Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 101083 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jenny
"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengembangkan aplikasi JakSehat untuk meningkatkan aksesibilitas layanan kesehatan bagi masyarakat Jakarta. Namun, aplikasi ini dinilai belum optimal karena banyaknya ulasan negatif terkait usability yang diberikan
oleh pengguna. Hasil analisis data scrapping 430 ulasan pengguna di Google Play Store
menunjukkan bahwa terdapat 34.7% ulasan yang mengeluhkan kendala usability pada
aplikasi JakSehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model teoretis terkait
faktor-faktor usability yang memengaruhi continuance intention pengguna JakSehat,
serta merancang usulan antarmuka alternatif aplikasi JakSehat yang dapat meningkatkan
continuance intention pengguna. Dengan menggunakan metode design science research
(DSR), penelitian ini melibatkan: (1) identifikasi masalah secara kuantitatif dan kualitatif
dengan mengacu pada teori usability-continuance dan teori usability; (2) perumusan solusi berdasarkan hasil analisis data; (3) perancangan high-fidelity prototype desain antarmuka alternatif aplikasi; (4) demonstrasi skenario penggunaan desain antarmuka
alternatif aplikasi; (5) evaluasi desain antarmuka alternatif aplikasi dengan UT dan SUS;
dan (6) penarikan kesimpulan serta saran penelitian. Penelitian ini melibatkan 418
responden untuk pengujian kuantitatif melalui penyebaran kuesioner dan sebelas responden untuk pengujian kualitatif melalui wawancara, di mana responden merupakan pengguna aplikasi JakSehat. Metode analisis data yang digunakan adalah CB-SEM untuk data kuantitatif dan thematic analysis untuk data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa application design, application utility, application dependability, user-interface input, user-interface output, dan errors berpengaruh signifikan terhadap continuance intention. Sedangkan user-interface structure dan user-interface graphics tidak berpengaruh signifikan. Hasil penelitian kualitatif kemudian memperkuat hasil penelitian kuantitatif dan menjelaskan lebih lanjut alasan di balik pengaruh tersebut. Dari
kedua temuan ini, dihasilkan sebuah artefak berupa prototipe desain antarmuka alternatif
dari aplikasi JakSehat yang berfokus pada perbaikan faktor-faktor usability yang berpengaruh terhadap continuance intention pengguna. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan pemahaman tentang bagaimana faktor usability memengaruhi
continuance intention pengguna dalam konteks aplikasi JakSehat, serta menjadi panduan
praktis bagi para pengembang dalam merancang aplikasi m-health yang lebih user-
friendly dan mendukung continuance intention pengguna.

The DKI Jakarta Provincial Government has developed the JakSehat application to
improve healthcare service accessibility for Jakarta residents. However, the app has been
considered less than ideal due to numerous negative reviews from users regarding
usability. An analysis of 430 user reviews scraped from the Google Play Store revealed
that 34.7% of the reviews complained about usability issues in the JakSehat app.This
research aims to develop a theoretical model concerning usability factors that influence
the continuance intention of JakSehat users and to design an alternative interface design
for the JakSehat application that can enhance user continuance intention. Utilizing the
design science research (DSR) method, this research involves: (1) quantitative and
qualitative problem identification, referring to the usability-continuance theory and
usability theory; (2) solution formulation based on data analysis results; (3) design of a
high-fidelity prototype for an alternative app interface; (4) demonstration of usage
scenarios for the alternative interface design; (5) evaluation of the alternative interface
design through usability testing (UT) and the system usability scale (SUS); and (6)
conclusion and research suggestion formulation. This research involved 418 respondents
for quantitative testing through questionnaire distribution and 11 respondents for
qualitative testing through interviews, where the respondents were users of the JakSehat
app. The data analysis methods used were CB-SEM for quantitative data and thematic
analysis for qualitative data. The results of this research indicate that application design,
application utility, application dependability, user-interface input, user-interface output,
and errors significantly influence continuance intention. Conversely, user-interface
structure and user-interface graphics do not have a significant impact. Qualitative
research findings then support and expand upon the quantitative research results and
further explain the reasoning behind these influences. From these two findings, an artifact
was produced in the form of a prototype design for an alternative interface for the
JakSehat application, focusing on improving the usability factors that influence user
continuance intention. It is hoped that the results of this research can provide an
understanding of how usability factors influence user continuance intention in the context
of the JakSehat application, as well as serve as a practical guide for developers in
designing more user-friendly m-health applications that support user continuance
intention.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Bintang Azriel Aditya Wardhana
"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengembangkan aplikasi JakSehat untuk meningkatkan aksesibilitas layanan kesehatan bagi masyarakat Jakarta. Namun, aplikasi ini dinilai belum optimal karena banyaknya ulasan negatif terkait usability yang diberikan oleh pengguna. Hasil analisis data scrapping 430 ulasan pengguna di Google Play Store menunjukkan bahwa terdapat 34.7% ulasan yang mengeluhkan kendala usability pada aplikasi JakSehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model teoretis terkait faktor-faktor usability yang memengaruhi continuance intention pengguna JakSehat, serta merancang usulan antarmuka alternatif aplikasi JakSehat yang dapat meningkatkan continuance intention pengguna. Dengan menggunakan metode design science research (DSR), penelitian ini melibatkan: (1) identifikasi masalah secara kuantitatif dan kualitatif dengan mengacu pada teori usability-continuance dan teori usability; (2) perumusan solusi berdasarkan hasil analisis data; (3) perancangan high-fidelity prototype desain antarmuka alternatif aplikasi; (4) demonstrasi skenario penggunaan desain antarmuka alternatif aplikasi; (5) evaluasi desain antarmuka alternatif aplikasi dengan UT dan SUS; dan (6) penarikan kesimpulan serta saran penelitian. Penelitian ini melibatkan 418 responden untuk pengujian kuantitatif melalui penyebaran kuesioner dan sebelas responden untuk pengujian kualitatif melalui wawancara, di mana responden merupakan pengguna aplikasi JakSehat. Metode analisis data yang digunakan adalah CB-SEM untuk data kuantitatif dan thematic analysis untuk data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa application design, application utility, application dependability, user-interface input, user-interface output, dan errors berpengaruh signifikan terhadap continuance intention. Sedangkan user-interface structure dan user-interface graphics tidak berpengaruh signifikan. Hasil penelitian kualitatif kemudian memperkuat hasil penelitian kuantitatif dan menjelaskan lebih lanjut alasan di balik pengaruh tersebut. Dari kedua temuan ini, dihasilkan sebuah artefak berupa prototipe desain antarmuka alternatif dari aplikasi JakSehat yang berfokus pada perbaikan faktor-faktor usability yang berpengaruh terhadap continuance intention pengguna. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan pemahaman tentang bagaimana faktor usability memengaruhi continuance intention pengguna dalam konteks aplikasi JakSehat, serta menjadi panduan praktis bagi para pengembang dalam merancang aplikasi m-health yang lebih userfriendly dan mendukung continuance intention pengguna.

The DKI Jakarta Provincial Government has developed the JakSehat application to improve healthcare service accessibility for Jakarta residents. However, the app has been considered less than ideal due to numerous negative reviews from users regarding usability. An analysis of 430 user reviews scraped from the Google Play Store revealed that 34.7% of the reviews complained about usability issues in the JakSehat app.This research aims to develop a theoretical model concerning usability factors that influence the continuance intention of JakSehat users and to design an alternative interface design for the JakSehat application that can enhance user continuance intention. Utilizing the design science research (DSR) method, this research involves: (1) quantitative and qualitative problem identification, referring to the usability-continuance theory and usability theory; (2) solution formulation based on data analysis results; (3) design of a high-fidelity prototype for an alternative app interface; (4) demonstration of usage scenarios for the alternative interface design; (5) evaluation of the alternative interface design through usability testing (UT) and the system usability scale (SUS); and (6) conclusion and research suggestion formulation. This research involved 418 respondents for quantitative testing through questionnaire distribution and 11 respondents for qualitative testing through interviews, where the respondents were users of the JakSehat app. The data analysis methods used were CB-SEM for quantitative data and thematic analysis for qualitative data. The results of this research indicate that application design, application utility, application dependability, user-interface input, user-interface output, and errors significantly influence continuance intention. Conversely, user-interface structure and user-interface graphics do not have a significant impact. Qualitative research findings then support and expand upon the quantitative research results and further explain the reasoning behind these influences. From these two findings, an artifact was produced in the form of a prototype design for an alternative interface for the JakSehat application, focusing on improving the usability factors that influence user continuance intention. It is hoped that the results of this research can provide an understanding of how usability factors influence user continuance intention in the context of the JakSehat application, as well as serve as a practical guide for developers in designing more user-friendly m-health applications that support user continuance intention."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Nirwana Pratiwi
"Perkembangan teknologi telah mengubah pola aktivitas literasi masyarakat, dengan akses mudah melalui sumber bacaan digital. Gramedia Digital merupakan salah satu sumber bacaan digital yang dapat mendukung minat baca masyarakat Indonesia. Akan tetapi, rating 3,1/5 pada Google Play Store menunjukkan kekurangan dari segi usability pada aplikasi Gramedia Digital. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan memahami masalah pengguna saat menggunakan aplikasi tersebut. Evaluasi usability awal pada aplikasi Gramedia Digital saat ini dilakukan menggunakan kuesioner online, System Usability Scale (SUS), usability testing, dan contextual interview. Hasil evaluasi usability awal menunjukkan bahwa 95 dari 125 responden merasa desain aplikasi tidak memenuhi kebutuhan membaca pengguna. Oleh karena itu, hal tersebut memicu perlunya solusi desain alternatif dari aplikasi Gramedia Digital. Desain alternatif yang dirancang menggunakan pendekatan user-centered design (UCD) dan Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design. Evaluasi usability dari solusi desain alternatif dilakukan menggunakan usability testing dan contextual interview yang melibatkan 10 peserta. Berdasarkan hasil usability testing, solusi desain alternatif memiliki nilai sangat baik dengan success rate 97,8% disertai komentar positif saat contextual interview, yaitu memenuhi kebutuhan membaca, memotivasi pengguna untuk terus membaca, dan mudah digunakan.
.....The development of technology has changed the way people engage in literacy activities with easy access through digital reading sources. Gramedia Digital is one of the digital reading resources that can support the reading interest of Indonesian people. However, the 3.1/5 rating on the Google Play Store shows the usability issues of the Gramedia Digital app. Therefore, this research aims to understand user problems when using the application. An initial usability evaluation of the current Gramedia Digital app was conducted using an online questionnaire, System Usability Scale (SUS), usability testing, and contextual interviews. The initial usability evaluation results showed that 95 out of 125 respondents felt the app design did not fulfill the users' reading needs. Therefore, this motivated the need for an alternative design solution of the Gramedia Digital app. The alternative design used a user-centered design (UCD) approach and Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design. Usability evaluation of the alternative design solution was conducted using usability testing and contextual interviews involving 10 participants. Based on the usability testing results, the alternative design solution scored very well with a success rate of 97.8% along with positive comments during the contextual interview, which fulfill reading needs, motivate users to continue reading, and are easy to use."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rayyan Azka Ihsanuddin
"Bersamaan dengan evolusi zaman dan tuntutan masyarakat modern dalam melakukan perjalanan lintas negara, paspor menjadi sebuah dokumen esensial yang diperlukan oleh setiap warga negara untuk melakukan perjalanan resmi ke luar negeri. Direktorat Jenderal Imigrasi sebagai instansi pemerintah yang mengurusi paspor memberikan pilihan jenis antrian paspor kepada masyarakat, yaitu antrian prioritas, antrian percepatan, dan Aplikasi M-Paspor. Namun, aplikasi M-Paspor mengalami permasalahan implementasi, terlihat dari keluhan terkait UI/UX yang buruk pada review Google Play Store. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat ketergunaan aplikasi M-Paspor dan melakukan perbaikan pada desain antarmukanya. Penelitian ini melibatkan pengguna aplikasi M-Paspor dengan menggunakan metode Design Thinking serta menerapkan prinsip Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design untuk mengidentifikasi potensi perbaikan pada antarmuka pengguna. Proses evaluasi dilaksanakan dua kali, melibatkan kuesioner System Usability Scale (SUS) dan wawancara ahli dan pengguna pada tahap awal. Tim peneliti menyusun solusi perbaikan desain, mencakup desain lowfidelity dan high-fidelity. Penelitian ini menghasilkan rancangan desain antarmuka alternatif yang memiliki nilai baik, dengan success rate 93,75%. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas dan kegunaan aplikasi MPaspor, sehingga memberikan pengalaman pengguna yang lebih optimal.

In line with the evolution of time and the demands of modern society for cross-border travel, a passport has become an essential document required by every citizen for official international journeys. The Directorate General of Immigration, as the government institution responsible for passports, provides citizens with options for passport queues, including priority queues, expedited queues, and the M-Paspor Application. However, the M-Paspor application is experiencing implementation problems, as can be seen from complaints regarding poor UI/UX in Google Play Store reviews. The objective of this research is to evaluate the usability of the M-Paspor application and make improvements to its interface design. The study involves M-Paspor application users, utilizing the Design Thinking method and applying Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design to identify potential improvements in the user interface. The evaluation process is conducted twice, involving the System Usability Scale (SUS) questionnaire and expert and user interviews in the initial stages. This research resulted in an alternative interface design that has good value, with a success rate of 93,75%. This research is expected to contribute to enhancing the quality and usability of the M-Paspor application, ultimately providing users with a more optimal experience."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ario Nugraha Ramadhanu
"Online property rental marketplace merupakan suatu platform yang mendukung kemudahan bagi individu atau kelompok, yang disebut 'penyewa', untuk melakukan penyewaan properti secara online. Salah satu online property rental marketplace yang digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Travelio. Travelio merupakan sebuah platform digital berbentuk web application dan mobile application yang menyediakan layanan penyewaan properti tempat tinggal. Namun dari evaluasi singkat yang dilakukan, terdapat kekurangan dalam aspek usability dari mobile application fitur peneywaan properti aplikasi Travelio. Tiga persen dari total ulasan pada setiap platform Google Play dan App Store adalah permasalahan usability yang dikeluhkan pengguna mencerminkan masalah konsisten dan berulang yang dihadapi pengguna sehingga memberikan justifikasi yang kuat dengan melakukan penelitian terfokus untuk meningkatkan usability dan pengalaman pengguna. Penelitian tugas akhir ini didasari dengan pendekatan user-centered design untuk tahapan perancangan perbaikan desain. Rancangan solusi desain fitur penyewaan aplikasi Travelio dibuat dengan melakukan pemahaman dan identifikasi kebutuhan pengguna dengan menggunakan beberapa metode seperti wawancara, pembuatan persona, dan lain-lain. Metode yang digunakan pada tahapan evaluasi desain antarmuka dan usability yang digunakan oleh tim penulis meliputi usability testing, wawancara kontekstual, dan heuristic evaluation. Penelitian ini menghasilkan desain antarmuka alternatif fitur penyewaan properti aplikasi Travelio yang telah dievaluasi dan masuk ke dalam kategori lebih baik secara desain dan usability dari versi sebelumnya. Fitur penyewaan properti yang dirancang ulang antara lain fitur pencarian, detail properti, rincian unit, guest info, payment, dan post-booking. Tim penulis juga memberikan saran untuk calon peneliti selanjutnya dalam meneliti topik serupa.

Online property rental marketplaces are platforms that facilitate the ease for individuals or groups, referred to as 'renters', to rent properties online. One such marketplace used by the Indonesian population is Travelio. Travelio is a digital platform in the form of a web application and mobile application that provides residential property rental services. However, from a brief evaluation, there are shortcomings in the aspect of usability of the mobile application's property rental feature of Travelio. Three percent of the total reviews on each platform, Google Play and App Store, are usability issues complained about by users, reflecting consistent and recurring problems faced by them, thus providing a strong justification for focused research to improve usability and user experience. This final project research is based on a user-centered design approach for the design improvement planning stages. The design solution for the Travelio app's rental features was created by understanding and identifying user needs using several methods such as interviews, persona creation, and others. The methods used in the evaluation stages of the design interface and usability by the research team include usability testing, contextual interviews, and heuristic evaluation. This research resulted in an alternative design for the Travelio app's property rental feature interface, which has been evaluated and falls into a better category in terms of design and usability than the previous version. The redesigned property rental features include search functions, property details, unit details, guest info, payment, and post-booking. The research team also offers suggestions for future researchers to explore similar topics. "
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alya Annissa Diyantari
"Online property rental marketplace merupakan suatu platform yang mendukung kemudahan bagi individu atau kelompok, yang disebut 'penyewa', untuk melakukan penyewaan properti secara online. Salah satu online property rental marketplace yang digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Travelio. Travelio merupakan sebuah platform digital berbentuk web application dan mobile application yang menyediakan layanan penyewaan properti tempat tinggal. Namun dari evaluasi singkat yang dilakukan, terdapat kekurangan dalam aspek usability dari mobile application fitur peneywaan properti aplikasi Travelio. Tiga persen dari total ulasan pada setiap platform Google Play dan App Store adalah permasalahan usability yang dikeluhkan pengguna mencerminkan masalah konsisten dan berulang yang dihadapi pengguna sehingga memberikan justifikasi yang kuat dengan melakukan penelitian terfokus untuk meningkatkan usability dan pengalaman pengguna. Penelitian tugas akhir ini didasari dengan pendekatan user-centered design untuk tahapan perancangan perbaikan desain. Rancangan solusi desain fitur penyewaan aplikasi Travelio dibuat dengan melakukan pemahaman dan identifikasi kebutuhan pengguna dengan menggunakan beberapa metode seperti wawancara, pembuatan persona, dan lain-lain. Metode yang digunakan pada tahapan evaluasi desain antarmuka dan usability yang digunakan oleh tim penulis meliputi usability testing, wawancara kontekstual, dan heuristic evaluation. Penelitian ini menghasilkan desain antarmuka alternatif fitur penyewaan properti aplikasi Travelio yang telah dievaluasi dan masuk ke dalam kategori lebih baik secara desain dan usability dari versi sebelumnya. Fitur penyewaan properti yang dirancang ulang antara lain fitur pencarian, detail properti, rincian unit, guest info, payment, dan post-booking. Tim penulis juga memberikan saran untuk calon peneliti selanjutnya dalam meneliti topik serupa.

Online property rental marketplaces are platforms that facilitate the ease for individuals or groups, referred to as 'renters', to rent properties online. One such marketplace used by the Indonesian population is Travelio. Travelio is a digital platform in the form of a web application and mobile application that provides residential property rental services. However, from a brief evaluation, there are shortcomings in the aspect of usability of the mobile application's property rental feature of Travelio. Three percent of the total reviews on each platform, Google Play and App Store, are usability issues complained about by users, reflecting consistent and recurring problems faced by them, thus providing a strong justification for focused research to improve usability and user experience. This final project research is based on a user-centered design approach for the design improvement planning stages. The design solution for the Travelio app's rental features was created by understanding and identifying user needs using several methods such as interviews, persona creation, and others. The methods used in the evaluation stages of the design interface and usability by the research team include usability testing, contextual interviews, and heuristic evaluation. This research resulted in an alternative design for the Travelio app's property rental feature interface, which has been evaluated and falls into a better category in terms of design and usability than the previous version. The redesigned property rental features include search functions, property details, unit details, guest info, payment, and post-booking. The research team also offers suggestions for future researchers to explore similar topics. "
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fasya Prandari Shafira
"Online property rental marketplace merupakan suatu platform yang mendukung kemudahan bagi individu atau kelompok, yang disebut 'penyewa', untuk melakukan penyewaan properti secara online. Salah satu online property rental marketplace yang digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Travelio. Travelio merupakan sebuah platform digital berbentuk web application dan mobile application yang menyediakan layanan penyewaan properti tempat tinggal. Namun dari evaluasi singkat yang dilakukan, terdapat kekurangan dalam aspek usability dari mobile application fitur peneywaan properti aplikasi Travelio. Tiga persen dari total ulasan pada setiap platform Google Play dan App Store adalah permasalahan usability yang dikeluhkan pengguna mencerminkan masalah konsisten dan berulang yang dihadapi pengguna sehingga memberikan justifikasi yang kuat dengan melakukan penelitian terfokus untuk meningkatkan usability dan pengalaman pengguna. Penelitian tugas akhir ini didasari dengan pendekatan user-centered design untuk tahapan perancangan perbaikan desain. Rancangan solusi desain fitur penyewaan aplikasi Travelio dibuat dengan melakukan pemahaman dan identifikasi kebutuhan pengguna dengan menggunakan beberapa metode seperti wawancara, pembuatan persona, dan lain-lain. Metode yang digunakan pada tahapan evaluasi desain antarmuka dan usability yang digunakan oleh tim penulis meliputi usability testing, wawancara kontekstual, dan heuristic evaluation. Penelitian ini menghasilkan desain antarmuka alternatif fitur penyewaan properti aplikasi Travelio yang telah dievaluasi dan masuk ke dalam kategori lebih baik secara desain dan usability dari versi sebelumnya. Fitur penyewaan properti yang dirancang ulang antara lain fitur pencarian, detail properti, rincian unit, guest info, payment, dan post-booking. Tim penulis juga memberikan saran untuk calon peneliti selanjutnya dalam meneliti topik serupa.

Online property rental marketplaces are platforms that facilitate the ease for individuals or groups, referred to as 'renters', to rent properties online. One such marketplace used by the Indonesian population is Travelio. Travelio is a digital platform in the form of a web application and mobile application that provides residential property rental services. However, from a brief evaluation, there are shortcomings in the aspect of usability of the mobile application's property rental feature of Travelio. Three percent of the total reviews on each platform, Google Play and App Store, are usability issues complained about by users, reflecting consistent and recurring problems faced by them, thus providing a strong justification for focused research to improve usability and user experience. This final project research is based on a user-centered design approach for the design improvement planning stages. The design solution for the Travelio app's rental features was created by understanding and identifying user needs using several methods such as interviews, persona creation, and others. The methods used in the evaluation stages of the design interface and usability by the research team include usability testing, contextual interviews, and heuristic evaluation. This research resulted in an alternative design for the Travelio app's property rental feature interface, which has been evaluated and falls into a better category in terms of design and usability than the previous version. The redesigned property rental features include search functions, property details, unit details, guest info, payment, and post-booking. The research team also offers suggestions for future researchers to explore similar topics. "
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ichsan Perkasa
"Pelayanan navigasi penerbangan merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam dunia penerbangan, tetapi saat ini, pelayanan navigasi telah berkontribusi sebagai salah satu penyebab dari kecelakaan penerbangan, dimana dari 1 juta penerbangan, 1.08 kecelakaan disebabkan oleh kesalahan dari operator, dengan factor manusia merupakan penyebab tertinggi dengan angka sebesar 90 persen. Hal ini juga terjadi di Indonesia, dimana 92 persen dari seluruh pekerja ATC dilaporkan merasa lelah saat bekerja. Dengan kondisi ini, sebuah analisis berdasarkan pendekatan Ergonomi kognitif dan prinsip desain, telah ditemukan bahwa beberapa elemen yang terdapat didalam sistem interface dari Jakarta air traffic service center telah menghantarkan informasi secara tidak efisien, yang terindikasi dari bentuk dari signifiers yang masih diilustrasikan dalam bentuk teks dan menggunakan bar-graph sebagai salah satu dari interface utama. Wawancara mendalam dan observasi langsung telah dilakukan untuk melengkapi permasalahan berbasis teori yang ditemukan dalam analisis, yang memberikan hasil bahwa operator sendiri merasa bahwa system interface terkini tidak nyaman untuk digunakan. Sebuah desain rekomendasi lalu dibangun dengan menggunakan pendekatan semantika untuk membangun ikon visual, serta prinsip ergonomi kognitif, dengan beberapa variasi desain yang dibangun berdasarkan tingkatan detail yang juga berbanding lurus dengan karakteristik dari visual icons. Desain tersebut lalu diteruskan kepada target pengguna, untuk mendapatkan masukan lebih lanjut dan pengerucutan dari pilihan desain yang nantinya akan menjadi luaran bagi rekomendasi desain akhir."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>