Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 84440 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Irsyad Aldino
"Musik Kawaii merupakan nama genre musik yang mulai populer di Jepang sekitar tahun 2010, Meski begitu pengaruh kawaii dalam musik sudah dapat dilihat dari awal kemunculan idol pada budaya pop Jepang. Banyak penelitian terhadap Idol dan budaya kawaii, tetapi penelitian terhadap musik dan kawaii secara langsung masih sangat sedikit. Oleh karena itu, peneliti memilih musik kawaii sebagai objek penelitian. Analisis dilakukan pada 4 lagu atau musik kawaii yang dianggap mewakili variasi dari genre kawaii musik. parameter yang dianalisis adalah Visual, Musik, lirik, dan suara penyanyi. hasil analisis memberikan pembenaran bahwa dalam musik kawaii semua parameter dapat memberikan kesan kawaii. Kesan kawaii yang diberikan dapat sama untuk memperkuat atau bahkan berlawanan untuk mengontraskan. Pergeseran dan penambahan makna pada estetika kawaii juga sangat mempengaruhi variasi pada musik kawaii.

Kawaii music is the name of a music genre that became popular in Japan around 2010, but the influence of kawaii in music can already be seen from the beginning of the emergence of idols in Japanese pop culture. There are many studies on idols and kawaii culture, but there are very few studies on music and kawaii directly. Therefore, the researcher chose kawaii music as the object of study. The analysis was conducted on 4 kawaii songs or music that are considered to represent variations of the kawaii music genre. The parameters analysed are Visual, Music, lyrics, and singer's voice. The results of the analysis provide justification that in kawaii music all parameters can give the impression of kawaii. The impression of kawaii given can be the same to strengthen or even opposite to contrast. The changing and adding of meaning to the kawaii aesthetic also greatly affects the variation that can be found in kawaii music."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Irsyad Aldino
"Musik Kawaii merupakan nama genre musik yang mulai populer di Jepang sekitar tahun 2010, Meski begitu pengaruh kawaii dalam musik sudah dapat dilihat dari awal kemunculan idol pada budaya pop Jepang. Banyak penelitian terhadap Idol dan budaya kawaii, tetapi penelitian terhadap musik dan kawaii secara langsung masih sangat sedikit. Oleh karena itu, peneliti memilih musik kawaii sebagai objek penelitian. Analisis dilakukan pada 4 lagu atau musik kawaii yang dianggap mewakili variasi dari genre kawaii musik. parameter yang dianalisis adalah Visual, Musik, lirik, dan suara penyanyi. hasil analisis memberikan pembenaran bahwa dalam musik kawaii semua parameter dapat memberikan kesan kawaii. Kesan kawaii yang diberikan dapat sama untuk memperkuat atau bahkan berlawanan untuk mengontraskan. Pergeseran dan penambahan makna pada estetika kawaii juga sangat mempengaruhi variasi pada musik kawaii.

Kawaii music is the name of a music genre that became popular in Japan around 2010, but the influence of kawaii in music can already be seen from the beginning of the emergence of idols in Japanese pop culture. There are many studies on idols and kawaii culture, but there are very few studies on music and kawaii directly. Therefore, the researcher chose kawaii music as the object of study. The analysis was conducted on 4 kawaii songs or music that are considered to represent variations of the kawaii music genre. The parameters analysed are Visual, Music, lyrics, and singer's voice. The results of the analysis provide justification that in kawaii music all parameters can give the impression of kawaii. The impression of kawaii given can be the same to strengthen or even opposite to contrast. The changing and adding of meaning to the kawaii aesthetic also greatly affects the variation that can be found in kawaii music."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Febriyanti
"Sebagai sebuah nilai estetika, kawaii memiliki banyak manifestasi. Salah satu manifestasi nilai estetika kawaii tersebut adalah dalam aspek fashion. Dalam kawaii fashion, genre yang paling dikenal luas adalah Lolita-kei. Lolita-kei adalah genre kawaii fashion yang terinspirasi dari gaun bangsawan di Eropa pada era Victorian dan Rococo. Nilai-nilai estetika Eropa pada era Victorian dan Rococo ini diadaptasi ke dalam Lolita-kei lewat nilai-nilai kawaii. Pada akhir skripsi akan terlihat perpaduan nilai estetika Victorian, Rococo dan kawaii menyebabkan lahirnya subgenre dalam Lolita-kei yang masing-masing memiliki porsi nilai estetika Eropa dan kawaii yang berbeda-beda. Nilai-nilai estetika ini tampak dalam warna dan potongan pakaian, aksesoris, tata rias dan tata rambut.

As an aesthetic value, kawaii has a lot of manifestations. One of those manifestations is in the fashion aspect. Among other genres in the kawaii fashion, Lolita-kei is the most well known. Lolita-kei is a genre of kawaii fashion that is heavily influenced by Europe's aristocrats clothing during Victorian and Rococo times. The classic Victorian and Rococo aesthetics are adapted into Lolita-kei through the kawaii aesthetics. In the end of the research, it is apparent that the mix between the Victorian, Rococo, and kawaii aesthetics caused the birth of subgenres in Lolita-kei, in which each of the subgenres have different proportions of European and kawaii aesthetics. The mix of these aesthetics will be apparent in the color and cut of the clothings, accessories, make-up and hairdressing.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S56889
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Lydia Christy
"ABSTRAK
Nilai estetika kawaii dimanifestasikan secara luas di Jepang. Pelaku dunia hiburan Jepang, seperti Johnny's memanfaatkan nilai estetika kawaii untuk menarik perhatian orang-orang. Upaya Johnny's Jimusho dalam memunculkan nilai estetika kawaii sebagai salah satu strategi promosi aidoru (idola) tercermin dalam performa Arashi. Pada akhir skripsi akan terlihat bahwa nilai estetika kawaii yang menonjol pada Arashi ialah kawaii yang mengandung aspek kekanak-kanakan. Nilai estetika kawaii tersebut dimunculkan melalui tingkah laku, pakaian, setting studio dan video klip, serta tampilan pada layar program televisi.

ABSTRACT
The Japanese widely manifest the kawaii aesthetic. Talent agency in Japanese entertainment world such as Johnny's Jimusho use the kawaii aesthetic to attract people. As one of the aidoru (idol) strategy promotion, Johnny's Jimusho's effort to show the kawaii aesthetic reflected on Arashi performance. In the end of the research, it appears that Johnny?s Jimusho often show the childish aspect of kawaii trough Arashi. The kawaii aesthetic in Arashi showed through their behavior, clothes, the setting of studio and music video, and graphics that appear on television programs."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S415
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Kenanga Puspa Sari
"[ ABSTRAK
Kawaii dan karakter merupakan salah satu budaya populer Jepang yang banyak digandrungi dalam berbagai cara, gaya, dan bentuk. Perusahaan Sanrio melihat peluang ini dan menciptakan karakter-karakter kartun yang ditambahkan dengan kesan kawaii. Karakter terkenal seperti Hello Kitty sebagai pemicu keberhasilan Sanrio yang akhirnya menjadikan perusahaan ini sebagai perusahaan yang memproduksi banyak karakter-karakter kawaii lainnya dan mengubah kawaii menjadi komoditas dan merek dagang yang sangat populer di seluruh Jepang dan dunia. Produksi karakter kawaii dengan jumlah yang besar, cakupan pemasaran yang luas, penggunaan media massa, dan tingginya minat masyarakat terhadap keunikan karakter Sanrio menjadikan Sanrio sebagai salah satu perusahaan raksasa Jepang dalam industri karakter serta menjadikan karakter kawaii sebagai salah satu bagian dari banyaknya budaya populer di Jepang .
ABSTRACT Kawaii and characters is one of the most popular culture in Japan which so much beguiled in many ways, styles and forms. Sanrio company see this opportunity and created cartoon characters with adding kawaii image Famous character such as Hello Kitty was prompt in Sanrio's success that in the end made this company as a company that produced many other kawaii characters and changed kawaii into commodity and trade mark that really popular in Japan and all over the world. The production of this kawaii characters in big scale, large scope of marketing, utilization of mass media, and the great interest of society towards the uniqueness of Sanrio's characters made Sanrio as the one of giant company in Japan in character industry and also making kawai character as a part of many popular culture in Japan., Kawaii and characters is one of the most popular culture in Japan which so much beguiled in many ways, styles and forms. Sanrio company see this opportunity and created cartoon characters with adding kawaii image Famous character such as Hello Kitty was prompt in Sanrio's success that in the end made this company as a company that produced many other kawaii characters and changed kawaii into commodity and trade mark that really popular in Japan and all over the world. The production of this kawaii characters in big scale, large scope of marketing, utilization of mass media, and the great interest of society towards the uniqueness of Sanrio's characters made Sanrio as the one of giant company in Japan in character industry and also making kawai character as a part of many popular culture in Japan.]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Hanika Zahra Minerva Pertiwi
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas variasi negasi bahasa Jepang. Sumber data yang digunakan adalah komik berjudul Kobayashi ga Kawaii Sugite Tsurai! vol. 2. Alasan pemilihan komik itu adalah komik Kobayashi ga Kawaii Sugite Tsurai! vol. 2 mengandung varian negasi yang cukup beragam. Data yang dijaring dalam studi ini ialah ujaran-ujaran dalam komik yang mengandung negasi. Berdasarkan hasil analisis ditemukan enam tipe negasi, yaitu, (i) masenn, (ii) naii, (iii) nee, (iv) janee, (v) janeee dan (vi) jan. Penelitian ini mengidentifikasi variasi negasi dan karakteristiknya dengan menggunakan ancangan kualitatif dengan metode analisis data berdasarkan teori negasi Givon Tamly (1979) dan Dahl (1979). Konteks, dalam hal ini, latar belakang percakapan merupakan hal yang dipertimbangkan dalam menentukan makna dari variasi negasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan variasi negasi bahasa Jepang secara fonologis dan negasi penggunaan berdasarkan faktor sosial.

ABSTRACT
This research analysis variation of negation in Japanese language. The source of this research is Japanese comic Kobayashi ga Kawaii Sugite Tsuraii! Vol.2. Reasons for selecting comic Kobayashi ga Kawaii Sugite Tsuraii! Vol.2 because it contains a considerable variety of negations. The collected data is spoken language which contains negations. Based on analysis results found six negations, (i) masenn), (ii) naii, (iii) nee, (iv) janee, (v) janeee and (vi) jan. This research identifies variation of negation and the characteristic by using qualitative design with analysis methods based on negation theory by Givon Tamly (1979) and Dahl (1979). Context in this problem, conversation background are two main points to understand the meaning of negations. The results of this research showing Japanese variation of negations phonogically and usage based on factor social."
Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Vivi Triani Adris
"Tesis ini membahas perilaku konsumen anak muda Jepang terhadap produk dan jasa bergaya kawaii, dalam kurun waktu tahun 1990-2008, dalam konteks perubahan sosial masyarakat Jepang pasca pecahnya gelembung ekonomi Jepang. Penelitian ini merupakan studi pustaka yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kawaii menjadi suatu nilai penting bagi konsumen anak muda Jepang dalam mengkonsumsi produk dan jasa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kawaii merupakan sebuah nilai penting pada produk dan jasa bagi konsumen anak muda Jepang sebab dapat mengakomodir dan mengkomunikasikan seluruh aspek budaya, sosial, pribadi, dan psikologis mereka sebagai bagian dari masyarakat Jepang, anggota subkultur anak muda Jepang, dan yang terpenting sebagai diri pribadi yang bebas dan ekspresif.

This research examines the Japanese youth?s consumer behavior against kawaii styled products and services, in the time frame of 1990-2008, in the context of changing Japanese society after the bubble burst economy. This research is a literature study, which seeks the important value of kawaii for Japanese youth consumer in consuming products and services.
The research shows that kawaii is an important value in products and services for Japanese youth consumer, because kawaii style accommodates and communicates the whole aspects of their culture, social, personality, and psychology, as a part of Japanese culture and society, a part of Japanese youth sub culture, and the most important is as a free and expressive human being."
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2008
T25453
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dea Andriany Prasari
"Currencies Nye mengungkapkan bahwa setiap negara memiliki dua jenis kekuasaan yaitu hard power yang mencakup ekonomi dan militer, serta soft power yang mencakup budaya, kebijakan pemerintah, dan kebijakan luar negeri. Jepang memiliki banyak sumber soft power salah satunya adalah kawaii culture. Mengikuti bangkitnya budaya populer Jepang melalui globalisasi, kawaii culture ikut tersebar ke berbagai penjuru dunia. Tujuan penulisan ini adalah menjelaskan kekuatan kawaii culture sebagai soft power Jepang dengan menggunakan teori Soft Power Currences oleh Vuving (2009). Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan karya tulis ini adalah metode kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Penulis menggunakan metode kepustakaan dalam teknik pengumpulan data. Pembahasan menunjukkan bahwa kawaii culture memberikan pengaruh terhadap gaya hidup serta preferensi pelakunya.

According to Nye, every country possesses two kind of power; hard power which includes economic and military, and soft power which includes culture, government policy and foreign policy. Japan possesses multiple soft power sources; one of them is kawaii culture. Following Japanese popular culture's revival through globalization, kawaii made its way around the world. This thesis is meant to explain kawaii's prowess as Japan's soft power based on Soft Power Currencies Theory developed by Vuving (2009). This thesis is using qualitative method with analytical description. Literature method is also used in gathering necessary datas. This research concludes that kawaii culture is affecting its consumer's life style and preference."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57917
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raiza Putri Inara
"Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kawaii menurut Kinsella (1995) direpresentasikan dalam poster COVID-19 di Jepang dalam kurun waktu pandemi, yaitu dari tahun 2020 hingga 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data yang akan dianalisis merupakan tiga contoh poster kesehatan yang diambil dari tiga situs lembaga dan perusahaan yang berbeda. Ketiga poster akan dianalisis menggunakan teori semiotik oleh Roland Barthes (1967), dan hasil pemaknaannya menggunakan teori representasi menurut Stuart Hall (1997). Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa terdapat makna denotasi dan konotasi dari tanda yang muncul dalam poster tersebut. Representasi kawaii dalam poster digunakan untuk menarik perhatian pembaca, menghilangkan rasa takut dan menjadikan informasi yang terkandung dalam poster menjadi lebih mudah dimengerti.

This study aims to explain how kawaii according to Kinsella (1995) is represented within Japanese COVID-19 posters during the pandemic, which is from 2020 to 2021. A qualitative approach would be used in this study. The data used are three examples of health posters taken from three different institutions and companies' websites. The three posters will be analyzed using Roland Barthes’ theory of semiotics (1967), and the results further analyzed using Stuart Hall’s theory of representation (1997). The results of the study reveal that there are denotative and connotative meanings of the signs that appear in the poster. The representation of kawaii in such posters are used as an attention-grabber, to eliminate fear and to make the information contained within the poster easier to understand."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Salma Nabila
"Konsep kawaii dalam budaya pop Jepang identik dengan karakter perempuan sesuai dengan konstruksi gender dalam masyarakat Jepang yang menggambarkan perempuan sebagai sosok yang feminin, lemah lembut, dan butuh perlindungan. Estetika kawaii dapat ditemukan dalam berbagai jenis budaya populer Jepang salah satunya Idol perempuan. Namun, idol perempuan Babymetal muncul dengan konsep kawaii metal. Unsur metal pada kawaii metal merujuk pada musik heavy metal yang identik dengan maskulinitas, agresif, dan pemberontakan.
Melalui metode kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana gender direpresentasikan dalam konsep kawaii metal melalui analisis penampilan, seperti kostum, make up, pose, dan penampilan panggung idol Babymetal. Penelitian ini menggunakan kerangka teori representasi dari Stuart Hall dan perspektif feminisme liberal untuk memaknai dan mengeksplorasi konsep kawaii metal dalam merepresentasikan perempuan.
Idol Babymetal merepresentasikan perempuan dengan cara yang berbeda dengan konsep kawaii yang secara stereotip menggambarkan perempuan sebagai sosok yang feminin. Babymetal mengusung konsep kawaii metal yang menunjukkan adanya koeksistensi antara feminitas dan maskulinitas dalam merepresentasikan perempuan sesuai dengan ide androgini yang ditawarkan oleh feminisme liberal. Namun demikian, industri idol perempuan di Jepang masih banyak melibatkan produser laki-laki dalam hal produksi pada media dan budaya populer untuk menunjukkan realitas gender pada perempuan.

The concept of kawaii in Japanese pop culture is synonymous with female characters under gender construction in Japanese society, which depicts women as feminine, gentle, and needing protection. Kawaii aesthetic can be found ubiquitously in Japanese pop culture; one of them is in girl idols. Meanwhile, girl idol Babymetal emerged with the kawaii metal concept. Here, metal is referred to as heavy metal music, identified with masculinity, aggressiveness, and rebellion.
Through qualitative method, this study explores how gender is represented in the concept of kawaii metal by analyzing performances, such as costumes, make-up, poses and stage appearances of the female idol Babymetal. This study uses representation theory by Stuart Hall and the perspective of liberal feminism to understand the meaning and to explore the concept of kawaii metal in representing women.
Idol Babymetal represents women differently from the kawaii concept, which stereotypically depicts women as feminine figures. Babymetal carried the concept of kawaii metal, which shows the coexistence between femininity and masculinity in representing women following what liberal feminism proposed on the androgynous idea. Nevertheless, the girl idols industry in Japan still has higher involvement of male producers in media and pop culture production to show the reality of the gender of women.
"
Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>