Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 203566 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kristianto Saputro
"Meskipun pentingnya pelatihan diakui, organisasi terkadang kesulitan memahami bagaimana efektivitasnya dihasilkan. Studi ini menyelidiki apakah faktor-faktor pra-pelatihan seperti dukungan organisasi, lingkungan pelatihan, kualitas pelatih, dan analisis kebutuhan pelatihan memengaruhi efektivitas pelatihan baik secara langsung atau dimediasi oleh motivasi belajar, motivasi transfer, dan efikasi diri di lembaga pemerintah non-kementerian di Indonesia. Data dari 202 responden dari 19 lembaga diperoleh dengan menggunakan kuesioner daring yang didistribusikan ke sampel melalui teknik purposive sampling. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menghitung hasil statistik menggunakan Covariance Based-Square-Structural Equation Modeling (CB-SEM) dengan Lisrel 8.80. Teknik ini bertujuan untuk menguji hipotesis penelitian yang telah diajukan sebelumnya, dan hasilnya akan digunakan sebagai dasar untuk mendiskusikan temuan penelitian. Hanya kualitas pelatih yang memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar (t-value 5,60), motivasi transfer (7,21), dan efikasi diri (8,64). Namun, pengaruhnya tidak langsung terhadap efektivitas pelatihan karena harus dimediasi oleh motivasi transfer (z-score 4,294) dan efikasi diri (2,513). Penelitian ini menekankan peran penting pelatih dalam efektivitas pelatihan, di mana perannya lebih sebagai fasilitator. Hal ini menekankan pentingnya pelatih yang mampu memotivasi dan meyakinkan peserta. Dengan berinvestasi pada pelatih berkualitas melalui pengembangan berkelanjutan, sistem evaluasi, dan insentif, organisasi dapat meningkatkan efektivitas pelatihan dan mencapai tujuan organisasi lebih efisien.

While the importance of training is recognized, organizations sometimes struggle to comprehend how its effectiveness is generated. This study investigates whether pre-training factors such as organizational support, training environment, trainer quality, and training need analysis influence training effectiveness directly or mediated by self-efficacy, motivation to learn, and motivation to transfer in non-ministerial government institutions in Indonesia. Data from 202 respondents of 19 institutions are collected using online questionnaires distributed to samples through purposive sampling techniques. Quantitative data analysis was carried out by calculating statistical results using Covariance Based-Square-Structural Equation Modeling (CB-SEM) with Lisrel 8.80. This technique aims to test previously proposed research hypotheses, and the results will be used as a basis for discussing research findings. Only trainer quality has significant influence on motivation to learn (t-value 5,60), motivation to transfer (7,21), and self-efficacy (8,64). However, it does not have direct influence on training effectiveness as it should be mediated by motivation to transfer (z-score 4,294) and self-efficacy (2,513). This research emphasizes the vital role of trainers in training effectiveness, highlighting them as facilitators in the process. It stresses the importance of motivating and convincing trainers to enhance participants' motivation and self-efficacy. By investing in quality trainers through ongoing development, evaluation systems, and incentives, organizations can boost training effectiveness and achieve their goals more efficiently."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annik Noer Nawarni
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh beberapa faktor terhadap keefektifan transfer pelatihan pada pelaksanaan pekerjaan. Faktor tersebut adalah desain transfer, self efficacy, retensi pelatihan, performance feedback dan dukungan supervisor. Penelitian dilaksanakan untuk meneliti responden yang telah mengikuti pelatihan asesor kemampuan badan usaha yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasionalyang berdomisili di seluruh Indonesia. Analisis yang digunakan menggunakan multiple-regression analysis yang hasilnya menunjukan desain transfer dan self efficacy memiliki pengaruh signifikan terhadap keefektian transfer pelatihan. Sedangkan retensi pelatihan, performance feedback dan dukungan supervisor tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap transfer pelatihan.

This study aims to gain insight into some of the factors that determine the transfer of training to the work context.that factors included transfer design, self efficacy, training retention, performance feedback and supervisor support. Respondents this study were people who have completed the training of Asesor Kemampuan Badan Usaha that organized by National Construction Services Development Board. Hierarchical regression analysis was performed and the results showed that transfer design and self efficacy significantly predicted transfer of training, other factors, training retention, performance feedback and supervisor support had no significant effect on transfer of training effectiveness."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46797
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Manurung, Sarah Juliana
"Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah menjadi sektor utama dalam mencapai Indeks Tata Kelola Pengadaan yang Baik. Sebagai unit kerja yang memiliki peran strategis dalam pengadaan barang dan jasa untuk kementerian, lembaga, serta pemerintah daerah di Indonesia, Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) harus mengoptimalkan kepemimpinan untuk mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh transformational leadership terhadap job performance dengan mempertimbangkan peran mediasi dari affective commitment, work engagement, dan self-efficacy dalam konteks UKPBJ di kementerian dan lembaga pemerintah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja pegawai yang dimediasi oleh komitmen afektif, keterlibatan kerja, dan efikasi diri di Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) di lingkungan kementerian dan lembaga pemerintah di Indonesia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang melibatkan 232 Aparatur Sipil Negara (ASN) dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak LISREL 8.8 dan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pegawai baik secara langsung maupun melalui mediasi komitmen afektif, keterlibatan kerja, dan efikasi diri. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi pengembangan kebijakan manajemen sumber daya manusia di sektor publik, khususnya dalam mengoptimalkan gaya kepemimpinan transformasional untuk meningkatkan kinerja pegawai. Selain itu, penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi pelaksanaan program pelatihan kepemimpinan dan pengembangan kapasitas ASN di UKPBJ, guna mendukung keberhasilan tata kelola pengadaan di Indonesia.

Governance Index. As a strategic unit responsible for procurement in ministries, agencies, and local governments in Indonesia, the Government Procurement Unit (UKPBJ) must optimize leadership to achieve its objectives. This study aims to analyze the influence of transformational leadership on job performance by considering the mediating roles of affective commitment, work engagement, and self-efficacy in the context of UKPBJ in ministries and government agencies in Indonesia.
This study employs a quantitative approach with a cross-sectional design. Data were collected through questionnaires involving 232 Civil Servants (ASN) and analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) with the assistance of LISREL 8.8 and SPSS 25 software. The results indicate that transformational leadership positively affects employee performance both directly and through the mediating roles of affective commitment, work engagement, and self-efficacy. This research provides practical contributions to human resource management policies in the public sector, particularly in optimizing transformational leadership styles to enhance employee performance. Moreover, this study is expected to serve as a reference for implementing leadership training programs and capacity-building initiatives for ASN in UKPBJ, supporting the success of procurement governance in Indonesia.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heri Supriyanto
"ABSTRAK
Tesis ini membahas pelatihan dan pembelajaran informal sebagai metode untuk mengembangkan kompetensi karyawan dengan didukung motivasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melibatkan 224 karyawan instansi pemerintah yakni Sekretariat Kabinet sebagai responden. Hasil analisis data dengan menggunakan analisis faktor dan analisis regresi menunjukkan, bahwa pelatihan dan pembelajaran informal berpengaruh signifikan terhadap kompetensi, sedangkan motivasi belajar juga berpengaruh signifikan terhadap pelatihan dan pembelajaran informal. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa meskipun pembelajaran informal berpengaruh signifikan terhadap kompetensi, namun nilai hasil t-statistik lebih rendah dibandingkan dengan nilai t-statistik antara pengaruh pelatihan terhadap kompetensi. Keberhasilan program pelatihan dan aktivitas belajar akan memperoleh hasil yang maksimal manakala didukung oleh motivasi pegawai dalam mengikuti pelatihan dan melakukan aktifitas-aktifitas pembelajaran informal.

ABSTRACT


This thesis discusses training and informal learning as a method for developing employee competencies to be influenced by the motivation to learn. This research is a quantitative research involving 224 employees of government agencies namely the Cabinet Secretariat as respondents. The results of data analysis using factor analysis and regression analysis showed that the competence of employees affected by the training and informal learning and motivation to learn a significant effect on training and informal learning. The results also showed that despite significant effect on the informal learning competence, but the value of the t-statistic is lower than the value of t-statistics between training towards competencies. The success of the training programs and learning activities will obtain the maximum results when supported by motivation in training and doing informal learning activities

"
2016
T52456
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eko Prasetyanto
"Manajemen kinerja merupakan suatu proses untuk meningkatkan kinerja pegawai dimana hasil dari proses manajemen kinerja akan digunakan dalam proses pendidikan dan pelatihan. Persepsi terhadap efektifitas proses manajemen kinerja yang dimulai dari pengembangan perencanaan kinerja pemantauan dan monitoring kinerja serta penilaian kinerja akan mempengaruhi motivasi pegawai dalam mengikuti diklat teknis. Motivasi tersebut antara lain menambah pengetahuan dan keterampilan memperbaiki kompetensi dan kinerja serta meningkatkan status dan peluang untuk mencapai kedudukan yang lebih tinggi. Penelitian ini dilakukan pada 3 tiga unit kerja di kantor Kementerian Sekretariat Negara dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi tentang efektifitas manajemen kinerja terhadap motivasi dalam mengikuti diklat teknis. Berdasarkan hasil survei oleh 100 responden tidak ditemukan pengaruh persepsi tentang efektifitas manajemen kinerja terhadap motivasi dalam mengikuti diklat teknis.

Performance management is a process to improve the employees performance where the main result of performance management will be used in education and training process. The perception of the effectiveness of the performance management process starting from the development of performance planning performance monitoring and control and performance evaluation will influence the employees motivation in joining technical education and training. That motivation will affect the employees to increase their knowledge and skills improve their competence and performance and raise status and opportunities to achieve higher positions. This research was conducted at three work units at the Ministry of State Secretariat in order to analyse the influences of the perception of the performance management effectiveness to the motivation in joining technical education and training. Based on the result survey of the 100 respondents there was not found the influences of the perception of the performance management effectiveness to the motivation in joining technical education and training.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T34738
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Christina Anugrahini
"Latar belakang: Supervisi klinis merupakan komponen penting dari jaminan kualitas dan kerangka tata kelola klinis dalam organisasi perawatan kesehatan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model supervisi klinis menggunakan alat bantu teknologi informasi berbasis motivasi dan efikasi diri (TIME) terhadap kompetensi perawat dalam keamanan obat. Metode: Desain penelitian mixed methode riset (kualitatif dan kuantitatif). Sampel: Kepala ruangan, perawat primer dan perawat pelaksana sebanyak 132 perawat. Hasil: tahap 1: studi kualitatif didapatkan 7 tema. Dukungan dalam efektivitas model, tahap 2: pengembangan model supervisi klinis “TIME”, model dan kurikulum, buku kerja dan buku evaluasi. Sistem aplikasi supervisi klinis “TIME”. Hasil user acceptance test (UAT) nilai rata - rata keberterimaan pelaksanaan 86% yang berarti sangat diterima. Hasil menunjukan bahwa terdapat perubahan yang bermakna uji efektivitas model sebelum dan sesudah intervensi model dengan p value < 0,05. Setelah intervensi model kompetensi perawat dalam keamanan obat terdapat perbedaan yang bermakna antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol terkait kompetensi perawat dalam keamanan obat dengan p value < 0,05. Terdapat hubungan antara karakteristik perawat dalam hal usia, tingkat pendidikan, masa kerja dan intervensi model terhadap kompetensi perawat dalam keamanan obat dengan p value < 0,05. Faktor yang paling dominan berpengaruh adalah intervensi model supervisi klinis “TIME” terhadap kompetensi perawat dalam keamanan obat dengan p value < 0,05. Kesimpulan: Model supervisi klinis “TIME” dapat diimplementasikan pada tatanan pelayanan keperawatan sehingga dapat meningkatkan kompetensi perawat dalam keamanan obat.

Background: Clinical supervision is an important component of the quality assurance and clinical governance framework in healthcare organizations. This study aims to develop a clinical supervision model using information technology tools based on motivation and self-efficacy (TIME) on nurse competency in drug safety. Methods: Mixed method research design (qualitative and quantitative). Sample: Head of room, primary nurse and implementing nurse as many as 132 nurses. Result: stage 1: qualitative study found 7 themes. Support in the effectiveness of the model, stage 2: development of the “TIME” clinical supervision model, model and curriculum, workbooks and evaluation books. “TIME” clinical supervision application system. The results of the user acceptance test (UAT) average value of 86% acceptance which means very acceptable. The results showed that there was a significant change in the effectiveness test of the model before and after the model intervention with a p value <0.05. After the intervention of the nurse competency model in drug safety, there was a significant difference between the intervention group and the control group regarding nurse competence in drug safety with a p value <0.05. There is a relationship between the characteristics of nurses in terms of age, education level, years of service and model interventions on the competence of nurses in drug safety with a p value <0.05. The factor that has the most dominant influence is the intervention of the clinical supervision model "TIME" on the competence of nurses in drug safety with a p value <0.05. Conclusion: The "TIME" clinical supervision model can be implemented in nursing service settings so that it can increase nurse competency in drug safety."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sigit Rasyid Raharjo
"Salah satu upaya dalam mengatasi celah antara kinerja saat ini dengan kinerja yang diharapkan oleh organisasi terhadap individu adalah melalui pelatihan dan pengembangan. Proses pelatihan yang dilaksanakan secara tepat dan berkesinambungan tentu diharapkan dapat meningkatkan kompetensi individu yang sejalan dengan tujuan organisasi sehingga akan meningkatkan kinerja organisasi. Akan tetapi permasalahan yang sering terjadi dalam proses pelatihan adalah relevansi dan penerapan hasil pelatihan yang tidak sesuai dengan tujuan daripelatihan tersebut. Permasalahan tersebut timbul umumnya terjadi pada proses transfer pelatihan untuk diterapkan di pekerjaanya belum tercapai secara maksimal.Beberapa faktor pendorong dari kesuksesan proses transfer pelatihan pada pekerjaaan diantaranya andalah faktor karakteristik peserta pelatihan, desain pelatihan dan lingkungan kerja yang mendukung proses transfer hasil pelatihan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh validitas konten pelatihan yang didapatkan terhadap pekerjaannya dan dukungan sosial dalam pencapaian transfer pelatihan melalui mediasi motivasi untuk melakukan transfer pelatihan di pekerjaannya dalam lingkup pekerja disektor UMKM yang telah mendapatkan pelatihan. Validitas konten pelatihan adalah seberapa mirip kegiatan pelatihan yang didapatkan dengan situasi dan kondisi pekerjaan. Dukungan sosial menekankan pada sejauh mana peran dari organisasi khususnya peran supervisor dan rekan kerja dalam mendorong proses transfer pelatihan ditempat kerja. Sementara, motivasi untuk melakukan transfer pelatihan merupakan dorongan dan keinginan diri dalam mengembangkan hasil pelatihan pada pekerjaan.Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari validitas konten pelatihan dan dukungan sosial terhadap motivasi untuk melakukan transfer. Penelitian ini juga menyatakan bahwa faktor desain pelatihan yang relevan dan dukungan supervisor dan rekan kerja mempengaruhi keberhasilan proses transfer pelatihan di sektor UMKM. Penelitian ini dapat menjadi bahan pembelajaran bagaimana gambaran kondisi proses transfer yang terjadi saat ini dan perbaikan yang masih perlu dilakukan untuk mendapatkan proses pelatihan yang efektif dan efisien khususnya di sektor UMKM.

The process to improve the gap between current and desired performance for individual in organization is through training and development. The training processes which organized relevantly and continuously is expected to increase the competence of individuals to fit in organizational goals in order to improve organizational performance. However, the problems that often occur in the training process is the relevance and applicability of training results does not match with the training objectives. Such problem mostly occurs in the transfer of training process applied on the job.The driving forces of the transfer of training process to job requirement are trainee's characteristics, training design and work environment that supports the process of the transfer of training. Therefore, the authors are interested in conducting a research on the influence of the perceived content validity and social support on achieving the transfer of training through the mediation of motivation to transfer within the SME's workers who had received training. Perceived content validity is the degree of training activities that similar to the situation and conditions on the job. The social support emphasizes the degree of organization roles in support transfer of training especially the role of supervisor and peer workers in the workplace. Meanwhile, the motivation to transfer training is an impulse and desire in developing the results of the training on the job.The results of this study shown that perceived content validity and social support positively and significantly influences motivation to transfer. This research also indicate that the relevance of training design to the job characteristics and both supervisor and peer support significantly influences training transfer. The research could be an instructional material about the description of training transfer processes conditions nowadays, and improvements to develop more effective and efficient training process, especially in the SME's sector."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Febby Pramitha Putri
"Basic Financing Management merupakan salah satu jenis pelatihan di Bank Syariah Mandiri yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi karyawan dalam pekerjaan yang terkait dengan proses pembiayaan nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah pelatihan Basic Financing Management berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan keterlibatan kerja karyawan PT Bank Syariah Mandiri.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Karyawan yang menjadi responden sebanyak 50 orang yang mengikuti pelatihan Basic Financing Management pada periode bulan Januari-September 2011. Data responden diolah dengan menggunakan alat olah data SPSS 17. Untuk melihat pengaruh antar variabel bebas dan variabel terikat , peneliti menggunakan analisis statistik regresi berganda dan menggunakan analisis jalur untuk memprediksi nilai nilai variabel terikat berdasarkan variabel bebas.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel pelatihan Basic Financing Management terhadap motivasi dan keterlibatan kerja karyawan Bank Syariah Mandiri.

Basic Financing Management is one kind of a training programs in Bank Syariah Mandiri. It has basic purpose to improve competence of employee in order to complete a process of customer financing. To see the influence between independent variable to dependent variable, researchers use multiple regression statistic analysis and path analysis to predict the value of dependent variable based on independent variable.
This research is quantitative research with collecting data method; questioner. The respondent of this research are 50 employee of Bank Syariah Mandiri whose participate in Basic Financing Management Training Program Januari-September 2012 period. Their data are continued to process by data analysis tools; SPSS 17. The purpose of this research is to understand if the Basic Financing Management Training has significant impact to motivation and job involvement of Bank Syariah Mandiri employees.
The result of this research; There are significant influence from the Basic Financing Management Training to Motivation and the Employee?s Job Involvement."
Depok: Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Latifa Rahmi
"Performa atau kinerja yang baik merupakan tujuan utama organisasi. Agar kinerja dapat meningkat tentu perlu dilihat apa saja yang dapat mempengaruhinya. Keyakinan diri atau self efficacy menjadi salah satu yang perlu diperhatikan. Apakah kinerja ditentukan dari tingkat self efficacy pegawai di tempat kerja atau terdapat faktor lain seperti motivasi intriksik yang dapat menjadi mediator atas peningkatan kinerja pegawai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat adanya pengaruh antara Occupational Self Efficacy terhadap Work Performance dimediasi oleh Intrinsic Motivation. Kehadiran occupational self efficacy dalam diri pegawai dapat meningkatkan performa pegawai yang berdampak terhadap peningkatan kinerja organisasi secara keseluruhan. Serta intrinsik motivasi dapat memediasi kedua hubungan tersebut. Responden dalam penelitian ini melibatkan 98 responden yang merupakan pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Depok Cimanggis. Responden diminta untuk mengisi kuesioner elektronik melalui google form. Dalam penelitian ini ditemukan pengaruh signifikan antara occupational self efficacy terhadap work performance. Serta pengaruh signifikan antara occupational self efficacy terhadap intrinsic motivation. Namun di sisi lain, intrinsic motivation tidak memiliki pengaruh terhadap work performance baik secara langsung, maupun sebagai mediator.

Good performance is the main goal of the organization. In order to enhance performance, it is imperative to ascertain the variables that impact it. Self-confidence or self-efficacy is one that needs attention. Whether performance is determined from the level of self-efficacy of employees at work or there are other factors such as intrinsic motivation that can mediate the improvement of employee performance. The purpose of this study was to see the influence between Occupational Self Efficacy on Work Performance mediated by Intrinsic Motivation. The presence of occupational self efficacy in employees can improve employee performance which has an impact on improving overall organizational performance. As well as intrinsic motivation can mediate both relationships. The respondents in this study involved 98 respondents who were employees at the Tax Service Office of Depok Cimanggis. Respondents were asked to fill out an electronic questionnaire through google form. In this study found a significant influence between occupational self efficacy on work performance. As well as a significant influence between occupational self efficacy on intrinsic motivation. But on the other hand, intrinsic motivation has no influence on work performance either directly, or as a mediator."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Putu Danny Hadi Kusuma
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh occupational self-efficacy, learning goal orientation, dan grit terhadap pembelajaran informal yang terjadi pada karyawan organisasi sektor publik khususnya pada instansi ABC. Partisipan penelitian ini adalah 172 pegawai instansi ABC. Data dikumpulkan dengan menggunakan alat ukur pembelajaran informal, occupational self-efficacy, learning goal orientation dan grit serta dianalisis menggunakan alat analisis SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa occupational self-efficacy memprediksi pembelajaran informal secara positif dan signifikan. Data juga menunjukkan bahwa learning goal orientation tidak memprediksi pembelajaran informal secara signifikan setelah mengontrol pengaruh occupational self-efficacy. Terakhir, grit memprediksi pembelajaran informal secara positif dan signifikan setelah mengontrol pengaruh dari occupational self-efficacy dan learning goal orientation. Selanjutnya, peneliti merancang sebuah program intervensi pelatihan daring untuk meningkatkan efikasi diri pegawai karena variabel occupational self-efficacy terbukti paling kuat memprediksi pembelajaran informal pegawai pada instansi ABC. Pelaksanaan pelatihan secara pelatihan daring diharapkan dapat menjadi sebuah alternatif bentuk pelatihan lain bagi instansi ABC untuk memperkaya desain pelatihan konvensional yang selama ini sudah dilakukan oleh instansi ABC, terutama selama pandemi COVID-19 ini.

This study aims to determine the effects of occupational self-efficacy, learning goal orientation and grit on employees informal learning that occur at ABC agencies. The participants were 172 employees from ABC agencies. Data were collected using informal learning, occupational self-efficacy, learning goal orientation and grit scales and analyzed using SPSS analysis tool. The results showed that occupational self-efficacy predicts informal learning positively and significantly. Data also showed that learning goal orientation does not significantly predict informal learning after controlling the effect of occupational self-efficacy. Finally, grit predicts informal learning positively and significantly after controlling the effect of occupational self-efficacy and learning goal orientation. Moreover, researcher designed an pelatihan daring intervention program to improve employee self-efficacy because the occupational self-efficacy variable was proven to be the strongest predictor of informal learning for the employees at the ABC agencies. It is hope that pelatihan daring can become an alternative training form for ABC agencies to enrich conventional training designs that have been carried out so far by the ABC agencies, especially during the COVID-19 pandemic."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>