Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14747 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Syifa Ananda
"Apotek merupakan sarana pelayanan kefarmasian dimana tempat melakukan praktik kefarmasian yang dilakukan oleh Apoteker. Upada dalam meningkatkan kesadaran pasien dilakukan dengan pemberian edukasi serta promosi kesehatan yang dibantu dengan media kesehatan sebagai alat bantu edukasi. Media edukasi kesehatan yang dapat digunakan seperti poster dan leaflet kesehatan yang dapat membantu pasien dalam memperoleh informasi mengenai suatu edukasi kesehatan. Metode yang dilakukan untuk pembuatan poster melalui studi literatur mengenai pembuatan poster hipertensi yang memuat gejala, faktor risiko, cara pencegahan, dan komplikasi penyakit hipertensi. Kemudian data yang telah diperoleh dapat digunakan untuk menyusun poster sebagai media edukasi dan promosi. Poster edukasi dapat menjadi salah satu sarana edukasi masyarakat untuk dapat mengendalikan penyakit hipertensi agar tidak terjadi penyakit komplikasi yang lebih serius.

Pharmacy is a pharmaceutical service facility where the pharmacy practice is carried out by the Pharmacy. Efforts to increase patient awareness are carried out by providing education and health promotion assisted by health media as an educational tool. Health education media that can be used such as health posters and leaflets that can assist patients in obtaining information about a health education. The method used for making posters is through literature studies regarding making hypertension posters which contain symptoms, risk factors, ways to prevent, and complications of hypertension. Then the data that has been obtained can be used to compile posters as educational and promotional media. Educational posters can be a means of educating the public to be able to control hypertension so that more serious complications do not occur."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Azzahra Nisya Zulkarnain
"Pelayanan farmasi klinik di Apotek merupakan bagian dari pelayanan kefarmasian yang langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan, dan Bahan Medis Habis Pakai untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Salah satu upaya agar mahasiswa apoteker mampu melakukan praktik kefarmasian secara profesional, legal, dan etik di apotek, yakni melalui kegiatan PKPA (Praktik Kerja Program Apoteker). Pelaksanaan praktik kerja profesi ini berlangsung selama satu bulan dengan tugas khusus, yakni Poster Edukasi untuk Swamedikasi Batuk. Tujuan dari pembuatan poster adalah sebagai media edukasi bagi masyarakat untuk swamedikasi penyakit batuk. Metode yang digunakan dalam pembuatan poster edukasi untuk swamedikasi batuk,  yakni melakukan studi literatur mengenai pembuatan poster, swamedikasi batuk beserta pilihan obat yang dapat digunakan, dan terapi non farmakologi untuk meredakan gejala batuk, kemudian selanjutnya informasi yang telah diperoleh dituangkan menjadi sebuah poster.  Pembuatan poster edukasi dapat berguna sebagai sarana edukasi masyarakat untuk swamedikasi penyakit batuk sehingga masyarakat dapat menggunakan obat secara aman dan rasional serta dapat mencegah terjadinya kesalahan medikasi.

Clinical pharmacy services at the drug store are part of the pharmaceutical services which are direct and responsible to patients related to improve the quality of patients life. One of the efforts to be able to practice pharmacy in a professional, legal and ethical manner at drugs store is through internship. The internship duration is for one month with a special assignment, namely Educational Poster for Cough Self-Medication. The purpose of making poster is as an educational media for the community to self-medicate cough. The method used in making educational poster for cough self-medication by conducting a literature study about cough self-medication along with the choice of medicines that can be used for cough, and non-pharmacological therapy to relieve cough symptom. Making educational poster can be useful as a means of educating people for cough self-medication so that people can use medicines safely and rationally as well as can prevent medication errors."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tanjung, Reforma Yunita Masri
"Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit meliputi 2 (dua) kegiatan, yaitu kegiatan yang bersifat manajerial berupa pengelolaan sediaan farmasi, alat kesehatan, dan bahan medis habis pakai dan kegiatan pelayanan farmasi klinik. Pelaksanaan pelayanan farmasi klinis disesuaikan dengan standar yang telah ditentukan oleh pemerintah. Salah satu pelayanan farmasi klinis yang perlu dioptimalkan ialah pelayanan informasi obat, baik kepada pasien maupun kepada rekan sejawat yang bertugas. PIO di rumah sakit sangat diperlukan oleh pasien untuk memberikan jaminan pengobatan rasional, efektif, dan aman. Berdasarkan uraian diatas, dengan terlaksananya PIO sangat menguntungkan bagi pasien maupun pihak rumah sakit

Pharmaceutical service is a direct and responsible service to patients related to pharmaceutical preparations with the aim of achieving definite results to improve the patient's quality of life. Pharmaceutical services in hospitals include 2 (two) activities, managerial activities in the form of managing pharmaceutical supplies, medical devices and consumable medical materials and clinical pharmacy service activities. The implementation of clinical pharmacy services is adjusted to standards determined by the government. One of the clinical pharmacy services that needs to be optimized is drug information services, both to patients and colleagues on duty. PIO in hospitals is very necessary for patients to provide guarantees of rational, effective and safe treatment. Based on the description above, implementing PIO is very beneficial for both patients and the hospital."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Cindy Alti
"Standar pelayanan kefarmasian adalah tolak ukur yang dipergunakan sebagai pedoman bagi tenaga kefarmasian dalam menyelenggarakan pelayanan kefarmasian. Standar pelayanan kefarmasian di puskesmas meliputi manajemen farmasi dan pelayanan farmasi klinik. Apoteker di puskesmas mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menjamin terlaksananya pengelolaan sediaan farmasi dan Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) dan memberikan pelayanan farmasi klinik kepada pasien dengan efektif dan efisien, tepat sasaran, dan memprioritaskan pasien. Pelayanan resep merupakan salah satu kegiatan pelayanan farmasi klinik berupa rangkaian kegiatan mulai dari peracikan obat, penyerahan obat hingga pemberian informasi obat kepada pasien. Pelayanan resep di Puskesmas Kecamatan Ciracas telah menerapkan sistem resep terintegrasi dengan komputer sejak tahun 2022. Penerapan sistem tersebut masih tergolong baru, maka dari itu perlu dilakukan sosialisasi kepada pasien atau pengujung mengenai alur pelayanan resep elektronik di Puskesmas Kecamatan Ciracas. Penyusunan laporan khusus ini bertujuan untuk memberikan panduan berupa video mengenai alur pelayanan resep elektronik di Puskesmas Kecamatan Ciracas sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan resep. Panduan berupa video mengenai alur pelayanan resep elektronik di Puskesmas Kecamatan Ciracas ditayangkan menggunakan media elektronik dekat ruang farmasi di Puskesmas Kecamatan Ciracas. Video tersebut diharapkan dapat membantu bagi pasien atau pengujung Puskesmas Kecamatan Ciracas untuk menjadi lebih tertib dan memahami mengenai langkah-langkah pelayanan resep elektronik.

Pharmaceutical service standards are benchmarks used as guidelines for pharmaceutical personnel in administering pharmaceutical services. Pharmaceutical service standards at puskesmas include pharmacy management and clinical pharmacy services. Apothecary at puskesmas have the duties and responsibilities of ensuring the management of pharmaceutical preparations and consumable medical materials and providing clinical pharmacy services to patients in an effective and efficient manner, on target, and prioritizing patients. Prescription service is one of the clinical pharmacy service activities in the form of a series of activities starting from dispensing drugs, dispensing drugs to providing drug information to patients. Prescription services at the Ciracas District Health Center have implemented a prescription system integrated with computers since 2022. The application of this system is still relatively new, therefore it is necessary to socialize to patients or visitors regarding the flow of electronic prescription services at the Ciracas District Health Center. The purpose of preparing this special report is to provide guidance in the form of a video regarding the flow of electronic prescription services at the Ciracas District Health Center as an effort to increase the effectiveness and efficiency of prescription services. A guide in the form of a video regarding the flow of electronic prescription services at the Ciracas District Health Center is displayed using electronic media near the pharmacy room at the Ciracas District Health Center. It is hoped that this video will help patients or visitors to the Ciracas District Health Center to become more orderly and understand the steps for electronic prescription services."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ratu Farah Nabila
"ABSTRAK
Industri Farmasi merupakan instansi yang berperan penting dalam menyediakan obat yang bermutu tinggi sesuai dengan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB). Apoteker berperan penting sebagai personil kunci di dalam industri farmasi, yaitu kepala bagian pemastian mutu (QA), kepala bagian pengawasan mutu (QC), dan kepala bagian produksi. Pengawasan terhadap industri farmasi beserta produknya dilakukan oleh BPOM. Dalam rangka memberikan gambaran mengenai penerapan CPOB dan peran apoteker dalam industri farmasi, maka dilaksanakan Praktik Kerja Profesi oleh calon apoteker pada salah satu industri farmasi, yaitu PT Soho Industri Pharmasi. Selama PKP, calon apoteker diharapkan mampu memperluas wawasan, keterampilan, dan pengalaman praktis dalam melakukan pekerjaan kefarmasian di industri farmasi, terutama terkait penerapan CPOB. Tujuan dari tugas khusus ini adalah agar calon apoteker dapat memahami proses produksi obat terkhususnya mengenai cycle time. Apotek merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang berperan penting dalam menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Hal ini dicapai melalui penyediaan sediaan farmasi dan alat kesehatan yang aman, berkhasiat/bermanfaat, bermutu, dan terjangkau. Pelayanan kefarmasian di apotek diselenggarakan oleh Apoteker sesuai dengan standar pelayanan kefarmasian yang berlaku. Dalam rangka memberikan gambaran mengenai penerapan standar pelayanan kefarmasian dan peran apoteker dalam apotek, maka dilaksanakan Praktik Kerja Profesi oleh calon apoteker pada salah satu apotek, yaitu Apotek Kimia Farma Rosarum Palembang. Selama PKP, calon apoteker diharapkan mampu memperluas wawasan, keterampilan, dan pengalaman praktis dalam melakukan pelayanan kefarmasian di apotek, terutama terkait penerapan standar pelayanan kefarmasian. Tujuan dari tugas khusus ini adalah agar calon apoteker mempromosikan peran apoteker mengenai tren penyakit COVID-19.

ABSTRACT
Pharmaceutical Industry is an important institution in providing the high quality of medicinal product incorporating Good Manufacturing Practice (GMP). Pharmacist plays an important role as the key personnel in pharmaceutical industry, include head of Quality Assurance, head of Quality Control, and head of Production. Pharmaceutical industry and its product are supervised by BPOM. As an illustration about GMP implementation and pharmacists role in pharmaceutical industry, then internship was done by pharmacist to be in one of pharmaceutical industry, PT Soho Industri Pharmasi. During internship, pharmacist to be was expected to comprehend the knowledge, insights, skills, and practical experiences in doing pharmaceutical activity in industry, especially about GMP implementation. The purpose of this special assignment for pharmacist to be is to understand process of medicine production especially about cycle time. Pharmacy is one of important healthcare facility in providing pharmaceutical care for society. This effort could be attained by providing safe, efficient, quality, and affordable of medicinal product and medical devices. Pharmaceutical care is done by pharmacist through a valid standard of pharmaceutical care. As an illustration about pharmaceutical care implementation and pharmacists role in pharmacy, then internship was done by pharmacist to be in one of pharmacy, Apotek Kimia Farma Rosarum Palembang. During internship, pharmacist to be was expected to comprehend the knowledge, insights, skills, and practical experiences in doing healthcare services in pharmacy, especially about pharmaceutical care standard implementation. The purpose of this special assignment for pharmacist to be is to promote apothecary role about COVID-19.
"
2020
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tianna Dyatama Zarfani
"Permasalahan umum yang biasanya terjadi dalam pelayanan di puskesmas adalah berlebih atau kurangnya stok obat dan adanya obat rusak atau kadaluarsa yang masih ditemukan di gudang penyimpanan obat. Masalah ini kerap muncul karena dipengaruhi oleh sistem pengelolaan obat di puskesmas yang kurang baik. Beberapa hasil peneletian juga menunjukkan bahwa pengelolaan obat yang terkait perencanaan dan pendistribusian obat sudah memenuhi standar pengelolaan obat di puskesmas, tetapi pengadaan dan penyimpanan obat kurang baik dan tidak sesuai dengan pedoman pengelolaan obat yang ada. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Pasar Rebo dengan tujuan untuk acuan dan referensi bagi instalasi farmasi PKC Pasar Rebo dalam melakukan pengelolaan sediaan farmasi. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif observational. Jenis data yang digunakan bersifat narasi, uraian serta penjelasan data dari informan baik lisan maupun perilaku subjek yang diamati di lapangan. Pedoman pengelolaan sediaan farmasi dan BMHP PKC Pasar Rebo dibuat berdasarkan Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskemas yang diterbitkan oleh kemenkes serta peraturan per-undang-undangan yang diterbitkan baik oleh kemenkes, presiden maupun pemerintah dareah setempat.

Common problems that usually occur in services at community health centers are excess or insufficient stock of medicines and the presence of damaged or expired medicines that are still found in medicine storage warehouses. This problem often arises because it is influenced by the poor drug management system at the community health center. Several research results also show that drug management related to planning and distribution of drugs meets drug management standards at community health centers, but drug procurement and storage are poor and do not comply with existing drug management guidelines. This research was conducted at the Pasar Rebo Community Health Center with the aim of being a reference and reference for the PKC Pasar Rebo pharmaceutical installation in managing pharmaceutical supplies. This research was conducted using descriptive observational methods. The type of data used is narrative, description and explanation of data from informants both verbally and subject behavior observed in the field. Guidelines for the management of pharmaceutical preparations and BMHP PKC Pasar Rebo were created based on the Technical Instructions for Pharmaceutical Service Standards at Community Health Centers issued by the Ministry of Health as well as statutory regulations issued by the Ministry of Health, the president and the local government."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Currently, the prevalence of degenerative diseases in Indonesia is increased. The degenerative and chronic diseases need life-long treatment as well as changes in life style. On the other hand, long-life treatment using drugs will develop risks of adverse
drug reactions or the possibilities of drug-drug interactions. In these circumstances, the role of a pharmacist is important to providing drug information and counselling,and patient education.
However, there is evidence that pharmaceutical care in almost all pharmacies (drug dispensaries) in Indonesia is still ?drug-oriented?. Drug information is not adequate and is provided by pharmacy assistants (technicians). In order to implement pharmaceutical care practice that meets the ?Standard Competence for Pharmacy Practice? as well as consumer?s expectation, we need to know what is the exactly consumer?s expect in pharmaceutical care, particularly in
drug information, and how is the commitment of the pharmacists to provide drug information of degenerative and chronic diseases in pharmaceutical care. For those reasons, a field survey has been carried out in Jakarta, Yogyakarta and Makassar to explore the consumer/patient?s opinions and needs for pharmaceutical
care. A focus group discussion has also been done to explore the pharmacist commitment to provide drug information in pharmaceutical care practice. As a result, there is an indication of a discrepancy between the consumer/patient?s need for drug information and the commitment of pharmacists to provide drug information.
Consumers have need for more drug information for all aspects including adverse drug reactions, drug interaction, what to do if adverse reaction occurred, duration of any treatments etc., not only drug indication and administration. On the other hand, pharmacists still need more knowledge and continuing education, particularly in pharmacotherapy and phamacology of drugs used for degenerative
and chronic diseases."
[Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, Puslitbang Farmasi dan Obat Trodisional Badan Litbangkes], 2006
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Widya Puspita Dewi
"Kalibrasi merupakan proses yang dilakukan untuk menguji kesesuaian instrumen dan proses pengukuran dengan standar referensi untuk mendeteksi dan mengoreksi variasi kinerja instrumen. Kalibrasi penting dilakukan untuk memastikan bahwa instrumen pengukuran dan pengujian akurat dan efektif. Idealnya semua alat ukur harus dilakukan kalibrasi namun tidak semua alat ukur harus dikalibrasi dengan frekuensi yang sama. Diperlukan suatu instrumen pengkajian untuk mengkaji kebutuhan kalibrasi alat dan menentukan frekuensi kalibrasi suatu alat. Instrumen pengkajian disusun dengan menentukan parameter tingkat risiko dari suatu alat. Parameter yang dimaksud meliputi intensitas penggunaan, ketersediaan data pendukung, pertimbangan kegagalan alat ukur, kelas risiko, dan tingkat risiko terhadap mutu produk. Dari pengkajian beberapa parameter tersebut dapat disimpulkan interval kalibrasi alat berdasarkan tingkat risikonya. Alat yang telah dikalibrasi harus dilengkapi dengan sertifikat dan label kalibrasi. Perubahan sistem penyimpanan sertifikat kalibrasi alat yang berbasis kertas dilakukan peningkatan dengan penyimpanan berbasis elektronik yang kemudian disimpan dalam database perusahaan.

Calibration is a process carried out to test the suitability of instruments and measurement processes against reference standards to detect and correct variations in instrument performance. Calibration is essential to ensure that measurement and testing instruments are accurate and effective. Ideally, all measuring tools should undergo calibration, but not all instruments require the same frequency of calibration. An assessment instrument is needed to evaluate the calibration needs of tools and determine the frequency of calibration for each instrument. This assessment instrument is designed by determining the risk level parameters of an instrument, including intensity of use, availability of supporting data, considerations of instrument failure, risk class, and risk level affecting product quality. Based on the assessment of these parameters, the calibration interval for each instrument can be determined according to its risk level. Calibrated instruments must be equipped with calibration certificates and labels. The traditional paper-based storage of calibration certificates is being improved by transitioning to electronic storage, which is then kept in the company's database."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Rahmawati Putri
"Home pharmacy care adalah salah satu aspek pelayanan farmasi yang ada di apotek dengan pelaksanaannya dilakukan di rumah khususnya pada pasien lanjut usia dan memiliki riwayat penyakit kronis (diabetes, penyakit kardiovaskular, TBC, asma). Tujuan dilakukannya home pharmacy care adalah meningkatkan pemahaman mengenai pengobatan sehingga penggunaan obat sesuai, serta memastikan kepatuhan penggunaan obat pasien sehingga keberhasilan terapi akan meningkat. Akibat dari peningkatan kasus virus corona yang terjadi di Indonesia, pelaksanaan home pharmacy care di Apotek Kimia Farma 352 tidak dilakukan dengan berkunjung ke rumah pasien untuk meminimalkan resiko penularan. Strategi yang dilakukan melalui telfon atau disebut dengan metode telefarma. Fokus pasien yang dilakukan home pharmacy care adalah pasien PRB (Program Rujuk Balik)

Home pharmacy care is one aspect of pharmaceutical services in pharmacies where it is carried out at home, especially for elderly patients who have a history of chronic diseases (diabetes, cardiovascular disease, tuberculosis, asthma). The aim of doing home pharmacy care is to increase understanding of medication so that drug use is appropriate, and ensure adherence to patient drug use so that the success of therapy will increase. As a result of the increase in cases of the corona virus that has occurred in Indonesia, the implementation of home pharmacy care at the Kimia Farma 352 Pharmacy is not carried out by visiting the patient's house to minimize the risk of transmission. The strategy carried out by telephone is known as the telepharma method. The focus of patients undergoing home pharmacy care is PRB (Referral Program) patients.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Triskamalia Nurmalinda, supersivor
"ABSTRAK
Kesehatan merupakan hak dasar bagi setiap manusia, sehingga setiap negara perlu mengembangkan hak asasi manusia tersebut. Apoteker sebagai salah satu tenaga kesehatan wajib mengabdikan dirinya baik di industri farmasi maupun apotek. Dalam peningkatan pemahaman mengenai peran apoteker, maka dilakukan praktik kerja profesi apoteker di PT.Pfizer Indonesia dan Apotek Atrika. Metode yang digunakan dalam pembuatan tugas khusus ini adalah melalui studi literatur menggunakan CPOB 2018 untuk industri farmasi dan data pada website BPJS, websitePTSP di wilayah Depok, website e-katalog LKPP, serta peraturan perundang-undangan untuk apotek. Pada pelaksanaan praktik di industri farmasi, penulis melakukan annual product review terhadap Produk X yang merupakan salah satu produk unggulan dari PT.Pfizer Indonesia. Berdasarkan hasil pengkajian, Produk X telah sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan dan seluruh hasil pengkajian Produk X periode 2019 akan dijadikan bahan evaluasi untuk meminimalkan terjadinya penyimpangan dan meningkatkan efisiensi Produk X di tahun selanjutnya. Untuk pelaksanaan praktik di apotek, penulis melakukan pembuatan rancangan apotek yang melayani Program Rujuk Balik (PRB) dan bekerjasama dengan BPJS di Kota Depok mulai dari penentuan lokasi, bangunan, jumlah karyawan hingga analisis keuangan. Berdasarkan analisa dari segala aspek, rancangan apotek yang dibuat telah layak untuk dibangun dan beroperasional dengan modal yang telah ditentukan.

ABSTRACT
Health is a basic right for every human being, so that every country needs to develop these human rights. Pharmacists as one of the health workers are required to devote themselves in the pharmaceutical industry, the pharmacy, or both. To increasing understanding the role of pharmacists, the pharmacist student conduct to work practice. The authors work practice pharmacist profession at PT.Pfizer Indonesia and Apotek Atrika. In this study, the method which used is a study literature using CPOB 2018 for the pharmaceutical industry and data on the BPJS website, the PTSP website in the Depok area, the LKPP e-catalog website, and laws and regulations for pharmacies for the pharmacy. Implementation of practice in the pharmaceutical industry, the authors conducted an annual product review of Product X, which is one of the superior products of PT.Pfizer Indonesia. Based on the results of the assessment, Product X is in appropiate with the specified specifications and all the results of the assessment of Product X for the 2019 period will be used as evaluation to minimize the deviations and increase the efficiency of Product X in the next year. For the implementation of practice in pharmacies, the authors made a design for a pharmacy that serves the Referral Program and collaborates with BPJS in Depok City, starting from determining the location, building, number of employees until financial analysis. Based on an analysis of all aspects, the pharmacy design that was made was feasible to be built and operated with the specified capital."
2020
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>