Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 158629 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kezia Sherlita
"Perlindungan pada sistem tenaga listrik harus dirancang untuk memenuhi prinsip kehandalan, selektivitas, dan prinsip kestabilan, yang dapat dicapai melalui zonasi dan koordinasi proteksi. Dalam hal deteksi dan koordinasi proteksi gangguan tanah, sistem harus mempertimbangkan alokasi pentanahan dan kesesuaian hubungan, seperti pentanahan solid atau impedansi. Oleh karena itu, pemilihan lokasi dan koneksi pentanahan yang tidak tepat dapat menyebabkan gangguan yang tidak diinginkan dan kegagalan yang bertingkat. Studi ini menyajikan desain korektif untuk deteksi dan koordinasi proteksi gangguan hubung singkat satu fasa ke tanah. Sistem pentanahan dievaluasi dengan menggunakan rangkaian urutan nol untuk memperkirakan gangguan yang dapat terjadi pada sistem. Implementasi dari Standar IEEE 142-2007 digunakan untuk menyediakan sistem yang terhubung secara efektif, yang menghasilkan lokasi dan koneksi yang sesuai untuk pentanahan. Simulasi dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak analisis sistem tenaga untuk membandingkan kinerja sebelum dan setelah desain korektif yang diusulkan. Hasilnya menunjukkan bahwa desain yang diusulkan dapat mengoreksi kesalahan operasi proteksi kesalahan tanah.

Power system protection must be designed to meet the reliability, selectivity, and stability principle, which can be achieved through zoning and coordination. In the case of ground fault protection detection and coordination, the appropriate grounding allocation and connection, i.e. solid or impedance, shall be considered throughout the system. Hence, inaccurate selection for grounding location and connection may lead to undesirable disturbances and cascaded failure. This paper presents a corrective design for ground fault protection detection and coordination in an actual 34.5 kV power system network which has faced several misoperation of the ground fault protection. For this, the system’s grounding is assessed by using zero sequence network and the issues are summarized. The implementation of IEEE 142-2007 Standard is utilized to provide an effectively grounded system, resulting in the suitable location and connection for the grounding. The simulation is carried out by using power system analysis software to compare the performances before and after the proposed corrective design. The results shows that the proposed design can solve the misoperation of the ground fault protection."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heraldus Panji Arikson
"Gangguan satu fasa ke tanah terjadi pada kabel bawah laut yang menghubungkan Pabelokan ke Nora. Gangguan ini seharusnya dapat segera diatasi oleh rele arus lebih pada penyulang Pabl – Nora dalam waktu 0,593 sekon. Akan tetapi, hal itu justru tidak terjadi dan malah menyebabkan seluruh area selatan, beberapa daerah area utara juga tengah mengalami pemadaman. Dalam skripsi ini, akan disimulasikan tiga kondisi arus gangguan yang berbeda – beda yaitu 397 A, 795 A dan 1,19 kA yang berasal dari kombinasi kontribusi arus gangguan oleh tiga generator yang bekerja. Ketidakseimbangan tegangan terjadi selama gangguan sehingga menyebabkan surge arrester pada G101B pecah. Kontribusi arus gangguan pun turun menjadi 397 A karena G101C memang tidak diaktifkan untuk bekerja. Nilai arus gangguan yang kecil ini membuat waktu tunda rele arus lebih IAC-53 pada feeder Pabelokan Nora beroperasi setelah 25 sekon. Nilai ini lebih lama daripada waktu yang dibutuhkan oleh rele SR489 untuk bekerja dengan nilai arus gangguan yang sama yaitu 8,31 sekon. Hal ini menyebabkan generator G101A lebih dahulu mengalami trip karena ground fault rele. Oleh karena itu, pengaturan nilai pick up arus gangguan dan waktu kerja rele pun harus diatur lebih cepat lagi yaitu pada kisaran 5 sekon untuk nilai arus yang sama agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

Phase to ground fault happened to the subsea cable that connected Pabelokan to Nora. This fault should be cleared by Over c urrent relay at Pabl- Nora feeder in 0,593 second. Nevertheless, it didn’t work that way instead it caused all the south area and some of central and north area was shutdown. There will be three conditions of fault current that will be simulated on this simulation which are 397 A, 795 A and 1,19 kA that is coming from the combination of three generators that worked. The unbalanced voltage that happened when fault is inserted caused surge arrester in G101B blown up. The current fault decreased and it was 397 A because G101C was not work from the first, due to repairement. The fault current value that is so small caused delay in IAC-53 reay at Pabl-Nora feeder. This rele worked after 25 seconds. This value is longer than the time that SR489 relay needed to work at the exactly same fault current that is 8,31 seconds. It is caused generator G101A tripped by ground fault relay. As the solution, pick up current and time delay setting must be set faster that is about 5 seconds for the same value of current fault so this kind of things is not going to happened again.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S56682
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hartadhi
"Gangguan adalah kenyataan yang tidak dapat dihindari pada sistem transmisi dan distribusi listrik. Gangguan yang paling sering terjadi adalah gangguan tanah, baik itu satu fasa maupun dua fasa ke tanah yang disebabkan fenomena alam sepeti pohon dan petir. Gangguan ini biasanya bersifat sementara sehingga akan sangat merugikan kalau terjadi pemutusan suplai daya pada beban yang bertujuan mengisolasi gangguan. Sistem pentanahan peralihan bekerja dengan memutuskan hubungan netral transformator ke tanah selama satu atau dua detik selama terjadi gangguan. Sistem ini akan bekerja sebagai proteksi tingkat pertama pada gangguan tanah yang bersifat sementara sehingga pemutusan suplai daya tidak perlu dilakukan.

Faults in transmission system are inevitably exist. Faults that occur are mostly ground fault, either one phase or two phase to ground. This type of fault is usually temporary due to natural phenomenons such as trees and lightnings. It would be so inefficient to disconnect the load from the power source just in order to isolate the fault. Ground Fault Path Clearance (GFPC) system will disconnect the connection between the transformator neutral and ground for one or two second(s) during the fault occurence. This system will be the preliminary protection against ground fault so it would not be necessary to disconnect the load from the power source."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51390
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nagib Muhammad
"Skripsi ini membahas tentang metode proteksi stator generator dari gangguan fasa-tanah. Hal ini dikarenakan gangguan hubung singkat yang terjadi pada stator generator dapat menimbulkan kerusakan yang serius. Metode proteksi umumnya tidak dapat melindungi keseluruhan dari belitan stator. Metode proteksi konvensional umumnya hanya dapat memproteksi sekitar 90-95% dari belitan stator. Oleh karena itu dibutuhkan metode yang mampu medeteksi gangguan pada keseluruhan belitan stator generator sinkron. Metode tegangan kurang harmonisa ketiga yang dikombinasikan dengan metode konvensional dapat melindungi keseluruhan dari belitan stator. Berdasarkan metode tersebut penulis bertujuan untuk mendapatkan nilai penyetelan rele tegangan kurang harmonisa ketiga(27TN) dan rele tegangan lebih(59N) yang akan diaplikasikan pada generator sinkron PT.X. Berdasarkan standar IEEE didapatkan nilai penyetelan tegangan pick-up untuk rele tegangan kurang harmonisa ketiga sebesar 1,1 Volt dengan waktu tunda sebesar 1 detik dengan nilai undervoltage inhibit sebesar 97 Volt, dan nilai penyetelan tegangan pick-up pertama untuk rele tegangan lebih (59N) sebesar 5 Volt dengan waktu tunda sebesar 1 detik dan penyetelan tegangan pick-up kedua sebesar 34,6 Volt dengan waktu tunda sebesar 0,1 detik. Berdasarkan simulasi yang dilakukan metode ini memiliki kelemahan yaitu ketika terjadi busur api gangguan tersebut tidak dapat dideteksi oleh metode ini.

This thesis discuss about protection method of stator ground fault, because short circuit that occurs in the stator can cause a very seriously damage. Conventional protection method cannot protect all of stator winding. Conventional protection method generally can protect about 90-95% of stator winding, because of conventional protection method cannot protect all of stator windings. So, this thesis use undervoltage third harmonic method which can protect the last 5-10% of stator winding . This tesis use this method for setting protection relay. Based on IEEE standart this tesis obtain value of third harmonic undervoltage relay setting is 1,1 Volt and time delay is 1 second ,and value for overvoltage relay (59N) is 5 Volt and time delay is 1 second, then the second setting is 34,6 Volt for time delay 0,1 second. Based on simulation result this method cannot detect the arcing fault near the neutral of stator winding."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S62692
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maula Darda Natanegara
"Energi listrik yang dibutuhkan untuk aktivitas pertambangan sangat diwajibkan memiliki kualitas yang baik dan aman bagi sistem tenaga listrik dan keselamatan manusia. Gangguan hubung singkat harus dihindari agar sistem tenaga listrik bekerja dengan optimal. Oleh karena itu, skripsi ini dilakukan dengan metode studi literatur dengan mencari dan mengumpulkan bahan yang ada kaitannya dengan dengan gangguan hubung singkat. Selanjutnya, dirancang suatu sistem tenaga listrik PT Bukit Asam (Persero), Tbk. dengan menggunakan software ETAP 12.6.0 (Electric Transient Analyzer Program) yang kemudian dilakukan simulasi gangguan hubung singkat pada rel 20 kV di sistem saat konfigurasi beban 60%, 80% dan 100% agar didapatkan kemampuan sistem yang optimal.
Hasil dari simulasi menunjukkan bahwa ketika konfigurasi beban 100%, seluruh rel 20 kV pada sistem tenaga listrik terdapat arus hubung singkat yang tinggi dan diatas kapasitas lebur pemutus tenaga sehingga direkomendasikan peningkatakan kapasitas lebur pemutus tenaga atau pemasangan CLR (Current Limitting Reactor) untuk membatasi arus hubung singkat yang terjadi pada rel 20 kV.

The electrical energy for mining activities is very required to have a good quality and safe for electrical power systems and human safety . Short circuit must be avoided so that the power system to work optimally . Therefore, this thesis carried out by the method of literature study and collect materials in connection with the short circuit. Furthermore, I designed an electrical power system PT Bukit Asam (Persero), Tbk. using software ETAP 12.6.0 (Electric Transient Analyzer Program) which is then simulated short circuit at busbar 20 kV when current load configurations of 60%, 80% and 100% in order to obtain optimal system capabilities. The results of the simulations show that when the configuration to 100% load, the entire busbar 20 kV of the power system are short-circuit current is high and above rating circuit breaker so it is recommended to increase rating capacity circuit breaker or installation CLR (Current Limitting Reactor) for current limiting short circuit on a rail 20 kV.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64615
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nanda Febriadi
"Salah satu ciri motor induksi adalah arus start yang beberapa kali dari arus nominal motor. Kondisi normal ini jangan menyebabkan bekerjanya system pengaman arus lebih yang berarti setting waktu kerja rele harus lebih besar dari waktu start motor. Rele arus lebih dan gangguan tanah perlu dikoordinasikan dengan baik sehingga diwujudkan sistem pengaman yang sensitif dan selektif sehingga melindungi kabel dan trafo ketika terjadi gangguan hubung singkat. Pada skripsi ini dibahas mengenai teori dan metodologi untuk menghitung arus gangguan yang mungkin terjadi pada sistem, serta koordinasi rele arus lebih dan rele gangguan tanah untuk menjaga sistem dari arus gangguan tersebut.

One of the induction motor characteristic has starting current which many times from motor nominal current. This condition don?t cause the overcurrent relay work so the relay operation time setting must longer than motor starting time. Overcurrent relay and groundfault relay must be coordinated carefully so we can get protection system sensitively and selectively so that to protect cable and transformator when short circuit fault has done. In this paper will be explained about theory and methodology to calculate fault current which may be done in the system and to get relay setting."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
R.03.08.154 Feb a
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nanda Febriadi
"Salah satu ciri motor induksi adalah arus start yang beberapa kali dari arus nominal motor. Kondisi normal ini jangan menyebabkan bekerjanya system pengaman arus lebih yang berarti setting waktu kerja rele harus lebih besar dari waktu start motor. Rele arus lebih dan gangguan tanah perlu dikoordinasikan dengan baik sehingga diwujudkan sistem pengaman yang sensitif dan selektif sehingga melindungi kabel dan trafo ketika terjadi gangguan hubung singkat. Pada skripsi ini dibahas mengenai teori dan metodologi untuk menghitung arus gangguan yang mungkin terjadi pada sistem, serta koordinasi rele arus lebih dan rele gangguan tanah untuk menjaga sistem dari arus gangguan tersebut.

One of the induction motor characteristic has starting current which many times from motor nominal current. This condition don't cause the overcurrent relay work so the relay operation time setting must longer than motor starting time. Overcurrent relay and groundfault relay must be coordinated carefully so we can get protection system sensitively and selectively so that to protect cable and transformator when short circuit fault has done. In this paper will be explained about theory and methodology to calculate fault current which may be done in the system and to get relay setting."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S51023
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Doan Perdana
"[ABSTRAK
Intelligent Transportation System (ITS) adalah salah satu teknologi yang mengintegrasikan antar sistem informasi dan teknologi komunikasi dengan infrastruktur transportasi, kendaraan, dan pengguna jalan. Salah satu implementasi teknologi Intelligent Transportation System (ITS) adalah Vehicular Ad Hoc Network (VANET). VANET merupakan sistem komunikasi kendaraan yang mendukung untuk komunikasi Vehicle to Infrastructure (V2I) dan Vehicle to Vehicle (V2V). Sebagai bagian dari Intelligent Transportation System (ITS), komunikasi kendaraan dalam jaringan VANET dapat lebih efektif dalam menghindari kecelakaan dan kemacetan lalu lintas dari pada jika setiap kendaraan mencoba untuk memecahkan masalah ini secara individual.
Standar IEEE 1609.4 didefinisikan sebagai mode operasi Multikanal jaringan VANET pada lapisan Medium Access Control (MAC) yang terdiri dari tujuh kanal frekuensi yang berbeda, yaitu satu kanal CCH178 akan dialokasikan untuk Control Channel (CCH), yang digunakan sebagai kanal publik untuk aplikasi keamanan yang relevan di jalan. Enam kanal ya ng lainnya dialokasikan untuk Service Channel (SCH), yang digunakan sebagai kanal untuk menangani layanan multimedia dan yang tidak berhubungan dengan keamanan di jalan. Salah satu permasalahan dalam penjaminan kinerja pada IEEE 1609.4 adalah tingginya mobilitas node kendaraan dan perubahan lintasan yang berbeda. Hal ini menyebabkan delay yang tinggi dan throughput yang rendah. Peningkatan kinerja pada standar IEEE 1609.4 dapat dilakukan dengan optimasi pada proses sinkronisasi interval kanal CCH dan SCH.
Pada disertasi ini dikembangkan model baru Markov chain yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja sistem koordinasi kanal dinamis pada standar multikanal IEEE 1609.4 terhadap pengaruh anomali kinerja, slot anomali, efek Doppler, fading Nakagami dan AWGN. Perbaikan kinerja yang dilakukan terhadap pengaruh diatas adalah dengan menggunakan nilai awal optimal Contention Window (CW). Penentuan nilai awal CW akan mempengaruhi kinerja yang dihasilkan pada model Markov chain yang digunakan. Nilai awal optimal CW didapatkan dari hasil distribusi node di setiap zone dengan menggunakan distribusi Poisson.
Dari hasil simulasi dan evaluasi kinerja yang dihasilkan, dapat dianalisa bahwa model DCF yang diajukan pada disertasi ini dapat menurunkan nilai delay transmisi CCH terhadap adanya kanal propagasi Nakagami dengan rata-rata (mean) sebesar 16.84 %. Selanjutnya, dapat disimpulkan bahwa kinerja yang dihasilkan pada model Markov chain dengan menggunakan nilai awal optimal CW didapatkan meningkatkan nilai Aggregate Throughput sebesar 42.53% dibandingkan dengan model yang diajukan oleh Wang. Sedangkan model DCF yang diajukan meningkatkan nilai probabilitas transmisi paket WAVE Service Advertisement (WSA) terhadap fenomena anomalous slot dengan persentase kenaikan rata-rata (mean) sebesar 11.35 %. Selanjutnya, dapat dianalisa bahwa model DCF yang diajukan meningkatkan nilai interval waktu dari akses contention kanal CCH terhadap efek Doppler dengan persentase kenaikan rata-rata (mean) sebesar 11.31 %;

ABSTRACT
Intelligent Transportation System (ITS) is one of the technologies that integrate information systems and communication technologies with transportation infrastructures, vehicles and road users. One implementation of the Intelligent Transportation System (ITS) is Vehicular Ad Hoc Network (VANET). VANET is a vehicle communication system which supports Vehicle to Infrastructure (V2I) and Vehicle to Vehicle (V2V) communication. As a part of the Intelligent Transportation System (ITS), vehicles communication in VANET networks can be more effective in avoiding accidents and traffic congestion than if each vehicle try to solve this problem individually.
The IEEE 1609.4 standard is defined as the multichannel operation mode of VANET on Medium Access Control (MAC) layer. One of the problems in guaranteeing the performance of the IEEE 1609.4 is the high vehicular node mobility and different trajectory changes. These cause high delay and low throughput. Services Quality assurance to the IEEE 1609.4 standard can be done using optimizing the synchronization process of CCH and SCH channel intervals so that delay can be reduced and throughput saturation of SCH channel can be increased.
In this dissertation a new model of the Markov chain will be developed which aims to evaluate the performance of dynamic channel coordination system on the IEEE 1609.4 multichannel standard against performance anomalies influences, slot anomalies, the Doppler Effect, Nakagami fading and Additive White Gaussian Noise (AWGN). The performance improvements that is done to the effect above is to use the optimal initial value of Contention Window (CW). This is consistent with previous studies that have been done, the determination of the initial value of Contention Window (CW) will affect the resulting performance of the used Markov chain model. Optimal initial value Contention Window (CW) is obtained from the distribution of nodes in each zone by using the Poisson distribution.
From the simulation and performance evaluation results, it can be concluded that the DCF model in this dissertation can reduce the CCH transmission delay against the propagation channel Nakagami with an average of 16.84%. Moreover, it can be concluded that the performance of the resulting Markov chain model using the optimal initial value obtained CW increases value Aggregate Throughput of 42.8% against the effects of the anomaly performance. Meanwhile, the probability of packet transmission WSA influenced by anomalous slot with the percentage of mean increases approximately 11.35 %. Furthermore, it can be analyzed that the DCF model proposed result is the time interval CCH access contention influenced by anomalous slot with the percentage of mean increases approximately 11.31%;Intelligent Transportation System (ITS) is one of the technologies that integrate information systems and communication technologies with transportation infrastructures, vehicles and road users. One implementation of the Intelligent Transportation System (ITS) is Vehicular Ad Hoc Network (VANET). VANET is a vehicle communication system which supports Vehicle to Infrastructure (V2I) and Vehicle to Vehicle (V2V) communication. As a part of the Intelligent Transportation System (ITS), vehicles communication in VANET networks can be more effective in avoiding accidents and traffic congestion than if each vehicle try to solve this problem individually.
The IEEE 1609.4 standard is defined as the multichannel operation mode of VANET on Medium Access Control (MAC) layer. One of the problems in guaranteeing the performance of the IEEE 1609.4 is the high vehicular node mobility and different trajectory changes. These cause high delay and low throughput. Services Quality assurance to the IEEE 1609.4 standard can be done using optimizing the synchronization process of CCH and SCH channel intervals so that delay can be reduced and throughput saturation of SCH channel can be increased.
In this dissertation a new model of the Markov chain will be developed which aims to evaluate the performance of dynamic channel coordination system on the IEEE 1609.4 multichannel standard against performance anomalies influences, slot anomalies, the Doppler Effect, Nakagami fading and Additive White Gaussian Noise (AWGN). The performance improvements that is done to the effect above is to use the optimal initial value of Contention Window (CW). This is consistent with previous studies that have been done, the determination of the initial value of Contention Window (CW) will affect the resulting performance of the used Markov chain model. Optimal initial value Contention Window (CW) is obtained from the distribution of nodes in each zone by using the Poisson distribution.
From the simulation and performance evaluation results, it can be concluded that the DCF model in this dissertation can reduce the CCH transmission delay against the propagation channel Nakagami with an average of 16.84%. Moreover, it can be concluded that the performance of the resulting Markov chain model using the optimal initial value obtained CW increases value Aggregate Throughput of 42.8% against the effects of the anomaly performance. Meanwhile, the probability of packet transmission WSA influenced by anomalous slot with the percentage of mean increases approximately 11.35 %. Furthermore, it can be analyzed that the DCF model proposed result is the time interval CCH access contention influenced by anomalous slot with the percentage of mean increases approximately 11.31%, Intelligent Transportation System (ITS) is one of the technologies that integrate information systems and communication technologies with transportation infrastructures, vehicles and road users. One implementation of the Intelligent Transportation System (ITS) is Vehicular Ad Hoc Network (VANET). VANET is a vehicle communication system which supports Vehicle to Infrastructure (V2I) and Vehicle to Vehicle (V2V) communication. As a part of the Intelligent Transportation System (ITS), vehicles communication in VANET networks can be more effective in avoiding accidents and traffic congestion than if each vehicle try to solve this problem individually.
The IEEE 1609.4 standard is defined as the multichannel operation mode of VANET on Medium Access Control (MAC) layer. One of the problems in guaranteeing the performance of the IEEE 1609.4 is the high vehicular node mobility and different trajectory changes. These cause high delay and low throughput. Services Quality assurance to the IEEE 1609.4 standard can be done using optimizing the synchronization process of CCH and SCH channel intervals so that delay can be reduced and throughput saturation of SCH channel can be increased.
In this dissertation a new model of the Markov chain will be developed which aims to evaluate the performance of dynamic channel coordination system on the IEEE 1609.4 multichannel standard against performance anomalies influences, slot anomalies, the Doppler Effect, Nakagami fading and Additive White Gaussian Noise (AWGN). The performance improvements that is done to the effect above is to use the optimal initial value of Contention Window (CW). This is consistent with previous studies that have been done, the determination of the initial value of Contention Window (CW) will affect the resulting performance of the used Markov chain model. Optimal initial value Contention Window (CW) is obtained from the distribution of nodes in each zone by using the Poisson distribution.
From the simulation and performance evaluation results, it can be concluded that the DCF model in this dissertation can reduce the CCH transmission delay against the propagation channel Nakagami with an average of 16.84%. Moreover, it can be concluded that the performance of the resulting Markov chain model using the optimal initial value obtained CW increases value Aggregate Throughput of 42.8% against the effects of the anomaly performance. Meanwhile, the probability of packet transmission WSA influenced by anomalous slot with the percentage of mean increases approximately 11.35 %. Furthermore, it can be analyzed that the DCF model proposed result is the time interval CCH access contention influenced by anomalous slot with the percentage of mean increases approximately 11.31%]"
2015
D2073
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Enggou Prastyo Utomo
"Suatu sistem distribusi sangat rentan akan gangguan karena daerahnya yang luas dan dekat dengan konsumen. Pada sistem distribusi, jaringan tegangan menengah memiliki peranan penting dalam pendistribusi tenaga listrik. Dalam kenyataannya gangguan sering terjadi pada jaringan tegangan menengah. Gangguan ini dapat menyebabkan kerusakan pada perlatan listrik sehingga menyebabkan terganggunya kontinyuitas suatu sistem distribusi.
Untuk mengatasi hal ini dibutuhkan sistem proteksi yang efektif. Sistem proteksi yang efektif memiliki beberapa syarat yaitu cepat, selektif, sensitif, dan handal sehingga dapat menghilangkan dan mengurangi dampak gangguan yang terjadi. Sistem proteksi distribusi tegangan menegah terdiri dari relai arus lebih dan relai gangguan tanah sebagai proteksi jaringan tegangan menegah.
Pada skripsi ini akan dibahas tentang perbandingan setting hasil perhitungan dan setting eksisting yang ada pada penyulang limo di gardu induk Gandul. Dari perbandingan didapat bahwa relai hasil seting perhitungan dapat bekerja sedikit lebih cepat dari pada hasil seting lapangan.

A distribution system is highly vulnerable to disruption due to a broad area and close to the consumer. In the distribution systems, medium voltage networks have an important role in electrical power distribution. In fact disturbance common in medium voltage networks in particular short circuit. This disturbance can cause damage to the electrical equipment and causing disruption of continuity of a distribution system.
To overcome this needed an effective protection system. Effective protection system has several requirements like fast, selective, sensitive, and reliable so as to eliminate and reduce the impact of disturbance. Protection of medium voltage distribution system consists of overcurrent relay and ground-fault relay as protection for medium voltage networks.
In this paper will discuss comparison between the results of the calculation and settings that exist in the field setting limo feeder in Gandul main station. The results obtained that the relay setting calculation may work slightly faster than on the results of field settings.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S52578
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>