimensi. Dimensi tersebut adalah daya tarik estetika, tata letak dan fungsi serta kemanan finansial. Penelitian ini kemudian menganalisis pengaruh ketiganya terhadap rasa percaya konsumen terhadap website Lazada.co.id yang kemudian juga pengaruhnya kepada minat beli konsumen. Data penelitian ini diperoleh dari electronic questioner data primer kepada 323 konsumen Lazada yang telah menggunakan website Lazada.co.id setidaknya dalam enam bulan terakhir. Penelitian ini menggunakan metode analisis berupa Structural Equation Modelling SEM dengan software LISREL 8.8 untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil dari analisis ini menunjukan bagaimana pengaruh e-servicescape yang terdiri dari tiga dimensi terhadap rasa percaya dan minat beli konsumen terhadap website Lazada.co.id.

ABSTRACT
The purpose of this study is to analyze the impact of online servicescpae or also known as e servicescape Harris Goode, 2010 , which includes three dimensions. Dimensions is aesthetic appeal, layout and functionality and financial security. This study analyze how these three items influence the trust of the website towards the purchase intentions Lazada.co.id. Data of this study gathered from 323 Lazada.co.id rsquo s consumen which are already used the website within the last 6 six month. Then, using Structural Equation Modelling SEM with LISREL 8.8 to test the hypothesis. The result of the analysis shows the existing influence between the 3 dimension of e servicescape to the trust of the website and then towards purchase intention to Lazada.co.id."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Winggar Pastian Pramulina
"Penjualan mobil di Indonesia dari tahun ke tahun semakin tinggi. Namun hal ini diikuti juga dengan meningkatnya persaingan usaha dalam penjualan sehingga PT Astra International Tbk, yang memiliki merek Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, dan Peugeot, mengalami penurunan penjualan pada tahun 2014. Untuk dapat memenangkan persaingan tersebut di masa depan, PT Astra International Tbk - AstraWorld sebagai anak perusahaan ditunjuk sebagai penanggung jawab untuk mendukung kegiatan penjualan Sales Operation PT Astra International Tbk ingin berkontribusi dalam meningkatkan penjualan dengan merancang strategi e-commerce untuk dapat memperluas area penjualan dan mendapatkan penjualan dan pangsa pasar yang sesuai dengan target yang diharapkan. Penelitian yang dilakukan yaitu dengan menggunakan strategi e-business Chen dipadukan dengan strategi marketing untuk mendapatkan strategi e-commerce. Hasil penelitian berupa rekomendasi strategi e-commerce dan rencana tindakannya yang dapat diterapkan oleh PT Astra International Tbk - AstraWorld.

The number of car sales in Indonesia shows the growth trends.It is followed by the rapid competition among the sales operation of many car brands, includin PT Astra International Tbk which has 5 brands, they are Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, dan Peugeot. Unfortunately, in 2014 Astra lost the number of car sales. To be able for winning back the competition in the future, PT Astra International Tbk ndash AstraWorld is appointed to support the activity using e commerce initiative to expand selling area and grab more customers as expected. This research using Chen framework strategy combined with marketing strategy. The result would be the e commerce strategy recommendation and action plans that could be implemented by PT Astra International Tbk ndash AstraWorld to support Astra sales operation."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Nur Aliman Karim
"Teknologi saat ini sangat berkembang pesat, khususnya di bidang teknologi informasi. Banyak perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan teknologi internet untuk membantu meningkatkan bisnisnya. Dari hanya sebatas media untuk meningkatkan brand awareness sampai dengan menjual produknya melalui internet. Salah satunya adalah PT XYZ yang memiliki situs e-commerce xyz.com. Banyaknya pesaing menuntut para PT XYZ untuk meningkatkan kinerja mereka yang salah satunya diperoleh dengan cara meningkatkan jumlah transaksi yang dilakukan oleh pelanggan lama. Pada tulisan ini akan dibahas faktor-faktor yang mempengaruhi repurchase intention pelanggan XYZ.com.
Model penelitian ini diadaptasi dari model DeLone & McLean Updated IS Success Model, Expectation-Confirmation Model, dan beberapa penelitian sejenis. Pengambilan data untuk penelitian ini menggunakan survei kepada para pelanggan XYZ.com melalui media online. Dari data isian kuesioner yang terkumpul didapatkan sebanyak 374 data valid. Setelah data survey terkumpul kemudian akan dianalisa menggunakan metode structural equation modeling (SEM) berbasis variance yaitu partial least square (PLS) dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa customer satisfaction dan customer trust berpengaruh secara signifikan terhadap repurchase intention.

Technology has been expand so fast for now, specially for information technology. Many company use internet to improve their business. From simply use internet just for increasing brand awareness to selling their product through internet as their main channel. One of those company is PT XYZ with their e-commerce website XYZ.com. Because of business competition forced PT XYZ want to improve transaction from their existing customer to boost their performance. This research will explain factors that impacting repurchase intention customers on XYZ.com.
The resarch model was adapted from DeLone & McLean Updated IS Success Model, Expectation-Confirmation Model and other similar research. Data was collected using survey to XYZ.com customers through online survey. There is 374 valid data was collected from survey. Data was analysed using structural equation modeling (SEM) variance based that called partial least sqare (PLS) by using SmartPLS 3.0. This research resulting customer satisfaction and customer trust affect significantly to repurchase intention.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>