Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 180061 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Maman Oman Saepudin
"Isu degradasi lingkungan telah menjadi isu utama beberapa tahun terakhir, sebagai akibat tidak terkendalinya emisi polutan yang berbahaya melalui berbagai macam aktivitas. Sektor transportasi terutama kendaraan bermotor berkontribusi dalam tingginya emisi karbon. Diperlukan solusi alternatif untuk menguranginya dampak negatif terhadap lingkungan yaitu salah satunya beralih pada penggunaan kendaraan listrik. Penelitian ini mengkombinasikan Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB) yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai faktor yang mempengaruhi intensi pembelian mobil listrik di Indonesia. Analisis Partial Least Square (PLS) diterapkan untuk menguji hubungan antara konstruksi yang diusulkan menggunakan data yang dikumpulkan dari 410 responden melalui survei online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa attitude, subjective norm, price value, dan infrastructure barrier berpengaruh secara positif dan signifikan pada intensi pembelian mobil listrik. Sementara perceived usefulness, environmental concern, environmental self image, infrastructure barrier, dan personal moral norm tidak berpengaruh signifikan terhadap intensi pembelian mobil listrik dan perceived risk berdampak negatif pada intensi pembelian mobil listrik.

The environmental degradation has been the major issue in recent years due to the uncontrolled emissions of harmful pollutants through various activities. The transportation sector, especially motor vehicles, contributes to high carbon emissions. Alternative solutions are needed to reduce the negative impact on the environment, one of which is switching to the use of electric vehicles. This study combines the Technology Acceptance Model (TAM) and the Theory of Planned Behavior (TPB) aiming to provide an overview of the factors that influence the intention of purchasing electric cars in Indonesia. Partial Least Square (PLS) analysis was applied to test the relationship between proposed constructions using data collected from 410 respondents through an online survey. The results show that attitude, subjective norm, price value, and infrastructure barrier positively affect the purchase intention of electric cars. Meanwhile, perceived usefulness, environmental concern, environmental self-image, infrastructure barrier, personal moral norms do not have a significant effect on the intention to purchase electric cars and perceived risk has a negative impact on the purchase intention of electric cars."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andreas Pardyanto
"ABSTRAK
Mobile Commerce merupakan salah satu bentuk electronic commerce yang akhirakhir
ini tumbuh dengan pesat dan menjadi salah satu alternatif saluran pemasaran
bagi perusahaan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan
melakukan analisis faktor-faktor anteseden yang mempengaruhi intensi konsumen
untuk melakukan adopsi aplikasi mobile commerce Garuda Indonesia, melalui
perspektif model Theory of Planned Behavior (TPB) dan Technology Acceptance
Model (TAM). Analisis dilakukan menggunakan Structured Equation Modelling
(SEM) untuk menguji kekuatan tujuh hipotesis dari hubungan variabel dalam
model. Responden sebanyak 50 orang dipilih melalui purposive sampling untuk
mendapatkan responden yang sudah menggunakan aplikasi m-Commerce tetapi
belum menggunakan mobile commerce Garuda Indonesia. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa persepsi manfaat (Perceived Usefulness) dan persepsi
pengendalian perilaku (Perceived Behavioral Control) memberikan efek positif
dan signifikan terhadap niat penggunaan (Intention to Use), sedangkan norma
subyektif (Subjective Norm) dan sikap (Attitude) tidak mempengaruhi secara
signifikan niat penggunaan (Intention to Use).

ABSTRACT
Mobile Commerce is a form of electronic commerce that lately grown rapidly and
become marketing channel alternetive for companies in Indonesia. This study
aims to test and analyze the antecedent factors that influence the adoption of the
use of Mobile Commerce applications, Mobile Commerce Garuda Indonesia,
through the integration model of Theory of Planned Behavior (TPB) and
Technology Acceptance Model (TAM). The analysis is performed using Structured
Equation Modeling (SEM) to test the relationship power of seven hypothesys
among variables in the model. 50 respondents selected through purposive
sampling to obtain the one who already use m-Commerce except Garuda
Indonesia mobile commerce. The results showed that the Perceived Usefulness
and Perceived Behavioral Control provide significant and positive effect on
Intention to Use, whereas Subjective Norm and Attitude does not provide
significant affect to Intention to Use."
2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hana Salsabila
"Adopsi mobil listrik diharapkan dapat mendorong konservasi energi dan mengurangi polusi udara. Studi ini mengembangkan model penelitian berdasarkan Theory of Planned Behavior (TPB) dan Norm Activation Model (NAM) untuk menyelidiki niat untuk membeli mobil listrik di bawah pengaruh polusi udara yang parah. Studi ini meneliti warga yang berada di lima wilayah besar di Pulau Jawa, yaitu wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya sebagai objek survei. Sebanyak 194 responden yang sebelumnya telah memiliki mobil dikumpulkan dengan menggunakan metode purposive sampling dan data dianalisis dengan menggunakan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling dan metode bootstrap. Temuan menunjukkan bahwa faktor TPB yang mempengaruhi niat membeli adalah perceived behavioral control, sedangkan dalam faktor NAM, faktor yang mempengaruhi adalah personal norm. Selain itu, environmental concern ditemukan memiliki pengaruh positif pada faktor TPB. Demikian pula awareness of consequences dan ascription of responsibility memiliki pengaruh pada faktor NAM yaitu personal norm dengan ascription of responsibility menjadi mediator parsial antara hubungan awareness of consequences dan personal norm.

The adoption of electric cars is expected to promote energy conservation and reduce air pollution. This study develops a research model based on the Theory of Planned Behavior (TPB) and the Norm Activation Model (NAM) to investigate the intention to purchase electric cars under the effect of severe air pollution. This paper takes the citizens residing in the five major areas of Java Island, namely the Greater Jakarta Area, Bandung, Semarang, Yogyakarta, and Surabaya as the object of the survey. A total of 194 respondents who previously owned a car were collected using the purposive sampling method and the data was analyzed using the Partial Least Squares-Structural Equation Modeling and bootstrap method. The findings suggest that the factor of TPB that influences intention to purchase is perceived behavioral control, meanwhile, within the Norm Activation Model factor, the influencing factor is the personal norm. In addition, environmental concern is found to have a positive influence on the TPB factors. Similarly, the awareness of consequences and ascription of responsibility have an influence on the NAM factor which is the personal norm with the ascription of responsibility being a partial mediator between the relationship of awareness of consequences and personal norm."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yugo Falafrima Putra
"Teknologi informasi berkembang cepat. Teknologi yang berkembang dimasa globalisasi memiliki peranan penting dalam kebutuhan masyarakat melakukan aktivitas seperti bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya. Saat ini mayoritas dari populasi penduduk dunia sudah bisa memanfaatkan banyak fungsi dari Internet. Salah satu fungsi dari teknologi yang berkembang pesat saat ini adalah sistem penyimpanan uang ataupun pembayaran adalah melalui E - Wallet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara perceived enjoyment, coupon availability, perceived compatibility, subjective norm, individual mobility, personal innovativeness, perceived usefulness, perceived ease of use, perceived security dan behavioral intention dalam intensi mengadopsi E - Wallet. Penelitian ini menggunakan kerangka pengembangan dari teori TAM. Penelitian dilakukan pada 200 responden di Indonesia yang pernah melakukan pembayaran menggunakan QR Code payment. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan diantara variabel – variabel yang diteliti oleh penulis dan terdapat variabel yang tidak berpengaruh, diantaranya, coupon availability, subjective norm, dan personal innovativeness tidak berpengaruh terhadap perceived usefulness. Selanjutnya perceived compatibility, individual mobility, dan perceived usefulness tidak berpengaruh terhadap perceived ease of use.

Information technology is developing fast. Technology that develops in the era of globalization has an important role in the needs of the community to carry out activities such as economics, health, education, and so on. Currently, the majority of the world's population is able to take advantage of the many functions of the Internet. One of the functions of technology that is developing rapidly today is a money storage system or payment via E-Wallet. The purpose of this study was to analyze the relationship between perceived enjoyment, coupon availability, perceived compatibility, subjective norm, individual mobility, personal innovativeness, perceived usefulness, perceived ease of use, perceived security and behavioral intention in the intention to adopt E-Wallet. This research uses the development framework of TAM theory. The study was conducted on 200 respondents in Indonesia who have made payments using QR Code payments. The research hypothesis was tested using the Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method using SmartPLS 3. The results of this study indicate that there is a positive and significant relationship between the variables studied by the author and there are variables that have no effect, including, coupon availability, subjective norm, and personal innovativeness have no effect on perceived usefulness. Furthermore, perceived compatibility, individual mobility, and perceived usefulness have no effect on perceived ease of use."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia Nasa Fitri
"Saat ini, konsep subscription economy telah menjadi tren baru dalam model bisnis. Dengan bisnis model ini, pengguna dapat mengakses produk atau jasa secara teratur dan membayar jauh lebih rendah dari apa yang seharusnya mereka bayar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari Technology Acceptance Model (TAM) dan personal innovativeness untuk memahami kepuasan dan keinginan seseorang dalam menggunakan sebuah teknologi secara berkelanjutan. Variabel perceived enjoyment dan perceived risk juga ditambahkan ke dalam model penelitian. Penelitian ini meneliti sebanyak 322 pelanggan Spotify yang sudah berlangganan minimum 6 bulan dan berusia di atas 18 tahun. Hasil dari temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa personal innovativeness memiliki pengaruh terhadap perceived enjoyment dan perceived ease of use, namun tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap satisfaction dan continued usage intention pengguna. Variabel variabel dari Technology Acceptance Model TAM, perceived ease of use dan perceived usefulness, terbukti memainkan peran penting dalam kepuasan dan keputusan pengguna untuk menggunakan aplikasi Spotify secara berkelanjutan. Dalam penelitian ini juga ditemukan hubungan yang signifikan dari variabel perceived enjoyment dan perceived risk terhadap satisfaction pengguna.

Nowadays, the concept of subscription economy has become a new trend in the business Industries. With this business model, users can access products or services on a regular basis and pay less than what they should pay. The purpose of this study is to analyze the influence of Technology Acceptance Model (TAM) and personal innovativeness towards satisfaction and continued usage intention. The variables perceived enjoyment and perceived risk were added to the research model. This study examined 322 Spotify customers who had subscribed for a minimum of 6 months and aged over 18 years. The result of this study prove that personal innovativeness has significant influence towards perceived enjoyment and perceived ease of use, but does not have a significant relationship to user satisfaction and continued usage intention. The variable of Technology Acceptance Model TAM, perceived ease of use and perceived usefulness, are proven to play major role in user satisfaction and deciding the intention to use Spotify for a long time. Findings of this study also found significant influence of perceived enjoyment and perceived risk towards satisfaction."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sabian Hansel
"Dalam rangka mensimplifikasi proses administrasi dokumen sengketa pajak, sehingga dapat mewujudkan peradilan berdasarkan asas cepat, sederhana, dan berbiaya ringan, Pengadilan Pajak meluncurkan aplikasi e-Tax Court. Peluncuran aplikasi ini merupakan bagian dari penerapan e-government yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada publik. E-Tax Court mereformasi proses administrasi dokumen sengketa manual menjadi elektronik. Akan tetapi, penerapan e-government di Indonesia kerap kali mengalami kendala seperti server, desain aplikasi yang kurang dapat diterima masyarakat, dan penggunaan aplikasi yang belum masif. Pasca peluncurannya, e-Tax Court juga dihadapi oleh masalah yang serupa, yaitu masih sedikitnya berkas sengketa yang masuk pasca peluncurannya. Maka dari itu, sebagai kebijakan baru diperlukan analisis dari segi kemudahan teknologi atas penerpan e-Tax Court. Teori yang dipakai sebagai alat analisis dalam penelitian ini adalah teori Technology Accpetance Model (TAM) yang digagas oleh Davis (1989). Terdapat enam konstruk dalam teori TAM, yaitu External Variables, Perceived Usefullness, Perceived Ease of Use, Attitude towards Using, Behavioural Intention to Use, dan Actual System Use, dengan Perceived Usefullness dan Perceived Ease of Use sebagai konstruk utama. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan e-Tax Court mampu mempercepat proses administrasi dokumen sengketa pajak. Selain itu, desain dan fitur dari aplikasi e-Tax Court tidak kompleks sehingga, aplikasi e-Tax Court mudah digunakan. Kendala penerapan pasca peluncuran e-Tax Court terjadi karena adanya keraguan dari segi formalitas hukum acara dan keabsahan alat bukti.

In order to simplify the tax dispute document administration process, so that justice can be realized based on the principles of fast, simple and low cost, the Indonesian Tax Court launched the e-Tax Court application. The launch of this application is part e-government implementation carried out by the government to improve services for public. E-Tax Court reforms the manual dispute document administration process to become electronic. However, the implementation of e-government in Indonesia often experiences obstacles such as servers, application designs that are less acceptable by public, and the usage of application that is not yet massive. After its launch, the e-Tax Court was also faced with a similar problem, namely that there were still very few dispute files submitted after its launch. Therefore, as a new policy, an analysis is needed in terms of technological convenience regarding the implementation of e-Tax Court. The theory used as an analytical tool in this research is the Technology Acceptance Model (TAM) theory which was initiated by Davis (1989). There are six constructs in TAM theory, namely External Variables, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Attitude towards Using, Behavioral Intention to Use, and Actual System Use, with Perceived Usefulness and Perceived Ease of Use as the main constructs. This research uses a qualitative research approach with qualitative data analysis techniques. The research results show that the use of e-Tax Court is able to speed up the tax dispute document administration process. Apart from that, the design and features of the e-Tax Court application are not complex, so the e-Tax Court application is easy to use. Obstacles in implementation after the launch of e-Tax Court occurred due to doubts regarding the formality of procedural law and the validity of document as evidence."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aziza Hanifa Khairunnisa
"Cash Wakaf Linked Sukuk (CWLS) merupakan inovasi yang dilakukan pemerintah dan BWI sebagai salah satu cara untuk mencapai potensi wakaf yang cukup besar di Indonesia. Akan tetapi ternyata pada kenyataannya penghimpunan dana CWLS sendiri masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensi masyarakat untuk berwakaf melalui CWLS menggunakan variabel literasi CWLS dan Theory of Planned Behavior (TPB) yang terdiri dari sikap, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknis analisis Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dan software yang digunakan adalah Smart-PLS. Responden penelitian ini berjumal 196 yang merupakan masyarakat Muslim yang tersebar di seluruh Indonesia yang belum pernah berwakaf melalui CWLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi CWLS tidak berpengaruh secara langsung terhadap intensi berwakaf, akan tetapi berpengaruh secara tidak langsung melalui variabel sikap terhadap wakaf dan persepsi kontrol perilaku. Variabel norma subjektif tidak berpengaruh secara signifikan terhadap intensi berwakaf, sedangkan variabel variabel sikap terhadap wakaf dan persepsi kontrol perilaku secara positif signifikan berpengaruh terhadap intensi masyarakat untuk berwakaf melalui Cash Wakaf Linked Sukuk(CWLS). Hal ini menunjukkan bahwa pada penelitan ini persepsi positif dan keyakinan akan kemampuan diri yang dimiliki seseorang untuk berwakaf pada CWLS dapat menimbulkan niat seseorang untuk berwakaf melalui CWLS, sedangkan tekanan sosial yang dirasakan seseorang tidak dapat mempengaruhi keinginan seseorang untuk memulai berwakaf melalui CWLS.

Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) is an innovation carried out by the government and BWI as a way to achieve the large potential of waqf in Indonesia. The participation of the Muslim community is very important in order to reach this potential. However, in reality, CWLS fundraising itself is still low. This study aims to determine the community's intention to waqf through CWLS using the variable literacy of waqf and Theory of Planned Behavior (TPB) which consists of attitudes, subjective norms and perceptions of behavioral control. This study uses a quantitative descriptive method with technical analysis of Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) and Smart PLS software. There are 196 respondents of Muslim communities spread throughout Indonesia who have never done waqf through CWLS. The results showed that waqf literacy did not directly affect the intention of waqf, but it had an indirect effect through the variables of endowment attitudes and perceptions of behavioral control. The subjective norm variable did not significantly influence the intention to waqf, while the variable attitude towards endowment and perceived behavioral control had a significant positive effect on the community's intention to waqf through Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS). This shows that in this study positive feelings and beliefs about their own ability to waqf in CWLS can lead to their intention to waqf through CWLS, while the social pressure felt by a person cannot affect their intention to start waqf through CWLS."
Jakarta: Sekolah Kajian Strategik dan Global Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nyimas Adella Gustina
"Pada tahun 2020, teknologi jaringan generasi terbaru (5G) telah digunakan di enam puluh negara di seluruh dunia. Namun, Indonesia secara resmi menyambut era 5G pada tahun 2021, yang relatif terlambat dibandingkan dengan beberapa negara lain. Makalah ini bertujuan untuk menyelidiki penerimaan pengguna terhadap layanan 5G di Indonesia. Penelitian ini mengembangkan kerangka kerja Technology Acceptance Model (TAM) yang diperluas dengan memasukkan faktor eksternal. Pengumpulan data melibatkan penyebaran kuesioner berupa Google Form kepada pengguna 5G di seluruh Indonesia, dan data kuesioner yang diperoleh telah melalui pengolahan data dilakukan dengan memanfaatkan metode Partial List Square – Structural Equation Modelling (PLS – SEM). Hasil dan temuan dalam penelitian ini adalah Perceived Skill Readiness (PSR), Perceived Enjoyment (PEN), Perceived Interactivity (PI) tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Intention to Use 5G (INT). Tetapi untuk variable Perceived Ease of Use (PEoU), Perceived Usefulness (PU), dan Perceived Resources (PRe) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Intention to Use 5G (INT). Untuk variable Perceived Risk (PRi) tidak memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Intention to Use 5G (INT), hal ini dapat diartikan bahwa persepsi pengguna terhadap adanya resiko dalam menggunakan jaringan 5G, seperti masalah keamanan, privasi, atau efek pemborosan kuota dan daya tidak secara signifikan mempengaruhi atau menghambat niat mereka dalam mengadopsi dan menggunakan jaringan 5G. Menurut hasil pengamatan penulis, pengguna 5G lebih cenderung melihat manfaat dan kegunaan teknologi 5G dibandingkan dengan risikonya. Operator seluler dapat memperhatikan persebaran infrastruktur, memperhatikan untuk selalu menyediakan layanan 5G dengan faktor-faktor seperti kecepatan internet yang lebih tinggi, latensi rendah, konektivitas yang andal, dan kemampuan untuk mendukung aplikasi dan layanan yang canggih dapat meningkatkan persepsi kegunaan dan mempengaruhi niat pengguna untuk menggunakan jaringan 5G.

By 2020, next-generation network technology (5G) will have been deployed in sixty countries around the world. However, Indonesia officially welcomed the 5G era in 2021, which is relatively late compared to some other countries. This paper aims to investigate user acceptance of 5G services in Indonesia. This research develops an extended Technology Acceptance Model (TAM) framework by incorporating external factors. Data collection involved distributing questionnaires in the form of Google Forms to 5G users across Indonesia, and the questionnaire data obtained has been through data processing conducted by utilizing the Partial List Square - Structural Equation Modeling (PLS - SEM) method. The results and findings in this study are Perceived Skill Readiness (PSR), Perceived Enjoyment (PEN), Perceived Interactivity (PI) do not have a positive and significant influence on Intention to Use 5G (INT). But for the variables Perceived Ease of Use (PEoU), Perceived Usefulness (PU), and Perceived Resources (PRe) have a positive and significant influence on Intention to Use 5G (INT). For the Perceived Risk (PRi) variable, it does not have a negative and significant effect on Intention to Use 5G (INT), this can be interpreted that users' perceptions of the risks involved in using the 5G network, such as security, privacy, or the effects of wasting quota and power do not significantly affect or hinder their intention to adopt and use the 5G network. According to the author's observations, 5G users are more likely to see the benefits and usefulness of 5G technology compared to the risks. Mobile operators can pay attention to infrastructure deployment, paying attention to always providing 5G services with factors such as higher internet speeds, low latency, reliable connectivity, and the ability to support advanced applications and services can increase perceived usefulness and influence users' intention to use 5G networks."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dion Kristadi Leksono
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi IPv6 mengalami peningkatan yang signifikan, terutama dengan semakin dekatnya era Internet of Things atau biasa disebut IOT. Seiring dengan proses peralihan dari versi 4 ke versi 6, terdapat celah keamanan yang rawan khususnya terhadap serangan maya yang memberi ancaman kepada perusahaan yang melakukan implementasi topologi jaringan IPv6.
Tujuan dari penelitian ini adalah membuat model penerimaan terhadap faktor yang berpengaruh pada perilaku individu dalam melakukan pengamanan pada topologi jaringan IPv6 dan melakukan analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan individu dalam melakukan antisipasi keamanan pada topologi jaringan IPv6.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif menitikberatkan pada pengolahan statistik dengan teknik Structural Equation Modeling (SEM) terhadap hasil pengisian kuisioner oleh responden serta metode kualitatif dengan melakukan Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara narasumber yang berlatar belakang praktisi, akademisi maupun perwakilan pemerintah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman terhadap kelebihan-kelebihan IPv6 kepada pengguna maupun pengelola jaringan adalah prioritas pertama yang harus dilakukan dalam mendorong tindakan antisipasi keamanan pada topologi jaringan IPv6.

ABSTRACT
The evolution of IPv6 technology has become a worldwide trend and showed a significant increase, particularly with the near-coming era named Internet of Things or so-called IOT. Concomitant with the transition process from version 4 to version 6, there are open security hole that considered to be vulnerable, mainly against cyber attacks that poses a threat to companies implements IPv6 network topology.
The purpose of this research is to create a model of acceptance of the factors that influenced the behavior of individuals in providing security within IPv6 network topology and analysis of factors that affects the acceptance of individuals in anticipating security with regards to IPv6 network topology.
This study was conducted using both, quantitative method focuses on statistical processing on the result of questionnaire filled by respondents using Structural Equation Modeling (SEM), as well as qualitative method to conduct Focus Group Discussion (FGD) and interviews with various background such as: practitioners, academics and government representatives.
The results showed that the understanding of the advantages of IPv6 to the users or the network administrator is the first priority should be done in regards to encourage behavior of security anticipation on IPv6 network topology
"
2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Khobat Dewa Ruci
"Keselamatan transportasi di Indonesia mencerminkan budaya dan modernitas, namun tingkat kecelakaan lalu lintas yang tinggi menunjukkan tantangan signifikan. Data IRSMS dan Polda Metro Jaya mengungkapkan peningkatan kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas, memperkuat kebutuhan akan penegakan hukum yang efektif. Penerapan ETLE, didukung oleh UU LLAJ No.22 Tahun 2009 dan UU ITE 19 Tahun 2016, merupakan upaya strategis untuk meningkatkan penegakan hukum. Namun, efektivitasnya dalam konteks Jakarta masih memerlukan evaluasi mendalam. Skripsi ini fokus pada kajian faktor psikologis dalam penggunaan ETLE dengan memanfaatkan Theory of Planned Behavior. Hasil analisis menunjukkan faktor-faktor seperti kepercayaan diri, kecemasan, dan pengaruh pengemudi lainnya berperan signifikan dalam kecenderungan pelanggaran. Dengan koefisien beta 0,029 dan t-statistik 15,776, diperlukan pendekatan holistik dalam keselamatan jalan, yang melibatkan infrastruktur, penegakan hukum, pendidikan berkendara, dan aspek psikologis, untuk mencapai target WHO mengurangi kecelakaan 50% di Dekade Aksi Keselamatan Jalan Raya 2021-2031.

Transportation safety in Indonesia reflects its culture and modernity; however, the high rate of traffic accidents indicates significant challenges. Data from IRSMS and the Jakarta Metropolitan Police reveal an increase in accidents and traffic violations, underscoring the need for effective law enforcement. The implementation of ETLE, supported by the Traffic and Road Transportation Law No. 22 of 2009 and the Electronic Information and Transaction Law No. 19 of 2016, represents a strategic effort to enhance law enforcement. However, its effectiveness in the context of Jakarta requires further evaluation. This thesis focuses on the study of psychological factors in the use of ETLE using the Theory of Planned Behavior. The analysis results indicate that factors such as self-confidence, anxiety, and the influence of other drivers significantly contribute to the tendency for violations. With a beta coefficient of 0.029 and a t-statistic of 15.776, a holistic approach to road safety is needed, involving infrastructure, law enforcement, driver education, and psychological aspects, to achieve the WHO's target of reducing accidents by 50% in the Decade of Action for Road Safety 2021-2031."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>