Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 74996 dokumen yang sesuai dengan query
cover
R. Cecep Eka Permana, 1965-
Jakarta: Wedatama Widya Sastra, 2019
930.1 CEC j
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Jawa Tengah: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, 2008
R 930.1 MEN (1)
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Eric Pradana Putra
"Penelitian terbaru di wilayah Sumatra berhasil menemukan gambar cadas pada beberapa gua dan ceruk di
wilayah karst Bukit Bulan, Sarolangun, Jambi. Pada wilayah ini gambar cadas bermotif manusia cukup banyak
ditemukan dalam bentuk dan gaya yang beragam. Penelitian ini membahas variasi motif manusia yang ditemukan
pada sembilan gua di Situs Bukit Bulan melalui analisis atribut-atribut yang melekat. Selanjutnya, motif manusia
dibandingkan dengan motif sejenis dari situs-situs di Sumatra Barat dan Lembah Lenggong, Malaysia. Perbandingan
tersebut dilakukan atas pertimbangan kedekatan lokasi dan latar belakang budaya pada ketiga wilayah tersebut. Selain
itu, bentuk dan warna motif juga relatif serupa, sehingga memunculkan dugaan bahwa kronologi gambar cadas dengan
motif spesifik berupa manusia berasal dari masa yang sama. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan mengenai variasi
bentuk dan karakteristik penggambaran motif manusia di Situs Bukit Bulan, termasuk kronologi relatifnya, sehingga
dapat diletakkan dalam konteks kebudayaan gambar cadas di Indonesia

Recent research in Sumatra has succeeded in finding rock art in several caves and niches in the Bukit Bulan
karst area, Sarolangun, Jambi. In this region, rock art with human motifs is present in many shapes and styles. This
research discusses the variation of human motifs found in nine caves at the Bukit Bulan region through an analysis of
the inherent attributes. Furthermore, the human motif were compared with similar motifs from West Sumatra and
Lenggong Valley, Malaysia. The comparisons are made based on the consideration of the proximity of the locations
and cultural backgrounds. In addition, the shape and color of the motifs of these three regions are relatively similar,
leading to the supposition that the chronology of rock art with specific motifs of humans comes from the same period.
This research resulted in conclusions about the shape variation and characteristics of human motifs representation at
the Bukit Bulan Region, including relative chronology, to associate their context in Indonesian rock art
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Subandriyo, authhor
Malang: Beranda, 2017
959.8 AGU m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Leihitu, Irsyad
"

Gambar sadas di Sangkulirang-Mangkalihat, Kalimantan Timur adalah salah satu di antara banyak situs di Indonesia yang memiliki kekhasan dari segi motif dan karakteristiknya. Sementara itu, perkembangan teori tentang gambar cadas saat ini menunjukkan bahwa shamanisme dipercaya sebagai teori paling mutakhir. Atas dasar uraian di atas, penelitian ini berusa untuk mengkaji gambar cadas di Wilayah Sangkulirang-Mangkalihat, Kalimantan Timur, dengan menggunakan teori shamanisme khususnya dengan menggunakan model neuropsychology yang terdiri dari tiga tahapan altered states of consciousness (ASC) dan enam metafora trans. Penelitian ini memfokuskan pada enam situs di Kawasan Gergaji, khususnya pada motif-motif yang memiliki indikasi ASC dan metafora trans di dalamnya. Antara lain Ceruk Tewet Bawah, Ceruk Tewet Atas, Ceruk Karim, Gua Tamrin, Gua Jeriji Saleh, dan Gua Ham. Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana bentuk penggamabaran motif-motif yang memiliki indikasi shamanisme di Kawasan Gergaji. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah formal method, yaitu model neuropsychology yang memfokuskan hanya pada bentuk dan kontekstual dari gambar cadas pada situs. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat represetasi fenomena ASC berupa mental dan hallucinatory imagery pada gambar cadas di Sangkulirang-Mangkalihat

Kata Kunci: Gambar Cadas; Shamanisme; Neuropsikologi Sangkulirang-Mangkalihat; Kalimantan

 

 


Indonesia because of the peculiarity based on its images and characteristic. Meanwhile, the development of theory in the study of rock art has shown that shamanism is the most successful theory until now. Based on the above statements, this research tried to study rock art in Sangkulirang-Mangkalihat, East Kalimantan, under the theory of shamanism. Especially, using the neuropsychology model, which consist of three stages of altered states of consciousness (ASC) and six metaphors of trance. The study focused on six caves in Gergaji Regions, i.e. Tewet cave, Karim, Tamrin, Jeriji Saleh, and Ham. The research question is, how is the depiction of images which indicates as a shamanism's imagery, in the rock art of Gergaji Region. This research uses a formal method who study rock art which concerns only to its forms and context. The result of this research shows that there is a representation of the ASC in the form of mental and hallucinatory imagery in Sangkulirang-Mangkalihats rock art.

Keywords: Rock Art; Shamanism; Neuropsychology; Sangkulirang-Mangkalihat; Kalimantan

 

"
2019
T55246
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Tondi Mirzano
"Gambar pada gua prasejarah atau gambar cadas merupakan salah satu data arkeologi. Skripsi ini membahas mengenai bentuk motif figuratif gambar cadas pada Situs Sasere Oyomo, Kaimana, Papua Barat. Jumlah motif figuratif yang diteliti dalam penelitian ini adalah 72 motif. Komponen analisis yang digunakan dalam tipologi bentuk motif ini adalah atribut yang paling menonjol dari setiap motif. Secara keseluruhan, penelitian ini menghasilkan lima tipe dan 28 varian motif figuratif. Berdasarkan hasil analisis, dapat diketahui bahwa setiap penggambaran motif figuratif memiliki bentuk dan variasi masing-masing yang menjadi ciri khas dari setiap penggambaran motif.

Pictures on prehistoric cave or rock art is one of the archaeological data. This research discusses the form of figurative motifs on Sasere Oyomo Site, Kaimana, West Papua. The number of figurative motifs which are used in this research are 72 motifs. The components of analysis which are used in this form typology of this motifs is the depiction of the attribute. Overall, this research produced five types and 28 forms from the basic shape of the figurative motifs. Based on the analysis, it can be seen that each depiction of rock art motif has the variety which are become the characteristic of every depiction motif."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S63700
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Ardian Syah
"Gambar cadas yang terdapat pada Gua Pondoa di Kawasan karst Matarombeo konawe utara merupakan salah satu diantara banyak situs yang menyimpan sejumlah bukti artefactual, utamanya gambar cadas berwarna hitam. Makalah proyek akhir ini membahas mengenai gambar cadas yang diasumsikan sebagai salah satu media berkomunikasi yang bersifat non-verbal. Sesuai dengan permasalahan yang diangkat yaitu bagaimana bentuk komunikasi non-verbal pada gambar cadas di Gua Pondoa di Kawasan perbukitan karst Matarombeo, Konawe Utara? Olehnya itu, penelitian ini berusaha untuk mengkaji gambar cadas Gua Pondoa dengan memakai sudut pandang komunikasi. Penelitlian ini dilakukan dengan metode pengumpulan data gambar cadas Gua Pondoa meliputi pencatatan dan pendeskripsi serta pemotretan, pembuatan denah, dan pengambilan koordinat situs. Lalu dianalisis menggunakan pendekatan komunikasi non-verbal yang menjelaskan peran dasar interaktor dalam pembuatan gambar cadas dan interpretasi terhadap data yang telah dianalisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi non-verbal yang terjadi pada gambar cadas Gua Pondoa meliputi tiga proses komunikasi yang berbeda. Pertama, proses tiga interaktor seniman (sender), gambar cadas (emitter) dan peneliti (receiver) adalah proses dengan perannya masing-masing. Proses kedua yakni proses dengan dua interaktor yakni sender dan receiver adalah individu yang sama dimana sender mengirimkan pesan dalam bentuk gambar emitter namun sender juga yang menyimpulkan apa yang digambar sebagai receiver. Lalu proses ketiga, proses dengan satu interaktor artinya sender, emitter, dan receiver adalah individu yang sama. Seperti seniman membuat gambar manusia yang merupakan representasi dari dirinya sendiri dan seniman tersebut juga menyimpulkan hasil dari aktivitasnya. Berdasarkan motif gambar dikaitkan dengan konteks dan mode interaksinya diketahui bahwa seniman menggambarkan bentuk komunikasi material, komunikasi teknologi, komunikasi simbolik, komunikasi sosial, dan komunikasi ekonomi yang disampaikan secara non-verbal.

The rock art found in Pondoa Cave in the Matarombeo karst area, North Konawe is one of the many sites that holds several artefactual evidence, especially black rock art. This thesis discusses rock art which is assumed to be a non-verbal communication medium. Following the problem raised, namely what is the form of non-verbal communication in the rock art in Pondoa Cave in the Matarombeo karst hill area, North Konawe? Therefore, this research attempts to examine the rock art at Pondoa Cave using a communication perspective. This research was carried out using the Rock Art at Pondoa Cave data collection method, including recording, and describing as well as photographing, making floor plans, and taking site coordinates. Then it is analyzed using a non-verbal communication approach which explains the basic role of interaktors in creating rock images and interpreting the data that has been analyzed. The research results show that the non-verbal communication that occurs in the Pondoa Cave art includes three different communication processes. First, the process of the three interaktors, artist (sender), rock image (emitter), and researcher (receiver), is a process with their respective roles. The second process is a process with two interaktors, namely the sender and receiver, who are the same individual, where the sender sends a message in the form of an image of the emitter, but the sender also concludes what is drawn as the receiver. Then the third process, a process with one interaktor, means that the sender, emitter, and receiver are the same individual. An artist makes a human image which is a representation of himself, and the artist also concludes the results of his activity. Based on image motifs related to the context and mode of interaction, it is known that artists depict forms of material communication, technological communication, symbolic communication, social communication, and economic communication which are conveyed non-verbally."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mardiyah Chamin
Jakarta: Tempo Institute, 2017
959.83 MAR e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Kompas Media Nusantara, 2011
361.1 EKS
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Atika Walujani Moedjiono, editor
Jakarta: Kompas Media Nusantara, 2011
361ATIE001
Multimedia  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>