Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 145868 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Maraya Sakinah
"Perilaku konsumen secara konseptual dimulai dengan marketing stimuli yang kemudian berakhir dengan keputusan pembelian. Penelitian ini mencoba menganalisa pengaruh e-service quality, reputation, web design, dan price, terhadap trust, customer satisfaction, dan customer loyalty. Pada saat terjadinya fenomena pandemi Covid-19, pembeli terikat untuk dengan cepat beralih ke platform e-commerce untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, menyebabkan pergeseran perilaku konsumen. Survei terhadap 370 responden didapatkan melalui kuesioner online, dengan menggunakan metode kuantitatif dan data dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-service quality, trust, dan price berpengaruh terhadap customer satisfaction. Apabila e-commerce dapat merespons keluhan pelanggan serta memberikan pelayanan yang disesuaikan secara personal untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, maka pelanggan kemungkinan akan merasa puas dengan layanan yang diberikan.

Consumer behavior conceptually starts with marketing stimuli that then ends with purchasing decisions. This study attempts to analyze the effect of e-service quality, reputation, web design, and price on trust, customer satisfaction, and customer loyalty. At the beginning of Covid-19 pandemic, consumers were compelled to quickly switch to e-commerce platforms to fulfill their daily needs, leading to a shift in consumer behavior. A survey of 370 respondents was collected through an online questionnaire, using quantitative methods and data were analyzed using Structural Equation Modeling (SEM). The results of this study indicate that e-service quality, trust, and price have an influence on customer satisfaction. When e-commerce can respond to customer complaints and provide personalised services to meet customer needs, the customer is likely to be satisfied with the service provided.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mochammad Auditya Brilliant
"Meningkatnya pengguna internet di Indonesia dapat dikatakan sebagai penyebab meningkatnya pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia. Dalam aplikasinya, loyalitas pengguna e-commerce menjadi penting karena mudahnya pengguna e-commerce berpindah dari situs e-commerce satu ke situs e-commerce lainnya, Untuk itu, menjadi menarik bahwa perusahaan harus mengetahui faktor apa yang membentuk loyalitas dari e-commerce.
Pada penelitian ini, hal yang akan menjadi pokok bahasan adalah pengaruh kepuasan dan kepercayaan konsumen dalam menggunakan layanan e-commerce terhadap pembentukan loyalitas pelanggan, dimana faktor kualitas tampilan website, kualitas informasi, persepsi keamanan dan persepsi privasi menjadi faktor yang diteliti dalam pembentukan kepuasan dan kepercayaan pelanggan e-commerce.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa, kualitas informasi mempengaruhi kepercayaan pengguna e-commerce dan akan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pengguna e-commerce di Jabodetabek, sedangkan untuk variabel lainnya tidak berpengaruh secara signifikan.

Increasing Internet users in Indonesia can be said to cause increased growth of e-commerce industry in Indonesia. In its application, e-commerce user loyalty is important because of the ease of e-commerce users move from one e-commerce to e-commerce, for it to be interesting that the company should know what factors shape the loyalty of e-commerce.
In this study, it will be the subject of the influence of consumer satisfaction and trust in using e-commerce to the formation of customer loyalty, which the user interface quality, information quality, perceived security and perceived privacy in the formation of satisfaction and trust to e-commerce customers.
This study found that the information quality affects trust of e-commerce users and will significantly influence the loyalty of e-commerce users in Greater Jakarta, while the other variables are not significant.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44389
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmah Syafira
"Persaingan e-commerce di Indonesia mengharuskan perusahaan e-commerce untuk membuat strategi baru untuk dapat mempertahankan loyalitas konsumen. Gamification diyakini memiliki pengaruh yang kuat untuk dapat menarik dan melibatkan konsumen sehingga konsumen loyal terhadap sebuah e-commerce. Tesis ini membahas pengaruh gamification terhadap brand loyalty pada e-commerce di Indonesia melalui customer engagement sebagai variabel intervening dan customer satisfaction sebagai variabel moderating. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kepada 200 responden pengguna kuis Shopee.
Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Dalam penelitian ini terdapat tiga model penelitian, yaitu pertama pengaruh gamification terhadap brand loyalty secara langsung, kedua pengaruh gamification terhadap brand loyalty melalui customer engagement sebagai variabel intervening dan ketiga pengaruh gamification terhadap brand loyalty melalui customer engagement sebagai variabel intervening dan customer satisfaction sebagai variabel moderating.
Hasil penelitian membuktikan gamification berpengaruh terhadap brand loyalty secara langsung; gamification berpengaruh terhadap brand loyalty melalui customer engagement sebagai variabel intervening; dan customer satisfaction tidak dapat memoderasi pengaruh antara customer engagement dengan brand loyalty. Pada praktiknya e-commerce dapat menerapkan gamification dengan menggunakan elemental tetrad model untuk meningkatkan loyalitas konsumen sehingga perusahaan dapat bersaing dan mengembangan bisnis. Selain itu, segmentasi responden dapat dipertimbangkan untuk mengukur karakteristik dari pengguna sebuah gamification sehingga dapat dijadikan acuan bagi perusahaan dalam penerapan tipe gamification yang tepat.

The competition of e-commerce in Indonesia requires e-commerce companies to create new strategies to be able to maintain consumer loyalty. Gamification is believed to have a strong influence to attract and engage consumers so that consumers are loyal to the e-commerce. This thesis discusses the effect of gamification on brand loyalty in e-commerce in Indonesia through customer engagement as an intervening variable and customer satisfaction as a moderating variable. The approach used in this study uses quantitative approach with 200 respondents Kuis Shopee users.
Data analysis method is done by using descriptive analysis and path analysis. In this study there are three research models, firstly the effect of gamification on brand loyalty directly, secondly the effect of gamification on brand loyalty through customer engagement as an intervening variable and thirdly the effect of gamification on brand loyalty through customer engagement as an intervening variable and customer satisfaction as a moderating variable.
The results of the study prove that gamification directly affects brand loyalty; gamification has an effect on brand loyalty through customer engagement as an intervening variable; and customer satisfaction cannot moderate the influence between customer engagement and brand loyalty. In practice e-commerce can apply gamification by using elemental tetrad model to increase consumer loyalty so that companies can compete and develop the business. In addition, segmentation of the respondent can be considered to measure the characteristics of gamification users so that it can be used as a reference for companies in applying the right type of gamification.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
T55307
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ronald Wilson Lainardi
"Blibli.com adalah salah satu e-Commerce di Indonesia yang menyediakan platform jual beli secara online untuk para konsumen yang ingin membeli dagangan yang dijual oleh UKM atau penjual. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen, menganalisis seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan Blibli.com, menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap performa layanan website dengan loyalitas pelanggan di e-Commerce Blibli.com. Penelitian ini memiliki jumlah sampel sebanyak 70 orang, dan Teknik pengumpulan data yang menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data berupa analisis deskriptif, importance performance analysis (IPA), customer satisfaction index (CSI), dan partial least square (PLS). Hasil penelitian menunjukan bahwa pelanggan Blibli.com berada pada tingkat yang “Puas”. Loyalitas konsumen dipengaruhi secara positif signifikan oleh service interaction.

Blibli.com is one of the e-Commerce in Indonesia that provides an online buying and selling platform for consumers who want to buy merchandise sold by SMEs or sellers. This study aims to identify consumer characteristics, analyze how much the level of customer satisfaction Blibli.com, analyze the effect of customer satisfaction on the performance of website services with customer loyalty in e-Commerce Blibli.com. This study has a total sample of 70 people, and data collection techniques using purposive sampling methods. This study uses data analysis methods in the form of descriptive analysis, importance performance analysis (IPA), customer satisfaction index (CSI), and partial least square (PLS). The results showed that Blibli.com customers were at the "Satisfied" level. Consumer loyalty is significantly positively influenced by service interaction."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Melia Gusnita
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Chatbot LazzieChat terhadap customer satisfaction, brand-relationship quality pada Lazada, dan continuance chatbot intention di Indonesia. LazzieChat sendiri merupakan chatbot e-commerce artificial intelligence (AI) pertama di Asia Tenggara yang ditenagai oleh teknologi OpenAI Chat GPT dari Azure OpenAI Service. Meningkatnya penggunaan chatbot, membuat Lazada menciptakan inovasi yang berkolaborasi Microsoft Azure Open AI Service untuk menambah daya saing Lazada di industri ­e-commerce. Penelitian kuantitatif ini menggunakan teknik non probability sampling berupa judgmental sampling dengan jumlah 303 responden pengguna Lazada di Indonesia. Analisis pada penelitian ini dilakukan dengan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk menguji apakah information quality, system quality, experience with chatbot, dan chatbot anthropomorphism berpengaruh terhadap customer satisfaction, brand-relationship quality, dan chatbot continuance intention. Temuan menunjukkan bahwa information quality, system quality, experience with chatbot, dan chatbot anthropomorphism berpengaruh positif terhadap customer satisfaction, customer satisfaction berpengaruh positif terhadap brand-relationship quality dan chatbot continuance intention, dan brand-relationship quality berpengaruh positif terhadap chatbot continuance intention.

This research aims to determine the influence of the LazzieChat chatbot on customer satisfaction, brand-relationship quality at Lazada, and continuance chatbot intention in Indonesia. LazzieChat itself is the first artificial intelligence (AI) e-commerce chatbot in Southeast Asia which is powered by OpenAI Chat GPT technology from Azure OpenAI Service. The increasing use of chatbots has led Lazada to create innovations in collaboration with Microsoft Azure Open AI Service to increase Lazada's competitiveness in the e-commerce industry. This quantitative research uses a non-probability sampling technique in the form of judgmental sampling with 303 Lazada user respondents in Indonesia. The analysis in this research was carried out using Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) to test whether information quality, system quality, experience with chatbot, and chatbot anthropomorphism influence customer satisfaction, brand-relationship quality, and chatbot continuance intention. The findings show that information quality, system quality, experience with chatbot, and chatbot anthropomorphism have a positive effect on customer satisfaction, customer satisfaction has a positive effect on brand-relationship quality and chatbot continuance intention, and brand-relationship quality has a positive effect on chatbot continuance intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siahaan, Meta Riani
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis anteseden loyalitas konsumen pengguna aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) dengan menerapkan teori Stimulus – Organisme – Respons (SOR). Data sebanyak 500 responden pengguna aplikasi Jamsostek Mobile (JMO diolah menggunakan aplikasi SmartPLS versi 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kualitas layanan, persepsi citra merek, dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan sebaliknya tidak dengan kepercayaan. Persepsi merek citra dan kepuasan pelanggan juga mampu memediasi pengaruh persepsi kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan sedangkan kepercayaan tidak mampu. Hasil ini menunjukkan bahwa persepsi kualitas layanan dapat menjadi stimulus loyalitas konsumen dalam menggunakan aplikasi mobile JMO, sedangkan variabel persepsi citra merek dan kepuasan pelanggan dapat berperan sebagai organisme yang mendukung respon pelanggan berupa loyalitas, sedangkan variabel kepercayaan belum mampu berperan sebagai organisme.

This study aims to analyze the antecedents of consumer loyalty to users of the Jamsostek Mobile (JMO) application by applying the Stimulus – Organism – Response (SOR) theory. Data as many as 500 respondents users of the Jamsostek Mobile Application (JMO are processed using the SmartPLS application version 3. The results show that the perception of service quality, brand image perception, and customer satisfaction have a significant positive effect on customer loyalty instead with trust. Citra brand perception and customer satisfaction are also able to mediate the influence of service quality on customer loyalty. The brand image perception variable, trust and customer satisfaction can act as an organism that supports customer responses in the form of loyalty."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rayna Hanin Ahmad
"Dengan semakin ketatnya persaingan di e-marketplace C2C, penyedia platform harus mencari dan menemukan cara untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Penelitian ini membahas faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan pada e-commerce. Objek penelitian ini yaitu tiga perusahaan penyedia e-marketplace C2C di Indonesia. Pada penelitian ini digunakan metode SEM Structural Equation Modeling dengan indikator yang ditentukan berdasarkan literatur dan pendapat ahli dan melibatkan 350 responden untuk setiap perusahaan.
Penelitian ini membuktikan bahwa faktor kepuasan pelanggan selalu mempengaruhi loyalitas pelanggan. Berdasarkan efek totalnya, faktor kepercayaan paling berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan TK. Faktor ekspektasi pelangganpaling mempengaruhi loyalitas pelanggan BL. Faktor kepuasan pelanggan paling mempengaruhi loyalitas pelanggan EV.

The escalation of e commerce competition nowadays force platform providers seek and find ways to maintain relationships with their customers. The research discusses the factors that affect customer loyalty in e commerce. The object of this study is three providers of C2C e marketplace in Indonesia. In this study SEM Structural Equation Modeling was used by involving 350 respondents for each company and expert opinion to determine the indicators.
This study proves that the customer satisfaction factor always affects customer loyalty. Based on the total effect, trust affect customer loyalty significantly in TK. Meanwhile, customer expectation affect customer loyalty significantly in BL. Customer satisfaction proved to be factors that significanttly effect customer loyalty in EV.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S66267
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raina Allya Hartawan
"Dalam konteks pemasaran, teknologi dan internet telah memberikan dampak lintas batas dan menciptakan paradigma baru untuk para pelaku bisnis dimana internet dan teknologi sebagai sarana pemasaran dalam pasar, pelaku bisnis maupun perusahaan dapat memenuhi willingness to buy dan customer satisfaction yang dimiliki oleh konsumen. Tercatat, faktor yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen tersebut ialah kesesuaian informasi dengan produk pada saat produk tersebut sampai ke tangan konsumen. Produk kosmetik merupakan salah satu pasar konsumen yang berkembang paling pesat di e-commerce dan menjadi kategori produk yang paling banyak dicari pada e-commerce, termasuk Shopee. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh augmented reality terhadap customer satusfaction dan willingness to buy yang dimediasi dengan customer experience, serta efek moderasi trust dan trade-off between price and value dan trust pada generasi Z yang mengkonsumsi Maybelline di aplikasi Shopee. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui teknik purposive sampling pada 150 responden yang didapatkan melalui online questionnaire. Hasil penelitian menunjukkan bahwa augmented reality berpengaruh secara signifikan terhadap willingness to buy dan customer satisfaction. Selain itu, customer experience memediasi pengaruh augmented reality dengan customer satisfaction dan willingness to buy. Selanjutnya, trade-off between price and value dan trust tidak memoderasi hubungan antara. augmented reality dengan customer experience.

In the context of marketing, technology and the internet have had a cross-border impact and created a new paradigm for business people where the internet and technology support towards marketing in the market, business people and companies can meet the willingness to buy and customer satisfaction. It is noted that the factor that can fulfil the wants and needs of these consumers is the gap between perceived and expectation of the information of the product. Cosmetic products are one of the fastest growing consumer markets in e-commerce and are the most sought product category in e-commerce, including Shopee. This study aims to analyze the effect of augmented reality on customer satisfaction and willingness to buy mediated by customer experience, as well as the moderating effect of trust and the trade-off between price and value in the Zs who consume Maybelline in the Shopee application. The study used a quantitative approach through purposive sampling technique on 150 respondents obtained through an online questionnaire. The results showed that augmented reality had a significant effect on willingness to buy and customer satisfaction. In addition, customer experience mediates the effect of augmented reality on customer satisfaction and willingness to buy. Furthermore, the trade-off between price and value and trust does not moderate the relationship between. augmented reality with customer experience."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nasution, Yudhita Asih Putri
"Ketika sebuah pasar mencapai titik jenuh, strategi defensif untuk mempertahankan konsumen menjadi lebih penting daripada strategi offensive seperti memperluas ukuran pasar pasar secara keseluruhan. Dapat disimpulkan bahwa ada dua strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam mempertahankan dan menjaga loyalitas konsumen, yaitu memberikan perceived switching cost harga berpindah yang tinggi atau memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen. Pemilihan strategi tersebut perlu ditinjau kembali sesuai dengan perusahaan jasa yang ingin dikembangkan.
Penelitian dilakukan untuk mencari bukti empiris bahwa perceived switching cost dapat mempengaruhi kualitas loyalitas konsumen menjadi true loyalty maupun spurious loyalty, yakni sebuah keadaan dimana pelanggan tidak puas tetapi dapat menghasilkan repeat patronage yang tinggi. Timbulnya perceived switching cost tidak hanya dikarenakan oleh persaingan antar perusahaan, tetapi jenis jasa yang berbeda ternyata juga dapat menimbulkan perceived switching cost.

When a market reached saturation point, a defensive strategy to retaion consumers become more important than creating offensive strategy, such as expanding the size of the overall market. It can concluded that there are two strategies that can be conducted in maintaining and keeping customer loyalty, which to give high perceived switching cost or to provide services in order to satisfy consumers. The consideration on choosing those strategies needs to be reviewed regarding the type of service companies.
The study was conducted to find empirical evidence that perceived switching cost can affect the quality of consumer loyalty in becoming true loyalty or lsquo spurious loyalty, a situation where the customer is not satisfied but has high repeat patronage. The emergence of perceived switching cost is not only caused by the competition between companies, but also caused by the type of the service itself.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raissa Adlina Febrianny
"Era digitalisasi mengubah pola konsumen masyarakat ke arah digital yang mendorong pertumbuhan ekosistem digital antara bank digital dan platform e-commerce. Kolaborasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi secara seamless, meningkatkan kenyamanan dan efisiensi dalam bertransaksi. Meskipun penggunaannya semakin meningkat, memastikan pengguna terus menggunakan layanan ini (reuse intention) tetap menjadi tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman dan kepuasan pengguna terhadap niat untuk menggunakan kembali (reuse intention) layanan bank digital yang terintegrasi dengan e-commerce. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui survei terhadap 616 responden dan wawancara terhadap 30 narasumber. Pengolahan data kuantitatif menggunakan metode covariance-based structural equation modeling (CB-SEM), sedangkan pengolahan data kualitatif menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived ease of use, perceived usefulness, perceived reliability, perceived value, dan perceived risk berpengaruh signifikan terhadap pengalaman pengguna, sedangkan perceived security tidak memengaruhi pengalaman pengguna. Selanjutnya pengalaman pengguna berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, yang pada gilirannya memengaruhi niat untuk menggunakan kembali layanan bank digital. Temuan ini diharapkan dapat membantu bank digital dan platform e-commerce dalam merancang strategi yang efektif untuk meningkatkan kepuasan pengguna yang akhirnya dapat memengaruhi niat pengguna untuk menggunakan kembali layanan integrasi bank digital dan e-commerce sebagai metode pembayaran.

The digital era is transforming consumer behavior towards digital platforms, driving the growth of the digital ecosystem between digital banks and e-commerce platforms. This collaboration allows users to conduct transactions seamlessly, enhancing convenience and efficiency. Despite the increasing usage, ensuring continuous use (reuse intention) remains a challenge. This study aims to analyze the influence of user experience and satisfaction on the reuse intention of integrated digital bank and e-commerce services. Data collection was conducted through surveys of 616 respondents and interviews with 30 participants. Quantitative data was processed using the covariance-based structural equation modeling (CB-SEM) method, while qualitative data was analyzed using content analysis. The results of the study show that perceived ease of use, perceived usefulness, perceived reliability, perceived value, and perceived risk significantly affect user experience, while perceived security does not influence user experience. Furthermore, user experience significantly impacts user satisfaction, which in turn affects the intention to reuse digital banking services. These findings are expected to assist digital banks and e-commerce platforms in designing effective strategies to enhance user satisfaction, ultimately influencing the intention to reuse the integrated digital bank and e-commerce services as a payment method."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>