Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 43020 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Indra Septama
"Salah satu upaya untuk melestarikan bahasa Jawa adalah menciptakan fasilitas pembelajaran bahasa Jawa yang efektif, menarik dan utuh. M-Learning dengan pembelajaran yang fleksibel dapat memfasilitasi pembelajaran bahasa Jawa. Penelitian bertujuan untuk mengusulkan rancangan desain m-Learning materi bahasa Jawa Dasar dari sisi kajian pembelajaran dan usability. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dan metode kuantitatif. Perancangan desain dilakukan dengan metode User-Centered Design. Dari tahapan pengumpulan data diperoleh terdapat 21 kebutuhan desain pengguna untuk aplikasi m-Learning materi bahasa Jawa dasar. Dari hasil evaluasi desain, diperoleh rata-rata nilai System Usability Scale sebesar 80, dan 21 saran evaluasi desain dari partisipan usability testing. Dari hasil evaluasi desain, semua partisipan merasa desain aplikasi yang dibuat layak untuk digunakan dalam belajar bahasa Jawa Dasar.

One effort that can be a solution to preserve Javanese is to create effective, interesting and intact Javanese language learning. M-Learning with flexible learning can be facilitate Javanese language learning. The research aims to propose the design of m-Learning for Basic Javanese in terms of learning and usability study. The study is conducted with qualitative method and quantitative method. Design is made by the User-Centered Design method. From the data collection phase, there are 21 user design requirements for the mLearning application for basic Javanese language materials. From the results of the design evaluation the average value of the System Usability Scale obtained is 80, and 21 design evaluations were obtained from participants of usability testing. From the results of the design evaluation, all participants feel that the application design made is suitable for use in learning basic Javanese."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Suharsih
"The existence of JawaBanten language and other languages in Banten contributes in making Banten as a multilingual community. As the result, the speakers of JawaBanten language have to choose the appropriate language to be spoken based on the participants , topic and the objective of their speaking. If the speakers of JawaBanten language frequently use dominant language, such as Bahasa Indonesia, Sundanese, and English in their community, the process of shifting language is happened. Therefore, schools have important role in promoting JawaBanten language by teaching it as local content, and it become oneof local government effort to protect the local language. In line with that, this paper aims to describe JawaBanten language that is used in the classrooms as local content. To explain the teaching application of JawaBanten language in classrooms, researcher conducted the research in some state schools in Serang which have implemented JawaBanten language as local content. Data was presented qualitatively after distributing questionaire to students and interviewing the teacher. This research was expected showing the fact of how the implementation of teaching JawaBanten language in the classroom.The result of the questionaire and interview hopefully will give recommendation for policy maker (local government) to make new resolution for protecting Jawa Banten language as local language."
Banten: Kantor Bahasa Provinsi Banten, 2016
BEBASAN 3:1 (2016 )
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Suryani
"Kontak bahasa memungkinkan terjadinya pembelajaran bahasa kedua. Perbedaan sistem bahasa pertama dengan bahasa kedua menimbulkan penyimpangan-penyimpangan kaidah_kaidah bahasa kedua, yang disebut interferensi. Penelitian ini merupakan studi kasus yang membahas permasalahan interferensi dalam pembelajaran bahasa kedua, khususnya Bahasa Jawa sebagai bahasa kedua. Data_data diperoleh dari kelas Penguasaan Bahasa Jawa IV sesi diskusi. Kerangka pikir dalam penelitian ini dilandasi oleh pendapat Weinreich (1979: 4 dan 64_65) yang menjelaskan pengertian interferensi dan jenis_jenis interferensi dalam pembelajaran bahasa kedua; Corder dalam Pateda (1989: 32) yang memberikan pengertian mengenai kesalahan kompetensi; Dulay, et al. (1982: 96) yang mengklasifikasikan kesalahan dalam pembelajaran bahasa kedua ke dalam taksonomi kesalahan berbahasa; serta Selinker (1985: 67) dan Richards (1974: 174) yang menjelaskan penyebab terjadinya interferensi pada pembelajaran bahasa kedua. Dengan kerangka pikir yang dilandasi kerangka teori di atas, tujuan penelitian ini, yakni mendeskripsikan jenis_jenis interferensi dan menemukan penyebab terjadinya interferensi dalam pembelajaran Bahasa Jawa sebagai bahasa kedua, serta memberikan sedikit kontribusi bagi pengajaran Bahasa Jawa di lingkungan Program Studi Jawa, dapat terpenuhi. Penelitian ini menunjukkan bahwa jenis interferensi yang paling dominan dalam pembelajaran Bahasa Jawa sebagai bahasa kedua adalah interferensi leksikal. Interferensi ini diwujudkan dalam modifikasi kata yang dilakukan pembelajar, sebagai strategi karena keterbatasan kompetensi mereka."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S11677
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tardjan Hadidjaja
Djakarta: Ganaco, 1957
499.222 TAR a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Slamet Riyadi
Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1994
499.222 SLA p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Gina Najjah Hajidah
"Tesis ini merupakan evaluasi bahan ajar berjudul Al-‘Arabiyyah Baina Yadaik (ABY) sebagai bahan ajar bahasa Arab di salah satu lembaga bahasa asing di Depok (LBA). Tolak ukur yang digunakan dalam mengevaluasi bahan ajar ini adalah kriteria evaluasi hasil sintesis dari beberapa pakar. Kriteria tersebut adalah (1) Aims, (2) content, (3) exercises, (4) Audience, dan (5) Physical Make Up. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bahan ajar ABY memiliki kelebihan dan kekurangan. Secara spesifik terdapat 3 hasil evaluasi seperti yang diungkapkan Litz (2005), yaitu quality, usefullnes, dan appropriateness for the context and people with whom they are being use. Secara kualitas, materi, kegiatan, dan latihan dalam ABY sudah sesuai dengan tujuan lembaga. Menarik, beragam, dan mencakup seluruh kemahiran bahasa. Kosa kata dalam ABY pun tersusun secara sistematis. Adapun kekurangannya adalah kualitas tampilan bahan ajar, kurangnya asas kebermanfaatan bagi pengguna, dan kekurangsesuaian dengan pengguna bahan ajar (peserta kursus). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar ABY boleh digunakan pada program bahasa Arab di LBA Depok dengan memodifikasi dan merevisi terhadap kekurangan yang ditemukan dalam penelitian ini.

This thesis is an evaluation of teaching materials entitled of Al-'Arabiyyah Baina Yadaik (ABY/Arabic in Front of You) as an Arabic language teaching materials in one foreign language institute in Depok (FLI). The benchmarks used in evaluating of the teaching materials are the evaluation criteria resulted by the synthesis of several experts. Those criteria are (1) Aims, (2) Content, (3) Exercises, (4) Audience, and (5) Physical Make Up. The findings of this study point out that there are advantages and disadvantages of ABY teaching materials have. Specifically, there are three results of evaluation as Litz described (2005), that are the quality, usefulness, and appropriateness for the context and people with whom they are being use. In quality, the materials, activities, and exercises in ABY are in accordance with the institution objectives. It is interesting, diverse, and covers the entire language proficiency. The containing vocabularies in ABY is also arranged systematically. As for its weakness are concerning with the display quality of teaching materials, lack of usefulness principle to users, and less appropriateness for materials users (course participants). Thus, it can be concluded that the ABY teaching materials can be used in the Arabic language course at FLI to modify and revise the weakness found in this study."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
T39121
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mutia Azizah
"Karya ilmiah ini membahas efektivitas metode pengajaran bahasa Arab berdasarkan kurikulum KTSP studi kasus peserta didik kelas XI SMA Islam Terpadu Yapidh pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori keterampilan berbahasa Hermawan (2014), Al-Khuliy (2002), dan Hamid (2008), teori evaluasi hasil belajar Majid (2014), dan teori pembelajaran bahasa asing Brown (2007). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitas sebuah metode pengajaran bahasa Arab, yaitu; latar belakang pendidikaan peserta didik terhadap bahasa Arab, kurikulum yang dipakai di sekolah, kapasitas dan kapabilitas pengajar, dan pendekatan pengajaran yang dipakai.

This paper discusses the effectiveness in Arabic teaching methods based on Education Unit Level Curriculum (KTSP) case study in Integrated Islamic Senior High School Yapidh Jatiasih Bekasi, West Java class XI in the first semester of the 2015/2016 academic year. This is quantitative qualitative research. The Author use theories in learning and teaching from Brown (2007), Arabic language skills theory from Hermawan (2014), Al-Khūlīy (2002), dan Hamid (2008), and evaluation concept learning from Majid (2014) as basic concept of this paper. There were four factors can influence the effectiveness in Arabic teaching methods; 1) Educational background of student in Arabic; 2) Curriculum that applied in school; 3) Teacher?s capacity and capability, and 4) Teaching approach used."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S65381
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Omar, Asmah binti Haji
Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka , 1984
499.280 7 OMA p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rasyid Sartuni
Bogor: Maharini Press, 2000
410 RAS a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>