Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 90334 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Roben Bryan Hogan
"Perkembangan teknologi telah memberikan dampak yang signifikan pada berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk dalam industri manufaktur. Salah satu contoh perkembangan teknologi dalam bidang ini adalah penggunaan robot untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi kesalahan dalam proses produksi. Namun, penggunaan robot dalam lingkungan pabrik memerlukan analisis collision detection yang memakan waktu dan sulit dilakukan secara manual. Untuk mengatasi masalah ini, penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) menjadi solusi yang tepat. Dalam penelitian ini, sebuah aplikasi augmented reality robot-centric untuk commissioning ruang pabrik telah dikembangkan menggunakan platform Unity. Aplikasi ini memanfaatkan SDK ARCore untuk smartphone Android yang dilengkapi dengan fitur Depth API. Dengan menggunakan aplikasi ini, analisis collisiion detection Robot Fanuc tipe M-900iB/700 dalam lingkungan kerjadapat dilakukan secara efisien dan fleksibel. Melalui proses penelitian yang sistematis dan pengujian yang berulang, aplikasi augmented reality ini berhasil memberikan kemudahan bagi pengguna dalam melakukan analisis virtual sebelum implementasi di dunia nyata. Aplikasi ini memungkinkan simulasi dan analisis real-time pada dunia virtual, memberikan hasil yang akurat dan efisien. Dengan pengembangan teknologi augmented reality ini, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan fleksibilitas dalam proses analisis collision detection pada robot Fanuc M-900iB/700 terhadap lingkungan kerja ruang pabrik.

The advancement of technology has had a significant impact on various aspects of human life, including the manufacturing industry. One notable technological development in this field is the utilization of robots to enhance efficiency and minimize errors in the production process. However, deploying robots in factory environments requires time-consuming and challenging manual analysis of collision detection in the working envelope. Augmented Reality (AR) technology emerges as a suitable solution to address this issue. In this research, a robot-centric augmented reality application for factory space commissioning has been developed using the Unity platform. The application leverages the ARCore SDK for Android smartphones with Depth API capabilities. By utilizing this application, the collision detection analysis in the Fanuc Robot M-900iB/700 working envelope can be conducted efficiently and flexibly. Through systematic research processes and iterative testing, this augmented reality application successfully provides users with the convenience of virtual analysis before real-world implementation. The application enables real-time simulation and analysis in a virtual environment, delivering accurate and efficient results. The development of augmented reality technology is expected to enhance the efficiency and flexibility of the working envelope collision detection analysis process for the Fanuc Robot M-900iB/700 in factory settings."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fidyani Samantha
"Tabrakan atau benturan merupakan fenomena yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Kesan pertama melihat tabrakan atau benturan adalah sesuatu yang memiliki sifat negatif karena ia merubah bentuk, merusak dan sangat memberikan dampak. Eksperimen benturan merupakan usaha untuk mencari sisi positif dan sistem pada tabrakan. Eksperimen benturan kemudian menghasilkan tumpukan, pergeseran, pantulan, jalinan dan lindasan, dimana hasil-hasil eksperimen tersebut kemudian diterapkan ke pencarian isu konteks dan program ruang, hingga didapat ruang seni pertunjukan sebagai konten utama. Pada proses desain ruang seni pertunjukan juga diterapkan sistem-sistem yang terdapat pada benturan untuk mencapai kualitas ruang benturan yang sesuai dengan konteks dan juga membenturkan karakter original dan futuris. Sehingga ruang pertunjukan yang dihasilkan merupakan rancangan ruang masa depan, namun juga tidak meninggalkan karakter original yang dimiliki.

Collision is one of phenomenon which we usually meet in our daily life. First impression about collision is a thing which have a negative nature. The negativeness is because collision can changes an object form, collision can destroys an object and collision can gives a strong effect. Collision experiment is a way to research about positive things from collision phenomenon and the system behind the collision result. Then, my collision experiment can produce drifting, thrusting, reflecting, plaiting and crushing. Collision experiments are carried out to looking for an issue in site and room programming, until I get performing art space to be my point keyword for my design. In process of designing my performing art space, the system of collision also conduct to reach the collision quality space based on site. Beside that, I collide originals and futuristics character in order to make a futurist performing art space based on collision which have modernity but still have the character of original or traditional itself."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Abram Tangkemanda
"Paper ini menggambarkan pengembangan dari penggabungan generasi 5-axis NCpostprocessor dan NC-simulation. Penggabungan ini dibuat sedemikian mungkin pemanfaatan secara penuh kemampuan dari NC-postprocessor, NC-simulation dan mesin milling 5-axis. Selama NC-postprocessing, NC-simulation mengecek secara bersamaan antara posisi alat selama collision dan jika ini terjadi kemudian NC-postprocessor secara tiba-tiba mencari beberapa alternatif tanpa banyak campur tangan operator. Dalam pelaksanaannya metode pencegahan collision secara otomatis mencari kombinasi alternatif dari hasil posisi sumbu mesin yang sama dengan lintasan cutter, alternatif posisi ragum diatas meja berputar dan memanjangkan alat.
This paper describes developments a generalised five axis NC-posprocessor and a NCsimulation package have been integrated. This integration makes it possible to exploit fully the capabilities of the NC-posprocessor, the NC-simulation package checks each tool position for collision and if this latter occurs, the C-postprocessor immediately looks for alternatives without any operator interventions. The implemented automatic collision avoidance methods are searching for alternative combinations of machine axis positions yielding the same tool orientation, alternatif clamping positions on rotary tables and tool lengths."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
T25050
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muliawan
"Saat ini, teknologi komputer 3D semakin berkembang pesat khususnya dengan hadirnya library OpenGL yang memudahkan programmer membuat bentukbentuk 3D dalam aplikasi. Selain untuk game dan film, teknologi tersebut juga diaplikasikan pada virtual reality. Untuk mewujudkan unsur real dalam suatu simulasi virtual, hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas grafis, suara, kemampuan user untuk berinteraksi dengan aplikasi, kontrol, dan algoritmaalgoritma yang mendukungnya, salah satunya adalah collision detection. Algoritma ini memungkinkan avatar tidak dapat menembus objek dan memudahkan pemograman aplikasi-aplikasi lain yang interaktif. Dalam skripsi ini dibuat suatu virtual musium yang interaktif dan terlihat real dengan menggunakan Croquet untuk membuat tampilan 3 dimensi.
Tujuan utama dalam skripsi ini adalah mengimplementasikan objek interaktif dan algoritma collision detection pada musium virtual. Dalam virtual musium yang dibuat, user dapat berinteraksi dengan objek-objek tertentu. Objek-objek ini didefinisikan dengan suatu class baru, misalnya pintu musium, manuskrip, dan lift. Selain itu, juga terdapat objek yang melakukan animasi, seperti langit yang dapat berubah dan jam dinding. Untuk menambah kesan real, ditambahkan algoritma collision detection, yaitu algoritma yang mencegah avatar menembus benda. Algoritma collision detection bekerja dengan membandingkan posisi avatar sebelum dan sesudah bergerak dengan posisi tempat terjadinya tabrakan, kemudian memundurkan avatar sebagai respons dari adanya tabrakan tersebut.
Objek patung yang terdapat di dalam musium diimpor dari file model 3D berformat .ase. Aplikasi kemudian diuji coba oleh 10 pemakai yang menjadi responden penelitian. Pengguna sistem yang melakukan uji coba yang kebanyakan kurang familiar dengan bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat aplikasi (rata-rata 2 dari skala 5) menilai musium secara keseluruhan cukup baik, dengan rata-rata 3 dari skala 5. Pengguna juga cukup puas dengan kehadiran beberapa objek yang disimulasikan dan objek lain yang dapat berinteraksi dengan mereka (rata-rata 4 dari skala 5), begitu pula dengan kinerja collision detection, dengan rata-rata 4 dari skala 5.

Nowadays, computer 3D technology grows rapidly especially for OpenGL library which enable programmer to easily make 3D shapes. In addition to gaming and film, this technology can be applied for virtual reality. Graphic quality, sound quality, user ability to interact with applications, controls, and algorithms which support virtual simulation are very important in virtual reality. Collision detection is the new feature introduced in this works. These algorithms make avatar can not penetrate some objects and interactive application programming can be made easily.
The purpose of this work is implement interactive virtual museum using Croquet. 3D virtual reality application can be made with this engine. In this virtual museum, users can interact with certain objects. These objects will be defined with a new class. These objects are museum door, manuscript, and lift. On the other hand, there are animated object, such as changing sky and clock. Collision detection algorithm has been added in this work, to make Croquet approve to reality. This algorithm will prevent avatar from penetrating objects.
This museum design is implemented in Croquet with primitive shapes in Croquet utility. The statues in this museum are imported from 3D formatted file with extension .ase. This application was tested by ten users. It was found that the users does not accustom to programming language used in application (approximately on scale 2 from 5), appreciate the overall of museum good enough (approximately on scale 3 from 5). The users also satisfied with the interaction of the simulated objects with them (approximately on scale 4 from 5), also with the work of collision detection (approximately on scale 4 from 5).
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S40360
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bunga Sukma Nandita
"Kode Etik Notaris merupakan seluruh kaedah moral yang menjadi pedoman dalam menjalankan jabatan Notaris. Ruang lingkup Kode Etik Notaris berlaku bagi seluruh anggota perkumpulan organisasi Ikatan Notaris Indonesia (INI). Ikatan Notaris Indonesia berperan penting dalam penegakan pelaksanaan Kode Etik Notaris, melalui Dewan Kehormatan yang mempunyai tugas melakukan pengawasan atas pelaksanaan Kode Etik Notaris. Kode Etik Notaris selalu berkaitan dengan Undang-Undang Jabatan Notaris karena keduanya merupakan suatu kesatuan yang dijadikan pedoman bagi para Notaris dalam menjalankan jabatannya. Notaris yang melakukan pelanggaran terhadap Kode Etik Notaris dan Undang-Undang Jabatan Notaris akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Salah satu pelanggaran yang dilakukan Notaris dalam menjalankan jabatannya adalah pelanggaran dalam hal pembuatan akta, diantaranya adalah membuat akta-akta yang memuat keterangan palsu di dalamnya. Pelanggaran seperti itu dapat dilihat dalam kasus pelanggaran Kode Etik dan Undang-Undang Jabatan Notaris yang dilakukan oleh Notaris "R.S.B", di Kota Depok, yang mana atas pelanggaran yang dilakukannya tersebut Notaris "R.S.B". dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan dalam Kode Etik Notaris dan Undang-Undang Jabatan Notaris sebagaimana ternyata dalam Putusan Majelis Pengawas Pusat Notaris tanggal 03 Juni 2009 Nomor 06/B/Mj.PPN/2009. Akan tetapi penulis berpendapat bahwa penerapan sanksi yang di berikan Majelis Pengawas Pusat tidaklah sebanding dengan kerugian yang diderita oleh pihak pelapor, seharusnya Majelis Pengawas Pusat menjatuhkan sanksi yang lebih tegas yakni pemberhentian dengan tidak hormat dari jabatan Notaris kepada Notaris "R.S.B", sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang Jabatan Notaris, agar membuat Notaris lain menjadi jera dan tidak melakukan pelanggaran yang serupa.

Code of Ethic Notary is all method of moral becoming guidance in running Notary occupation. Scope Code of Ethic Notary apply for all member bevy of Ikatan Notaris Indonesia organization (INI). Ikatan Notaris Indonesia play important role in straightening of execution of Code of Ethic Notary, passing Honorary Council which have duty do observation of execution of Code of Ethic Notary. Code of Ethic Notary always relate to Law Occupation Notary because both is an unity taken as guidance to all Notaries in running his occupation. Notary conducting collision to Code of Ethic Notary and Law Occupation Notary will be sanctioned pursuant to which have been specified. One of the conducted by collision is Notary in running the occupation of is collision in the case of making of act, among others is to make act loading spurious description in it. Collision like that can be seen in case collision of Code of Ethic and Law Occupation Notary conducted by Notary "R.S.B", in Town of Depok, which of collision which the was conducting of Notary "R.S.B" sanctioned as according to provisions in Code of Ethic Notary and Law Occupation Notary as in the reality in Decision Ceremony Supervisor Center Notary of 03 June 2009 Number 06/B/Mj.PPN/2009. However writer have a notion that applying of sanction which in giving Ceremony Supervisor Center proportional is not with loss suffered by rapporteur side, ceremony Supervisor of Center Ought to drop more coherent sanction namely cessation disrespectfully from Notary occupation to Notary "R.S.B" as according to provisions in Law Occupation Notary."
Depok: Universitas Indonesia, 2010
T28025
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sitorus, Yehezkiel Mulia
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality (AR) yang digunakan untuk menghindari tabrakan dan menentukan working envelope pada robot dengan 7 Degree of Freedom (DoF), yaitu Franka Emika Panda. Penggunaan teknologi AR memungkinkan visualisasi ruang kerja robot secara langsung dan mendetail, yang membantu dalam menganalisis potensi tabrakan dengan objek di sekitar. Aplikasi ini dibangun menggunakan platform Unity dan memanfaatkan algoritma khusus untuk mendeteksi dan menghindari objek halangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi AR yang dikembangkan efektif dalam memberikan visualisasi interaktif dari ruang kerja robot dan membantu menghindari tabrakan, sehingga meningkatkan efisiensi dan keamanan operasional robot di lingkungan industri.

This research aims to develop an Augmented Reality (AR) application used for collision avoidance and defining the working envelope for a 7 Degree of Freedom (DoF) robot, namely the Franka Emika Panda. The use of AR technology allows for direct and detailed visualization of the robot's workspace, aiding in the analysis of potential collisions with surrounding objects. This application is built using the Unity platform and utilizes specific algorithms to detect and avoid obstacles. The research results show that the developed AR application is effective in providing interactive visualization of the robot's workspace and helps in avoiding collisions, thereby enhancing the operational efficiency and safety of the robot in industrial environments.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S38535
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Surface roughness plays an important role in product quality. In this study effects of cutting speed
workpiece hardness, feed rate and depth of cut on surface roughness in the finish hard turning of DF-3
hardened steel were experimentally investigated Cubic boron nitrite inserts and ceramics with through -
hardened DF-3 steel bars were used Four factor-two level fractional experiments were conducted and
statistical analysis of variance was performed During hard turning experiments, roughness of the
machined surface was measured. This study shows that the effects of workpiece hardness, depth of cut,
feed rate and cutting speed on surface roughness are statistically significant. The ejects of two factor
interactions of the cutting speed and the workpiece hardness, the cutting speed and the feed rate, and the
cutting speed and depth of cut are also appeared to be important. Especially, CBN suitable for high or
tow cutting speed because on the 55.4 to 59.6 HRC hardness range resulted in better surface roughness.
"
Jurnal Teknologi, Vol. 19 (3) September 2005 : 185-192, 2005
JUTE-19-3-Sep2005-185
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Joko Suryana
"Analisis domain frekuensi dapat memberikan informasi karakteristik antena yang cukup kompak, baik untuk parameter gain terhadap frekuensi, parameter pola radiasi terhadap frekuensi, maupun impedansi masukan terhadap frekuensi. Namun demikian, dalam aplikasi dimana waktu atau ruang menjadi perhatian utama, analisis domain waktu menjadi sangat penting, terutama untuk aplikasi GPR, penentuan waktu pantul dan profil range dari pencitraan target memerlukan bantuan analisis domain waktu / ruang. Dalam paper ini, akan dipaparkan teori klasik karakterisasi sistem dalam domain waktu, kemudian dipaparkan permodelan matematik untuk penerapannya pada karakterisasi antena Bowtie ujung Sirkuler yang bekerja pada frekuensi 1 ? 2 GHz. Dari hasil pengukuran respon impuls ternormalisasi, diperoleh kesimpulan bahwa antena Bowtie yang telah diimplementasikan ini memiliki respon impuls ternormalisasi yang baik dengan ringing yang kecil, sehingga sesuai untuk aplikasi GPR.

Time Domain Characterization of 1-2 GHz Circular-ended Bowtie Antenna Using Normalizad Impulse Response. Frequency domain analysis is a powerful and compact tool for characterizing the antenna parameters such as gain, radiation pattern and the impedance as a function of frequency. However, if time or space is a major concern, such as in the GPR appication, the time domain analysis would be a very important tool due to their unique capability for determining the echo delay and range profile of target image. In this paper, we will describe the classical theory of system characterization in time domain, and then also propose the mathematical model for characterizing the 1 ? 2 GHz circular-ended Bowtie antenna. From the measurement results, we concluded that the implemented Bowtie antenna has good normalized impulse response with very small ringing, so it is suitable for GPR applications."
Depok: Lembaga Penelitian Universitas Indonesia, 2005
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Irwan Haryanto
"Skripsi ini menjelaskan suatu metode deteksi kecepatan pengelasan yang bisa diaplikasikan untuk simulator pengelasan menggunakan augmented reality. Dalam proses pengelasan, faktor kecepatan pengelasan menjadi sangat penting karena merupakan salah satu faktor yang menentukan bagus tidak nya kualitas pengelasan. Welding simulator ini nantinya bisa digunakan sebagai bentuk pelatihan pengelasan dengan biaya yang relatif murah. Metode ini menggunakan software ARToolkit,OpenGL library dan Autodesk 3ds Max dalam pembuatannya. Dalam perhitungannya, metode ini menggunakan algoritma perbedaan koordinat dalam satuan waktu yang diambil dari besarnya frame per second (FPS) dari sebuah kamera. Setelah metode ini berhasil dibuat, data pengukuran diambil untuk mendapatkan seberapa tepat dan berapa kesalahan (error) pendeteksian kecepatan pada simulator dari kecepatan yang yang sebenarnya dengan parameter tingkat intensitas cahaya yang berbeda. Analisis dilakukan dan didapatkan nilai kesalahan yang tidak terlalu besar sehingga metode berhasil dibuat dan kedepannya pengembangan lebih lanjut bisa dilakukan untuk membuat fitur-fitur yang lebih canggih.

This paper explain about travel angle detection that able to use for welding simulator using augmented reality. Travel speed is one of important parameter that able to influence the welding quality. In the future, this simulator can be used by students who want to join welder training with low cost. This method used ARToolkit, OpenGL library and Autodesk 3ds Max software for build the simulator. The travel speed detection used distance of the coordinat per time unit that included inside of frame per second (FPS) in camera specification. After this method built successfully, data of speed detection was analized for how accurate and how many error from speed detection to actual speed with different lighting condition. The speed detection error was not far away from the actual speed, so this simulator can be development more to get more important feature on welding process in the future.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59820
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>