Found 184825 Document(s) match with the query
Raihan Miftah Musefi Saputra
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi continuance intention dalam melakukan online gambling pada permainan slot di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods, dimulai dengan tahapan kualitatif untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang relevan, dilanjutkan dengan tahapan kuantitatif untuk menguji model penelitian, dan diakhiri dengan tahapan kualitatif untuk memvalidasi hasil penelitian. Teori yang digunakan adalah Unified Theory of Acceptance and Use of The Technology 2, Expectation Confirmation Model, dan teori Perceived Risk serta Technology Organization Environment. Metode penelitian yang kami lakukan melibatkan pengumpulan data kuantitatif sebanyak 529 responden melalui kuesioner online dan data kualitatif melalui wawancara dengan 10 partisipan, serta 10 partipisan lagi untuk wawancara validasi hasil analisis. Data kualitatif dianalisis menggunakan pendekatan thematic analysis, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan metode PLS-SEM menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Influence, Anticipated Enjoyment, dan Hedonic Motivation berpengaruh secara positif terhadap Satisfaction, sedangkan Financial Risk berpengaruh secara negatif terhadap Satisfaction. Selain itu, Government Regulation and Policy berpengaruh secara negatif terhadap Continuance Intention, dan Satisfaction berpengaruh secara positif terhadap Continuance Intention. Implikasi dari penelitian ini memberikan wawasan yang lebih luas terkait online gambling pada permainan slot kepada pihak terkait, seperti pembuat kebijakan serta instansi yang berkaitan dengan keuangan untuk merancang strategi penanganan dan pencegahan praktik online gambling di Indonesia.
This study aims to analyze the factors influencing continuance intention in online gambling on slot games in Indonesia. The research employs a mixed methods approach, beginning with a qualitative phase to identify relevant factors, followed by a quantitative phase to test the research model, and concluding with a qualitative phase to validate the results. The theories used in this study include the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2, the Expectation Confirmation Model, and the theories of Perceived Risk and Technology Organization Environment. The research methods involved collecting quantitative data from 529 respondents through an online questionnaire and qualitative data through interviews with 10 participants, along with 10 additional participants for validation interviews. Qualitative data were analyzed using thematic analysis, while quantitative data were analyzed using the PLS-SEM method with SmartPLS 3. The results show that Social Influence, Anticipated Enjoyment, and Hedonic Motivation positively affect Satisfaction, whereas Financial Risk negatively affects Satisfaction. Additionally, Government Regulation and Policy negatively affect Continuance Intention, and Satisfaction positively affects Continuance Intention. The implications of this research provide broader insights into online gambling on slot games for relevant stakeholders, such as policymakers and financial institutions, to devise strategies for handling and preventing online gambling practices in Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Dafiq Achmad
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi continuance intention dalam melakukan online gambling pada permainan slot di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods, dimulai dengan tahapan kualitatif untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang relevan, dilanjutkan dengan tahapan kuantitatif untuk menguji model penelitian, dan diakhiri dengan tahapan kualitatif untuk memvalidasi hasil penelitian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Unified Theory of Acceptance and Use of The Technology 2, Expectation Confirmation Model, dan teori Perceived Risk serta Technology Organization Environment. Metode penelitian yang kami lakukan melibatkan pengumpulan data kuantitatif sebanyak 529 responden melalui kuesioner online dan data kualitatif melalui wawancara dengan 10 partisipan, serta 10 partipisan lagi untuk wawancara validasi hasil analisis. Data kualitatif dianalisis menggunakan pendekatan thematic analysis, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan metode PLS-SEM menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Influence, Anticipated Enjoyment, dan Hedonic Motivation berpengaruh secara positif terhadap Satisfaction, sedangkan Financial Risk berpengaruh secara negatif terhadap Satisfaction. Selain itu, Government Regulation and Policy berpengaruh secara negatif terhadap Continuance Intention, dan Satisfaction berpengaruh secara positif terhadap Continuance Intention. Implikasi dari penelitian ini memberikan wawasan yang lebih luas terkait online gambling pada permainan slot kepada pihak terkait, seperti pembuat kebijakan serta instansi yang berkaitan dengan keuangan untuk merancang strategi penanganan dan pencegahan praktik online gambling di Indonesia.
This study aims to analyze the factors influencing continuance intention in online gambling on slot games in Indonesia. The research employs a mixed methods approach, beginning with a qualitative phase to identify relevant factors, followed by a quantitative phase to test the research model, and concluding with a qualitative phase to validate the results. The theories used in this study include the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2, the Expectation Confirmation Model, and the theories of Perceived Risk and Technology Organization Environment. The research methods involved collecting quantitative data from 529 respondents through an online questionnaire and qualitative data through interviews with 10 participants, along with 10 additional participants for validation interviews. Qualitative data were analyzed using thematic analysis, while quantitative data were analyzed using the PLS-SEM method with SmartPLS 3. The results show that Social Influence, Anticipated Enjoyment, and Hedonic Motivation positively affect Satisfaction, whereas Financial Risk negatively affects Satisfaction. Additionally, Government Regulation and Policy negatively affect Continuance Intention, and Satisfaction positively affects Continuance Intention. The implications of this research provide broader insights into online gambling on slot games for relevant stakeholders, such as policymakers and financial institutions, to devise strategies for handling and preventing online gambling practices in Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Alfred Prasetio
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi continuance intention dalam melakukan online gambling pada permainan slot di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods, dimulai dengan tahapan kualitatif untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang relevan, dilanjutkan dengan tahapan kuantitatif untuk menguji model penelitian, dan diakhiri dengan tahapan kualitatif untuk memvalidasi hasil penelitian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Unified Theory of Acceptance and Use of The Technology 2, Expectation Confirmation Model, dan teori Perceived Risk serta Technology Organization Environment. Metode penelitian yang kami lakukan melibatkan pengumpulan data kuantitatif sebanyak 529 responden melalui kuesioner online dan data kualitatif melalui wawancara dengan 10 partisipan, serta 10 partipisan lagi untuk wawancara validasi hasil analisis. Data kualitatif dianalisis menggunakan pendekatan thematic analysis, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan metode PLS-SEM menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Influence, Anticipated Enjoyment, dan Hedonic Motivation berpengaruh secara positif terhadap Satisfaction, sedangkan Financial Risk berpengaruh secara negatif terhadap Satisfaction. Selain itu, Government Regulation and Policy berpengaruh secara negatif terhadap Continuance Intention, dan Satisfaction berpengaruh secara positif terhadap Continuance Intention. Implikasi dari penelitian ini memberikan wawasan yang lebih luas terkait online gambling pada permainan slot kepada pihak terkait, seperti pembuat kebijakan serta instansi yang berkaitan dengan keuangan untuk merancang strategi penanganan dan pencegahan praktik online gambling di Indonesia.
This study aims to analyze the factors influencing continuance intention in online gambling on slot games in Indonesia. The research employs a mixed methods approach, beginning with a qualitative phase to identify relevant factors, followed by a quantitative phase to test the research model, and concluding with a qualitative phase to validate the results. The theories used in this study include the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2, the Expectation Confirmation Model, and the theories of Perceived Risk and Technology Organization Environment. The research methods involved collecting quantitative data from 529 respondents through an online questionnaire and qualitative data through interviews with 10 participants, along with 10 additional participants for validation interviews. Qualitative data were analyzed using thematic analysis, while quantitative data were analyzed using the PLS-SEM method with SmartPLS 3. The results show that Social Influence, Anticipated Enjoyment, and Hedonic Motivation positively affect Satisfaction, whereas Financial Risk negatively affects Satisfaction. Additionally, Government Regulation and Policy negatively affect Continuance Intention, and Satisfaction positively affects Continuance Intention. The implications of this research provide broader insights into online gambling on slot games for relevant stakeholders, such as policymakers and financial institutions, to devise strategies for handling and preventing online gambling practices in Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Mirza Raevan Faisal
"Pandemi COVID-19 telah membuat perkembangan digital semakin pesat diluar negeri maupun di Indonesia. Perkembangan digital ini tentunya berpengaruh juga terhadap Digital piracy yang menjadi perhatian utama pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi Continuance Intention pengguna dalam melakukan pembajakan digital. Teori Religiosity, Ethics, Unified Theory of Acceptance and Use of The Technology, dan Expectation Confirmation Model akan diangkat sebagai kerangka teoritis untuk kami menggali lebih dalam mengenai perilaku pengguna dalam pembajakan terhadap konten digital. Metode penelitian yang kami lakukan melibatkan pengumpulan data kuantitatif sebanyak 479 responden melalui kuesioner online dan data kualitatif melalui wawancara dengan 30 partisipan. Data kuantitatif kami analisis menggunakan metode CB-SEM dengan bantuan perangkat lunak AMOS 24, sementara data kualitatif kami analisis melalui pendekatan content analysis. Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa effort expectancy, performance expectancy, dan perceived benefits memengaruhi confirmation dari ekspektasi pelaku pembajakan digital. Ditemukan juga bahwa confirmation memengaruhi satisfaction, dan satisfaction memengaruhi continuance intention pengguna untuk terus melakukan digital piracy. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa ternyata intrinsic religioisty, extrinsic religiosity, social influence, dan moral obligation tidak terbukti memengaruhi confirmation. Hasil penelitian ini kami harap dapat memberikan wawasan yang lebih luas bagi pihak terkait, termasuk pembuat kebijakan, penyedia platform, dan developer konten digital dalam merancang strategi penanganan dan pencegahan praktek pembajakan konten digital ini.
The COVID-19 pandemic has accelerated digital development both internationally and in Indonesia. This digital development also influences digital piracy, which is the main focus of this research. The aim of this study is to investigate the factors affecting users continuance intention in engaging into digital piracy. The religiosity theory, ethics theory, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), and Expectation Confirmation Model (ECM) will be used as the theoretical framework to dig down deeper into user behavior regarding the piracy of digital content. Our research method involves collecting quantitative data from 479 respondents through an online questionnaire and qualitative data through interviews with 30 participants. We analyze our quantitative data using the CB-SEM method with the assistance of AMOS 24 software, while the qualitative data is analyzed through a content analysis approach. Our research results indicate that effort expectancy, performance expectancy, and perceived benefits influence the confirmation of digital piracy actors' expectations. It is also found that confirmation affects satisfaction, and satisfaction influences users continuance intention to persist in digital piracy. Also from the results of this study, it was found that intrinsic religiosity, extrinsic religiosity, social influence, and moral obligation were not proven to affects confirmation. We hope that the findings of this research will provide more insights for relevant stakeholders, including the policy makers, platform providers, and digital content developers in designing strategies to address and prevent the practices of digital content piracy."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Dewinta Dyah Maharani
"Pandemi COVID-19 telah membuat perkembangan digital semakin pesat diluar negeri maupun di Indonesia. Perkembangan digital ini tentunya berpengaruh juga terhadap Digital piracy yang menjadi perhatian utama pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi Continuance Intention pengguna dalam melakukan pembajakan digital. Teori Religiosity, Ethics, Unified Theory of Acceptance and Use of The Technology, dan Expectation Confirmation Model akan diangkat sebagai kerangka teoritis untuk kami menggali lebih dalam mengenai perilaku pengguna dalam pembajakan terhadap konten digital. Metode penelitian yang kami lakukan melibatkan pengumpulan data kuantitatif sebanyak 479 responden melalui kuesioner online dan data kualitatif melalui wawancara dengan 30 partisipan. Data kuantitatif kami analisis menggunakan metode CB-SEM dengan bantuan perangkat lunak AMOS 24, sementara data kualitatif kami analisis melalui pendekatan content analysis. Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa effort expectancy, performance expectancy, dan perceived benefits memengaruhi confirmation dari ekspektasi pelaku pembajakan digital. Ditemukan juga bahwa confirmation memengaruhi satisfaction, dan satisfaction memengaruhi continuance intention pengguna untuk terus melakukan digital piracy. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa ternyata intrinsic religioisty, extrinsic religiosity, social influence, dan moral obligation tidak terbukti memengaruhi confirmation. Hasil penelitian ini kami harap dapat memberikan wawasan yang lebih luas bagi pihak terkait, termasuk pembuat kebijakan, penyedia platform, dan developer konten digital dalam merancang strategi penanganan dan pencegahan praktek pembajakan konten digital ini.
The COVID-19 pandemic has accelerated digital development both internationally and in Indonesia. This digital development also influences digital piracy, which is the main focus of this research. The aim of this study is to investigate the factors affecting users continuance intention in engaging into digital piracy. The religiosity theory, ethics theory, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), and Expectation Confirmation Model (ECM) will be used as the theoretical framework to dig down deeper into user behavior regarding the piracy of digital content. Our research method involves collecting quantitative data from 479 respondents through an online questionnaire and qualitative data through interviews with 30 participants. We analyze our quantitative data using the CB-SEM method with the assistance of AMOS 24 software, while the qualitative data is analyzed through a content analysis approach. Our research results indicate that effort expectancy, performance expectancy, and perceived benefits influence the confirmation of digital piracy actors' expectations. It is also found that confirmation affects satisfaction, and satisfaction influences users continuance intention to persist in digital piracy. Also from the results of this study, it was found that intrinsic religiosity, extrinsic religiosity, social influence, and moral obligation were not proven to affects confirmation. We hope that the findings of this research will provide more insights for relevant stakeholders, including the policy makers, platform providers, and digital content developers in designing strategies to address and prevent the practices of digital content piracy."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Dimas Prasetyo Siswanto
"Penelitian ini menyelidiki faktor-faktor yang menentukan niat berjudi secara daring di kalangan 443 warga Jabodetabek berusia 18-30 tahun, dengan menggunakan regresi logistik biner untuk menganalisis data primer. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh sikap, norma sosial, dan kendali perilaku yang dirasakan terhadap niat berjudi secara daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi akan pentingnya berjudi secara daring, kemudahan penggunaan, kemampuan mencapai hasil yang diinginkan, persetujuan teman terhadap perilaku berjudi secara daring, dan kemampuan menjadi ahli dalam menggunakan platform perjudian daring memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat berjudi secara daring. Temuan ini menekankan pentingnya menangani faktor-faktor ini melalui intervensi yang tepat dan kampanye kesadaran untuk mendorong perilaku daring yang bertanggung jawab dan mengurangi risiko potensial yang terkait dengan berjudi secara daring di kalangan pemuda di wilayah Jabodetabek.
This research investigates the determinants of online gambling intention among 443 citizens of Jabodetabek aged 18-30, utilizing binary logistic regression to analyze primary data. The study aims to understand the influence of attitude, social norms, and perceived behavioral control on the intention to engage in online gambling. The results indicate that perceived importance, ease of use, ability to achieve desirable results, friends' agreement toward online gambling behavior, and the ability to become an expert at using online gambling platforms have significant and positive effects on online gambling intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Giorgio Ramadhan
"Pada tahun 2010-an, muncul genre baru video game yang berasal dari Jepang. Video game ini hadir dengan fitur baru yang disebut sistem Gacha yang pada dasarnya melibatkan permainan peluang. Penciptaan genre baru ini segera menuai kontroversi, namun keberhasilannya tampaknya telah mengaburkan perhatian sebelumnya dari fitur tersebut. Selain pasar video game Jepang, industri game Gacha telah mencapai tingkat global. Lebih dari setengah dari 100 daftar game iOS terlaris menggunakan Gacha di mekanik mereka. Pada April 2016, sepertiga dari game dari daftar iOS di luar 100 teratas menyertakan bentuk mekanik Gacha. Melihat bahwa industri mobile gaming dikatakan bernilai $48,5 miliar Dolar AS pada tahun yang sama, dan terus meningkat hingga tahun 2020 dengan perkiraan jumlah saat ini menjadi 102,2 miliar Dolar AS pada tahun 2020.
In the 2010s, there arises a new genre of video games coming originally from Japan. These video games come with a new novel feature called the Gacha system which essentially involves a game of chance. The creation of this new genre immediately garners controversy, however its success has seemingly obscured the prior concerns of the feature[1]. Aside from the Japanese video game market, the Gacha gaming industry has reached a global level. Over half of the top grossing 100 list of iOS games use Gacha in their mechanic. As of April 2016, one third of the games from the iOS list outside of the top 100 include a form of Gacha mechanic. Seeing that the mobile gaming industry is said to be worth $48.5 billion US Dollars in the same year, and continues to increase up until 2020 with the current number forecast being 102.2 billion US Dollars in 2020."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
"Practical web analytics for user experience teaches you how to use web analytics to help answer the complicated questions facing UX professionals. Within this book, you'll find a quantitative approach for measuring a website's effectiveness and the methods for posing and answering specific questions about how users navigate a website. The book is organized according to the concerns UX practitioners face. Chapters are devoted to traffic, clickpath, and content use analysis, measuring the effectiveness of design changes, including A/B testing, building user profiles based on search habits, supporting usability test findings with reporting, and more. This is the must-have resource you need to start capitalizing on web analytics and analyze websites effectively."
Waltham, MA: Morgan Kaufmann, 2013
e20427535
eBooks Universitas Indonesia Library
Muhammad Zukhruf Firdaus Hanindra
"Tingkat kepercayaan yang cukup rendah pada informasi yang beredar di internet memengaruhi pola aktivitas masyarakat untuk melakukan verifikasi informasi secara langsung. Keberadaan Wikipedia yang memberikan fasilitas penyuntingan informasi oleh komunitas pun masih dirasa kurang menyelesaikan permasalahan tersebut. Portal Referensi XYZ menjembatani permasalahan ini dengan menyediakan informasi yang didukung oleh sumber data departemen Penelitian dan Pengembangan Perusahaan Media XYZ dari tahun 1965. Namun, walaupun terdapat kenaikan jumlah akses yang signifikan setelah diluncurkan, mayoritas lalu lintas akses tersebut berasal dari pengguna baru sehingga ada potensi berkurangnya lalu lintas akses setelah akuisisi pengguna baru menurun. Risiko ini berdampak pada hilangnya potensi Portal Referensi XYZ sebagai sumber pemasukan baru perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi pemangku kepentingan terkait mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi niat penggunaan kembali Portal Referensi XYZ. Penelitian ini menggunakan model DMIS, TAM, ECT, dan satu variabel terhubung yaitu Subjective Norm serta metode purposive dan convenience sampling untuk mengetahui niat penggunaan kembali Portal Referensi XYZ. Setelah data didapatkan dan dianalisis, diketahui bahwa tiga dari empat asumsi faktor yang memengaruhi niat penggunaan kembali, secara berurutan dari yang paling signifikan, adalah Perceived Usefulness, Satisfaction, dan Subjective Norm. Faktor ke empat, yaitu Attitude, yang diperkirakan memiliki pengaruh signifikan ternyata dibuktikan sebaliknya. Menggunakan hasil analisis yang telah dijabarkan, pemangku kepentingan terkait dapat meningkatkan niat penggunaan kembali Portal Referensi XYZ dengan berfokus pada peningkatan ke tiga faktor yang ditemukan memiliki pengaruh signifikan.
level of trust towards information circulating on the internet affects individuals’ tendency to verify the information directly. Community edits, such as that provided by Wikipedia, were found ineffective to resolve this problem. Conversely, the XYZ Reference Portal attempts this issue by providing information sourced and supported by XYZ Media Company’s well-established research and development data which dates to 1965. Since the launch of XYZ Reference Portal, most of the traffic are sourced from new users. This carries the risk of declining trend of traffic once the new user acquisition decreases, eliminating the potential of the XYZ Reference Portal as a new source of revenue for the parent company. Thus, this research finds it important to unveil the factors that may lead to customers’ continuance intention towards XYZ Reference Portal. This research uses the DMIS, TAM, ECT model, as well as Subjective Norm as its main theoretical lens. Data was gathered through purposive and convenience sampling, which then were analyzed quantitatively, using PLS SEM to measure significant factors affecting the Continuance Intention. The outcome shows that three out of four factors measured significantly affect Continuance Intention, sorted from the most significant are Perceived Usefulness, Satisfaction, and Subjective Norm. The fourth factor of Attitude was found insignificant toward Continuance Intention. This research offers practical implications for XYZ Reference Portal by suggesting to prioritize on the three significant factors as they are more likely to improve Continuance Intention."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Raihann Hasan
"
Perjudian online merupakan kegiatan yang dilarang di Indonesia. Namun, kasus judi online masih marak terjadi dan memberikan banyak dampak negatif bagi penjudi dan juga lingkungan sekitarnya. Penelitian ini berusaha mengeksplorasi pembelajaran sosial teknik netralisasi dari penjudi online. Hubungan narasumber dengan orang terdekatnya dan perjalanan hidup narasumber ditelusuri dan dianalisis menggunakan konsep pembelajaran sosial. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode wawancara mendalam terhadap tiga penjudi online, ditemukan bahwa para narasumber menggunakan teknik netralisasi untuk menghindari reaksi negatif yang mungkin muncul dari keluarga, pacarnya, dan reaksi dari pertemanannya. Narasumber tidak memedulikan reaksi dari teman-temannya, karenanya mereka menggunakan teknik netralisasi sebagai justifikasi untuk terus berjudi online. Pembelajaran akan teknis dan justifikasi untuk berjudi online dari kelompok pertemanan merupakan salah satu pengaruh terkuat yang membuat para narasumber tertarik untuk berjudi online. Pembelajaran tersebut membuat narasumber menggunakan denial of injury dan condemnation of the condemners. Sedangkan penggunaan denial of responsibility dan denial of the victim tidak berasal dari pembelajaran sosial, melainkan melalui narasumber itu sendiri.
Online gambling is a prohibited activity in Indonesia. However, cases of online gambling persist and have various negative impacts on the gamblers and their immediate surroundings. This research seeks to explore the social learning of neutralization techniques by online gamblers. The relationship between the interviewees and their close associates, as well as the life journey of the interviewees, is examined and analyzed using the concept of social learning. Employing a qualitative approach through in-depth interviews with three online gamblers, it was found that the interviewees employed neutralization techniques to avoid potential negative reactions from family, partners, and friends. The interviewees disregarded the reactions of their friends, hence using neutralization techniques as justification to continue online gambling. Learning technicalities and justifications for online gambling from their peer group proved to be one of the strongest influences that attracted the interviewees to engage in online gambling. This learning led the interviewees to utilize denial of injury and condemnation of the condemners. Meanwhile, the use of denial of responsibility and denial of the victim did not stem from social learning but rather from the interviewees themselves."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library