Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 144750 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aisya Zahra
"

Distribution Requirement Planning (DRP) merupakan metode untuk menangani persediaan dalam suatu jaringan distribusi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan permintaan serta menentukan kebutuhan untuk mengisi kembali persediaan pada masing-masing pusat distribusi. Permasalahan yang terjadi pada sistem distribusi PT XYZ, produsen serta distributor air minum dalam kemasan, muncul akibat adanya selisih antara permintaan dengan pengiriman aktual yang dilakukan kepada agen. Selain itu, perusahaan juga mengalami pengeluaran biaya distribusi yang tinggi. Kedua permasalahan tersebut terjadi karena adanya fluktuasi permintaan produk dan belum adanya sistem distribusi yang baik. Sistem distribusi yang baik mampu melakukan peramalan permintaan serta melakukan perencanaan persediaan guna memenuhi kebutuhan konsumen per periodenya. Metode yang tepat digunakan dalam menyelesaikan permasalahan ini adalah DRP, dengan tahapan pertama yaitu melakukan peramalan permintaan enam periode kedepan dengan hasil yang paling akurat yaitu pada peramalan metode linear. Kemudian dilanjutkan dengan penentuan metode lot sizing dalam pembuatan DRP yaitu metode Lot for Lot (LfL) dan Least Unit Cost (LUC) dengan total biaya terendah sebesar Rp115,605,334 selama periode enam bulan. Penerapan metode DRP pada kedelapan agen mampu mengurangi total biaya yang dikeluarkan sebesar Rp74,388,066 atau sebesar 39,15%. Selain itu, permintaan konsumen dari masing-masing agen juga dapat terpenuhi pada tiap periodenya.


Distribution Requirement Planning (DRP) is a method for handling inventory procurement in a distribution network to determine the demands and needs to replenish at each distribution center. Problems that occur in the distribution system of PT XYZ, a bottled water company, arise due to differences between customer demand and the actual deliveries made towards agents. Moreover, the company is also facing fairly high distribution costs. Both of these problems are caused by demand fluctuations and a lack of distribution system. A good distribution system is defined by the capability to forecast demands and plan inventories to meet customer needs. The method used to solve the problem is DRP, with the first phase being to forecast the demand for the next six periods with the linear forecasting method that generates the most accurate forecast values. Followed by determining the lot sizing with Lot for Lot (LfL) and Least Unit Cost (LUC) methods that produce the lowest total cost of Rp115,605,334 over a six-month period. The application of the DRP method to the eight agents was able to decrease the total costs by Rp74,388,066 or 39.15%. Furthermore, the demands from each agent will also be fulfilled for each period.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakhrul Ikram Sulanta
"

Penelitian ini dilakukan untuk mengukur kinerja rangkaian rantai pasok perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK). Pengukuran kinerja rantai pasok perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi rantai pasok dari suatu perusahaan. Metode yang digunakan adalah Supply Chain Operations Reference (SCOR). Perbaikan yang dilakukan pada penelitian ini berkaitan dengan permasalahan yang terjadi pada rangkaian rantai pasok. Tingkat kepentingan atribut kinerja diukur berdasar pembobotan dengan kuesioner perbandingan berpasangan oleh beberapa expert. Terdapat 28 indikator kinerja yang diukur dan terbagi ke dalam atribut model SCOR. Dari hasil pengukuran didapatkan kinerja rantai pasok perusahaan pada tahun 2022 sebesar 49,59% yang menunjukkan kinerja perusahaan berada pada kategori marginal dengan warna jingga pada Traffic Light System Monitoring. Dengan menggunakan metode Traffic Light System sebelumnya didapatkan 8 indikator pada rantai pasok perusahaan yang kinerjanya tidak mencapai target dan perlu untuk diperbaiki secepatnya. Oleh karena itu, strategi diperlukan untuk dapat memperbaiki kinerja tersebut.


This research was conducted to measure the supply chains of bottled water companies (AMDK). Measurement of supply chain performance needs to be done to determine the condition of the supply chain of a company. The method used is the Supply Chain Operations Reference (SCOR). The improvements made in this study are related to problems that occur in the supply chain circuit. The security level of the security attribute is measured by weighting with a pairwise comparison questionnaire by several experts. There are 28 performance indicators that are measured and divided into the SCOR attribute model. From the measurement results, the acquisition of the company's supply disruption performance in 2022 is 49.59% which shows the company's performance is in the marginal category with orange color on the Traffic Light Monitoring System. By using the Traffic Light System method previously obtained 8 indicators in the company's supply chain whose performance did not reach the target and needed to be repaired as soon as possible. Therefore, a strategy is needed to improve this performance.

 

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Leo Agung Satrio
"ABSTRAK
Internasionalisasi sebagai strategi untuk merambah pasar internasional telah banyak
digunakan oleh Perusahaan Multinational. Skripsi ini bertujuan untuk mendorong
Perusahaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk memasuki pasar internasional
melalui strategi aktivitas export dan pemodalan modal ventura. Strategi dalam memasuki
pasar internasional tersebut akan dianalisa melalui empat factor pendukung berdasarkan
Dunning’s electic theory, yaitu: besarnya perusahaan, pengalaman internasional, risiko
Negara dan jarak geografis.
Skripsi ini menjelaskan bahwa aktivitas export dan pemodalan modal ventura mempunyai
keunggulan dan kerugian dalam masing-masing strategi bagi Usaha Kecil dan Menengah
(UKM). Setiap factor pendukung memberikan efek positif dan negative dalam
menggunakan kedua trategi tersebut. Konklusi pada skripsi ini menyatakan bahwa
aktivitas export dan pemodalan modal ventura dapat diterapkan kedalam Usaha Kecil dan
Menengah jika mereka memenuhi karakteristik yang berdasarkan empat factor
pendukung (besarnya perusahaan, pengalaman internasional, risiko Negara dan jarak
geografis).

ABSTRACT
Internationalization as the strategy that is used by Multinational Enterprises (MNEs) has
been widely used to reach international markets. The literature research in this thesis will
encourage Small and Medium-sized Enterprises (SMEs) in entering international
markets. This research expects that SMEs will use exporting activity and international
joint venture for their entry mode strategy. Furthermore, those entry mode strategies are
expected to be influenced by four factors derived from Dunning’s eclectic theory, such
as: firm size, international experience, country risk and geographical distant.
The literature studies in this research found that exporting activity and international joint
venture have their own advantages and disadvantages to be applied as an entry mode
strategy for SMEs. Each influencing factor gives both positive and negative
consequences in using exporting activity and international joint venture. Therefore, this
research concludes that exporting activity and international joint venture may be fit for
SMEs if they meet the characteristics based on four influencing factors (firm size,
international experience, country risk and geographical distant)."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S55365
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ballou, Ronald H.
New Jersey: Prentice-Hall, 2004
658.5 BAL b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ballou, Ronald H.
Englewood Cliffs, Prentice-Hall
658.78 BAL b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Seifert, Dirk
""The process known as Collaborative Planning, Forecasting, and Replenishment (CPFR) is supply chain management taken to the extreme. The first book to document this cutting-edge technique that's been adapted by companies like Wal-Mart, Pillsbury, and Procter and Gamble, Collaborative Planning, Forecasting, and Replenishment collects case studies and contributions by the foremost experts in the field to give readers an insightful introduction to this revolutionary new supply chain method. The CPFR technique involves supply chain members sharing information in real time over the Internet, enhancing the collaborative dialogue between retailers and vendors. The process allows long- and short-term planning to happen instantaneously, as information is shared regarding forecasts, shipping and production, point-of-sale data, and order generation. Based on groundbreaking research done at Harvard Business School, this book shows anyone involved in long-term strategic planning how CPFR can be implemented -- quickly, successfully, and in almost any setting.""
New York: American Management Association, 2003
e20438013
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Arif Indracahya
"ABSTRAK
PT. Firmenich Indonesia adalah salah satu perusahaan multinasional yang bergerak pada bisnis perisa makanan dan wangi-wangian. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini terdiri dari produk yang dihasilkan dari proses produksi di dalam pabrik PT. Firmenich Indonesia, juga produk yang berupa produk trading yang dibeli oleh perusahaan melalui cabang perusahaan yang berada di luar negeri. Permasalahan yang terjadi adalah tidak tercapainya target tingkat kepuasan pelanggan dalam tiga tahun belakangan ini dan juga pembelian produk barang jadi (trading) yang tidak sesuai dengan kebutuhan atau permintaan pelanggan. Untuk dapat mencapai target tersebut, digunakan pendekatan metoda klasifikasi ABC dan metoda Kraljic dalam menentukan strategi manajemen rantai pasok. Setelah melakukan klasifikasi produk dengan metoda ABC, kemudian dilanjutkan dengan metoda Kraljic yang bermaksud untuk mengkelompokkan produk ke dalam matriks 2x2 dengan dua dimensi yang dijadikan sebagai acuan atau patokan, yakni Supply Risk dan Profit Impact. Pengelompokkan ini adalah untuk memudahkan manajer atau manajemen agar dapat lebih fokus terhadap produk yang mempunyai dampak besar terhadap Profit atau keuntungan perusahaan serta melihat resikonya dari sudut pandang Supply Risk dan langkah apa yang harus diambil terhadap produk-produk tersebut. Dari penelitian, ada 44 (empat puluh empat) jenis produk yang mempunyai resiko sangat besar terhadap Profit maupun Supply Risk.

ABSTRACT
PT. Firmenich Indonesia is one of the multinational companies in the flavors and fragrances industry. The company has two products categories which one product is being locally manufactured and the other one is purchase from other firmenich affiliates in overseas which called trading product. The company has problems in achieving the target of customer satisfaction level. This level is always below management’s target. Purchases of product are also not based on the customers’ needs or demands. In order to achieve the target, two methods which are ABC classification and also Kraljic method are used to determine the supply chain management strategy. After classifying the product using ABC method, Kraljic method groups the products into a 2x2 matrix uses two dimension matrixes as references, called Supply Risk and Profit Impact. The purpose of this grouping is to facilitate the manager or management to focus on the products that will immensely impact the company profit as well as the supply risk. Consequently, management can evaluate the possible actions taken. From this research, there are 44 items identified to have a great impact on supply risk as well as profit impact."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gumilang Mohamad Yani
"Seiring dengan semakin meningkatnya persaingan dunia usaha dan semakin kritisnya para pelanggan, maka suatu perusahaan agar dapat bersaing dengan perusahaan lainnya yang sejenis harus bisa memberikan produk, baik berupa barang maupun jasa, yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggannya. Agar dapat memberikan produk yang memenuhi kriteria itu perlu diketahui kebutuhan-kebutuhan pelanggan sehingga kemudian pihak perusahaan dapat menentukan langkah-langkah selanjutnya yang harus ditempuh guna memenuhi harapan pelanggan tersebut.
Fritz sebagai perusahaan forwarder ingin mengetahui sejauh mana keinginan atau kebutuhan pelanggannya, telah terpenuhi dengan produk yang ditawarkannya. Untuk itu dilakukan analisa terhadap keinginan-keinginan pelanggan terhadap perusahaan jasa forwarding dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Dari empat fase yang ada, penggunaan metode ini dibatasi pads fase ketiga fase pertama.
Fase pertama dimulai dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada para pelanggannya melalui uji validitas dan reliabilitas dengan bantuan program komputer seperti Excel dan SPSS. Hasil yang diperoleh kemudian dianalisa dan diterjemahkan ke dalam matriks QFD level I. Dari matriks ini dapat diketahui antara lain tingkat kepentingan kebutuhan pelanggan, tingkat kepuasannya terhadap layanan yang diberikan baik oleh Fritz maupun oleh kompetitornya hingga karakteristik jasa yang harus dilakukan.
Fase kedua dimulai ketika beberapa dari karakteristik jasa tersebut memerlukan penjabaran lebih lanjut sehingga dapat diketahui mengapa karakteristik itu sedemikian penting untuk dikuasai.
Pada fase ketiga dibahas mengenai hal-hal yang bersifat kritis bagi perusahaan yang apabila tidak tangani secara cermat dapat mengakibatkan kerugian bagi pelanggan dan hilangnya kepercayaan terhadap perusahaan. Pada fase ini juga terdapat solusi pemecahan masalah guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan itu.

As the competition increases even harder and the customers become more critical than ever, a company who wishes to survive should provide products, goods or services, that the customers need. To provide such products, a company must recognize the customers' needs so then it can anticipate the next things to do to meet those requirements.
Fritz as a freight forwarder, should be aware how far the services it provides meet the customers' needs and requirements. For this reason, a QFD method seems to be a good solution. The QFD itself consists of four levels in which only three of them are adopted in this thesis.
The first level begins by collecting the data necessary by means of questionnaires and then test their results' validity as well as their results' reliability by using computer software such as Excel and SPSS. The results obtained have been analyzed and brought to the first OF D's matrix. From this matrix, readers should be aware from the importance level of customer's requirements as well as their competitive evaluation till the technical requirements that have to be done by Fritz.
The second level starts when few of these technical requirements need to be analyzed deeper so that one could realize why such technical things must be thoroughly studied.
The third level lists some critical points to Fritz that sould be taken care of. A wrong handling in this level could lead serious damage of the customers' good which in turn they don't trust the company any more. In this level, there are also some problem solutions that could be used by the company to neglect the negative effects."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
T 10271
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Soegeng Wijaya
"Penelitian ini mendiskusikan sebuah studi analisis perbandingan logistik reverse dan logistik forward dari sudut pandang biaya sebuah module jenis 5B yang dimiliki oleh PT.TMMIN. Tujuan dari studi ini untuk membandingkan performance module returnable packaging 5 B RR terhadap module disposable 5B 1-Way yang digunakan oleh PT.TMMIN per satu unit modulenya dalam satu kali rotasi dan perbandingan investasinya selama 6 tahun untuk mengekspor komponen engine ke STM. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan total cost of ownership yaitu dengan melihat biaya-biaya relevan yang terkait dengan implementasi 1 unit module 5B RR dan 5B 1-Way. Hasilnya menunjukkan module 5B RR memiliki TCO 30 % lebih tinggi dibandingkan dengan TCO module 5B 1-Way. Hasil identifkasi biaya dengan pendekatan TCO kemudian dikombinasi dan dihitung dengan menggunakan analisis NPV selama 6 tahun untuk melihat kelayakan investasinya. Hasilnya membuktikan investasi module 5B RR bisa menghemat biaya hingga 50% dari investasi module 5B 1-Way.

This research discusses a study of comparative analysis of reverse logistics and logistics forward from the viewpoint of costs a module type 5B owned by PT TMMIN The purpose of the study is to compare the performance module returnable packaging 5B RR of disposable module 5B 1 Way used by PT TMMIN per one unit of module in a single rotation and comparison of its investments over the last 6 years to export components engine to STM The method used is to approach the total cost of ownership that is by looking at the relevant costs associated with the implementation of unit module 5B RR and 5B 1 Way The results show module 5B RR have TCO 30 higher compared to the TCO module 5B 1 Way The result of cost identification with TCO approaching is combined and calculated using the NPV analysis for 6 years to see the feasibility of its investments The results prove the investment module 5B RR could save cost up to 50 of the investment module 5B 1 Way."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S53030
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adithya Wardhana
"Manajemen rantai pengadaan merupakan salah satu kunci sukses bagi perusahaan industri. Salah satu perusahaan industri yang telah menggunakan konsep rantai pengadaan adalah PT Mumi Cahaya Pratama yang memproduksi Cargloss Carfme 0302. Produk ini khusus dibuat untuk PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dan bahan bakunya terdiri dari 5 macam. Agar bisa menang dalam kompetisi industri diperlukan kinerja yang baik dalam rantai pengadaan untuk menjamin produksi dan kualitasnya. Perusahaan ini menyadari bahwa untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas rantai pengadaan perlu diketahui kinerja dari rantai pengadaan tersebut. Sayangnya, perusahaan ini belum memiliki sistem penilaian kinerja bagi rantai pengadaannya.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan sebuah model penilaian kinerja rantai pengadaan bagi Cargloss Carfine 0302 Deep Red dan mengaplikasikannya untuk mendapatkan nilai kinerja rantai pengadaannya. Sistem penilaian kinerja rantai pengadaan yang sudah ada saat ini kurang dapat mengakomodasi kondisi nyata dalam proses penilaian, yaitu kurang informasi dan keragu-raguan serta ketidakpastian. Maka dari itu peneliti menggunakan algoritma pengukuran berdasarkan aplikasi dari teori himpunan fuzzy dan metode metrik.
Peneliti menggunakan 2 metode untuk membandingkan hasil penilaian menggunakan kedua metode tersebut. Dalam pembuatan model penilaian kinerja bagi rantai pengadaan Cargloss Carfine 0302 Deep Red, kriteria penilaian dipilih dan dibobotkan. Hasilnya adalah sistem penilaian kinerja rantai pengadaan bagi produk Cargloss Carfine 0302 Deep Red. Kemudian sistem ini diaplikasikan dalam proses penilaian sehingga dihasilkan nilai kinerja rantai pengadaan Cargloss Carfine 0302 Deep Red sebesar 8.44 dalam skala 0 sampai dengan 10. Dengan menggunakan metode metrik hasil pengukuran kinerja adalah baik.

Supply chain management is one of industrial companies' key to be success. One of the companies who adopt supply chain management concept is PT Mumi Cahaya Pratama that produces Cargloss Carfine 0302 Deep Red. This product is produced only for 1 customer and its material supplied by 5 suppliers. To win in industrial competition, excellence supply chain performance is needed to guarantee its production and quality. This company realizes that in order to increase the efficiency and effectiveness of its supply chain, company needs to know its supply chain performance. Unfortunately, this company doesn't have supply chain performance measurement system.
The objective of this research is to design a supply chain performance measurement system for Cargloss Carfine 0302 and apply this model to measure its supply chain performance. The existing performance measurement system fails to address the real situations in evaluation, which are lack of information, hesitation and fuzziness. To fill this gap, this research proposed a fuzzy measurement algorithm and the metric method.
Researcher used 2 methods to compare the results. To generate a supply chain performance measurement system, criteria as performance indicators is chosen and weighted. The result is a supply chain performance measurement system for Cargloss Carfine 0302 Deep Red. Then this system is used to measure supply chain performance of this product. The measurement process using fuzzy measurement algorithm yields supply chain performance for Cargloss Carfine 0302 Deep Red is 8,44 on scale of 10. Using the method metric the measurement process yields supply chain performance is good.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S50075
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>