Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 25039 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yugo Falafrima Putra
"Teknologi informasi berkembang cepat. Teknologi yang berkembang dimasa globalisasi memiliki peranan penting dalam kebutuhan masyarakat melakukan aktivitas seperti bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya. Saat ini mayoritas dari populasi penduduk dunia sudah bisa memanfaatkan banyak fungsi dari Internet. Salah satu fungsi dari teknologi yang berkembang pesat saat ini adalah sistem penyimpanan uang ataupun pembayaran adalah melalui E - Wallet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara perceived enjoyment, coupon availability, perceived compatibility, subjective norm, individual mobility, personal innovativeness, perceived usefulness, perceived ease of use, perceived security dan behavioral intention dalam intensi mengadopsi E - Wallet. Penelitian ini menggunakan kerangka pengembangan dari teori TAM. Penelitian dilakukan pada 200 responden di Indonesia yang pernah melakukan pembayaran menggunakan QR Code payment. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan diantara variabel – variabel yang diteliti oleh penulis dan terdapat variabel yang tidak berpengaruh, diantaranya, coupon availability, subjective norm, dan personal innovativeness tidak berpengaruh terhadap perceived usefulness. Selanjutnya perceived compatibility, individual mobility, dan perceived usefulness tidak berpengaruh terhadap perceived ease of use.

Information technology is developing fast. Technology that develops in the era of globalization has an important role in the needs of the community to carry out activities such as economics, health, education, and so on. Currently, the majority of the world's population is able to take advantage of the many functions of the Internet. One of the functions of technology that is developing rapidly today is a money storage system or payment via E-Wallet. The purpose of this study was to analyze the relationship between perceived enjoyment, coupon availability, perceived compatibility, subjective norm, individual mobility, personal innovativeness, perceived usefulness, perceived ease of use, perceived security and behavioral intention in the intention to adopt E-Wallet. This research uses the development framework of TAM theory. The study was conducted on 200 respondents in Indonesia who have made payments using QR Code payments. The research hypothesis was tested using the Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method using SmartPLS 3. The results of this study indicate that there is a positive and significant relationship between the variables studied by the author and there are variables that have no effect, including, coupon availability, subjective norm, and personal innovativeness have no effect on perceived usefulness. Furthermore, perceived compatibility, individual mobility, and perceived usefulness have no effect on perceived ease of use."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ricardo Indra
"Masyarakat dihadapkan pada perkembangan teknologi yang dapat memberikan dampak perubahan kehidupan sosial. Kehadiran teknologi di tengah masyarakat kini tidak dapat dihindari lagi seperti penggunaan uang elektronik untuk keperluan transportasi bis Transjakarta, kereta Commuter Line, akses jalan tol, kemudian layanan elektronik perbankan, belanja online, perubahan surat kabar menjadi media digital, transportasi berbasis online, dan berbagai inovasi lainnya. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif ditemukan penyatuan karakteristik inovasi sebagai penentu dominan proses adopsi pada model penerimaan teknologi dapat menghasilkan suatu model baru penerimaan teknologi. Model ini menggambarkan peran penting dari karakteristik inovasi Innovations Diffusion Theory IDT yaitu Relative Advantage, Compatibility, Complexity, Trialiblity, dan Observability dalam membentuk persepsi individu melalui Technology Acceptance Model TAM . Hasil penelitian terhadap pengguna mobile money menunjukkan kontribusi ilmu komunikasi di bidang sistem informasi, melalui penyatuan karakteristik inovasi ke dalam model penerimaan teknologi.

People are faced to the technological developments that can have a life changing social impact. The presence of technology in the community is now inevitable such as the use of electronic money for Transjakarta bus transportation, Commuter Line train, toll road access and electronic banking services, online shopping, newspapers that changed into the digital media, online based transportation and various other innovations. Quantitative approach was used to find the innovation characteristics unification as the dominant determinant of the adoption process on the technology acceptance model that can produce a new model of technology acceptance. This model illustrates the important role of Innovations Diffusion Theory IDT such as an innovation characteristic of Relative Advantage, Compatibility, Complexity, Trialiblity, and Observability in shaping individual perception through Technology Acceptance Model TAM . The results of research on mobile money users showed the contribution of communication science in the field of information system, through the unification of innovation characteristics into the technology acceptance model.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
D-Pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nyimas Adella Gustina
"Pada tahun 2020, teknologi jaringan generasi terbaru (5G) telah digunakan di enam puluh negara di seluruh dunia. Namun, Indonesia secara resmi menyambut era 5G pada tahun 2021, yang relatif terlambat dibandingkan dengan beberapa negara lain. Makalah ini bertujuan untuk menyelidiki penerimaan pengguna terhadap layanan 5G di Indonesia. Penelitian ini mengembangkan kerangka kerja Technology Acceptance Model (TAM) yang diperluas dengan memasukkan faktor eksternal. Pengumpulan data melibatkan penyebaran kuesioner berupa Google Form kepada pengguna 5G di seluruh Indonesia, dan data kuesioner yang diperoleh telah melalui pengolahan data dilakukan dengan memanfaatkan metode Partial List Square – Structural Equation Modelling (PLS – SEM). Hasil dan temuan dalam penelitian ini adalah Perceived Skill Readiness (PSR), Perceived Enjoyment (PEN), Perceived Interactivity (PI) tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Intention to Use 5G (INT). Tetapi untuk variable Perceived Ease of Use (PEoU), Perceived Usefulness (PU), dan Perceived Resources (PRe) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Intention to Use 5G (INT). Untuk variable Perceived Risk (PRi) tidak memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Intention to Use 5G (INT), hal ini dapat diartikan bahwa persepsi pengguna terhadap adanya resiko dalam menggunakan jaringan 5G, seperti masalah keamanan, privasi, atau efek pemborosan kuota dan daya tidak secara signifikan mempengaruhi atau menghambat niat mereka dalam mengadopsi dan menggunakan jaringan 5G. Menurut hasil pengamatan penulis, pengguna 5G lebih cenderung melihat manfaat dan kegunaan teknologi 5G dibandingkan dengan risikonya. Operator seluler dapat memperhatikan persebaran infrastruktur, memperhatikan untuk selalu menyediakan layanan 5G dengan faktor-faktor seperti kecepatan internet yang lebih tinggi, latensi rendah, konektivitas yang andal, dan kemampuan untuk mendukung aplikasi dan layanan yang canggih dapat meningkatkan persepsi kegunaan dan mempengaruhi niat pengguna untuk menggunakan jaringan 5G.

By 2020, next-generation network technology (5G) will have been deployed in sixty countries around the world. However, Indonesia officially welcomed the 5G era in 2021, which is relatively late compared to some other countries. This paper aims to investigate user acceptance of 5G services in Indonesia. This research develops an extended Technology Acceptance Model (TAM) framework by incorporating external factors. Data collection involved distributing questionnaires in the form of Google Forms to 5G users across Indonesia, and the questionnaire data obtained has been through data processing conducted by utilizing the Partial List Square - Structural Equation Modeling (PLS - SEM) method. The results and findings in this study are Perceived Skill Readiness (PSR), Perceived Enjoyment (PEN), Perceived Interactivity (PI) do not have a positive and significant influence on Intention to Use 5G (INT). But for the variables Perceived Ease of Use (PEoU), Perceived Usefulness (PU), and Perceived Resources (PRe) have a positive and significant influence on Intention to Use 5G (INT). For the Perceived Risk (PRi) variable, it does not have a negative and significant effect on Intention to Use 5G (INT), this can be interpreted that users' perceptions of the risks involved in using the 5G network, such as security, privacy, or the effects of wasting quota and power do not significantly affect or hinder their intention to adopt and use the 5G network. According to the author's observations, 5G users are more likely to see the benefits and usefulness of 5G technology compared to the risks. Mobile operators can pay attention to infrastructure deployment, paying attention to always providing 5G services with factors such as higher internet speeds, low latency, reliable connectivity, and the ability to support advanced applications and services can increase perceived usefulness and influence users' intention to use 5G networks."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ryan Andhika Perdana
"Tesis ini melaporkan temuan sebuah studi tentang masalah adopsi Mobile Money di area Jabodetabek. Daerah Jakarta dipilih karena Jakarta memiliki penduduk paling banyak di Indonesia yang memiliki berbagai macam suku dan ras sehingga diharapkan dapat mewakili Indonesia yang memiliki berbagai macam suku dan ras. Penelitian ini meneliti adopsi pelanggan dalam layanan mobile money di Indonesia dan kerangka penelitian didasarkan pada perpanjangan Technology Acceptance Model dengan Teori Planned Behavior dan Kepercayaan. Teori ini dikembangkan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang akan mempengaruhi adopsi tersebut. Kerangka kerja ini mencakup Sikap, norma subyektif, kontrol perilaku Persepsi, Persepsi kegunaan, Persepsi kemudahan penggunaan, Persepsi Kepercayaan dan niat konstruksi. Survey dilakukan untuk mengumpulkan data.LISREL digunakan untuk menguji seluruh pola inter-korelasi antara dua belas konstruksi yang diusulkan dan untuk menguji proposisi terkait secara empiris.Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat, Persepsi kemudahan, Persepsi Kepercayaan dan Norma Subyektif berpengaruh signifikan terhadap niat pelanggan terhadap mengadopsi Mobile Money Layanan oleh orang-orang di Jakarta. Kontribusi teoritis dan implikasi praktis dari temuan yang dibahas dan saran untuk penelitian masa depan diulas lebih lanjut dalam thesis ini.

This thesis reports the findings of a study issues concerning the adoption of Mobile Money in Greater Jakarta Area. Jakarta were chosen because Jakarta have the most population in Indonesia and have multi culture people therefore it expected to represent Indonesia which have multi culture and race.This study investigates costumers adoption within the context of Indonesia Mobile Money services and research framework is based on the extension of Technology Acceptance Model with Theory of Planned Behavior and Trust. Theory was developed to identify factors that would influence the adoption of Mobile. The framework includes Attitude, subjective norm, Perceived behavioral control, Perceived usefulness, Perceived ease of use, Perceived Trust and intention constructs. Survey was conducted to gather the data. LISREL was used to examine the entire pattern of inter-correlations among the twelve proposed constructs and to test related propositions empirically. Results show that Perceived usefulness, Perceived ease of use, Trust and Subjective Norms significantly influence customers intention toward adopting Mobile Money Services by people in Jakarta. Theoreticalcontributions and practical implications of the findings are discussed and suggestions for future research are presented.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Puput Ria Rachmiati
"Dalam menghadapi persaingan industry e-commerce yang semakin ketat, Shopee sebagai salah satu e-commerce dengan jumlah kunjungan situs tertinggi telah mengadopsi penggunaan teknologi augmented reality pada fitur BeautyCam dan SkinCam. Dengan adanya mobile applications yang mendukung fitur augmented reality, pemasar dan perusahaan dapat memberikan informasi rinci kepada konsumen, dan mempengaruhi persepsi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi niat perilaku konsumen (customer behavioral intention) pada fitur aplikasi Shopee berbasis Augmented Reality (AR), yaitu Shopee BeautyCam dan SkinCam. Penelitian ini menggunakan metode Extended Technology Acceptance Model (TAM) sebagai kerangka teoritis. Variabel TAM yang digunakan meliputi persepsi kegunaan (Perceived Usefulness), persepsi kemudahan penggunaan (Perceived Ease of Use), persepsi kesenangan (Perceived Enjoyment), sikap terhadap penggunaan (Attitude toward Using), dan niat untuk menggunakan (Intention). Penelitian menggunakan metode kuantitatif melalui survey yang disebarkan melalui Google form kepada 230 responden wanita pengguna Shoppee BeautyCam dan SkinCam dalam tiga bulan terakhir. Analisis data pada penelitian diolah menggunakan PLS-Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi kesenangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap terhadap penggunaan. Selanjutnya, sikap terhadap penggunaan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat untuk menggunakan fitur AR di aplikasi Shopee.

In the face of increasingly fierce competition in the e-commerce industry, Shopee as one of the e-commerce with the highest number of site visits has adopted the use of augmented reality technology in the BeautyCam and SkinCam features. With mobile applications that support augmented reality features, marketers and companies can provide detailed information to consumers, and influence consumer perceptions. This study aims to evaluate customer behavioral intention on the Augmented Reality (AR)-based Shopee application features, namely Shopee BeautyCam and SkinCam. This study uses the Extended Technology Acceptance Model (TAM) method as a theoretical framework. The TAM variables used include Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Enjoyment, Attitude toward Using, and Intention. The results showed that perceived usefulness, perceived ease of use, and perceived fun had a positive and significant effect on attitudes towards use. Furthermore, attitude towards use also has a positive and significant effect on the intention to use the AR feature in the Shopee application."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tribuana
"BTA Group Depok merupakan sebuah lembaga bimbingan belajar dan konsultan pendidikan. Sistem informasi akademik yang selama ini berjalan pada lembaga ini masih secara manual tanpa pemanfatan teknologi informasi.
Pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung sistem informasi di lembaga tersebut akan menimbulkan reaksi yang berbeda-beda dalam sikap dan perilaku pengguna sistem informasi. Perasaan menerima atau menolak muncul menjadi dimensi sikap terhadap penggunaan sistem informasi. Selain sikap, diketahui ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi perilaku pengguna terhadap penggunaan system informasi.
Penelitian yang dilakukan penulis bertujuan untuk membantu pihak lembaga pendidikan dalam pengolahan data akademik dan promosi ke masyarakat luas serta mengkaji perilaku pengguna sistem informasi berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhinya dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Uji statistik dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan perangkat lunak SPSS 16.0.

BTA Group Depok is a learning institute and education consultant. Academic information system that applicated in this institution is still manual based without utilizing of information technology.
Information technology utilization for supporting information system in this institution will make different reaction in user attitude and behavior. Feeling of accept or reject the system will become attitude dimension of utilizing this information system. Beside attitude, there have known another factor that can influence user behavior of utilizing this information system.
Objective of this study are to help the institution on academic data processing and market promotion activity. Furthermore this study will examine information system user behavior based on factors that influence the system with approach of Technology Acceptance Model (TAM). Test of statistic was done with multiple linear regression using SPSS 16.0.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S40480
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sabian Hansel
"Dalam rangka mensimplifikasi proses administrasi dokumen sengketa pajak, sehingga dapat mewujudkan peradilan berdasarkan asas cepat, sederhana, dan berbiaya ringan, Pengadilan Pajak meluncurkan aplikasi e-Tax Court. Peluncuran aplikasi ini merupakan bagian dari penerapan e-government yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada publik. E-Tax Court mereformasi proses administrasi dokumen sengketa manual menjadi elektronik. Akan tetapi, penerapan e-government di Indonesia kerap kali mengalami kendala seperti server, desain aplikasi yang kurang dapat diterima masyarakat, dan penggunaan aplikasi yang belum masif. Pasca peluncurannya, e-Tax Court juga dihadapi oleh masalah yang serupa, yaitu masih sedikitnya berkas sengketa yang masuk pasca peluncurannya. Maka dari itu, sebagai kebijakan baru diperlukan analisis dari segi kemudahan teknologi atas penerpan e-Tax Court. Teori yang dipakai sebagai alat analisis dalam penelitian ini adalah teori Technology Accpetance Model (TAM) yang digagas oleh Davis (1989). Terdapat enam konstruk dalam teori TAM, yaitu External Variables, Perceived Usefullness, Perceived Ease of Use, Attitude towards Using, Behavioural Intention to Use, dan Actual System Use, dengan Perceived Usefullness dan Perceived Ease of Use sebagai konstruk utama. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan e-Tax Court mampu mempercepat proses administrasi dokumen sengketa pajak. Selain itu, desain dan fitur dari aplikasi e-Tax Court tidak kompleks sehingga, aplikasi e-Tax Court mudah digunakan. Kendala penerapan pasca peluncuran e-Tax Court terjadi karena adanya keraguan dari segi formalitas hukum acara dan keabsahan alat bukti.

In order to simplify the tax dispute document administration process, so that justice can be realized based on the principles of fast, simple and low cost, the Indonesian Tax Court launched the e-Tax Court application. The launch of this application is part e-government implementation carried out by the government to improve services for public. E-Tax Court reforms the manual dispute document administration process to become electronic. However, the implementation of e-government in Indonesia often experiences obstacles such as servers, application designs that are less acceptable by public, and the usage of application that is not yet massive. After its launch, the e-Tax Court was also faced with a similar problem, namely that there were still very few dispute files submitted after its launch. Therefore, as a new policy, an analysis is needed in terms of technological convenience regarding the implementation of e-Tax Court. The theory used as an analytical tool in this research is the Technology Acceptance Model (TAM) theory which was initiated by Davis (1989). There are six constructs in TAM theory, namely External Variables, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Attitude towards Using, Behavioral Intention to Use, and Actual System Use, with Perceived Usefulness and Perceived Ease of Use as the main constructs. This research uses a qualitative research approach with qualitative data analysis techniques. The research results show that the use of e-Tax Court is able to speed up the tax dispute document administration process. Apart from that, the design and features of the e-Tax Court application are not complex, so the e-Tax Court application is easy to use. Obstacles in implementation after the launch of e-Tax Court occurred due to doubts regarding the formality of procedural law and the validity of document as evidence."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pangabean, Gm Judha Raja
"ABSTRAK
Indonesia memiliki populasi keempat terbesar di dunia, namun tingkat inklusi keuangan Indonesia masih rendah yaitu 49%. Salah satu jenis teknologi finansial yang mendapatkan adopsi massa dan menjadi awam di Indonesia adalah uang elektronik. Uang elektronik adalah alat pembayaran non-tunai yang beroperasi di platform digital. Uang elektronik dapat mengatasi faktor terbesar penyebab mayoritas orang Indonesia belum memiliki jasa keuangan yaitu jarak fisik yang harus ditempuh untuk mencapai suatu lembaga keuangan. Dua alternatif kebijakan yang dapat diterapkan oleh Bank Indonesia adalah Bantuan Sosial Non-Tunai (BPNT) beserta pendidikan keuangan, dan yang kedua adalah Strategi Nasional Inklusi Keuangan Indonesia. Penelitian ini mencoba melakukan analisis kebijakan berbasis model dan merumuskan strategi untuk Bank Indonesia. Hasil simulasi menunjukkan bahwa Strategi Nasional Inklusi Keuangan Indonesia adalah opsi yang lebih tepat dan berdampak untuk meningkatkan adopsi uang elektronik di kaum awam. Bantuan sosial dan pendidikan keuangan dapat meningkatkan transaksi uang elektronik dan pengguna aktif uang elektronik. Model sistem dinamis yang dibangun juga dapat digunakan untuk mengeksplorasi kompleksitas dinamika masalah uang elektronik di Indonesia.

ABSTRACT
ndonesia has the fourth-largest population in the world, however still a developing country with 49% financial inclusion level. One type of financial technology that is gaining rapid adoption and becoming mainstream in Indonesia is electronic money. Electronic money is an alternative non-cash payment tool, especially for payments micro to retail, and its digital platform means it could tackle the physical distance to travel to a financial institution, which is the most significant factor Indonesian people are financially excluded. Two possible alternatives of intervention by Central Bank of Indonesia are Social Assistance (BPNT) through electronic money and financial education, and National Financial Inclusion Strategy. This research attempts to conduct model-based policy analysis and formulate a strategy for Central Bank of Indonesia. The simulation result shows that the National Financial Inclusion Strategy is the more robust option and more suitable to increase electronic money adoption. Social assistance and financial education are critical to boosting electronic money transactions and active electronic money users. The system dynamics model can also be used to explore the complexity of the dynamics of the electronic money problem in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ambarita, Jonni
"Surat Elektronik TNI AD (e_militer) adalah sistem informasi surat menyurat berbasis web yang dikelola oleh Direktorat Perhubungan Angkatan Darat (Dithubad) sejak tahun 2009. Surat Elektronik TNI AD (e_militer) disediakan untuk seluruh jajaran Satuan Administrasi Pangkal (Satminkal) TNI AD. Akan tetapi dari seluruh Satminkal yang terdaftar dalam e_militer surat menyurat, masih jauh dari harapan penggunaanya yaitu diharapkan jumlah log e_militer mendekati jumlah surat Satminkal. Untuk itu melalui penelitian ini peneliti akan mencari faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi personel Satminkal dalam menggunakan e_militer. Peneliti menjawab permasalahan yang ada dengan menggunakan teori pemodelan yang mengintegrasikan Unifield Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT) dan Task Technology Fit (TTF), dan untuk teknik analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil uji hipotesis penelitian ini memperlihatkan konstruk Effort Expectancy, Interaction Influence, Facilitating Conditions, Behavioral Intention, Technology Characteristics, Task Characteristics, Task Technology Fit, Performance Impact, dan User Behaviour mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan e_militer oleh personel Satminkal TNI AD.

E_Militer is a web based for electronic mail that is managed by Direktorat Perhubungan Angkatan Darat (Dithubad). E_Militer has been installed for Indonesia Army?s Units since 2009. But of all Satminkal enrolled in correspondence e_militer, its use is still far from the expected number of log e_militer is approaching the number of letters of Satminkal. Therefore, the purpose of this study is to identify all influence factors on employees of Indonesia Army who will use e_militer. To solve the problem, research will use integrated model between UTAUT and TTF, and for analyze data will use SEM. The result of this hypothesis test shows that contruct Effort Expectancy, Interaction Influence, Facilitating Conditions, Behavioral Intention, Technology Characteristics, Task Characteristics, Task Technology Fit, Performance Impact, and User Behaviour have a significant effect on using of e_militer of Indonesia Army by employees of Indonesia Army.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Adian Putra Sayogya
"ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai faktor akseptasi terhadap layanan mobile wallet. Mobile wallet sebagai salah satu layanan uang digital masih merupakan suatu layanan yang relatif baru jika dibandingkan dengan layanan finansial digital lainnya. Lima faktor utama yang mempengaruhi intensi penggunaan mobile wallet yang digunakan dalam penelitian ini adalah Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influences, Perceived Risk dan Perceived Mobility. Ada tiga variabel yang menjadi moderator yaitu Gender, Age dan Experience. Selain itu juga diteliti pengaruh dari intensi penggunaan terhadap intensi untuk melakukan rekomendasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Performance Expectancy menjadi faktor yang paling kuat memberikan pengaruh terhadap intensi penggunaan mobile wallet sehingga dapat menjadi kunci bagi perusahaan untuk fokus pada faktor ini.

ABSTRACT
The focus on this study is to analyze the acceptance factor of mobile wallet services. Mobile wallet is a relatively new digital money service when compared to others digital financial services. In this study, there are five predictor factors that influence the behavioral intention to adopt the mobile wallet service. Also, there are three moderator variables which are gender, age and experiences that affect some relations in this study. And further we examined the influence of behavioral intention to adopt towards behavioral intention to recommend. The result from this study show that Performance Expectancy has the strongest influence to behavioral intention to adopt so it can be the key for the company to focus on this factor."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>