Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 193900 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ismi Robbi
"Entrepreneurial education sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan entrepreneurial mindset mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh entrepreneurial education terhadap entrepreneurial mindset mahasiswa dengan self-efficacy sebagai variabel mediasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan melakukan survei terhadap 300 mahasiswa di Universitas Indonesia. Data diolah dengan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan tools SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa entrepreneurial education berpengaruh positif terhadap entrepreneurial mindset mahasiswa, baik secara langsung maupun melalui mediasi self-efficacy. Selain itu, self- efficacy juga diketahui memberikan pengaruh yang positif terhadap entrepreneurial mindset mahasiswa.

Entrepreneurial education plays a crucial role in fostering entrepreneurial mindset among students. This study aims to examine the impact of entrepreneurial education on students' entrepreneurial mindset, with self-efficacy serving as a mediating variable. Employing a quantitative approach, the research surveyed 300 students at University of Indonesia and applied Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) using SmartPLS 4 software for data analysis. The findings reveal that entrepreneurial education positively influences students' entrepreneurial mindset, both directly and indirectly through the mediation of self-efficacy. Furthermore, self-efficacy is identified as exerting a positive influence on students' entrepreneurial mindset."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kinanthi Galih Utami
"Dukungan universitas sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan intensi kewirausahaan mahasiswa. Hal ini merupakan salah satu solusi atas permasalahan rendahnya tingkat kewirausahaan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dukungan universitas terhadap intensi kewirausahaan mahasiswa melalui efikasi diri sebagai variabel mediasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan melakukan survei terhadap 300 mahasiswa. Data diolah dengan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan tools SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan universitas berpengaruh positif intensi kewirausahaan mahasiswa, baik secara langsung maupun melalui mediasi efikasi diri. Selain itu, efikasi diri juga diketahui memberikan pengaruh yang positif terhadap intensi kewirausahaan mahasiswa.

University support is essential in an effort to increase student entrepreneurial intention. It is one of the solutions to Indonesia's low level of entrepreneurship. The study aims to analyze the impact of university support on student entrepreneurial intention through self-efficacy as a mediation variable. The approach used in this study is a quantitative approach by conducting surveys of 300 students. Data is processed using the Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) method using SmartPLS 4 tools. Research results show that university support has a positive impact on student entrepreneurial intention, both directly and through self-efficiency mediation. In addition, self-efficiency is also known to have a positive influence on student entrepreneurial intention."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rois Baidhowi
"ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh entrepreneurship education terhadap entrepreneurial intention mahasiswa dengan self-efficacy sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari data primer melalui penyebaran kuesioner dengan responden sebanyak 195 mahasiswa program studi bisnis atau manajemen di Universitas Indonesia, Universitas Prasetya Mulya, dan Universitas Bina Nusantara dengan menggunakan teknik quota sampling. Penelitian ini menggunakan analisis causal-step dan sobel test untuk mengguji pengaruh langsung dan pengaruh mediasi di antara variabel-variabel kunci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa entrepreneurship education mempengaruhi entrepreneurial intention mahasiswa secara signifikan, dimana self-efficacy memediasi secara parsial hubungan entrepreneurship education terhadap entrepreneurial intention mahasiswa. Temuan ini dapat membantu Pemerintah Indonesia merumuskan kebijakan dan program guna mendorong mahasiswa untuk mengejar karir kewirausahaan, yang mana dapat mengurangi ketergantungan besar mereka pada pekerjaan konvensional dan dengan demikian mengurangi pengangguran. Temuan ini juga bermanfaat bagi universitas dan lembaga pendidikan tinggi lainnya, dimana universitas dan institusi pendidikan tinggi dapat mempertimbangkan untuk merancang kurikulum, program, dan mata kuliah kewirausahaan.

ABSTRACT
This study aims to analyze the effect of entrepreneurship education on student entrepreneurial intention with self-efficacy as a mediation variable. This study uses a quantitative approach. The research data are obtained from primary data through questionnaires with respondents as many as 195 students majoring in business or management of University of Indonesia, Prasetya Mulya University, and Bina Nusantara University by using the quota sampling technique. This study uses causal-step and sobel tests to examine the direct and mediation influence among key variables. The results of the study show that entrepreneurship education influences student entrepreneurial intention significantly, where self-efficacy partially mediates the relationship between entrepreneurship education and student entrepreneurial intention. This finding can help the Government of Indonesia to formulate policies and programs that encourage students to pursue entrepreneurial careers, which can reduce their large dependence on conventional jobs and thereby reduce unemployment. This finding is also beneficial for universities and other higher education institutions, where universities and higher education institutions can consider designing curriculum, program, and entrepreneurship courses."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitria Latifanisa
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari occupational future time perspective (OFTP) dan entrepreneurial self-efficacy (ESE) terhadap intensi individu untuk melakukan pensiun dini. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah karyawan bank di Indonesia (N = 202). Data yang diperoleh dari seluruh partisipan dianalisis menggunakan Pearsons correlation dan Multiple Linear Regression pada SPSS v. 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek dari OFTP pada intensi pensiun dini adalah negatif dan signifikan, dan efek dari ESE pada intensi pensiun dini adalah positif dan signifikan. Hasil penelitian juga menemukan bahwa terdapat varians unik yang disumbang oleh ESE pada intensi pensiun dini setelah mengontrol OFTP dan data demografis. Pembahasan hasil dan saran didiskusikan.

This study aims to investigate the effect of occupational future time perspective (OFTP) and entrepreneurial self-efficacy (ESE) on intention of early retirement. Participants involved in this research were 202 bankers in Indonesia. Data were analysed using the Pearsons correlation and Multiple Linear Regression on SPSS v. 23.
Results indicated that the main effect of OFTP on intention of early retirement was negative and significant, and that the main effect of ESE on intention of early retirement was positive and significant. Furthermore, the results showed that ESE contributed unique variance on intention of early retirement after controlling OFTP and demographical data. Further research implications are discussed.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farah El Qadriani
"Banyaknya tuntutan akademis mahasiswa dapat memunculkan rasa malas untuk segera memulai mengerjakan maupun menyelesaikannya. Menunda untuk segera mengerjakan tugas akademis disebut dengan prokrastinasi akademis. Dari berbagai faktor penyebab, penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh faktor kepribadian Big Fivedan self-efficacy for self-regulated learning SESRL terhadap perilaku prokrastinasi akademis pada mahasiswa Universitas Indonesia. Instrumen yang akan digunakan adalah Academic Procrastination Scale APS oleh McCloskey dan Scielzo 2015 untuk mengukur prokrastinasi akademis, Mini International Personality Item Pool ndash; Five Factor Model Mini-IPIP oleh Donnellan, Oswald, Baird, dan Lucas 2006 untuk mengukur faktor kepribadian Big Five, dan Self-Efficacy for Self-Regulated Learning Scale SESRLC oleh Gredler dan Schwartz 1997 untuk mengukur SESRL. Partisipan penelitian berjumlah 400 mahasiswa Universitas Indonesia 310 perempuan, 90 laki-laki: M= 20.14.
Melalui teknik statistik multiple regression, diketahui bahwa faktor kepribadian conscientiousness, extraversion, opennessto experience dan SESRL berpengaruh signifikan terhadap prokrastinasi akademis R2= 0.339, F 1,400 = 35.178, p< 0.05 . Di sisi lain, faktor kepribadian neuroticism dan agreeableness ditemukan tidak berpengaruh signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa individu yang memiliki disiplin diri yang tinggi dan yakin untuk mampu melakukan regulasi diri memiliki kecenderungan yang rendah untuk melakukan prokrastinasi akademis, sedangkan individu yang mudah terdistraksi oleh kegiatan bersosialisasi atau mudah terdistraksi untuk melakukan kegiatan yang baru ditemukan mudah menunda tugas akademisnya. Hasil penelitian memperkuat argumentasi pentingnya mahasiswa untuk beradaptasi dengan kehidupan akademis sesuai dengan kepribadiannya dan yakin akan kemampuannya untuk dapat melakukan regulasi diri dalam proses pembelajaran agar menghindari dari perilaku prokrastinasi akademis.

The number of academic tasks can make students reluctant to immediately start working on and finish the tasks. The phenomenon of postponement of academic task is called academic procrastination. From various factors, this research aims to discover the effect of Big Five personality factors and self efficacy for self regulated learning SESRL on academic procrastination in University of Indonesia rsquo s student. The instruments used are the Academic Procrastination Scale APS by McCloskey and Scielzo 2015 to measure academic procrastination, Mini International Personality Item Pools Five Factor Models Mini IPIP by Donnellan, Oswald, Baird, and Lucas 2006 to measure Big Five personality factors, and Self Efficacy for Self Regulated Learning Scale SESRLC constructed by Gredler and Schwartz 1997 to measure SESRL. The study participants amounted to 400 students 310 women, 90 men M 20.14.
The statistical techniques multiple regression indicated that conscientiousness, extraversion, openness to experience and SESRL have a significant effect on academic procrastination R2 0.339, F 1,400 35.178, p 0.05 . On the other hand, neuroticism and agreeableness found to have no significant effect. Individuals who have high self discipline and are confident to be able to self regulate have a lower tendency to procrastinate their academic tasks, whereas individuals who are easily distracted by socializing or with new activities to perform will easily delay their academic assignment. This study strengthens the importance for students to adapt to academic life in accordance with their personality and to be confident of their ability to self regulate their learning process to avoid academic procrastination.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shidqia Ahmad Fauzani
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara entrepreneurial self-efficacy dan proactive personality pada entrepreneurial intention dengan attitude toward entrepreneuship dan perceived behavioural control sebagai variabel mediasi. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif untuk menjawab tujuan penelitian. Partisipan dalam penelitian ini adalah mantan pekerja migran Indonesia di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur (n=352). SPSS dan LISREL digunakan untuk menganalisis data kuantitatif meliputi statistik deskriptif, reliabilitas, validitas, dan SEM. Hasilnya, terdapat hubungan positif dan signifikan antara proactive personality terhadap attitude toward entrepreneurship dan perceived behavioural control. Selain itu, ada hubungan positif dan signifikan yang ditemukan antara attitude toward entrepreneurship dan entrepreneurial intention. Attitude toward entrepreneurship memiliki efek mediasi antara proactive personality dan entrepreneurial intention. Jumlah responden yang lebih banyak diharapkan dapat memberikan hasil analisis yang lebih baik dan akurat. Temuan penelitian ini harus divalidasi kembali melalui penelitian lebih lanjut dalam berbagai konteks, karena generalisasi hasil dalam penelitian ini hanya didasarkan pada sampel responden yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Dengan menggunakan hasil penelitian ini, pemerintah dapat mendorong dengan menciptakan ekosistem dan membuat instrumen kebijakan yang tepat sasaran seperti memberikan pelatihan kewirausahaan dan literasi digital untuk mendukung kegiatan kewirausahaan. Mantan pekerja migran perlu memiliki inisiatif, selalu ingin belajar hal baru, menjaga perilaku kepeloporan dan mengenali peluang.

The purpose of this paper is to examine the relationship between entrepreneurial self-efficacy and proactive personality on entrepreneurial intention with attitude toward entrepreneurship and perceived behavioural control as mediation variabel. This study adopts a quantitative approach to address the research objectives. The participants in this study were former Indonesian migrant workers in the province of West Nusa Tenggara and East Nusa Tenggara (n=352). SPSS and LISREL was used to analyze the quantitative data including descriptive statistics, reliability, validity, and SEM. In the results, there is a positive and significant relationship between proactive personality on attitude toward entrepreneurship and perceived behavioral control. In addition, there is a positive and significant relationship was found between attitude toward entrepreneurship and entrepreneurial intention. Attitude toward entrepreneurship has a mediating effect between proactive personality and entrepreneurial intention. A larger number of respondents is expected to provide better and more accurate analysis results. The findings of this study must be re-validated through further research in various contexts, because the generalization of the results in this study is based only on a sample of respondents who are in the provinces of West Nusa Tenggara and East Nusa Tenggara. Using the results of this study, the government can encourage by creating an ecosystem and making targeted policy instruments such as providing entrepreneurship training and digital literacy to support entrepreneurial activities. Former migrant workers need to have initiative, always want to learn new things, maintain pioneering behavior and recognize opportunities."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Octavia
"ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara keterlibatan ayah dan college self-efficacy pada mahasiswa tahun pertama di Universitas Indonesia. Sebanyak 606 responden yang merupakan mahasiswa tahun pertama angkatan 2017 di Universitas Indonesia berpartisipasi dalam penelitian ini. Keterlibatan ayah didefinsikan sebagai sejauh mana seorang ayah menjalankan perannya dan berpartisipasi aktif dalam berbagai aspek kehidupan anaknya. College self-efficacy didefinisikan sebagai derajat keyakinan bahwa individu mampu untuk sukses dalam melaksanakan tugas yang berkaitan dengan perkuliahan. Keterlibatan ayah diukur menggunakan dua alat ukur yang menilai keterlibatan ayah dalam dua domain yang berbeda. Alat ukur Nurturant Fathering Scale NFS mengukur keterlibatan ayah dalam domain afektif, sedangkan Father Involvement Scale FIS mengukur keterlibatan ayah dalam domain perilaku. Kedua alat ukur keterlibatan ayah yang digunakan dalam penelitian ini dikembangkan oleh Finley dan Schwartz 2004 . Untuk mengukur college self-efficacy, digunakan alat ukur College Self-Efficacy Inventory CSEI yang dibuat dan dikembangkan oleh Solberg, O rsquo;Brien, Villareal, Kennel, dan Davis 1993 . Hasil pengukuran menggunakan teknik statistik Pearson Correlation menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterlibatan ayah, baik dalam domain afektif dan perilaku, dengan college self-efficacy pada mahasiswa tahun pertama di Universitas Indonesia.

ABSTRACT
This study was conducted to find the correlation between father involvement and college self efficacy among first year college student in Universitas Indonesia. A total of 606 respondents who were first year college students class of 2017 at Universitas Indonesia participated in this research. Father involvement was defined as the extent to which a father performs his role and actively participates in various aspects of his child rsquo s life. College self efficacy was defined as a student rsquo s degree of confidence that they could successfully complete a given college related task. Father involvement was measured using two different instruments that assessed two different domains. Nurturant Fathering Scale NFS measured father involvement in the affective domain, while Father Involvement Scale FIS measured father involvement in behavioral domain. The two instrument of father involvement used in this study were developed by Finley and Schwartz 2004 . College Self Efficacy Inventory CSEI developed by Solberg, O rsquo Brien, Villareal, Kennel, and Davis 1993 was used to measure college self efficacy. The Pearson Correlation indicates significant correlation between father involvement, both in affective and behavioral domains, with college self efficacy among first year college student in Universitas Indonesia. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rasdiyanah
"ABSTRAK
Hipertensi merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi. Pendidikan kesehatan merupakan salah satu strategi intervensi keperawatan, yang dalam pelaksanaannya memerlukan dukungan media. Media booklet dan diary dapat memberikan informasi kesehatan secara efektif. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media booklet dan diary terhadap efikasi diri dan motivasi IRT dengan hipertensi di Kota Depok. Penelitian menggunakan desain penelitian quasi eksperiment dengan pre-post design with control group, dengan jumlah sampel adalah 66. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode consecutive sampling. Hasil uji independent t test, menunjukkan nilai pemaknaan efikasi diri p=0,002 dan motivasi p=0,000 , berarti terdapat perbedaan signifikan efikasi diri dan motivasi antara kelompok dengan pendidikan kesehatan menggunakan media booklet dan diary dan kelompok tanpa menggunakan media pendidikan kesehatan. Pendidikan kesehatan dengan media booklet dan diary dapat meningkatkan efikasi diri dan motivasi IRT. Disarankan agar pendidikan kesehatan dengan media booklet dan diary dapat diterapkan di pelayanan kesehatan.

ABSTRACT
Hypertension is one of the most causes of death. Health education is one of the strategies of nursing intervention, its implementation requires media support. Booklet and diary can provide health information effectively. The objective of the study was to identify the influence of health education using booklet and diary toward the self efficacy and motivation of housewives with hypertension in Depok. The study used quasi experimental research design with pre post design with control group, total sample was 66. The sampling technique was non probability sampling with consecutive sampling method. The results of independent t test showed the meaning of self efficacy p 0,002 and motivation p 0,000 that there were significant differences in self efficacy and motivation between group with health education using booklet and diary and group without using health education media. Health education with booklet and diary could improve the self efficacy and motivation of housewives. It is suggested that health education with booklet and diary can be applied in health service"
2017
T48870
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raihan Prakoso Wibowo
"PPDB sistem zonasi Jakarta bertujuan untuk pemerataan akses pendidikan sejak 2017, namun masih menimbulkan kontroversi karena menyebabkan siswa memilih sekolah yang tidak sesuai dengan karakteristik mereka. Ketidaksesuaian ini bisa memengaruhi motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara efikasi diri dan motivasi akademik siswa SMA Negeri yang terdampak PPDB sistem zonasi Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dan pengambilan sampel dengan teknik convenience sampling. Sebanyak 881 siswa dengan rentang usia 14-19 tahun yang berdomisili di Jakarta menjadi partisipan dalam penelitian ini. Hasil perhitungan statistik menggunakan teknik korelasi Pearson dengan alat ukur General Self Efficacy Scale Versi Indonesia dan Academic Motivation Scale - Short Indonesia Language Version menunjukkan hubungan signifikan (r = 0.247, p < 0.001) antara efikasi diri dan motivasi akademik siswa setelah PPDB sistem zonasi Jakarta. Implikasi penelitian adalah pentingnya untuk meningkatkan efikasi diri pada siswa agar motivasi akademik mereka tetap terjaga.

Jakarta's PPDB zoning system has aimed at equalizing access to education since 2017, but still causes controversy because it causes students to choose schools that do not suit their characteristics. This mismatch can affect student motivation in learning. This research explores the relationship between self-efficacy and academic motivation of state high school students affected by the Jakarta PPDB zoning system. This research uses a correlational method and sampling using convenience sampling techniques. A total of 881 students aged 14-19 years who live in Jakarta were participants in this research. The results of statistical calculations using the Pearson correlation technique with the General Self Efficacy Scale Indonesian Version and Academic Motivation Scale - Short Indonesian Language Version measurement tools show a significant relationship (r = 0.247, p < 0.001) between students' self-efficacy and academic motivation after the Jakarta zoning system PPDB. The implication of the research is that it is important to increase students' self-efficacy so that their academic motivation is maintained."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizkika Ramadhani
"Penyakit PPOK bersifat kronis dan progresif sehingga membutuhkan upayamanajemen penyakit secara mandiri dalam penatalaksanaan penyakitnya. Selfefficacy merupakan konsep penting dari manajemen penyakit secara mandiri gunamewujudkan perubahan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasipengaruh edukasi manajemen dispnea terhadap self efficacy dalam mengelolakesulitan bernafas pada pasien PPOK. Desain penelitian yang digunakan adalahkuasi eksperimen pretest-postest dengan kelompok kontrol. Sampel padapenelitian berjumlah 34 orang, terdiri dari 17 orang kelompok intervensi dan 17orang kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan selfefficacy yang bermakna setelah diberikan edukasi manajemen dispnea p=0.036 .Berdasarkan penelitian ini, edukasi manajemen dispnea dapat dijadikan sebagaiintervensi keperawatan untuk meningkatkan self efficacy pasien PPOK dalammengelola kesulitan bernafas.

COPD is chronic and progressive disease that requires self management efforts inthe management of disease. Self efficacy is an important concept of selfmanagement disease to achieve behavioral change. The research objective was toidentify the influence of dyspnea management education toward self efficacy inmanaging breathing difficulties in COPD patients. The research design was quasyexperiment by using pretest posttest with control group. The number of sampleswere 34, consist of 17 people in intervention group and 17 people in controlgroup. The results showed a significant increase toward self efficacy after givendyspnea management education p 0.036 . Based on this research, dyspneamanagement education can be used as a nursing interventions to improve selfefficacy in managing breathing difficulties in COPD patients.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
T47113
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>