Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 225201 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rifani Adella Ferdianursari
"Pemerintah Indonesia melalui program Making Indonesia 4.0 yang dicanangkan oleh Kementrian Perindustrian Indonesia bertujuan untuk merevitalisasi sektor manufaktur dan meningkatkan daya saing pada pasar global. Ada lima sektor yang menjadi fokus Kementrian Perindustrian pada Industri Manufaktur di Indonesia. Salah satunya sektor industri otomotif yang menjadi objek pada penelitian ini. Sektor industri otomotif diharapkan pada tahun 2030 menjadi produsen mobil terbesar di ASEAN dengan melaksanakan empat strategi otomotif di dalam making Indonesia 4.0 melalui implementasi teknologi industri 4.0 yaitu teknologiInternet of Things (IoT). Pada implementasi IoT dibutuhkan identifikasi key risk factors (KRF). Tujuan dari identifikasi KRF adalah untuk mengetahui faktor risiko yang relevan dalam implementasi IoT di Industri Manufaktur pada sektor otomotif. Hasil penelitian mendapatkan 21 KRF yang dikelompokan ke dalam 3 kategori berdasarkan studi literatur dan 14 KRF yang relevan dalam implementasi IoT di Industri Manufaktur berdasarkan penilaian para ahli yang terbagi ke dalam tiga tingkat risiko yaitu 1 KRF yang memiliki tingkat low, 10 KRF yang memiliki tingkat medium, dan 3 KRF yang memiliki tingkat high. Para ahli memilih tiga KRF dengan tingkat risiko high yaitu kesulitan dalam mendesain produk yang mendukung IoT, kebocoran oleh pekerja terhadap hal - hal yang bersifat privasi, dan kehilangan kontrol data sementara atau permanen untuk dibuat rancangan strategi mitigasi faktor risiko menggunakan risk management model kerangka COBIT 5.

Indonesian Ministry of Industry launched the Making Indonesia 4.0 program to revitalize the manufacturing sector and increase competitiveness in the global market.There are five sectors that the Ministry of Industry focuses on in the Manufacturing Industry in Indonesia, one of them is the automotive industry sector which is the object of this research. The automotive industry sector is expected to become the largest car manufacturer in ASEAN by 2030 by implementing four automotive strategies in making Indonesia 4.0 through the implementation of industrial technology 4.0, namely Internet of Things (IoT) technology. In IoT implementation, it is required to identify the key risk factors (KRF). The purpose of KRF identification is to determine the relevant risk factors in the implementation of IoT in the Manufacturing Industry in the automotive sector. The results obtained 21 KRFs which were grouped into 3 categories based on the literature study and 14 KRFs relevant in the implementation of IoT in the Manufacturing Industry based on the assessment of experts which were divided into three levels of risk, namely 1 KRF which had a low level, 10 KRFs which had a medium level, and 3 KRFs which has a high level. The experts chose three KRFs with a high level of risk, namely difficulty of designing IoT enabled products, The leakage of private keys from manufacturers practitioner, and Temporary or permanent loss of data control to design a risk factor mitigation strategy using the COBIT 5 framework risk management model."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aldeina Putriandita
"ABSTRACT
Revolusi industri menuju industri 4.0 membawa dampak pada berbagai sektor industri di dunia, salah satunya adalah sektor logistik. Sektor logistik di Indonesia sendiri memiliki permasalahan akan besarnya biaya logistik yang dikeluarkan, terutama oleh aktivitas transportasinya. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan perkembangan TIK, seperti yang terdapat pada Cetak Biru Perkembangan Sistem Logistik Nasional. Perkembangan Internet of Things IoT sebagai bagian dari Industri 4.0 dapat menjadi solusi dalam permasalahan logistik transportasi ini. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan rancangan strategi untuk implementasi IoT pada sektor logistik transportasi di Indonesia berdasarkan key success factors KSF -nya. Penelitian akan terbagi dua menjadi pemilihan dan pembobotan KSF, dan perancangan strategi. Pada tahap pemilihan dan pembobotan KSF, dengan menggunakan metode Analytic Network Process ANP maka didapatkan delapan butir KSF utama yang paling mempengaruhi implementasi IoT pada sektor logistik transportasi. Pada tahap perancangan strategi, dapat dihasilkan berbagai strategi yang kemudian dirancang diagram implementasinya dengan menggunakan metode Interpretive Structural Modeling ISM . Hasil penelitian ini adalah ditemukannya delapan butir KSF utama yaitu perubahan business mindset; komitmen karyawan; kualitas kinerja saat bekerja; training untuk pengembangan karyawan; kompetisi; keterlibatan top management; on-time delivery; dan kejelasan standar referensi arsitektur komponen penyusun sistem IoT, serta ditemukannya diagram strategi implementasi IoT pada sektor logistik transportasi yang berisi delapan strategi di antaranya menetapkan change management; melakukan pelatihan; manajemen sumber daya manusia; membangun kerja sama dengan partner; melakukan penjagaan dan continuous improvement terhadap sistem perusahaan; membentuk sistem pengawasan; membentuk fail-proof system; dan merancang desain sistem integrasi yang terstandar.

ABSTRACT
Industrial revolution towards industry 4.0 has been going around and affecting various sector globally, one of them is logistics sector. On the other hand, logistics sector in Indonesia has their problem, which is the large sum of cost that must be allocated to logistics activities, mainly in transportation activities. A solution for this problem is by using the development of ICT, as said in the Blueprint of Development of National Logistics System. Internet of Things IoT as part of industry 4.0 is one of the option. The main purpose of this study is to find a design of implementation strategy for IoT on logistic transportation sector in Indonesia, based on its Key Success Factors KSF . This study is divided into two, identificating and prioritizing KSF by using Analytic Network Process ANP method, and designing the strategy. In the identificating and prioritizing KSF stage, the result is indicating that there are eight main KSFs which affecting the implementation of IoT in logistics transportation sector the most. In the designing strategy phase, the eight main KSFs could be used to generate various strategies which then be designed into a structural strategy implementation diagram by using Interpretive Structural Modeling ISM method. The results of this study are the finding of eight main KSFs which are change in business mindset employees rsquo commitment performance rsquo s quality at work training for employees rsquo development competition the involvement of top management on time delivery and clear standard on architecture reference for components of the IoT system, and also the discovery of implementation strategy diagram for IoT in logistics transportation sector that consists of eight main strategies which are change management training human resources management building cooperative relationship with partner maintaining and continually improving the company rsquo s system establish a monitoring system forming a fail proof system and design a standardized integration system."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erick Kristanto Gunawan
"ABSTRAK
Persaingan perusahaan manufakturing dalam hal kualitas produk memberikan tantangan baru terutama dalam hal proses quality control. Perkembangan teknologi Internet of Things (IoT) dapat diimplementasikan untuk meningkatkan efisiensi dalam proses manufakturing, salah satunya untuk proses quality control. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah model (sistem) dari beberapa parameter seperti kelayakan keekonomian, efisiensi yang dicapai, dan lain lainnya, sehingga didapatkan model penerapan IoT yang sesuai untuk industri manufaktur di Indonesia.
Penelitian ini mengambil contoh kasus di perusahaan manufakturing otomotif PT X, menggunakan data quality control yang dikumpulkan secara aktual. Model yang dibangun lalu diterapkan pada proses quality control di perusahaan tersebut untuk mendapatkan data secara aktual. Dari data yang terkumpul dilakukan analisa mengenai efisiensi dan cost benefit mengenai implementasi IoT untuk proses tersebut.
Hasil yang didapatkan adalah bahwa model yang sesuai untuk proses quality control tersebut adalah adanya pengiriman informasi secara real time dengan menghubungkan mesin nutrunner yang terhubung ke database dan juga device penerima informasi sehingga masalah yang terjadi terkait kualitas produk dapat ditangani dengan cepat sehingga mengurangi biaya untuk repair part yang bermasalah. Dari analisa komparatif juga didapatkan hasil bahwa penerapan IoT untuk proses quality control dapat meningkatkan profit perusahaan sebesar 5,4% dari sebelumnya dan disimpulkan layak untuk diimplementasikan.

ABSTRACT
Competition between manufacturing company in product quality brings a new challenge especially in quality control process. Development of Internet of Things (IoT) technology is implemented to increase efficiency on manufacturing process, for example in the quality control process. The purpose of this research is to build a model (system) from several parameter like economic analysis, efficiency, etc, so can got an ideal model for other manufacture industry in Indonesia.
This research analyzes IoT system in smart manufacturing for quality process by taking a case study in Otomotif manufacturing company (PT X). The research is conducted by using actual quality control data. A proposed model is applied leading to a collected data while the analysis is done measuring cost benefit of the IoT implementation.
Proposed model of IoT implementation for quality control is a real time information sending by connecting nutrunner machine into database and other connected devices. Problem related with product quality can be found and resolved fast, which reduces repairing cost. Based on comparative analysis, we can get results that implementation of IoT for quality control process can increase company profit for about 5,4%."
2016
T46257
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrianto Adi Wibowo
"AEC (Asean Economic Community) 2015 menimbulkan beberapa tantangan dalam industri logistik. Oleh karenanya diperlukan peranan dan penerapan layanan IoT (Internet of Things) untuk meningkatkan daya saing, yaitu berupa implementasi layanan smart logistic transport. Tesis ini mengusulkan model implementasi smart logistic transport di Indonesia yang berfokus pada sistem cold supply chain.
Tesis ini bertujuan melakukan analisis ekonomi teknik dalam bentuk analisis komparatif layanan smart logistic transport terkait pemilihan teknologi jaringan 2G/3G/4G dan fitur MDVR yang dibedakan menjadi Skenario 1-2-3. Sedangkan pengembangan model implementasi didapatkan setelah melakukan wawancara dengan application customers,technological vendors,regulator & network provider.
Berdasarkan trial implementasi smart logistic transport bulan September-Oktober 2015 dengan analisis ekonomi teknik, didapatkan layanan not feasible hanya pada skenario 3 untuk unit "CD6", di jaringan 4G. Hal ini terkait masih mahal dan belum banyak tersedianya modul m2m gateway dan MDVR teknologi jaringan 4G. Sehingga diperlukan jumlah minimum truk "CD6" dan "Fuso" pada tiap skenario agar implementasi menjadi feasible. Untuk model implementasi layanan terdiri atas 11 fitur, yaitu 2 fitur basic dan 9 fitur ad.

Asean Economic Community 2015 has been creating more challenges in logistics industries in Indonesia. The implementation of IoT in logistic services is needed for increasing competitiveness leading to the establishment of so-called "smart logistic transport". We propose the implementation model of the Indonesian Smart Logistic Transport, by focusing on cold supply chain system.
We have conducted an engineering economic analysis of the smart logistics transport, in relation with the mobile network platform of 2G, 3G, 4G. Development of the implementation model is completed by conducting in-depth interviews with the application customers, technological vendors, regulator and network provider. Based on implementation trial in September-October 2015 and engineering economic analysis, we have found that Smart Logistic Transport is not feasible only on scenario 3 for "CD6" at 4G network. Such condition is caused by the expensive price of 4G’s M2M gateway module and MDVR.
Therefore, it requires the minimum amount of implemented truck to make implementation feasible. Our proposed model has signified 11 features, i.e. 2 basic feature and 9 advanced features, formulating the Indonesian smart logistics transport system. Due to the dynamic business process, customers may need specific advanced features in the future. By taking such opportunity, Indonesian local content developer can work to develop any relevant application features, which is needed by the logistic companies in the near future.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T45151
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jessica Quinn Widjaja
"Di era yang ditandai oleh kemajuan teknologi yang pesat dan ketergantungan yang semakin meningkat terhadap perangkat terhubung, kebutuhan akan standarisasi Internet of Things (IoT) menjadi sangat mendesak, harena hal tersebut penting untuk memastikan interoperabilitas yang lancar, keamanan yang ditingkatkan, dan penggunaan solusi IoT yang efisien di berbagai industri dan sektor. IoT adalah sistem yang terdiri dari perangkat komputasi, mesin digital dan mekanik, objek, hewan, atau manusia yang saling terhubung dan diberi identitas unik dengan kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi langsung antara manusia atau antara manusia dan komputer. Penggunaan dan pengoperasian IoT yang begitu meluas dalam berbagai industri dan sektor kehidupan manusia meningkatkan urgensi standarisasi IoT agar terhindar dari risiko-risiko terkait keamanan siber yang tidak diinginkan. Oleh karena itu timbulah pertanyaan mengenai risiko-risiko yang dapat timbul dari penggunaan teknologi IoT dan standar maupun izin yang dapat mengatur agar risiko-risiko tidak terjadi. Dalam penulisan ini akan dijawab mengenai definisi dan cara kerja IoT serta sejauh mana regulasi di Indonesia telah mengatur terkait IoT dalam hal standarisasi dan perizinan usahanya. Penulis juga akan mengkaji salah satu model bisnis terkait IoT yang telah diatur di Indonesia adalah Aktivitas Konsultasi dan Perancangan Teknologi IoT pada PP No. 5 Tahun 2021 tentang Perizinan Usaha Berbasis Risiko. Penulisan ini juga akan menjelaskan peraturan yang terdapat di Uni Eropa yang menjadi tolok ukur peraturan IoT di Indonesia. Penelitian dalam penulisan ini dilakukan dengan pengumpulan data primer melalui wawancara terhadap pemangku kebijakan terkait dan pelaku bisnis bidang IoT, kajian terhadap undang-undang di Indonesia dan Uni Eropa, serta penelusuran terhadap literatur. Penulisan ini sampai kepada kesimpulan bahwa peraturan perundang-undangan maupun peraturan pendukung di Indonesia belum menjelaskan terkait definisi IoT dan mengatur standar IoT. Pengaturan di Indonesia terkait perizinan bisnis terkait IoT hanya mengatur satu jenis model bisnis dan belum fleksibel dalam mendukung maupun menjaga risiko yang dapat timbul dari bisnis yang berhubungan dengan IoT.

In an era marked by rapid technological advancement and increasing dependence on connected devices, the need for standardization of the Internet of Things (IoT) becomes extremely urgent. This is because it is important to ensure smooth interoperability, enhanced security, and efficient utilization of IoT solutions across various industries and sectors. The widespread use and operation of IoT in different industries and sectors of human life raise the urgency of IoT standardization to avoid unwanted cybersecurity risks. Therefore, questions arise regarding the risks associated with IoT technology use and the standards and permissions that can regulate and mitigate these risks. This writing will address the definition and workings of IoT, as well as the extent to which regulations in Indonesia have addressed IoT standardization and licensing. The author will also examine one of the regulated IoT business models in Indonesia, namely IoT Technology Consultation and Design Activities under Regulation No. 5 of 2021 on Risk-Based Business Licensing. This writing will also explain the regulations in the European Union that serve as benchmarks for IoT regulations in Indonesia. The research for this writing is conducted through primary data collection, including interviews with relevant policymakers and IoT business practitioners, a study of laws in Indonesia and the European Union, as well as literature review. This writing concludes that the legislation and supporting regulations in Indonesia have not yet provided a clear definition of IoT or regulated IoT standards. The regulations in Indonesia regarding IoT business licensing only cover one type of business model and are not flexible enough to support or mitigate the risks associated with IoT-related businesses."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nabila Alya Zahra
"Internet of Things dipercaya dapat membawa kemudahan pada Rumah Sakit dalam hal pengumpulan serta manajemen informasi yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Namun penerapan IoT memiliki risiko dan tantangan yang patut diwaspadai. RS perlu memikirkan bagaimana meminimalisasi terjadinya risiko dan tantangan dalam menerapkan IoT.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan suatu model untuk meminimalisasi terjadinya risiko dan tantangan dalam penerapan IoT di rumah sakit dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Zero-one Goal Programming (ZOGP).
Pemberian bobot prioritas penerapan IoT di rumah sakit berdasarkan faktor tantangan dilakukan dengan metode AHP. Penilaian risiko dengan skala probability dan severity juga dilakukan untuk menilai penerapan IoT yang memiliki risiko terkecil. Bobot prioritas dan nilai risiko penerapan IoT di rumah sakit, digunakan untuk pengembangan model menggunakan ZOGP.
Hasil akhir dari model didapatkan bahwa Sistem Pengelola Antrian Pasien terpilih pada semua skenario yang ada dengan pengurangan risiko teknis sebesar 38,5%, risiko personnel sebesar 46,2% dan tantangan sebesar 69,3%.

Internet of Things (IoT) is innovation believed to bring convenience to Hospital in terms of gathering & managing the information which could improve the healthcare service quality. Nevertheless, IoT implementation followed by its risks & challenges that need to be watched out. Hospital management needs to figure out how to minimized the risks and challenges in implementing IoT.
The aim of this study is to obtain a model to minimize the risks and challenges of IoT Implementation in the hospital using Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Zero-one Goal Programming (ZOGP) method. AHP method is used to calculate the priority weight of IoT implementation in hospitals based on challenge factors.
The IoT implementation assessed with probability and severity scale to get the risk value. The priority weight and risk value of IoT implementation in the hospital are used for the development of models using AHP-ZOGP.
The final results from the model showed that Patient Queue Management System is chosen in every scenarios in this research that would decrease 38,5% Technical risk, 46,2% Personnel risk and 69,3% challenge.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saragih, Lihardo Ranjaliba
"Perusahaan telekomunikasi tergolong perusahaan teknologi komunikasi informasi (TIK) yang memiliki tipikal biaya tinggi, untuk penyediaan dan pemeliharaan infrastruktur. Munculnya over the top (OTT) tanpa investasi infrastruktur yang mahal, kini marak digunakan, mengakibatkan banyak layanan telekomunikasi menjadi usang. Itu terjadi karena OTT secara pragmatis mampu menggantikan layanan telekomunikasi. Berkaca pada kemampuan konektivitas dan jangkauan, telekomunikasi perlu menciptakan pasar baru dengan memberikan perhatian khusus pada kota pintar yang dibangun dari koneksi internet yang masif. Model bisnis operasional telekomunikasi saat ini berbasis pelanggan manusia, sedangkan kota pintar merupakan multi service digital (non human), sehingga diperlukan proses bisnis baru untuk mengelola pelanggan kota pintar (non human). Penelitian ini menyajikan transformasi proses bisnis dalam domain pelanggan dalam operasi sistem yang kompleks dari sebuah perusahaan telekomunikasi. Kebaruan penelitian adalah metode business process reengineering (BPR) yang dikombinasikan dengan soft systems methodology (SSM) dan enterprise knowledge development (EKD) untuk mendefinisikan, memetakan, memodelkan, dan memproyeksikan proses bisnis baru. Hasilnya adalah tujuh model enterprise architecture (EA) untuk mengelola pelanggan baru kota pintar. Pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan daya saing telekomunikasi. Studi ini menghasilkan terobosan model strategi bagi transformasi proses bisnis telekomunikasi dalam domain yang berpusat pada pelanggan (customer-centric) antara lain (1) Request to answer, (2) Order to payment, (3) Usage to payment, (4) Request to change, (5) Termination to confirm, (6) Problem to solution, dan (7) Complaint to solution.

The telco is an information communications technology (ICT) company that has a typical high cost, for the provision and maintenance of the infrastructure. The emergence of over the top (OTT) without expensive infrastructure investments is now being massively used, which has resulted in many telco services becoming obsolete. It occurs because OTT is pragmatically able to substitute similar services. Reflecting on the capabilities of connectivity and coverage, telco needs to create a new market by paying special attention to smart cities that are constructed from massive internet connections. The current telco operational business model is based on human customers, whereas smart cities are a multi-service digital (non-human), so a new business process is required to manage smart city (non-human) customers. This research presents the transformation of business processes in the customer domain in the complex systems operations of a telco company. The research novelty is the business process reengineering (BPR) method combined with soft systems methodology (SSM) and enterprise knowledge development (EKD) to define, map, model, and project a new business process. The result is seven models of enterprise architecture (EA) for managing new smart city customers. In the end, it is expected to increase telco competitiveness. This study produces a breakthrough strategic model for the transformation of telecommunication business processes in a customer-centric domain: (1) request to answer, (2) order to payment, (3) usage to payment, (4) request to change, (5) termination to confirm, (6) problem to solution, dan (7) complaint to solution."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrianto Adi Wibowo
"AEC (Asean Economic Community) 2015 menimbulkan beberapa tantangan dalam industri logistik. Oleh karenanya diperlukan peranan dan penerapan layanan IoT (Internet of Things) untuk meningkatkan daya saing, yaitu berupa implementasi layanan smart logistic transport. Tesis ini mengusulkan model implementasi smart logistic transport di Indonesia yang berfokus pada sistem cold supply chain.
Tesis ini bertujuan melakukan analisis ekonomi teknik dalam bentuk analisis komparatif layanan smart logistic transport terkait pemilihan teknologi jaringan 2G/3G/4G dan fitur MDVR yang dibedakan menjadi Skenario 1-2-3. Sedangkan pengembangan model implementasi didapatkan setelah melakukan wawancara dengan application customers,technological vendors,regulator & network provider.
Berdasarkan trial implementasi smart logistic transport bulan September – Oktober 2015 dengan analisis ekonomi teknik, didapatkan layanan not feasible hanya pada skenario 3 untuk unit "CD6", di jaringan 4G. Hal ini terkait masih mahal dan belum banyak tersedianya modul m2m gateway dan MDVR teknologi jaringan 4G. Sehingga diperlukan jumlah minimum truk "CD6" dan "Fuso" pada tiap skenario agar implementasi menjadi feasible. Untuk model implementasi layanan terdiri atas 11 fitur, yaitu 2 fitur basic dan 9 fitur advanced. Dikarenakan bisnis proses yang dinamis maka konsumen membutuhkan fitur advanced yang lebih spesifik di masa akan datang. Dengan melihat peluang tersebut maka local content developer dapat menciptakan dan mengembangkan fitur yang relevan.

Asean Economic Community 2015 has been creating more challenges in logistics industries in Indonesia. The implementation of IoT in logistic services is needed for increasing competitiveness leading to the establishment of so-called "smart logistic transport". We propose the implementation model of the Indonesian Smart Logistic Transport, by focusing on cold supply chain system.
We have conducted an engineering economic analysis of the smart logistics transport, in relation with the mobile network platform of 2G, 3G, 4G. Development of the implementation model is completed by conducting in-depth interviews with the application customers, technological vendors, regulator and network provider.
Based on implementation trial in September-October 2015 and engineering economic analysis, we have found that Smart Logistic Transport is not feasible only on scenario 3 for "CD6" at 4G network. Such condition is caused by the expensive price of 4G’s M2M gateway module and MDVR. Therefore, it requires the minimum amount of implemented truck to make implementation feasible. Our proposed model has signified 11 features, i.e. 2 basic feature and 9 advanced features, formulating the Indonesian smart logistics transport system. Due to the dynamic business process, customers may need specific advanced features in the future. By taking such opportunity, Indonesian local content developer can work to develop any relevant application features, which is needed by the logistic companies in the near future.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T45150
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrianto Adi Wibowo
"AEC (Asean Economic Community) 2015 menimbulkan beberapa tantangan dalam industri logistik. Oleh karenanya diperlukan peranan dan penerapan layanan IoT (Internet of Things) untuk meningkatkan daya saing, yaitu berupa implementasi layanan smart logistic transport. Tesis ini mengusulkan model implementasi smart logistic transport di Indonesia yang berfokus pada sistem cold supply chain. Tesis ini bertujuan melakukan analisis ekonomi teknik dalam bentuk analisis
komparatif layanan smart logistic transport terkait pemilihan teknologi jaringan 2G/3G/4G dan fitur MDVR yang dibedakan menjadi Skenario 1-2-3. Sedangkan pengembangan model implementasi didapatkan setelah melakukan wawancara
dengan application customers,technological vendors,regulator &network provider. Berdasarkan trial implementasi smart logistic transport bulan September-Oktober 2015 dengan analisis ekonomi teknik, didapatkan layanan not feasible
hanya pada skenario 3 untuk unit-CD6, di jaringan 4G. Hal ini terkait masih mahal dan belum banyak tersedianya modul m2m gateway dan MDVR teknologi jaringan 4G. Sehingga diperlukan jumlah minimum truk CD6 dan Fuso pada tiap skenario agar implementasi menjadi feasible. Untuk model implementasi layanan terdiri atas 11 fitur, yaitu 2 fitur basic dan 9 fitur advanced. Dikarenakan bisnis proses yang dinamis maka konsumen membutuhkan fitur advanced yang lebih
spesifik di masa akan datang. Dengan melihat peluang tersebut maka local content developer dapat menciptakan dan mengembangkan fitur yang relevan.

Asean Economic Community 2015 has been creating more challenges in logistics industries in Indonesia. The implementation of IoT in logistic services is needed for increasing competitiveness leading to the establishment of so-called smart logistic transport. We propose the implementation model of the Indonesian Smart Logistic Transport, by focusing on cold supply chain system. We have conducted an engineering economic analysis of the smart logistics transport, in relation with the mobile network platform of 2G, 3G, 4G. Development of the implementation model is completed by conducting in-depth interviews with
the application customers, technological vendors, regulator and network provider. Based on implementation trial in September-October 2015 and engineering economic analysis, we have found that Smart Logistic Transport is not feasible only on scenario 3 for CD6 at 4G network. Such condition is caused by the expensive price of 4G's M2M gateway module and MDVR. Therefore, it requires the minimum amount of implemented truck to make implementation feasible. Our proposed model has signified 11 features, i.e. 2 basic feature and 9 advanced features, formulating the Indonesian smart logistics transport system. Due to the dynamic business process, customers may need specific advanced features in the future. By taking such opportunity, Indonesian local content developer can work to develop any relevant application features, which is needed by the logistic companies in the near future.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jihar Mayangsari
"ABSTRAK
PT. XYZ sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi sedang mengembangkan model bisnis baru, yaitu Internet of Things (IoT). Koneksi perangkat IoT ke Internet dapat menjadi ancaman bagi pengguna dan penyedia layanan karena tantangan keamanan. Namun, ditengah potensi ancaman keamanan IoT, PT. XYZ sendiri belum fokus terhadap keamanan dan tidak adanya kerangka kerja tata kelola yang digunakan untuk layanan IoT mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi risiko yang terkait dengan manajemen keamanan layanan IoT di PT. XYZ. Penelitian ini menggunakan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) sebagai metode untuk mengidentifikasi risiko keamanan potensial pada layanan IoT dengan rekomendasi berdasarkan ISO 27002:2013 dan COBIT 2019. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, studi literatur, dan kuesioner dengan total sembilan penilaian ahli. Dalam studi ini, layanan IoT dibagi menjadi tujuh domain: IoT Device dan Sensor, IoT Network, IoT Platform dan Aplikasi, People, Operations, Asset Management, dan Supplier Management. Kontribusi utama dari penelitian ini adalah untuk berkontribusi pada peningkatan kontrol keamanan dan manajemen risiko dalam layanan IoT. Hasil analisis risiko didapatkan kemungkinan 31 potensial risiko pada layanan IoT dengan 23 risiko yang membutuhkan tindakan korektif.

ABSTRACT
XYZ agency as one of the telecommunications companies is developing a new business model, namely the Internet of Things (IoT). The connection of IoT devices to the Internet can be a threat to users and service providers due to security challenges. However, XYZ agency has not yet implemented a security framework for their IoT service. This study aims to identify the risks associated with IoT service security management at XYZ agency. This study uses Failure Mode and Effects Analysis (FMEA) as a method to identify potential security risks in IoT services with recommendations based on ISO 27002: 2013 and COBIT 2019. Data were collected by interview, observation, literature studies, and questionnaire with total 9 experts' judgement. In this study, IoT services are divided into seven domains: IoT Devices and Sensors, IoT Networks, Platforms and Applications, People, Operations, Asset Management, and Suppliers. The major contribution of this study is to contribute the improvement of security controls risk management in IoT services. The results of the risk analysis show that there are 31 potential risks in IoT services with 23 risks that require corrective action."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>