Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 87457 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nurul Aulia Rahmawati
"

TikTok awalnya dirilis sebagai jaringan untuk konten video musik, tetapi kini telah berkembang sebagai tempat untuk konten-konten bermuatan promosi, informasi hingga anjuran opini tertentu. Dengan durasi video yang terbatas, para kreator konten berlomba-lomba membuat konten yang tentu saja harus mengkonsiderasi efisiensi waktu. Oleh karenanya, banyak konten yang tersebar dan didukung oleh mudahnya pengunduhan, pengunggahan, serta pengaksesan konten-konten yang ada di TikTok. Melalui tulisan ini, kemudahan serta kemasifan akses terhadap TikTok akan dielaborasi dengan analisis institusional Noam Chomsky dan Edward S. Herman, yakni Model Propaganda, untuk menunjukkan peluangnya sebagai suatu media propaganda. Model Propaganda menunjukkan keterlibatan media massa dalam manufakturisasi konsen masyarakat. Di era buku Manufacturing Consent, media massa yang dimaksudkan adalah televisi, radio, serta media cetak. Namun sekarang ini, kita mengenal internet sebagai salah satu sarana media massa yang memungkinkan interaksi sosial dan artifisial yang muncul pada jaringan media sosial. Propaganda konvensional kini telah menjadi propaganda komputasional. Dibanding dengan media sosial lain, TikTok memiliki potensi menjanjikan untuk menjadi media propaganda masa kini sebagai propaganda komputasional mendapatkan ruangnya seiring dengan kepopuleran dan fitur-fitur yang mendukung di dalamnya.


TikTok was originally released for music video content’s platform, but currently has grown to become the plate for various promotions, informations and certain opinion’s triggers’ content. By its duration’s limitation, content creators compete to create content(s) with time efficiency’s consideration. Thus, a lot of shortcut content(s) spreaded and supported by the ease of content’s downloading, uploading and accessing on TikTok. This paper will elaborate TikTok’s ease and massiveness with Noam Chomsky and Edwarrd S. Herman’s institutional analysis, the Propaganda Model, to show its opportunities as a propaganda media. The Propaganda Model shows the involvement of mass media in the manufacturing consent. In the Manufacturing Consent’s book era, the mass media were television, radio, and printed media(s). Nowadays, internet is one of leading mass media that also allows social and artificial interaction on social media’s platform. The conventional propaganda now has become the computational propaganda. Compared to other’s social media(s), TikTok has promising potential to become a nowadays propaganda media which accommodates computational propaganda during its popularity and its supportive feature

"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Prinindya Aisha Sumari
"

Gamifikasi merujuk kepada adaptasi elemen permainan ke dalam elemen non-permainan. Fenomena adaptasi gamifikasi semakin meningkat seiring dengan banyaknya developer aplikasi yang ingin meningkatkan interaksi pengguna dan menjadikan elemen game sebagai salah satu langkah peningkatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh elemen gamifikasi dalam meningkatkan keterlibatan pengguna seperti Gifting Intention dan Word of Mouth dalam platform TikTok Live dengan menggunakan kerangka Mechanics Dynamics Aesthetics (MDA). Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed-methods yang diawali dengan metode kuantitatif kemudian kualitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan menggunakan metode PLS-SEM dengan total sampel valid sebanyak 391 responden. Analisis kualitatif menggunakan metode wawancara dengan 7 responden. Hasil dari pengolahan analisis data menunjukkan bahwa Achievement Gamification Element dan Socialization Gamification Element memengaruhi Social Interaction Ties, Perceived Usefulness, dan Perceived Enjoyment dari penonton TikTok Live. Lebih lanjut, Social Interaction Ties dan Perceived Usefulness memiliki pengaruh terhadap Gifting Intention. Selain itu, Social Interaction Ties, Perceived Usefulness, dan Perceived Enjoyment berpengaruh terhadap Word of Mouth. Penelitian ini diharapkan dapat membantu penyedia platform social live streaming mengetahui apakah gamifikasi yang sudah ada memiliki pengaruh signifikan terhadap niat pengguna memberikan virtual gift dan merekomendasikan platform kepada orang lain. Dengan adanya keterbatasan lingkup pada penelitian ini, maka penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas lingkup demografi responden serta platform live streaming lainnya.


Gamification refers to the adaptation of game elements into non-game contexts. The phenomenon of gamification adaptation is increasing as more application developers seek to enhance user interaction and incorporate game elements as a means of improvement. This research aims to identify the impact of gamification elements toward the engagement of TikTok Live viewers through internal factors that influence the engagement such as Gifting Intention and Word of Mouth using the Mechanics Dynamics Aesthetics (MDA) framework. The research employs a mixed-methods analysis approach, starting with quantitative analysis followed by qualitative analysis. The quantitative data analysis utilizes the PLS-SEM method, with a valid sample of 391 respondents. The qualitative analysis utilizes interview method with 7 respondents. The results of the data analysis indicate that achievement and socialization gamification element significantly influence the dynamics of TikTok Live viewers. Furthermore, social interaction ties and perceived usefulness have a positive influence on gifting intention. Additionally, word of mouth is influenced by social interaction ties, perceived usefulness, and perceived enjoyment. The findings of this research are expected to assist social live streaming platform providers, especially TikTok, in understanding the significant impact of gamification elements implemented in TikTok Live on users' intention to give virtual gifts and recommend the platform to others. Given the limited scope of this research, further research is suggested to broaden the demographic scope of the respondents and other live streaming platforms.

"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadia Chairana
"Penelitian ini menganalisis pengaruh Electronic Word-of-Mouth terhadap Visit Intention yang terjadi pada pengguna media sosial TikTok. Penelitian ini difokuskan pada pengguna media sosial TikTok dalam minat berkunjungnya ke Cove at Batavia setelah terpapar e-WOM yang didapatkan melalui TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online menggunakan google form kepada 110 pengguna aktif media sosial TikTok yang merupakan calon wisatawan Cove at Batavia karena telah menerima e-WOM di TikTok. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier untuk menguji pengaruh variabel independent dengan variabel dependen pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Electronic Word-of-Mouth terhadap Visit Intention pada pengguna media sosial TikTok untuk mengunjungi Cove at Batavia

This study examined the effect of Electronic Word-of-Mouth on Visit Intention that occurs in TikTok users. This research is applied to social media users of TikTok and their interest in visiting Cove at Batavia after getting the exposure of e-WOM obtained through TikTok. This study used a quantitative approach by distributing questionnaires using a Google Form to 110 active users of TikTok as the potential visitor of Cove at Batavia after getting the exposure of e-WOM in TikTok. The data analysis technique used in this study is linear regression analysis to test the effect of the independent variables on the dependent variable. The results shows that there is a significant influence between Electronic Word-of-Mouth on Visiting Intention of TikTok users to visit Cove at Batavi"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Christoval Pratama Irawan
"Perlindungan Hak Cipta di Indonesia telah diatur dalam UU No. 28 Tahun 2014 yang merupakan wujud dari ikut sertanya Indonesia sebagai anggota World Trade Organization yang mencakup tunduknya pada Agreement on Trade Related Aspects of Intellectual Property Rights. Hadiurnya peraturan perundang-undangan tersebut menjadi suatu perlindungan atas Kekayaan Intelektual berupa Hak Cipta atas suatu Ciptaan, yang salah satunya adalah Ciptaan berupa karya lagu dann/atau musik dengan atau tanpa teks. Di era digital ini, manusia dapat dengan mudah memanfaatkan teknologi media internet untuk menjalankan kegiatannya sehari-hari. Namun, hal ini juga menimbulkan dampak negatif, salah satunya adalah dalam masalah pelanggaran Hak Cipta. Mudahnya penggunaan media internet untuk mengkomunikasikan suatu informasi menyebabkan mudahnya terjadi pelanggaran Hak Cipta atas suatu Ciptaam seperti lagu dan/atau musik. Permasalahan semacam ini dapat ditemukan dalam pelanggaran atas Hak Cipta lagu dan/atau musik di media sosial seperti TikTok. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, UU No. 28 Tahun 2014 telah membuka peluang bagi Pencipta, Pemegang Hak Cipta atau Pemilik Hak Terkait untuk mempertahankan hak-haknya apabila terjadi suatu pelanggaran. Selain itu, undang-undang tersebut juga memberikan kesempatan bagi Pemerintah untuk ambil peran dalam upaya pencegahan dengan melakukan koordinasi dengan pihak dalam maupun luar negeri dalam upaya terjadi suatu pelanggaran dalam suatu sistem informasi. Skripsi ini pada pokoknya membahas 3 (3) permasalahan, yaitu bagaimana pengaturan terkait Hak Cipta di dunia dan Indonesia, bagaimana pelaksanaan Hak Cipta di Indonesia, dan bagaimana penegakkan pelanggaran hak cipta lagu dan musik di Indonesia yang terjadi di media sosial TikTok. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah yuridis-normatif, yang menggunakan pendekatan norma hukum secara tertulis dan hasil penelitian mengenai perlindungan Hak Cipta. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa meskipun peraturan perundang-undangan di Indonesia masih dapat diandalkan untuk menangani permasalahan dalam hal terjadi pelanggaran Hak Cipta, namun dirasa perlu restrukturisasi atau penambahan ketentuan spesifik mengenai perlindungan Hak Cipta seperti Hak Cipta atas lagu dan musik di era digital dengan tujuan adanya upaya preventif yang lebih menjamin perlindungan dan menghindari adanya kerugian baik secara materiil maupun imateriil oleh banyak pihak, serta untuk menghindari adanya hambatan dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

Copyright protection in Indonesia has been regulated in Law no. 28 of 2014, a manifestation of Indonesia's participation as a member of the World Trade Organization, which includes compliance with the Agreement on Trade Related Aspects of Intellectual Property Rights. The presence of these laws and regulations is protection for Intellectual Property in the form of Copyright on a work, one of which is a work in the form of a song and/or music with or without text. In this digital era, humans can easily use internet media technology to carry out their daily activities. However, this also has a negative impact, one of which is the issue of copyright infringement. The easy use of internet media to communicate information makes it easy for copyright infringement to occur on a work such as songs and/or music. This kind of problem can be found in infringement of Copyright of songs and/or music on social media such as TikTok. To overcome these problems, Law no. 28 of 2014 has opened up opportunities for Authors, Copyright Holders, or Related Rights Owners to defend their rights in the event of an infringement. In addition, the law also provides an opportunity for the Government to take a role in prevention efforts by coordinating with domestic and foreign parties to prevent a violation in an information system. This thesis basically discusses 3 (3) problems, namely how to regulate copyright in the world and Indonesia, how to implement copyright in Indonesia, and how to enforce song and music copyright infringement in Indonesia that occurs on TikTok social media. The research method used in writing this thesis is juridical-normative, which uses a written legal norm approach and the results of research on Copyright protection. The conclusion that can be drawn is that although the laws and regulations in Indonesia can still be relied upon to handle problems in the event of copyright infringement, it is deemed necessary to restructure or add specific provisions regarding Copyright protection such as Copyright on songs and music in the digital era with the aim of the existence of preventive measures that better guarantee protection and avoid material and immaterial losses by many parties, as well as to avoid obstacles in national economic growth."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indira Kusuma
"Penelitian bertujuan untuk mengatuhi peran atribut originality, quality, quantity dan humor pada TikTok terhadap intention to follow the account, the advice, dan intention to share melalui mediasi hedonic experience dan opinion leadership. Penelitian ini, menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode Structural Equation Modelling (SEM) dalam pengolahan data. Responden pada penelitian ini merupakan pengguna TikTok berusia 18-35 tahun yang berdomisili di Indonesia. Data sebanyak 215 yang terdapat pada penelitian utama diolah dengan menggunakan metode Partial Least Square - Structural Equation Model (PLS-SEM). Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa sebanyak 12 dari total 17 hipotesis diterima yaitu quality, quantity, dan humor berpengaruh terhadap hedonic experience. Sementara itu, originality, quality, dan quantity berpengaruh terhadap opinion leadership. Selanjutnya, ditemukan bahwa hedonic experience mampu memberikan perngaruh positif terhadap intention to follow the account dan intention to share. Sedangkan, opinion leadership mampu memberikan perngaruh positif terhadap intention to follow the account, the advice. dan intention to share. Hasil dari penelitian ini bermanfaat bagi pemasar untuk dapat digunakan dalam penyusunan strategi influencer marketing pada TikTok.

The research aims to determine the role of the originality, quality, quantity and humor attributes on TikTok on the intention to follow the account, the advice, and the to share through the mediation of hedonic experience and opinion leadership. This study uses a non- probability sampling technique with the Structural Equation Modeling (SEM) method in data processing. Respondents in this study are TikTok users aged 18-35 years who live in Indonesia. Data from 215 respondents in the main study were processed using the Partial Least Square - Structural Equation Model (PLS-SEM) method. The results of this study indicate that as many as 12 out of a total of 17 hypotheses are accepted, namely quality, quantity, and humor have an effect on hedonic experience. Originality, quality, and quantity affect opinion leadership. Then, this study found that hedonic experiences were able to have a positive influence on intentions to follow accounts and to share. Opinion leadership have a positive influence on the intention to follow the account, the advice and to share. The results of this research are useful for marketers in developing influencer marketing strategies on TikTok."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Oktaviani
"Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta pembatasan sosial akibat pandemi COVID-19 mendorong masyarakat menggunakan media sosial untuk melakukan pencarian informasi mengenai hobi. Mengingat salah satu media sosial yang sekarang sedang naik daun adalah TikTok, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pencarian informasi remaja akhir mengenai hobi pada aplikasi TikTok serta hambatan yang dihadapi selama proses pencarian informasi. Penelitian kualitatif deskriptif ini merupakan sebuah studi kasus yang diteliti melalui metode wawancara semi-terstruktur dan observasi. Data tersebut lalu dianalisis menggunakan Model Perilaku Informasi Niedźwiedzka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku pencarian informasi remaja akhir mengenai hobi secara keseluruhan sudah sesuai dengan Model Perilaku Informasi Niedźwiedzka, tetapi ada tahap pencarian informasi yang dilakukan secara bersamaan. Hambatan yang paling banyak dihadapi berasal dari lingkungan serta paling sering terjadi pada tahap information seeking. Berdasarkan hasil penelitian, muncul dua rekomendasi utama yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna, baik sebagai individu maupun lembaga. Pengguna individu diharapkan untuk memanfaatkan TikTok secara cermat untuk mengatasi hambatan yang dihadapi dan bagi pengguna berupa lembaga, seperti perpustakaan, diharapkan dapat mempertimbangkan media sosial yang sedang populer seperti TikTok sebagai peluang untuk memperluas jangkauan promosi.

The current rapid technological development and the various social restrictions caused by the COVID-19 pandemic are encouraging people to seek out information about their interests on the World Wide Web, specifically on social media. Taking into account the virality of TikTok as a social media platform amongst young people, this research aims to explore the information seeking behavior of young adults on said application, as well as what sort of hindrance they might come across whilst using TikTok. This descriptive qualitative research is a case study that is done by semi-structured interviews and observations. The data gathered through those methods are then analyzed using Niedźwiedzka’s Information Behavior Model. The results of this research shows that the information seeking behavior of young adults on TikTok are in accordance with Niedźwiedzka’s Information Behavior Model. Although, there still appear to be some seemingly interchangeable phases within those activities. Most of the intervening variables they encountered are environmental variables, also most occurred in information seeking phase. This research recommends that both individual users as well as institutional ones, like libraries, to be wiser with the usage of apps such as TikTok and the potential it has to be used as an outreach and promotional tool."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Azkiya Nisa
"Fenomena sugar relationship semakin dikenali oleh masyarakat karena ramainya situs yang menyediakan bentuk kencan tersebut dan menjadi tren di berbagai media sosial, khususnya TikTok. Para sugar baby sebagai aktor dalam hubungan tersebut membagikan penawaran, transaksi, dan kegiatan yang dilakukan dengan sugar daddy. Tren tersebut kemudian diadaptasi oleh para pengguna perempuan TikTok lainnya dalam unggahan video tentang hubungan kencan atau pernikahan mereka. Unggahan tersebut disertai dengan suntingan video yang unik agar para pasangan terlihat lebih tua seperti sugar daddy. Adaptasi tren meminimalisir stereotip negatif terkait sugar relationship sebagai hubungan transaksional yang dikaitkan dengan prostitusi. Penelitian ini menggunakan metode analisis tekstual secara kualitatif dan pendekatan posfeminsime untuk menganalisis latarbelakang, fitur, caption, lagu, jumlah pengguna yang menonton dan menyukai video sugar relationship di TikTok. Korpus penelitian dibatasi pada dua jenis video, yaitu unggahan sugar baby dan adaptasi oleh para pengguna perempuan lainnya yang bukan merupakan sugar baby melalui penelusuran audio dan tagar yang berkaitan dengan sugar relationship. Temuan penelitian menunjukkan subjektivitas para sugar baby dan pengguna perempuan TikTok melalui pemaknaan sugar relationship sebagai hubungan otentik dibandingkan hubungan romantis lainnya. Selain itu, humor pada unggahan video tren tersebut juga bertujuan sebagai mekanisme pertahanan dalam menanggapi ambiguitas dan kerentanan pemaknaan sugar relationship.

Due to the high amounts of websites that provide this type of dating, as well as the fact that it has grown popular on several social media platforms, particularly TikTok, the public is becoming more and more aware of the phenomenon of sugar relationship. As participants in the relationship, the sugar babyexchange offers, transctions, and activities with the sugar daddy. Later, more female TikTok users followed the trend by uploading video about their dating or marriage relationships. The upload includes a special video edit that makes the couple appear older and sugar-daddy-like. Negative preconceptions about sugar relationshipas transactional relationshipconnected to prostitution are minimized by trend adaption. The background, features, captions, music, and the amount of viewers who watch and like sugar relationship videos on TikTok are all examined in this study using a qualitative textual analysis method and a postfeminism perspective. The research corpus is restricted to videos published by sugar babies and modifications made by female users who are not sugar babies using hashtags and audio searches about sugar relationships. By defining sugar relationships as real partnerships compared to other romantic relationships, the research findings highlight the subjectivity of sugar babies and female TikTok users. The popular video upload's humor also acts as a defense mechanism against the ambiguity and precariousness of the idea of sugar relationship."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rizky Athallah
"Kehadiran platform live streaming membawa perubahan terhadap komunikasi dan interaksi antar individu. TikTok LIVE merupakan salah satu platform yang telah mendapatkan popularitas luar biasa, menjadi suatu ekosistem yang memungkinkan adanya pertukaran informasi secara real-time dengan live streamer. Selain itu, penonton juga dapat memberikan dukungan dan apresiasi melalui sistem virtual gift yang disediakan oleh TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi gift-giving intention khususnya pada platform TikTok LIVE. Penelitian ini menggunakan metode mix-method, dimulai dengan analisis kualitatif untuk membangun model penelitian, dilanjutkan dengan analisis kuantitatif menggunakan PLS-SEM terhadap 400 pengguna TikTok LIVE yang sudah pernah memberikan virtual gift kepada live streamer. Teori utama yang digunakan pada penelitian ini meliputi socio-technical systems, self-determination theory, serta didukung dengan attachment theory. Hasil analisis menunjukkan bahwa live streamer characteristic (expertise) dan social system (identification, interactivity, dan information value) memengaruhi emotional attachment yang kemudian berpengaruh signifikan terhadap platform attachment dan gift-giving intention; technical system (convenience of gifting, competitiveness, dan personalization) memengaruhi platform attachment yang kemudian berpengaruh signifikan terhadap gift-giving intention; serta gift-design aesthetics berpengaruh signifikan terhadap gift-giving intention. Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya penelitian sebelumnya terkait perilaku gift-giving dan dapat memberikan saran praktis bagi para pelaku industri live streaming, khususnya di TikTok LIVE.

The presence of the live streaming platform brings changes to communication and interaction between individuals. TikTok LIVE is one of the platforms that has gained immense popularity, being an ecosystem that allows real-time exchange of information with live streamers. In addition, viewers can also provide support and appreciation through the virtual gift system provided by TikTok. This study aims to analyze the factors that influence gift-giving intention, especially on the TikTok LIVE platform. This research uses a mix-method method, starting with a qualitative analysis to build a research model, followed by a quantitative analysis using PLS-SEM of 400 TikTok LIVE users who have given virtual gifts to live streamers. The main theories used in this study include socio-technical systems, self-determination theory, and are supported by attachment theory. The results of the analysis show that live streamer characteristics (expertise) and social systems (identification, interactivity, and information value) affect emotional attachment which in turn has a significant effect on platform attachment and gift-giving intention; technical systems (convenience of gifting, competitiveness, and personalization) affect platform attachments which then have a significant effect on gift-giving intention; and gift-design aesthetics have a significant effect on gift-giving intention. It is hoped that this research can enrich previous research regarding gift-giving behavior and can provide practical suggestions for live streaming industry players, especially on TikTok LIVE."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rakha Zachrie
"Kehadiran platform live streaming membawa perubahan terhadap komunikasi dan interaksi antar individu. TikTok LIVE merupakan salah satu platform yang telah mendapatkan popularitas luar biasa, menjadi suatu ekosistem yang memungkinkan adanya pertukaran informasi secara real-time dengan live streamer. Selain itu, penonton juga dapat memberikan dukungan dan apresiasi melalui sistem virtual gift yang disediakan oleh TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi gift-giving intention khususnya pada platform TikTok LIVE. Penelitian ini menggunakan metode mix-method, dimulai dengan analisis kualitatif untuk membangun model penelitian, dilanjutkan dengan analisis kuantitatif menggunakan PLS-SEM terhadap 400 pengguna TikTok LIVE yang sudah pernah memberikan virtual gift kepada live streamer. Teori utama yang digunakan pada penelitian ini meliputi socio-technical systems, self-determination theory, serta didukung dengan attachment theory. Hasil analisis menunjukkan bahwa live streamer characteristic (expertise) dan social system (identification, interactivity, dan information value) memengaruhi emotional attachment yang kemudian berpengaruh signifikan terhadap platform attachment dan gift-giving intention; technical system (convenience of gifting, competitiveness, dan personalization) memengaruhi platform attachment yang kemudian berpengaruh signifikan terhadap gift-giving intention; serta gift-design aesthetics berpengaruh signifikan terhadap gift-giving intention. Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya penelitian sebelumnya terkait perilaku gift-giving dan dapat memberikan saran praktis bagi para pelaku industri live streaming, khususnya di TikTok LIVE.

The presence of the live streaming platform brings changes to communication and interaction between individuals. TikTok LIVE is one of the platforms that has gained immense popularity, being an ecosystem that allows real-time exchange of information with live streamers. In addition, viewers can also provide support and appreciation through the virtual gift system provided by TikTok. This study aims to analyze the factors that influence gift-giving intention, especially on the TikTok LIVE platform. This research uses a mix-method method, starting with a qualitative analysis to build a research model, followed by a quantitative analysis using PLS-SEM of 400 TikTok LIVE users who have given virtual gifts to live streamers. The main theories used in this study include socio-technical systems, self-determination theory, and are supported by attachment theory. The results of the analysis show that live streamer characteristics (expertise) and social systems (identification, interactivity, and information value) affect emotional attachment which in turn has a significant effect on platform attachment and gift-giving intention; technical systems (convenience of gifting, competitiveness, and personalization) affect platform attachments which then have a significant effect on gift-giving intention; and gift-design aesthetics have a significant effect on gift-giving intention. It is hoped that this research can enrich previous research regarding gift-giving behavior and can provide practical suggestions for live streaming industry players, especially on TikTok LIVE."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nikita Jacey Natania
"

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh media sosial terhadap salah satu aspek psikologis penggunanya, yaitu kepuasan tubuh (body satisfaction), dengan menggabungkan dasar teori Tripartite Influence Model of Body Dissatisfaction dan teori Stimulus-Organism-Response, dan juga memodifikasi dengan penambahan faktor-faktor pemicu (stimulus) dari model dasar, yaitu aktivitas yang berkaitan dengan video penampilan fisik (photo-based activity), motivasi untuk terlihat baik dari media sosial (appearance motivation) dan literasi media sosial pengguna (social media literacy). Objek dari penelitian ini merupakan media sosial TikTok, sebagai salah satu media sosial berbasis gambar (photo-based) dengan subjek penelitian pengguna TikTok yang berbasis di Indonesia dan memiliki rentang umur 17 – 26 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan metode gabungan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif didapatkan melalui penyebaran kuesioner dengan hasil 507 responden dan diolah menggunakan metode Covariance Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) dengan bantuan aplikasi SPSS AMOS. Kemudian, untuk kualitatif dilakukan dengan mewawancarai 32 responden dan dianalisis dengan metode content-analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upward appearance comparison dipengaruhi oleh photo-based activity dan appearance motivation, sedangkan untuk thin-ideal internalization dipengaruhi oleh appearance motivation dan social media literacy. Upward appearance comparison dan thin ideal internalization comparison memberikan dampak buruk terhadap body satisfaction penggunanya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi penelitian selanjutnya dalam topik pengaruh media sosial terhadap persepsi tubuh penggunanya, serta bagi pihak media sosial TikTok dalam usahanya menciptakan lingkungan media sosial yang sehat bagi penggunanya.


This research was conducted to analyze the effect of media social on human's perception of their body image, specifically on body satisfaction, by combining a theoretical basis of the Tripartite Influence Model of Influence model and the Stimulus-Organism-Response theory, and also by modifying the stimulus factors, which are photo-based activity, appearance motivation, and social media literacy. The object of this research is TikTok, a photo-based social media, with the research subject of TikTok users based in Indonesia with age ranges from 17 to 26. This research was conducted with a mixed method, combining quantitative and qualitative approaches. The quantitative data was acquired by distributing questionnaires with the results of 507 respondents and was processed through Covariance Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) method with the help of the SPSS AMOS application. As for the qualitative approach, the data was acquired by interviewing 32 respondents, and the answers were analyzed using a content-analysis method. This research indicated that upward appearance comparison is affected by photo-based activity and appearance motivation, as thin-ideal internalization is affected by appearance motivation and social media literacy. Both upward appearance comparison and thin-ideal internalization can be harmful to body satisfaction. Through the findings from this research, we hope to contribute to future research on related topics and for TikTok as the social media provider to create a healthier social media environment for their users

"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>