Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 131085 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Rauf Usman
"Zirconium-Doped Sodium Lithium Titanate, Na2Li2Ti5,9Zr0,1O14 (NaLTOZr) adalah kandidat yang menjanjikan sebagai bahan anoda baterai ion litium. Dalam penelitian ini, cairan berupa ammonium polikarbonat, (NH4)2CO3)n ditambahkan sebagai dispersan pada proses penggilingan basah bahan anoda untuk menghindari agglomerasi partikel. Tiga variasi penambahan konten (NH4)2CO3)n dalam persen berat relatif terhadap berat anoda, yaitu 0, 10, dan 20%. Bahan anoda kemudian dikarakterisasi menggunakan pengujian Field Emission Scanning Electron Microscopy (FESEM) dan X-Ray Diffraction (XRD) untuk mengetahui struktur, morfologi, persebaran butir, serta fasa yang terbentuk. Setelah itu, bahan anoda diuji performanya menggunakan pengujian Cyclic Voltammetry (CV) dan Charge-Discharge (CD) untuk mengamati kelayakan sampel sebagai anoda dalam baterai ion litium setelah penambahan ((NH4)2CO3)n.

Sodium Lithium-Doped Zirconium, Na2Li2Ti5,9Zr0,1O14 (NaLTOZr) is a promisingcandidate as a lithium-ion battery anode material. In this study, a liquid containing ammonium polycarbonate, ((NH4)2CO3) was added as a dispersant in the grinding process of anode wet material to prevent agglomeration of particles. Three variations of content change ((NH4)2CO3)n in percent by weight relative to the weight of the anode, namely 0, 10, and 20 wt%. The anode material is then characterized using X-Ray Diffraction (XRD) and Field Emission Scanning Electron Microscopy (FESEM). These tests are carried out to test the effect of ((NH4)2CO3) on the structure, morphology, and surface area of the anode sample produced. The anode material is also subject to the Cyclic Voltammetry (CV) and Charge-Discharge (CD) tests, to test the suitability of the sample as an anode in lithium-ion batteries after the addition of ((NH4)2CO3)n."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sihombing, Dian Sepala
"ABSTRAK
Optimasi Anoda LTO-Sn dengan Penambahan Karbon Aktif pada Baterai Litium-ion Penelitian ini membahas mengenai optimasi anoda LTO-Sn dengan penambahan karbon aktif. Persen Sn yang ditambahkan adalah 5, 7.5, dan 12.5 berat. Sementara pada LTO dengan kadar karbon 5, 15 dan 25 berat, ditambahkan Sn 7.5 berat. Analisi sintesis material dilakukan dengan menguji XRD, BET dan SEM. Analisis performa baterai dilakukan dengan uji EIS, CV, dan CD. Didapatkan luas permukaan yang lebih besar dengan penambahan karbon. Pengamatan SEM juga menunjukkan morfologi yang lebih halus, ditunjukkan dengan ukuran partikel yang lebih kecil, walaupun masih terdapat aglomerat beras dan kecil. Hasil EIS menunjukkan penambahan Sn memberikan nilai konduktivitas yang lebih baik, sementara penambahan karbon menurunkan konduktivitas. Hasil CD menunjukkan penambahan Sn menurunkan kapasitas pada 12C sementara penambahan karbon menaikkan kapasitas yang bisa tercapai. Hasil XRD dan CV menunjukkan terdapat senyawa LTO, TiO2 rutile, TiO2 anatase, dan Sn. LTO dengan penambahan Sn 7.5 dan karbon 5 menjadi parameter optimum untuk mencapai kapasitas sebesar 270.2 mAh/g pada saat discharge dan LTO dengan penambahan Sn 12.5 menjadi sampel dengan kapasitas charge terbesar yaitu 191.1 mAh/g

ABSTRACT
Optimization of LTO Sn Anode with Activated Carbon Addition on Lithium ion Batteries This study discusses the LTO Sn anode optimization with the addition of activated carbon. Percent Sn added was 5, 7.5, and 12.5 wt. While the LTO with a carbon content of 5, 15 and 25 added 7.5 wt Sn. Analysis done by testing the material synthesis XRD, BET and SEM. Analysis of the performance of the battery is done by using EIS, CV, and CD. Obtained a larger surface area with the addition of carbon. SEM observations also show finer morphology, shown with a smaller particle size, although there are small and big agglomerates. EIS results showed the addition of Sn provides better conductivity value, while the addition of carbon to lower the conductivity. The CD results showed the addition of Sn lowering capacity at 12C while adding carbon to raise capacity that could be achieved at same C rates. The results of XRD and CV shows there are LTO compound, TiO2 rutile, TiO2 anatase, and Sn. LTO with the addition of Sn 7.5 and 5 carbon given optimum parameters to achieve a capacity of 270.2 mAh g at discharge. LTO with the addition of Sn 12.5 to the sample achieve a charge capacity 191.1 mAh g"
2017
T46920
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Salaam
"Litium Titanat (Li4Ti5O12) memiliki beberapa kelebihan : sifat zero strain, charge-discharge yang panjang, tidak menimbulkan SEI (Solid Electrolyte Interphase). Namun Litium Titanat (LTO) memiliki kapasitas yang rendah (10-9 S cmn-1), dimana diatasi melalui pembuatan komposit dengan material lain. Grafit memiliki kapasitas spesifik yang besar, 372 mAh/g. Penambahan ZnO dapat meningkatkan kapasitas dan konduktivitas.
Penelitian ini berfokus mengetahui pengaruh penambahan ZnO variasi 3%, 5%, dan 7% dengan konsentrasi grafit tetap sebesar 5% sintesis solid state dengan sampel pembanding neat LTO dan LTO/Grafit disertai penambahan serbuk LiOH sebesar 6%. XRD menunjukkan adanya Li4Ti5O12 yang terbentuk, dengan ukuran kristalit terbesar pada LTO/Grafit-ZnO 3%. Hasil EIS menunjukkan LTO/Grafit-ZnO 5% memiliki konduktivitas terbaik.
Hasil CV menunjukkan Eo terbesar pada 3%, dan uji CV menghasilkan kapasitas spesifik yang lebih besar dari pengujian CD akibat C rate yang lebih besar, dengan kapasitas spesifik tertinggi CV pada LTO/Grafit-ZnO 3%, dan kapasitas terbesar CD pada LTO/Grafit-ZnO 5%, tidak terlalu jauh dengan kapasitas LTO/Grafit-ZnO 3%.
Perhitungan retensi menunjukkan LTO/Grafit-ZnO 3% memiliki rate capability baik sehingga tahan lama. Ketiga sampel memiliki efisiensi coulomb tinggi, sehingga tidak ada energi yang hilang selama charge-discharge. Meninjau hasil penelitian, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menghasilkan hasil yang optimal dalam meningkatkan konduktivitas serta kapasitas.

Lithium Titanate (L4Ti5O12) has several advantages, zero strain, good charge-discharge stability, and does not form SEI (Solid Electrolyte Interphase). However, LTO has low specific capacity (10-9 S cmn-1), and to improve that is to make a composite with another materials. Graphite has high specific capacity, 372 mAh/g, and the addition of ZnO would enhanced the capacity and conductivity.
This research focused on examined the effect of ZnO by various concentration 3%, 5% and 7% with a fixed concentration of graphite 5% by using solid state method and make a comparison between the neat LTO along with LTO/Graphite with the addition of excess LiOH 6% for LTO. XRD shows the presence of Li4Ti5O12 on each samples with the biggest crystallite size found in LTO/Graphite-ZnO 3%.
EIS shows LTO/Graphite-ZnO 5% has the best conductivity, and CV shows that LTO/Graphite-ZnO 3% has the biggest specific capacity. CD shows LTO/Graphite-ZnO 5% has the biggest capacity, with a little deviation form LTO/Graphite-ZnO 3%.
Retention indicate the LTO/Graphite-ZnO 3% has good rate capability, and all the samples have good coulumbic efficiency, indicates no energy lost during charge-discharge. Reveiweing the results, further research is need to obtained the best results.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fauzan Hernowo
"Litium Titanat, Li4Ti5O12 (LTO) adalah kandidat yang menjanjikan sebagai bahan anoda baterai lithium ion. LTO dalam bentuk struktur nanorod akan lebih menjanjikan lagi dengan sifatnya yang lebih baik disbanding struktur biasa. Dalam penelitian ini, LTO nanorod akan disintesis dengan menggunakan bubuk TiO2 melalui cara hidrotermal dengan bantuan litium hidroksida (LiOH). Setelah itu, Grafit dan Nano-Timah akan ditambahkan Bersama LTO Nanorod. Tiga variasi penambahan konten Nano-Timah dalam % berat, yaitu, 5, 10 dan 15%, diberi label sampel LTO/C-5%Nano Sn, LTO/C-10%Nano Sn and LTO/C-15%Nano Sn. Karakterisasi dilakukan menggunakan XRD dan SEM untuk mengamati efek penambahan Nano-Timah pada struktur dan morfologi sampel yang dihasilkan. Hasil menunjukkan bahwa penambahan Nano-Ttimah 10% (LTO/C-10%Nano Sn) memiliki kapasitas spesifik tertinggi dengan 87.07 mAh g-1. Hasil dari tes Electrochemical Impedance Spectroscopy juga menunjukkan LTO/C-10%Nano Sn memiliki konduktivitas terbaik dengan nilai resistansi terkecil.

Lithium titanate, Li4Ti5O12 (LTO) is a promising candidate as lithium ion battery anode material. LTO in nanorod structure could be even more promising as its properties are better than regular structure. In this investigation, LTO nanorod was prepared by using TiO2 powder then processed by hydrothermal method, with the help of lithium hydroxide (LiOH), resulting in LTO. Graphite and Nano Tin are mixed together with LTO using solid-state method. Three variations of Nano Tin content addition in weight%, i.e., 5, 10 and 15%, labelled as sample LTO/C-5%Nano Sn, LTO/C-10%Nano Sn and LTO/C-15%Nano Sn, respectively. The characterizations were made using XRD and SEM testing. These were performed to observe the effect of Nano Tin addition on structure and morphology of the resulting samples. The result showed that the addition of Nano-Tin of 10% (LTO/C-10%Nano Sn) has the highest specific capacity with 87.07 mAh g-1. According to Electrochemical Impedance Spectroscopy, LTO/C-10%Nano Sn also has the best conductivity with the lowest resistivity. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Iqbal
"Jenis baterai yang banyak dipakai saat ini, yaitu baterai ion litium. LTO merupakan material anoda yang menjanjikan karena memiliki siklus yang stabil, kapabilitas tinggi, dan aman dengan elektrolit konvensional. Alasan lain yang menjadikan LTO sebagai material yang menjanjikan untuk digunakan sebagai baterai ion litium yaitu karena memiliki sifat interkalasi dan deinterkalasi ion litium yang baik dan juga mobilitas ion litium yang luar biasa. Untuk meningkatkan kembali performa dari LTO demi memenuhi kebutuhan media penyimpan energi yang tinggi maka pada penelitian kali ini dilakukan doping pada LTO dengan co-doping Mg dan Mn dengan penambahan cerasperse sebagai zat pendispersi pada saat sintesis material aktif. Dispersan cerasperse (Ammonium Polycarbonate) bisa digunakan untuk mendispersikan partikel dan juga menghindari terjadinya agregasi. Dispersan memiliki peran positif terhadap penyebaran material aktif pada elektroda. Ketika penyebaran material aktif merata maka akan meningkatkan performa dari baterai. Metode untuk pencampuran prekursor sintesis awal dilakukan dengan metode solid-state dan dibantu dengan proses sonikasi. Variasi pada penambahan cerasperse yaitu sebesar 0%, 2,5%, 5%, dan 7,5%. Dari hasil pengujian SEM EDS menunjukkan bahwa penambahan cerasperse sebanyak 7,5% bisa mengurangi terjadinya aglomerasi dan meningkatkan persebaran partikel pada serbuk LTO/MgMn. Pada penambahan cerasperse sebanyak 7,5% juga terjadi peningkatan konduktifitas dari baterai berdasarkan pengujian EIS tetapi kapasitas spesifik yang dihasilkan buruk berdasarkan pengujian CV dan CD.

The lithium ion battery is the sort of battery that is most frequently used nowadays. LTO is a guaranteed anode material because it has a stable cycle, high capability, and is safe with conventional electrolytes. Another reason that makes LTO a promising material for use in lithium ion batteries is that it has good lithium ion intercalation and deintercalation properties as well as the outstanding mobility of lithium ions. To improve the performance of LTO in order to meet the need for high energy storage media, in this study, LTO was doped with Mg and Mn co-doping with the addition of cerasperse as a dispersing agent during the synthesis of active materials. Dispersants like Cerasperse (Ammonium Polycarbonate) can be employed to spread particles out while also preventing agglomeration. Dispersants have a positive role in the dispersion of the active matter on the electrodes. When the active material is evenly distributed, it will improve the performance of the battery. The method for mixing the precursors of the initial synthesis was carried out by the solid-state method and assisted by the sonication process. Variations in the addition of cerasperse are 0%, 2.5%, 5%, and 7.5%. From the results of the SEM EDS test, it was shown that the addition of 7.5% cerasperse could reduce the occurrence of agglomeration and increase the distribution of particles in LTO/MgMn powder. According to EIS tests, the battery's conductivity increased at a cerasperse addition of 7.5 %, however the specific capacity produced was poor based on chargedischarge."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pierre Wolter Winowatan
"Konsumsi bahan bakar fosil telah dianggap sebagai salah satu kebutuhan utama kita. Penggunaan bahan bakar fosil bisa merusak lingkungan dengan menghasilkan polusi sebagai produk dari pembakaran bahan bakar fosil. Ada banyak penemuan mengenai pengembangan penyimpanan energi seperti baterai. Penggunaan baterai lithium-ion dapat menjanjikan untuk aplikasi yang membutuhkan daya tinggi dan salah satu kandidat untuk mengalihkan penggunaan bahan bakar fosil. Lithium titanat adalah bahan yang menjanjikan untuk digunakan sebagai bahan anoda. Penambahan silikon yang memiliki kapasitas teoritis 4200 mAh g-1 telah membuat lithium titanat dan silikon untuk saling melengkapi dan bersinergi satu sama lain. Lithium titanate disintesis menggunakan metode sol-gel dan metode solid state. Peracikan dengan elemen silikon dalam slurry dapat mencegah perubahan fase dari silikon menjadi SiO2. Kadar silikon dibagi menjadi tiga komposisi 10 , 20 dan 30 dengan nomenklatur LTO-Si10 sr, LTO-Si20 sr dan LTO-Si30 sr untuk setiap sampel memiliki konten yang berbeda dari silikon masing-masing. Kapasitas tertinggi terkait dengan tingkat C rate yang berbeda adalah LTO-Si20 sr dan Diikuti oleh LTO-Si10 sr yang dimana kapasitas saat C rate berbeda LTO-Si30 memiliki kapasitas yang terbilang buruk.

The consumption of fossil fuel has been considered as one of our main necessity. The use of fossil fuel could damage our environment with the produce of pollution as the combustion product of fossil fuel. There are many inventions regarding the development of energy storage such as battery. The use of lithium ion has been promising for high power application and one of the candidates to divert the usage of fossil fuel. Lithium titanate is a promising material to be used as anode material. The addition of silicon which has theoretical capacity of 4200 mAh g 1 has made lithium titanate and silicon to compliment and synergize with one another. The lithium titanate was synthesized using sol gel and solid state methods. The compounding with silicon element was in the slurry making to prevent any phase changes of silicon to be SiO2. The silicon content was divided into three compositions of 10, 20 and 30 with the nomenclature of LTO Si10 sr, LTO Si20 sr and LTO Si30 sr for each sample having different content of silicon respectively. The highest capacity associated with different C rate is LTO Si20 sr and followed by LTO Si10 sr with LTO Si30 sr having poor overall capacity."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S69280
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hugo Abraham
"Optimalisasi kinerja untuk anoda baterai lithium-ion (LIBs) dapat dilakukan dengan mencampur ZnO-nanorods dengan ketentuan Karbon Aktif. Dalam penelitian ini, ZnO-nanorods di sintesis melalui suatu proses yang menggunakan bahan dasar HMTA dan Zinc Oxide. Untuk mengatasi masalah ini karbon telah diaktifkan karena memiliki sifat konduktivitas yang baik dan dapat mempengaruhi volume yang terjadi. Variasi dalam persentase nanorods ZnO yang 4wt%, 7wt%, dan 10wt%. Karakterisasi sampel diperiksa menggunakan X-Ray Diffraction (XRD), Scanning Electron Microscope (SEM), dan Brunauer-Emmett-Teller (BET). Kinerja baterai sampel diperoleh dengan Electrochemical Impedance Spectroscopy (EIS), Cyclic Voltammetry (CV), dan Charge-Discharge (CD) pengujian setelah dirangkai menjadi baterai sel berbentuk koin.
Penelitian ini membahas tentang pengaruh penambahan karbon aktif terhadap komposit nanorod ZnO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nanorod AC-10%/ZnO-7% memiliki kapasitas spesifik tertinggi 270,9 mAh/g. Menurut tes Brunner-Emmet-Teller (BET), luas permukaan terbesar adalah 631.685 m2/g. Kinerja elektrokimia paling baik diperoleh oleh nanorods AC-10%/ZnO-7%.

Performance optimization for lithium-ion battery anodes (LIBs) can be done by mixing ZnO-nanorods with the provisions of Active Carbon. In this study, ZnO-nanorods synthesized a process that uses basic ingredients HMTA and Zinc Oxide, in addition. To solve this problem, carbon has been activated because it has good conductivity properties and can affect the volume that occurs. Variations in the percentage of ZnO nanorods which are 4wt%, 7wt%, and 10wt%. Characterization of the samples was examined using X-Ray Diffraction (XRD), Scanning Electron Microscope (SEM), and Brunauer-Emmett-Teller (BET). The battery performance of the samples was obtained by Electrochemical Impedance Spectroscopy (EIS), Cyclic Voltammetry (CV), and Charge-Discharge (CD) testing after being assembled into coin cell batteries.
This study discusses the effect of adding activated carbon to ZnO nanorods composites. The results showed that the AC-10%/ZnO-7% nanorods have the highest specific capacity of 270.9 mAh/g. According to Brunner-Emmet-Teller (BET) test, the largest surface area was 631.685 m2/g. Electrochemical performance is best obtained by AC-10% / ZnO-7% nanorods.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Panjaitan, Abyan Abdillah Saoloan
"Optimalisasi kinerja untuk anoda baterai lithium-ion (LIBs) dapat dilakukan dengan menambahkan ZnO melalui reaksi sol-gel solid-state. Dalam penelitian ini, Li4Ti5O12 (LTO) yang digunakan disintesis melalui proses sol-gel solid-state dan ditambahkan dengan ZnO-nanorods yang diperoleh dari proses sintesis ZnO- nanorods setelah sintesis LTO selesai. LTO-ZnO yang diperoleh ditandai untuk menentukan fase utama dan komposisi kimia oleh XRD dan SEM-EDS masing-masing. Kinerja elektrokimia dari LTO-ZnO diuji oleh EIS, CV, dan CD. Karakterisasi ZnO-nanorods dengan hasil SEM-EDS menunjukkan bahwa ZnO di dalam LTO terdispersi secara homogen.
Karakterisasi menggunakan XRD mengungkapkan bahwa ZnO berhasil memasuki LTO dengan variasi jumlah 4, 7, dan 10% berat ZnO. Uji konduktivitas listrik menunjukkan peningkatan pada penambahan jumlah ZnO optimum pada 4% berat, meskipun hasil BET menunjukkan pada jumlah optimum luas permukaan dengan 75.545 m2/g. Hasil kinerja elektrokimia menunjukkan kinerja yang optimal dalam ZnO pada 4% berat karena kemampuannya untuk menahan tes EIS pada 20C dibandingkan dengan 7% berat dan 10% berat. Juga kapasitas 4% berat yang ditambahkan adalah 110,2 mAh/g dibandingkan dengan 7% berat dengan 109,1 mAh/g dan 10% berat dengan 96,7 mAh/g.

Performance optimization for anode of lithium-ion batteries (LIBs) can be conducted by adding ZnO through sol-gel solid-state reaction. In this research, the Li4Ti5O12 (LTO) used was synthesized through sol-gel solid-state process and added with ZnO-nanorods obtained ZnO synthesis after LTO synthesis done. LTO-ZnO obtained was characterized to determine the main phase and chemical composition by XRD and SEM-EDS respectively. Electrochemical performance of LTO-ZnO was tested by EIS, CV, and CD. ZnO-nanorods characterization with SEM-EDS results shows that the ZnO inside the LTO dispersed homogenously.
Characterization using XRD revealed that the ZnO successfully enter the LTO with the variation of amount of 4, 7, and 10 wt % of ZnO. Electric conductivity test shows improvement at an optimum addition amount of ZnO at 4 wt%, although BET result shows at the optimum amount of surface area with 75.545 m 2 /g. Electrochemical performance result shows optimum performance in ZnO at 4 wt% for its ability to withstand EIS test at 20C compared to 7 wt% and 10 wt%. Also, capacity of 4 wt% added is 110,2mAh/g compared to 7 wt% with 109.1 mAh/g and 10 wt% with 96,7 mAh/g.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nawang Annisa
"Litium titanat Li4Ti5O12 merupakan salah satu material yang sedang dikembangkan sebagai anoda pada baterai litium ion. Kelebihan litium titanat diantaranya memiliki sifat zero-strain yaitu tidak terjadi perubahan volume atau perubahan volume yang sangat rendah (<1%) saat charge dan discharge, tidak menimbulkan SEI, dan dapat digunakan untuk high rate. Namun litium titanat memiliki kelemahan berupakonduktivitas listrik dan kapasitas yang rendah. Oleh karena itu perlu dikombinas ika n dengan bahan lain yang memiliki kapasitas tinggi seperti silikon dan bahan yang memilik i konduktivitas listrik tinggi seperti karbon.
Dalam penelitian ini komposit Li4Ti5O12-C/Si Nano dibuat untuk mendapat anoda dengan kapasitas dan konduktivitas listrik yang tinggi. Karbon ditambahkan dengan variasi 1, 3, dan 5 wt% pada saat proses sol-gel, sedangkan Si nano ditambahkan sebesar 10 wt% dari total material aktif pada pembuatan slurry. Karbon yang ditambahkan merupakan karbon aktif yang sebelumnya telah dilakukan proses aktivasidengan menggunakan NaOH.Karbon aktif hasil aktivasi dilakukan karakterisasi BET dan SEM-EDS. Sementara, komposit Li4Ti5O12-C/Si Nano di karakterisasi dengan XRD danSEM-EDS, sertadilakukan pengujian EIS, CV, dan CDuntuk mengetahui performa elektrokimia baterai. Karbon aktif memiliki luas permukaan spesifik sebesar 490,007 m2/g serta ditemukan pori pada struktur mikro karbon aktif.
Berdasarkan hasil uji EIS diperoleh bahwa konduktivitas listrik tertinggi terdapat padaLi4Ti5O12-1%C/Si Nano. Kapasitas spesifik tertinggiberdasarkan hasil uji CVterdapat pada Li4Ti5O12-3%C/Si Nanoyaitu sebesar 168 mAh/g.Kapasitas charge-discharge tertinggi pada current rate 0,2 C sampai 20 C berdasarkan hasil uji CD terdapat pada Li4Ti5O12-5%C/Si Nano.

Lithium titanate is one of the materials being developed as anode in Li-ion battery. Lithium titanate has zero-strain properties that does notvolume change or very low volume change (<1%) at charge and discharge, does not cause SEI, and can be used for high rate. However, lithium titanate has a weakness such aslowelectrical conductivit y and low capacity. Therefore,it needs to be combined with high-capacity materials such as silicon and materials that have high electrical conductivity such as carbon.
In this study,the composite Li4Ti5O12-C/Si Nano was made toobtain an anode with high capacity and electricalconductivity. Carbon is added with a variation of 1, 3, and 5 wt% during the sol-gel process, while Si nano is added by 10wt% of the total activematerialingred ie nt in the slurry making. The carbon added is activated carbon which has previously been activated by using NaOH. Activated carbon as activation result ischaracterized by BET and SEM-EDS. Composite Li4Ti5O12-C/Si nano is characterized by XRD and SEM-EDS. Then, to determine the battery performance, EIS, CV, and CD testwere conducted. Activated carbon has a specific surface area of 490.007 m2/g and found pores in the micro structureof activated carbon.
Based on EIS test results obtained that the highest electrical conductivity is found in Li4Ti5O12-1%C/SiNano. The highest specific capacity based on CV test resultsis found inLi4Ti5O12-3%C/Si Nanowhich is168 mAh/gand the highest charge-discharge capacity at current rate 0,2 C to 20 C based on CD test results is found in Li4Ti5O12-5%C/SiNano.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aisha Betalia
"LTO atau Li4Ti5O12 litium titanat merupakan suatu senyawa yang digunakan sebagai komponen anoda dalam baterai Li-ion. Anoda LTO digunakan karena memiliki sifat zero strain dan juga tidak menghasilkan SEI Solid Electrolyte Interphase yang dimana menyebabkan rendahnya performa baterai. Namun, LTO juga memiliki masalah yaitu kapasitasnya yang rendah. Untuk mengatasi masalah ini, LTO perlu dikombinasikan dengan material lain yang memiliki kapasitas tinggi seperti karbon aktif dan Sn. Selain itu, dengan membuat LTO menjadi bentuk nanorod pun juga akan meningkatkan performa baterai. LTO nanorod disintesis dengan metode hidrotermal di dalam larutan NaOH 4 M. Kemudian LTO nanorod yang telah disintesis dicampur dengan Sn yang bervariasi, yaitu 5, 10, dan 15 wt , serta 5 wt karbon aktif. Komposit LTO nanorod/Sn-CA tersebut kemudian dikarakterisasi menggunakan XRD, SEM-EDS, dan BET. Performa baterai juga diuji menggunakan pengujian EIS, CV, dan CD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapasitas tertinggi didapatkan oleh LTO nanorod/15 Sn-CA yaitu sebesar 127,24 mAh/g. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LTO nanorod/15 Sn-CA dapat digunakan sebagai alternatif untuk komponen anoda.

LTO or Li4Ti5O12 lithium titanate is a compound that is used as an anode component in lithium ion battery. LTO anode is used because it has zero strain properties and doesn rsquo t produce SEI solid electrolyte interphase which cause low battery performance. However, LTO also has a problem, which is its low capacity. To overcome this problem, the LTO needs to be combined with other materials that have high capacity, which, in this case, are active carbon AC and Sn. Making the LTO to be nano sized can also improve the performance of the battery, thus we tried to synthesize LTO in nanorods form. LTO nanorods is synthesized by hydrothermal in NaOH 4 M solution. The LTO nanorods is mixed with various Sn 5wt , 10wt , and 15wt and 5wt activated carbon. LTO nanorods Sn AC composite was characterized using XRD, SEM EDS, and BET and the battery performance was analyzed by EIS, CV, and CD. The results showed that the highest capacity was obtained at LTO nanorods AC 15wt Sn with 127.24 mAh g. This result shows that LTO nanorods AC 15wt Sn could be used as an alternative for anode component."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>