Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 65447 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ramdaniza
"Buku “Manajemen Pendidikan Multikultural dalam Era Revolusi Industri 4.0” menawarkan pemahaman mendalam tentang bagaimana pendidikan multikultural dapat dikelola dan diterapkan secara efektif di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital dan otomatisasi yang ditandai dengan hadirnya Revolusi Industri 4.0. Buku ini menggabungkan konsep-konsep manajemen pendidikan dengan tantangan serta peluang baru yang muncul akibat kemajuan teknologi, seperti kecerdasan buatan (AI), big data, Internet of Things (IoT), dan pembelajaran digital.
Penulis menggarisbawahi bahwa era Revolusi Industri 4.0 tidak hanya berdampak pada sektor teknologi dan ekonomi, tetapi juga membawa perubahan besar dalam sistem pendidikan global. Pendidikan multikultural, yang fokus utamanya adalah merangkul keberagaman dan mengatasi ketidaksetaraan, kini harus beradaptasi dengan perubahan digitalisasi yang cepat. Buku ini memberikan panduan praktis tentang bagaimana manajemen pendidikan dapat memastikan inklusivitas, kesetaraan, dan keadilan dalam sistem pendidikan yang semakin terhubung secara global.
Buku ini dimulai dengan pengantar tentang Revolusi Industri 4.0, menjelaskan berbagai teknologi yang berdampak pada dunia pendidikan, seperti pembelajaran daring, alat pembelajaran berbasis AI, dan platform kolaborasi global. Penulis kemudian mengaitkan perkembangan ini dengan konsep pendidikan multikultural, menjelaskan bagaimana perubahan teknologi dapat memperkuat atau, sebaliknya, memperburuk kesenjangan sosial dan budaya jika tidak dikelola dengan baik. Buku ini dilengkapi dengan studi kasus dari berbagai negara yang telah berhasil mengimplementasikan manajemen pendidikan multikultural di era digital, serta menawarkan wawasan tentang tantangan-tantangan yang mungkin dihadapi dalam proses transformasi pendidikan di negara berkembang dan komunitas-komunitas yang kurang memiliki akses teknologi.
Buku “Manajemen Pendidikan Multikultural dalam Era Revolusi Industri 4.0” menegaskan bahwa teknologi bukanlah ancaman bagi pendidikan multikultural, melainkan peluang untuk menciptakan sistem pendidikan yang lebih inklusif dan adil. Melalui manajemen yang efektif, teknologi dapat digunakan untuk memperkuat dialog antarbudaya, mengatasi kesenjangan sosial, dan membangun masyarakat yang lebih adil dan setara. Buku ini memberikan wawasan yang penting bagi guru, manajer pendidikan, dan pembuat kebijakan yang ingin memanfaatkan teknologi di era 4.0 untuk memperkuat pendidikan multikultural dan menciptakan perubahan positif dalam sistem pendidikan.
"
Indramayu: PT Adab Indonesia, 2024
371.026 RAM m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Made Pidarta
Jakarta: Rineka Cipta, 2004
371.206 MAD m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hadiyanto
Jakarta: Rineka Cipta, 2004
371.077 HAD m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
"Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menggambarkan beberapa kondisi yang terkait dengan persolalan dan penerapan MBS menurut sistem pendidikan di Indiana, USA, khususnya di lingkungan Monroe Country School Corporation (MCCSC) dan kemungkinan penerapannya dalam sistem pendidikan di Indonesia...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan memperoleh gambaran tentang kebijakan seperti apa yang dilakukan kepala sekolah sebagai usaha-usaha kepala sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di sekolah X Kota Jambi. Fokus penelitian ini meliputi aspek peran kepala sekolah dalam pengambilan kebijakan penyelenggaraan pendidikan inklusif. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa kebijakan kepala sekolah berjalan dengan baik. Masyarakat sekolah mendukung kebijakan yang telah dibuat kepala sekolah. Desain kebijakan yang dibuat memberikan kejelasan mengenai hal-hal yang akan dilakukan dalam upaya mencapai tujuan kebijakan yang diharapkan. "
JURPEND 14:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
McGinn, N.
Jakarta: Logos, 2003
371.2 MCG d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Masalah yang diteliti mengenai mutu manajemen proses pembelajaran yang dipengaruhi oleh faktor-faktor dominan di sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) dengan kategori sekolah berstandar nasional dan unggulan (eks RSBI) bidang keahlian teknologi rekayasa. Pokok masalah yang diteliti adalah apakah faktor-faktor input yang meliputi kinerja kepala sekolah, pembiayaan, kemitraan, manajemen sekolah, dan implementasi kurikulum berpengaruh terhadap kinerja pendidik dan perilaku peserta didik serta mutu manajemen proses pembelajaran di SMK berstandar nasional dan sekolah unggulan eks. RSBI di Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan verifikatif dengan metode survey explanatory. Pengolahan data menggunakan analisis regresi multiple. Data dikumpulkan dari persepsi guru melalui kuesioner dengan populasi sebanyak 1.910 guru dengan sampel 320 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umumnya SMK SSN dan SMK unggulan eks RSBI di Jawa Barat: 1) Memiliki kepala sekolah dengan kinerja tinggi yang dicirikan oleh kompetensi instruksional, manajerial, kewirausahaan, supervisi, kepribadian, kompetensi sosial, 2) Pembiayaan persepsi sudah tinggi, 3) pelaksanaan kemitraan tinggi, 4) Manajemen sekolah tinggi, 5) Memiliki sarana prasarana tinggi, 6) Implementasi kurikulum tinggi, 7) Kinerja tenaga pendidik tinggi, 8)Perilaku peserta didik tinggi, 9) Mutu manajemen proses pembelajaran tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kinerja kepala sekolah, pembiayaan, kemitraan, manajemen sekolah, sarana/prasarana, dan implementasi kurikulum berpengaruh kuat, positif, dan signifikan terhadap kinerja tenaga pendidik dan peserta didik yang muaranya berpengaruh terhadap mutu manajemen proses pembelajaran di SMK berstandar nasional dan eks. Sekolah RSBI di Jawa Barat. "
JURPEND 14:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode heuristik dalam menyelesaikan soal -soal fisika dasar I sehingga dapat meningkat aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah fisika dasar I. Metode penelitian yang digunakan adalah metode tindakan kelas (classroom action researh) pada suatu komunitas mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Unsri angkatan 2008..."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>