Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 146819 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Putri Martha Natasha
"Indonesia merupakan negara berbasis hukum (rechtsstaat) dimana pemerintahannya dilaksanakan berdasarkan undang-undang, dan adanya upaya untuk menjunjung dan menempatkan hukum pada kedudukan tertinggi (supremacy of law). Untuk mengamalkan hal tersebut, dibutuhkan masyarakat yang memiliki kesadaran akan hukum yang cukup tinggi sehingga masyarakat, sebagai elemen negara, dapat berpartisipasi secara efektif dalam sistem hukum yang ada. Teknologi hukum, atau biasa dikenal sebagai legal technology (legal tech) dapat membantu untuk memfasilitasi kesadaran tersebut. Proses digitalisasi hukum sendiri biasanya terbagi menjadi tiga bagian, salah satunya adalah pengintegrasian produk hukum ke dalam sistem informasi seperti yang dilakukan pada penelitian ini. Penelitian ini dilakukan untuk menggali masalah dan kebutuhan pengguna terkait sistem pencarian dokumen hukum serta mengembangkan dan mengevaluasi prototipe yang menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Penelitian ini dilakukan dalam tiga iterasi menggunakan pendekatan user-centered design. Iterasi pertama dan kedua menghasilkan high-fidelity prototype yang dievaluasi secara kualitatif dengan usability testing. Iterasi ketiga menghasilkan high-fidelity prototype yang dievaluasi secara kuantitatif menggunakan system usability scale (SUS) dan post-study system usability questionnaire (PSSUQ). Berdasarkan hasil penelitian, tim penulis membuat sistem dengan fitur utama antara lain filter yang komprehensif , sort untuk mengurutkan dokumen, daftar isi pada peraturan, informasi terkait peraturan (dokumen peraturan gabungan, dasar hukum, riwayat perubahan, dan peraturan pelaksana), informasi terkait putusan (riwayat putusan dan catatan amar), bookmark dan fitur pembaharuan dokumen pada bookmark. Kemudian, berdasarkan hasil survei pada 48 responden, nilai SUS menunjukkan 70,46 dengan predikat good pada rentang adjectives, predikat acceptable pada rentang acceptability, dan C untuk grade scale. Sedangkan untuk PSSUQ, nilai yang didapat adalah 2,69 untuk system quality, 2,82 untuk information quality, 2,41 untuk interface quality, dan 2,67 untuk overall. Kedua evaluasi tersebut menunjukkan bahwa desain yang dibuat sudah cukup baik. Penelitian ini menghasilkan rancangan desain sistem pencarian ranking-based untuk dokumen legal yang memenuhi kebutuhan pengguna. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada domain legal tech di Indonesia.

In Indonesia, the government operates under the principles of a rechtsstaat, or country based on the rule of law, where there are efforts to uphold and place the law in the highest position (supremacy of law). In order for society to properly engage in the current legal system as a part of the state, it is necessary for society to have a high level of legal awareness. Legal technology, or commonly known legal tech can help to facilitate this awareness. The legal digitization process itself is usually divided into three parts, one of which is the integration of legal products into the information system carried out in this research. The purpose of this research was to investigate issues and user requirements related to legal document search systems, as well as to develop and evaluate prototypes that aim to address these issues. This research uses a user-centered design approach and was carried out in three rounds of iterations. A high-fidelity prototype that was developed during the first and second iterations was evaluated qualitatively through usability testing. The third iteration also produced a high-fidelity prototype which was evaluated quantitatively using the system usability scale (SUS) and post-study system usability questionnaire (PSSUQ). Based on the research results, the research team created a system with main features including comprehensive filters, sort feature to sort the documents, table of contents in regulations, information related to regulations (combined regulatory documents, legal basis, history of changes, and implementing regulations), information related to judgments (judgment history and verdict notes), bookmarks and document update in bookmarks. Then, based on the survey results of 48 respondents, the SUS value showed 70.46 with a good predicate in the adjectives range, an acceptable predicate in the acceptability range, and C for the grade scale. While the PSSUQ value showed 2,69 for system quality, 2,82 for information quality, 2,41 for interface quality, and 2,67 for overall. The results of both evaluations indicated that the design was good. This research produces a draft design of a ranking-based search system for legal documents that meets user needs. It is hoped that this research can contribute to Indonesia's legal tech industry."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cynthia Philander
"Indonesia merupakan negara berbasis hukum (rechtsstaat) dimana pemerintahannya dilaksanakan berdasarkan undang-undang, dan adanya upaya untuk menjunjung dan menempatkan hukum pada kedudukan tertinggi (supremacy of law). Untuk mengamalkan hal tersebut, dibutuhkan masyarakat yang memiliki kesadaran akan hukum yang cukup tinggi sehingga masyarakat, sebagai elemen negara, dapat berpartisipasi secara efektif dalam sistem hukum yang ada. Teknologi hukum, atau biasa dikenal sebagai legal technology (legal tech) dapat membantu untuk memfasilitasi kesadaran tersebut. Proses digitalisasi hukum sendiri biasanya terbagi menjadi tiga bagian, salah satunya adalah pengintegrasian produk hukum ke dalam sistem informasi seperti yang dilakukan pada penelitian ini. Penelitian ini dilakukan untuk menggali masalah dan kebutuhan pengguna terkait sistem pencarian dokumen hukum serta mengembangkan dan mengevaluasi prototipe yang menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Penelitian ini dilakukan dalam tiga iterasi menggunakan pendekatan user-centered design. Iterasi pertama dan kedua menghasilkan high-fidelity prototype yang dievaluasi secara kualitatif dengan usability testing. Iterasi ketiga menghasilkan high-fidelity prototype yang dievaluasi secara kuantitatif menggunakan system usability scale (SUS) dan post-study system usability questionnaire (PSSUQ). Berdasarkan hasil penelitian, tim penulis membuat sistem dengan fitur utama antara lain filter yang komprehensif , sort untuk mengurutkan dokumen, daftar isi pada peraturan, informasi terkait peraturan (dokumen peraturan gabungan, dasar hukum, riwayat perubahan, dan peraturan pelaksana), informasi terkait putusan (riwayat putusan dan catatan amar), bookmark dan fitur pembaharuan dokumen pada bookmark. Kemudian, berdasarkan hasil survei pada 48 responden, nilai SUS menunjukkan 70,46 dengan predikat good pada rentang adjectives, predikat acceptable pada rentang acceptability, dan C untuk grade scale. Sedangkan untuk PSSUQ, nilai yang didapat adalah 2,69 untuk system quality, 2,82 untuk information quality, 2,41 untuk interface quality, dan 2,67 untuk overall. Kedua evaluasi tersebut menunjukkan bahwa desain yang dibuat sudah cukup baik. Penelitian ini menghasilkan rancangan desain sistem pencarian ranking-based untuk dokumen legal yang memenuhi kebutuhan pengguna. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada domain legal tech di Indonesia.

In Indonesia, the government operates under the principles of a rechtsstaat, or country based on the rule of law, where there are efforts to uphold and place the law in the highest position (supremacy of law). In order for society to properly engage in the current legal system as a part of the state, it is necessary for society to have a high level of legal awareness. Legal technology, or commonly known legal tech can help to facilitate this awareness. The legal digitization process itself is usually divided into three parts, one of which is the integration of legal products into the information system carried out in this research. The purpose of this research was to investigate issues and user requirements related to legal document search systems, as well as to develop and evaluate prototypes that aim to address these issues. This research uses a user-centered design approach and was carried out in three rounds of iterations. A high-fidelity prototype that was developed during the first and second iterations was evaluated qualitatively through usability testing. The third iteration also produced a high-fidelity prototype which was evaluated quantitatively using the system usability scale (SUS) and post-study system usability questionnaire (PSSUQ). Based on the research results, the research team created a system with main features including comprehensive filters, sort feature to sort the documents, table of contents in regulations, information related to regulations (combined regulatory documents, legal basis, history of changes, and implementing regulations), information related to judgments (judgment history and verdict notes), bookmarks and document update in bookmarks. Then, based on the survey results of 48 respondents, the SUS value showed 70.46 with a good predicate in the adjectives range, an acceptable predicate in the acceptability range, and C for the grade scale. While the PSSUQ value showed 2,69 for system quality, 2,82 for information quality, 2,41 for interface quality, and 2,67 for overall. The results of both evaluations indicated that the design was good. This research produces a draft design of a ranking-based search system for legal documents that meets user needs. It is hoped that this research can contribute to Indonesia's legal tech industry."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raudhotul Jannah
"Indonesia merupakan negara berbasis hukum (rechtsstaat) dimana pemerintahannya dilaksanakan berdasarkan undang-undang, dan adanya upaya untuk menjunjung dan menempatkan hukum pada kedudukan tertinggi (supremacy of law). Untuk mengamalkan hal tersebut, dibutuhkan masyarakat yang memiliki kesadaran akan hukum yang cukup tinggi sehingga masyarakat, sebagai elemen negara, dapat berpartisipasi secara efektif dalam sistem hukum yang ada. Teknologi hukum, atau biasa dikenal sebagai legal technology (legal tech) dapat membantu untuk memfasilitasi kesadaran tersebut. Proses digitalisasi hukum sendiri biasanya terbagi menjadi tiga bagian, salah satunya adalah pengintegrasian produk hukum ke dalam sistem informasi seperti yang dilakukan pada penelitian ini. Penelitian ini dilakukan untuk menggali masalah dan kebutuhan pengguna terkait sistem pencarian dokumen hukum serta mengembangkan dan mengevaluasi prototipe yang menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Penelitian ini dilakukan dalam tiga iterasi menggunakan pendekatan user-centered design. Iterasi pertama dan kedua menghasilkan high-fidelity prototype yang dievaluasi secara kualitatif dengan usability testing. Iterasi ketiga menghasilkan high-fidelity prototype yang dievaluasi secara kuantitatif menggunakan system usability scale (SUS) dan post-study system usability questionnaire (PSSUQ). Berdasarkan hasil penelitian, tim penulis membuat sistem dengan fitur utama antara lain filter yang komprehensif , sort untuk mengurutkan dokumen, daftar isi pada peraturan, informasi terkait peraturan (dokumen peraturan gabungan, dasar hukum, riwayat perubahan, dan peraturan pelaksana), informasi terkait putusan (riwayat putusan dan catatan amar), bookmark dan fitur pembaharuan dokumen pada bookmark. Kemudian, berdasarkan hasil survei pada 48 responden, nilai SUS menunjukkan 70,46 dengan predikat good pada rentang adjectives, predikat acceptable pada rentang acceptability, dan C untuk grade scale. Sedangkan untuk PSSUQ, nilai yang didapat adalah 2,69 untuk system quality, 2,82 untuk information quality, 2,41 untuk interface quality, dan 2,67 untuk overall. Kedua evaluasi tersebut menunjukkan bahwa desain yang dibuat sudah cukup baik. Penelitian ini menghasilkan rancangan desain sistem pencarian ranking-based untuk dokumen legal yang memenuhi kebutuhan pengguna. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada domain legal tech di Indonesia.

In Indonesia, the government operates under the principles of a rechtsstaat, or country based on the rule of law, where there are efforts to uphold and place the law in the highest position (supremacy of law). In order for society to properly engage in the current legal system as a part of the state, it is necessary for society to have a high level of legal awareness. Legal technology, or commonly known legal tech can help to facilitate this awareness. The legal digitization process itself is usually divided into three parts, one of which is the integration of legal products into the information system carried out in this research. The purpose of this research was to investigate issues and user requirements related to legal document search systems, as well as to develop and evaluate prototypes that aim to address these issues. This research uses a user-centered design approach and was carried out in three rounds of iterations. A high-fidelity prototype that was developed during the first and second iterations was evaluated qualitatively through usability testing. The third iteration also produced a high-fidelity prototype which was evaluated quantitatively using the system usability scale (SUS) and post-study system usability questionnaire (PSSUQ). Based on the research results, the research team created a system with main features including comprehensive filters, sort feature to sort the documents, table of contents in regulations, information related to regulations (combined regulatory documents, legal basis, history of changes, and implementing regulations), information related to judgments (judgment history and verdict notes), bookmarks and document update in bookmarks. Then, based on the survey results of 48 respondents, the SUS value showed 70.46 with a good predicate in the adjectives range, an acceptable predicate in the acceptability range, and C for the grade scale. While the PSSUQ value showed 2,69 for system quality, 2,82 for information quality, 2,41 for interface quality, and 2,67 for overall. The results of both evaluations indicated that the design was good. This research produces a draft design of a ranking-based search system for legal documents that meets user needs. It is hoped that this research can contribute to Indonesia's legal tech industry."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raihan Mahendra Sutanto
"Perkembangan Internet telah memberikan peluang untuk perusahaan layanan hukum mengembangkan usahanya dengan menawarkan produk atau layanannya secara online. Sebagai salah satu online legal service di Indonesia, Justika berusaha memenuhi kebutuhan pengguna terkait informasi dan pengetahuan mengenai hukum dengan membuat sebuah blog. Blog ini bertujuan untuk membantu pengguna memahami situasi atau masalah yang sedang dihadapinya. Akan tetapi, hasil heuristic evaluation pada blog Justika menunjukkan bahwa masih ada masalah usability pada sembilan prinsip dari 10 Usability Heuristics milik Jacob Nielsen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alternatif desain antarmuka blog Justika berdasarkan hasil evaluasi usability dan perilaku pengguna dalam mencari informasi hukum di Internet. Pengembangan alternatif desain antarmuka blog Justika dilakukan dengan menggunakan pendekatan user-centered design dan pengumpulan data penelitian dilakukan menggunakan pendekatan mixed methods. Berdasarkan hasil evaluasi dengan 10 partisipan, rancangan alternatif desain antarmuka blog Justika mendapatkan nilai usability di atas rata-rata dengan skor SUS sebesar 78. Meskipun demikian, alternatif desain antarmuka blog Justika masih perlu perbaikan lebih lanjut pada aspek desain antarmuka khususnya isu konsistensi dan aspek teknis dari fitur pencarian.

The development of the Internet has provided opportunities for legal service companies to expand their businesses by offering their products or services online. As one of the online legal services in Indonesia, Justika strives to meet the needs of users regarding information and knowledge about law by creating a blog. This blog aims to help users understand the situation or problem that is being faced. However, the results of the heuristic evaluation on Justika's blog show that there are still usability issues in the nine principles of Jacob Nielsen's 10 Usability Heuristics. Therefore, this study aims to develop alternative interface designs for Justika blogs based on the results of usability evaluation and user behavior in searching for legal information on the Internet. The development of alternative interface design for Justika's blog is carried out using a usercentered design approach and research data collection is done using a mixed methods approach. Based on the results of evaluations with 10 participants, the alternative interface design for Justika's blog has a usability rating above the average with a SUS score of 78. However, Justika's blog interface design alternatives still need further improvement on the interface design aspect especially the issue of consistency and technical aspects from the search feature."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Hannan Massimo Madjid
"Seiring dengan digitalisasi, bisnis perbankan beradaptasi dengan teknologi finansial untuk mempertahankan pasar dan memenuhi ekspektasi konsumen yang bergeser ke layanan digital. Salah satu aplikasi mobile banking yang menyediakan layanan digital dengan adopsi luas di Indonesia adalah Neobank Mobile Banking. Meskipun sudah memiliki 23 juta pengguna yang terus bertambah, aplikasi ini masih menerima penilaian yang kurang memuaskan dari penggunanya, sebagaimana diketahui melalui social listening pada platform X, App Store, dan Google Play Store. Dengan itu, penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi dan meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi, mengingat pentingnya peran mobile banking dalam perekonomian dan tingginya penggunaan layanan tersebut di Indonesia. Penelitian dilakukan menggunakan metodologi user-centered design (UCD) sesuai dengan standar ISO 9241-210:2010 dan dilaksanakan dalam dua iterasi penuh. Iterasi pertama berfokus untuk memahami fitur yang ditawarkan aplikasi dari sisi pengguna. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan konteks penggunaan serta kebutuhan pengguna terhadap fitur yang sudah ada. Usability antarmuka aplikasi dievaluasi melalui usability testing (UT) dan kuesioner yang mencakup system usability scale (SUS), customer effort score (CES), dan customer satisfaction (CSAT). Evaluasi melibatkan 7 partisipan untuk UT dan 65 responden untuk kuesioner, yang hasilnya menunjukkan bahwa antarmuka aplikasi memerlukan perbaikan. Sementara itu, iterasi kedua bertujuan untuk mencari ide penambahan fitur atau perbaikan aplikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Wawancara juga dilaksanakan untuk menilai kembali ide-ide fitur dari iterasi pertama. Rekomendasi perbaikan antarmuka kemudian disusun sesuai dengan kebutuhan pengguna dan dievaluasi dengan menggunakan instrumen yang sama seperti sebelumnya. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pada usability aplikasi, yang dibuktikan dengan peningkatan nilai SUS dari 59,88 menjadi 82,77, penurunan nilai CES dari 3,05 menjadi 2,05, dan peningkatan nilai CSAT dari 55,38 menjadi 96,92. Kesimpulannya, redesain antarmuka pengguna aplikasi Neobank Mobile Banking berhasil meningkatkan pengalaman pengguna. Penelitian ini merekomendasikan agar penelitian serupa terus dilakukan pada aplikasi mobile banking lainnya di Indonesia untuk meningkatkan kepuasan dan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

With the advent of digitalization, the banking business is adapting to financial technology to retain its market and meet consumer expectations, which are shifting towards digital services. One mobile banking application that provides digital services with widespread adoption in Indonesia is Neobank Mobile Banking. Despite having 23 million users and growing, the application still receives unsatisfactory ratings from its users, as obtained through social listening on platform X, the App Store, and Google Play Store. Accordingly, this research aims to evaluate and improve the user experience of the application, considering the importance of mobile banking in the economy and the high usage of these services in Indonesia. This research was conducted using the user-centered design (UCD) methodology according to ISO 9241-210:2010 standards and was carried out in two full iterations. The first iteration focused on understanding the features offered by the application from the user’s perspective. Interviews were conducted to gain context on the usage and user needs concerning existing features. The usability of the application interface was evaluated through usability testing (UT) and questionnaires, which included the System Usability Scale (SUS), Customer Effort Score (CES), and Customer Satisfaction (CSAT). The evaluation involved 7 participants for UT and 65 respondents for the questionnaire, the results of which indicated that the application interface needed improvement. The second iteration aimed to generate ideas for feature additions or application improvements based on user needs. Interviews were also conducted to reassess the feature ideas from the first iteration. Interface improvement recommendations were then compiled according to user needs and evaluated using the same instruments as before. The evaluation results showed an improvement in the application's usability, evidenced by an increase in SUS score from 59.88 to 82.77, a decrease in CES from 3.05 to 2.05, and an increase in CSAT score from 55.38 to 96.92. In conclusion, the redesign of the Neobank Mobile Banking application’s user interface successfully improved the user experience. This study recommends that similar research be continuously conducted on other mobile banking applications in Indonesia to enhance overall user satisfaction and experience."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Magnolia Fayza Zulkary
"Seiring dengan digitalisasi, bisnis perbankan beradaptasi dengan teknologi finansial untuk mempertahankan pasar dan memenuhi ekspektasi konsumen yang bergeser ke layanan digital. Salah satu aplikasi mobile banking yang menyediakan layanan digital dengan adopsi luas di Indonesia adalah Neobank Mobile Banking. Meskipun sudah memiliki 23 juta pengguna yang terus bertambah, aplikasi ini masih menerima penilaian yang kurang memuaskan dari penggunanya, sebagaimana diketahui melalui social listening pada platform X, App Store, dan Google Play Store. Dengan itu, penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi dan meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi, mengingat pentingnya peran mobile banking dalam perekonomian dan tingginya penggunaan layanan tersebut di Indonesia. Penelitian dilakukan menggunakan metodologi user-centered design (UCD) sesuai dengan standar ISO 9241-210:2010 dan dilaksanakan dalam dua iterasi penuh. Iterasi pertama berfokus untuk memahami fitur yang ditawarkan aplikasi dari sisi pengguna. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan konteks penggunaan serta kebutuhan pengguna terhadap fitur yang sudah ada. Usability antarmuka aplikasi dievaluasi melalui usability testing (UT) dan kuesioner yang mencakup system usability scale (SUS), customer effort score (CES), dan customer satisfaction (CSAT). Evaluasi melibatkan 7 partisipan untuk UT dan 65 responden untuk kuesioner, yang hasilnya menunjukkan bahwa antarmuka aplikasi memerlukan perbaikan. Sementara itu, iterasi kedua bertujuan untuk mencari ide penambahan fitur atau perbaikan aplikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Wawancara juga dilaksanakan untuk menilai kembali ide-ide fitur dari iterasi pertama. Rekomendasi perbaikan antarmuka kemudian disusun sesuai dengan kebutuhan pengguna dan dievaluasi dengan menggunakan instrumen yang sama seperti sebelumnya. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pada usability aplikasi, yang dibuktikan dengan peningkatan nilai SUS dari 59,88 menjadi 82,77, penurunan nilai CES dari 3,05 menjadi 2,05, dan peningkatan nilai CSAT dari 55,38 menjadi 96,92. Kesimpulannya, redesain antarmuka pengguna aplikasi Neobank Mobile Banking berhasil meningkatkan pengalaman pengguna. Penelitian ini merekomendasikan agar penelitian serupa terus dilakukan pada aplikasi mobile banking lainnya di Indonesia untuk meningkatkan kepuasan dan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

With the advent of digitalization, the banking business is adapting to financial technology to retain its market and meet consumer expectations, which are shifting towards digital services. One mobile banking application that provides digital services with widespread adoption in Indonesia is Neobank Mobile Banking. Despite having 23 million users and growing, the application still receives unsatisfactory ratings from its users, as obtained through social listening on platform X, the App Store, and Google Play Store. Accordingly, this research aims to evaluate and improve the user experience of the application, considering the importance of mobile banking in the economy and the high usage of these services in Indonesia. This research was conducted using the user-centered design (UCD) methodology according to ISO 9241-210:2010 standards and was carried out in two full iterations. The first iteration focused on understanding the features offered by the application from the user’s perspective. Interviews were conducted to gain context on the usage and user needs concerning existing features. The usability of the application interface was evaluated through usability testing (UT) and questionnaires, which included the System Usability Scale (SUS), Customer Effort Score (CES), and Customer Satisfaction (CSAT). The evaluation involved 7 participants for UT and 65 respondents for the questionnaire, the results of which indicated that the application interface needed improvement. The second iteration aimed to generate ideas for feature additions or application improvements based on user needs. Interviews were also conducted to reassess the feature ideas from the first iteration. Interface improvement recommendations were then compiled according to user needs and evaluated using the same instruments as before. The evaluation results showed an improvement in the application's usability, evidenced by an increase in SUS score from 59.88 to 82.77, a decrease in CES from 3.05 to 2.05, and an increase in CSAT score from 55.38 to 96.92. In conclusion, the redesign of the Neobank Mobile Banking application’s user interface successfully improved the user experience. This study recommends that similar research be continuously conducted on other mobile banking applications in Indonesia to enhance overall user satisfaction and experience."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zachra Shafira Ramadhanty
"Seiring dengan digitalisasi, bisnis perbankan beradaptasi dengan teknologi finansial untuk mempertahankan pasar dan memenuhi ekspektasi konsumen yang bergeser ke layanan digital. Salah satu aplikasi mobile banking yang menyediakan layanan digital dengan adopsi luas di Indonesia adalah Neobank Mobile Banking. Meskipun sudah memiliki 23 juta pengguna yang terus bertambah, aplikasi ini masih menerima penilaian yang kurang memuaskan dari penggunanya, sebagaimana diketahui melalui social listening pada platform X, App Store, dan Google Play Store. Dengan itu, penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi dan meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi, mengingat pentingnya peran mobile banking dalam perekonomian dan tingginya penggunaan layanan tersebut di Indonesia. Penelitian dilakukan menggunakan metodologi user-centered design (UCD) sesuai dengan standar ISO 9241-210:2010 dan dilaksanakan dalam dua iterasi penuh. Iterasi pertama berfokus untuk memahami fitur yang ditawarkan aplikasi dari sisi pengguna. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan konteks penggunaan serta kebutuhan pengguna terhadap fitur yang sudah ada. Usability antarmuka aplikasi dievaluasi melalui usability testing (UT) dan kuesioner yang mencakup system usability scale (SUS), customer effort score (CES), dan customer satisfaction (CSAT). Evaluasi melibatkan 7 partisipan untuk UT dan 65 responden untuk kuesioner, yang hasilnya menunjukkan bahwa antarmuka aplikasi memerlukan perbaikan. Sementara itu, iterasi kedua bertujuan untuk mencari ide penambahan fitur atau perbaikan aplikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Wawancara juga dilaksanakan untuk menilai kembali ide-ide fitur dari iterasi pertama. Rekomendasi perbaikan antarmuka kemudian disusun sesuai dengan kebutuhan pengguna dan dievaluasi dengan menggunakan instrumen yang sama seperti sebelumnya. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pada usability aplikasi, yang dibuktikan dengan peningkatan nilai SUS dari 59,88 menjadi 82,77, penurunan nilai CES dari 3,05 menjadi 2,05, dan peningkatan nilai CSAT dari 55,38 menjadi 96,92. Kesimpulannya, redesain antarmuka pengguna aplikasi Neobank Mobile Banking berhasil meningkatkan pengalaman pengguna. Penelitian ini merekomendasikan agar penelitian serupa terus dilakukan pada aplikasi mobile banking lainnya di Indonesia untuk meningkatkan kepuasan dan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

With the advent of digitalization, the banking business is adapting to financial technology to retain its market and meet consumer expectations, which are shifting towards digital services. One mobile banking application that provides digital services with widespread adoption in Indonesia is Neobank Mobile Banking. Despite having 23 million users and growing, the application still receives unsatisfactory ratings from its users, as obtained through social listening on platform X, the App Store, and Google Play Store. Accordingly, this research aims to evaluate and improve the user experience of the application, considering the importance of mobile banking in the economy and the high usage of these services in Indonesia. This research was conducted using the user-centered design (UCD) methodology according to ISO 9241-210:2010 standards and was carried out in two full iterations. The first iteration focused on understanding the features offered by the application from the user’s perspective. Interviews were conducted to gain context on the usage and user needs concerning existing features. The usability of the application interface was evaluated through usability testing (UT) and questionnaires, which included the System Usability Scale (SUS), Customer Effort Score (CES), and Customer Satisfaction (CSAT). The evaluation involved 7 participants for UT and 65 respondents for the questionnaire, the results of which indicated that the application interface needed improvement. The second iteration aimed to generate ideas for feature additions or application improvements based on user needs. Interviews were also conducted to reassess the feature ideas from the first iteration. Interface improvement recommendations were then compiled according to user needs and evaluated using the same instruments as before. The evaluation results showed an improvement in the application's usability, evidenced by an increase in SUS score from 59.88 to 82.77, a decrease in CES from 3.05 to 2.05, and an increase in CSAT score from 55.38 to 96.92. In conclusion, the redesign of the Neobank Mobile Banking application’s user interface successfully improved the user experience. This study recommends that similar research be continuously conducted on other mobile banking applications in Indonesia to enhance overall user satisfaction and experience."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faza Azaria Kramadibrata
"Dengan kebiasaan belanja online yang meningkat di Indonesia, banyak toko ritel mulai mengembangkan aplikasi toko belanja online milik mereka sendiri untuk menjaga competitive edge perusahaan, tidak terkecuali PT Midi Utama Indonesia (AlfaMidi) dengan aplikasinya yang bernama MidiKriing. Dengan banyaknya kompetitor penydia aplikasi belanja online aplikasi MidiKriing perlu dikembangkan agar pengguna nyaman ketika menggunakan aplikasinya. Namun masih terdapat beberapa keluhan dan kesulitan yang dirasakan dalam mengoperasikan aplikasi ini. Salah satu masalah terbesar adalah tentang desain antarmuka aplikasi dan pengalaman pengguna aplikasi, maka penelitian ini akan membahas perancangan ulang antarmuka aplikasi MidiKriing untuk meningkatkan kenyamanan pengguna ketika menggunakan aplikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Design Thinking agar solusi dari masalah yang dihasilkan dapat berorientasi terhadap kebutuhan target pengguna utama MidiKriing yaitu ibu-ibu Indonesia berusia 25-56 tahun yang sudah berkeluarga. Dengan menggunakan metode SCAMPER, tools empathy map, customer journey, dan beberapa tools dalam usability testing, penulis akan merancang rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan para penggunanya
With online shopping habits increasing in Indonesia, retail stores are starting to develop their own online shopping store applications to maintain the company's competitive advantage, including PT Midi Utama Indonesia (AlfaMidi) with its application called MidiKriing. With the competition for online shopping application providers, the MidiKriing application needs to be developed so that users are comfortable when using the application. However, there are still some complaints and difficulties that are felt in operating this application. One of the biggest problems is about the design of the application interface and the user experience of the application, so in this study we will discuss the design of the MidiKriing application interface to increase user comfort when using the application. This study uses a Design Thinking approach so that the solution of the resulting problem can be oriented to the needs of the main target users of MidiKriing, namely Indonesian mothers aged 25-56 years who are already married. Using the SCAMPER method, the empathy map tool, the customer journey, and several usability testing tools, the researcher will design recommendations that fit the needs of its users.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kurnia Ilham Wijayadi
"E-Wallet telah menjadi sebuah sarana pembayaran yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap e-Wallet memiliki keunikan tersendiri. Dari penelitian yang sudah ada, belum ditemukan penelitian yang berfokus pada evaluasi pengalaman pengguna yang menyeluruh. Oleh karena itu, penelitian ini membahas pengalaman pengguna dengan mengevaluasi aplikasi GoPay, OVO, dan ShopeePay serta mengembangkan desain antarmuka alternatif untuk menjawab permasalahan tersebut. Desain antarmuka alternatif dikembangkan untuk memberikan pengalaman terbaik yang didasarkan kepada keunggulan dari ketiga aplikasi e-Wallet yang diteliti. Proses perancangan desain antarmuka dilakukan dengan metode User-Centered Design (UCD). Desain antarmuka yang diajukan mencakup pada fitur top-up dan pembayaran. Untuk menguji usability dari desain antarmuka yang diusulkan, dilakukan usability testing dan pengisian kuesioner system usability scale (SUS). Hasil pengujian menunjukkan bahwa rancangan desain antarmuka yang diajukan memiliki usability yang lebih baik daripada ketiga aplikasi-wallet yang diteliti. Hasil penelitian dapat dijadikan sebagai implikasi praktis tentang bagaimana pengembang aplikasi e-Wallet dapat mengembangkan aplikasi e-Wallet yang memiliki nilai usability yang baik. Lalu, penelitian ini juga dapat dijadikan implikasi teoritis tentang bagaimana penelitian ini menjelaskan komponen-komponen diperlukan dalam suatu e-wallet.

E-Wallet has become a means of payment that is commonly used in everyday life. Each e-Wallet has its own uniqueness. From the existing research, no research has been found that focuses on evaluating a comprehensive user experience. Therefore, this study discusses user experiences with the implementation of GoPay, OVO, and ShopeePay and develops alternative interface designs to answer these problems. An alternative interface design developed to provide the best experience based on the advantages of the three researched e-Wallet applications. The interface design process is carried out using the User-Centered Design (UCD) method. The proposed interface design includes top-up and payment features. To test the usability of the proposed interface design, usability testing and filling out the system usability scale (SUS) questionnaire were carried out. The test results show that the proposed interface design has better usability than the three application wallets studied. The results of the research can be used as a practical about how e-Wallet application developers can develop e-Wallet applications that have good usability value. Then, this research can also be used as a theory of how this research explains the components needed in an e-wallet."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Agung Yulianang
"E-Wallet telah menjadi sebuah sarana pembayaran yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap e-Wallet memiliki keunikan tersendiri. Dari penelitian yang sudah ada, belum ditemukan penelitian yang berfokus pada evaluasi pengalaman pengguna yang menyeluruh. Oleh karena itu, penelitian ini membahas pengalaman pengguna dengan mengevaluasi aplikasi GoPay, OVO, dan ShopeePay serta mengembangkan desain antarmuka alternatif untuk menjawab permasalahan tersebut. Desain antarmuka alternatif dikembangkan untuk memberikan pengalaman terbaik yang didasarkan kepada keunggulan dari ketiga aplikasi e-Wallet yang diteliti. Proses perancangan desain antarmuka dilakukan dengan metode User-Centered Design (UCD). Desain antarmuka yang diajukan mencakup pada fitur top-up dan pembayaran. Untuk menguji usability dari desain antarmuka yang diusulkan, dilakukan usability testing dan pengisian kuesioner system usability scale (SUS). Hasil pengujian menunjukkan bahwa rancangan desain antarmuka yang diajukan memiliki usability yang lebih baik daripada ketiga aplikasi-wallet yang diteliti. Hasil penelitian dapat dijadikan sebagai implikasi praktis tentang bagaimana pengembang aplikasi e-Wallet dapat mengembangkan aplikasi e-Wallet yang memiliki nilai usability yang baik. Lalu, penelitian ini juga dapat dijadikan implikasi teoritis tentang bagaimana penelitian ini menjelaskan komponen-komponen diperlukan dalam suatu e-wallet.

E-Wallet has become a means of payment that is commonly used in everyday life. Each e-Wallet has its own uniqueness. From the existing research, no research has been found that focuses on evaluating a comprehensive user experience. Therefore, this study discusses user experiences with the implementation of GoPay, OVO, and ShopeePay and develops alternative interface designs to answer these problems. An alternative interface design developed to provide the best experience based on the advantages of the three researched e-Wallet applications. The interface design process is carried out using the User-Centered Design (UCD) method. The proposed interface design includes top-up and payment features. To test the usability of the proposed interface design, usability testing and filling out the system usability scale (SUS) questionnaire were carried out. The test results show that the proposed interface design has better usability than the three application wallets studied. The results of the research can be used as a practical about how e-Wallet application developers can develop e-Wallet applications that have good usability value. Then, this research can also be used as a theory of how this research explains the components needed in an e-wallet."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>