Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 153245 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rawhul Ihsan Setyoko
"Indonesia memiliki potensi besar dalam sektor kelautan dan perikanan, namun peningkatan jumlah kapal ikan yang dibutuhkan berpotensi meningkatkan emisi gas rumah kaca, yang bertentangan dengan target Indonesia bebas emisi pada 2060. Penelitian ini mengevaluasi dan membandingkan emisi lingkungan dan biaya operasional kapal ikan 5 GT dengan dua sistem propulsi berbeda: konvensional berbahan bakar diesel dan listrik. Metode Life Cycle Assessment (LCA) digunakan untuk menghitung emisi pada seluruh tahapan daur hidup kapal, yaitu manufaktur, operasional, dan scrapping. Hasil menunjukkan bahwa kapal dengan sistem propulsi listrik menghasilkan emisi yang lebih rendah dibandingkan kapal konvensional, terutama pada tahap operasional, serta memiliki biaya operasional harian yang lebih ekonomis. Dengan pengurangan emisi total hingga 17% dan biaya operasional hingga 87%, sistem propulsi listrik merupakan solusi yang menjanjikan dalam mengurangi dampak lingkungan kapal perikanan sekaligus membantu nelayan Indonesia.

Indonesia possesses significant potential in the maritime and fisheries sector; however, the increasing demand for fishing vessels may lead to a rise in greenhouse gas emissions, which contradicts the nation’s target of achieving net-zero emissions by 2060. This study evaluates and compares the environmental emissions and operational costs of 5 GT fishing vessels using two different propulsion systems: conventional diesel and electric. The Life Cycle Assessment (LCA) method is used to calculate emissions across all stages of the vessel’s life cycle, including manufacturing, operation, and scrapping. The results show that electric propulsion vessels produce lower emissions compared to conventional vessels, particularly during the operational phase, and offer more economical daily operating costs. With total emission reductions of up to 17% and operational cost savings of up to 87%, electric propulsion presents a promising solution to reduce the environmental impact of fishing vessels while also supporting Indonesian fishermen."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitrah Taufik
"Penelitian ini berfokus pada analisis stabilitas Kapal Ikan 5 GT, sebuah kapal berkapasitas 5 GT dengan penggerak motor listrik dan dilengkapi dengan panel surya untuk pengisian daya baterainya. Untuk menjamin keselamatan operasional, analisis stabilitas kapal dilakukan menggunakan parameter dari International Maritime Organization (IMO) sebagai standar keselamatan. Metode yang digunakan meliputi uji eksperimental inclining test dan simulasi menggunakan perangkat lunak Maxsurf Stability. Pengumpulan data dilakukan dengan mengukur jarak pemindahan beban uji dan kemiringan kapal yang diakibatkan oleh pemindahan posisi beban. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai GMt dari uji eksperimen adalah 0,385 m, sementara hasil simulasi menunjukkan nilai 0,395 m pada kondisi inclining test. Uji stabilitas berdasarkan kriteria IMO menunjukkan bahwa Kapal Ikan 5 GT belum memenuhi kriteria stabilitas untuk parameter luas area pada sudut kemiringan 30°, 40°, 30° - 40°, dan nilai GZ pada sudut 30°, dalam kondisi kapal kosong. Oleh karena itu, diperlukan penambahan beban pemberat pada kapal agar memenuhi kriteria stabilitas yang ditetapkan.

This research focuses on the stability analysis of a 5 GT fishing vessel, a boat with a 5 GT capacity powered by an electric motor and equipped with solar panels for battery charging. To ensure operational safety, the vessel's stability analysis was conducted using parameters from the International Maritime Organization (IMO) as safety standards. The methods employed include an experimental inclining test and simulations using Maxsurf Stability software. Data collection was carried out by measuring the displacement distance of the test weight and the tilt of the vessel caused by the repositioning of the weight. The calculation results indicate that the GMt value from the experimental test is 0.385 m, while the simulation results show a value of 0.395 m under the inclining test conditions. Stability tests based on IMO criteria reveal that the 5 GT fishing vessel does not meet stability criteria for the area under the curve at heel angles of 30°, 40°, 30° - 40°, and the GZ value at a 30° angle, in an empty vessel condition. Therefore, additional ballast weight is required for the vessel to meet the specified stability criteria."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fikri Zulkarnaen
"Motor controller pada kapal listrik memiliki peran penting dalam mengatur kerja motor, namun sangat rentan terhadap kenaikan suhu akibat beban kerja yang tinggi. Dalam kondisi tertentu, suhu motor controller dapat mencapai titik kritis yang memicu sistem proteksi suhu otomatis, seperti yang terjadi pada Golden Motor HPC 700 yang akan membatasi performa saat suhu menyentuh 71°C. Berangkat dari permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan untuk merancang sistem pendingin berbasis waterblock yang memanfaatkan air danau dalam konfigurasi open-loop sebagai media penyerap panas.
Pengujian dilakukan pada dua kondisi utama, yaitu tanpa beban dan dengan beban penuh, dengan variasi kecepatan kapal dari 1 hingga 4 knot selama 10 menit. Data suhu inlet dan outlet air pendingin diukur untuk menghitung selisih suhu (ΔT) dan laju perpindahan panas (Q). Dari hasil eksperimen, sistem pendingin terbukti mampu menjaga suhu motor controller tetap di bawah batas cut off 71°C dalam semua skenario pengujian. Pada kecepatan tertinggi dan beban penuh, laju perpindahan panas mencapai nilai maksimum ±1115 watt, menandakan sistem bekerja lebih intensif seiring bertambahnya beban termal.
Dari grafik dan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sistem pendingin ini cukup efektif, sederhana, dan cocok diterapkan untuk kapal listrik skala kecil yang beroperasi di danau atau perairan tenang. Meskipun tidak dilengkapi dengan radiator atau sistem tertutup, penggunaan air danau secara langsung dalam sistem open-loop ini tetap mampu menjaga performa termal motor controller selama durasi operasi.

The motor controller in electric boats plays a vital role in managing propulsion but is highly vulnerable to overheating under heavy workloads. In certain conditions, the temperature can rise to a critical level, triggering thermal protection mechanisms—as experienced with the Golden Motor HPC700, which limits performance at 71°C. To address this issue, this study proposes the design and testing of a water block-based cooling system using open-loop lake water to absorb heat from the controller.
Experiments were carried out under two main conditions: no-load and full-load, with speeds ranging from 1 to 4 knots over a 10-minute period. The inlet and outlet temperatures of the cooling fluid were recorded to calculate temperature difference (ΔT) and heat transfer rate (Q). Results showed that the cooling system successfully maintained the controller temperature below the 71°C cutoff across all test scenarios. At full load and maximum speed, heat transfer reached a peak value of approximately 1115 watts, indicating higher cooling demand as thermal load increased.
Based on the data and analysis, it can be concluded that the system is effective, simple to build, and suitable for small-scale electric boats operating in lakes or calm waters. Even without a radiator or closed-loop system, the direct use of lake water in this open-loop setup proved capable of maintaining safe thermal performance throughout the test duration.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Raihan Malawat
"Kajian ini mengulas analisis hambatan total pada kapal ikan listrik berkapasitas 5 GT dengan dan tanpa panel surya, menggunakan pendekatan eksperimental dan Computational Fluid Dynamics (CFD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh panel surya terhadap performa hidrodinamika kapal. Simulasi numerik dilakukan menggunakan ANSYS Fluent 2024 R1 pada kecepatan 1–5 m/s, dengan parameter eksperimental 0.556–1.389 m/s, menggunakan model turbulensi k-ω SST dan pendekatan Volume of Fluid (VOF). Hasil simulasi menunjukkan bahwa penambahan panel surya meningkatkan hambatan total secara maksimum sebesar 0.677%. Uji eksperimental dilakukan menggunakan data brake horsepower yang diperoleh secara langsung, dengan nilai koefisien variasi terkecil sebesar 4.818% dan terbesar 11.021%, menunjukkan data valid secara statistik. Dengan kecepatan yang sama, nilai effective horsepower dihitung melalui simulasi CFD untuk kemudian digunakan dalam estimasi efisiensi total kapal. Hasil menunjukkan bahwa efisiensi total berada pada kisaran 16.12% hingga 16.85%. Simpulan dari kajian ini menyatakan bahwa penambahan panel surya tidak memberikan dampak signifikan terhadap hambatan kapal, dan kapal tetap efisien serta layak digunakan untuk operasional perikanan berkelanjutan.

This paper reviews the total drag analysis of a 5 GT electric fishing boat with and without solar panels, using experimental and Computational Fluid Dynamics (CFD) approaches. This study aims to determine the effect of solar panels on the hydrodynamic performance of the ship. Numerical simulations were conducted using ANSYS Fluent 2024 R1 at speeds of 1-5 m/s, with experimental parameters of 0.556-1.389 m/s, using the k-ω SST turbulence model and the Volume of Fluid (VOF) approach. The simulation results show that the addition of solar panels increases the total drag by a maximum of 0.677%. Experimental tests were conducted using directly obtained brake horsepower data, with the smallest coefficient of variation of 4.818% and the largest of 11.021%, indicating statistically valid data. At the same speed, the effective horsepower value was calculated through CFD simulation and then used to estimate the total efficiency of the ship. The results show that the total efficiency is in the range of 16.12% to 16.85%. The conclusion of this study is that the addition of solar panels does not have a significant impact on vessel drag, and the vessel remains efficient and suitable for sustainable fisheries operations."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nasution, Latifah Rahmi
"ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai tindakan penegakan hukum yang dilakukan oleh Pemerintah Republik Indonesia guna memberantas Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing yaitu penenggelaman kapal penangkap ikan berbendera asing pelaku IUU Fishing di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia. Oleh sebab itu penelitian ini akan menguraikan ketentuanketentuan yang terkait penenggelaman kapal penangkap ikan berbendera asing pelaku IUU Fishing baik berdasarkan ketentuan hukum internasional dan hukum nasional.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Indonesia telah memiliki peraturan perundang-undangan yang mengacu pada Konvensi Hukum Laut 1982. Salah satu tujuan dilaksanakannya tindakan penenggelaman kapal adalah untuk memberikan efek jera, namun demikian tindakan ini perlu memperhatikan aspek hukum, politis, dan lingkungan. Disarankan penenggelaman kapal merupakan upaya terakhir dalam rangka pencegahan dan penanggulangan IUU Fishing. Aspek penting yang perlu diperkuat adalah dari segi pengawasan.

ABSTRACT
This thesis reviews the law enforcement undertaken by the Government of the Republic of Indonesia to combat Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU)Fishing, namely the sinking of the foreign fishing vessels the actors of IUU Fishing in regional fisheries management of the Republic of Indonesia. Therefore, this research will outline the relevant provisions of the sinking of foreign fishing vessels both under the provisions of the international law as well as the national law.
The outcome of this research shows that Indonesia has legislation that refers to the Convention on the Law of the Sea 1982.One of the purposes of implementing the sinking action is to provide a deterrent effect, however, these measures need to pay careful attention to legal, political, and environmental aspects. The sinking of the fishing vessel is suggested to be the last option to prevent and overcome IUU Fishing. The important aspect that need to be strengthened is surveillance.
"
Depok: Universitas Indonesia, 2016
T45525
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifqianda Fadlurrahman
"Kenaikan harga BBM membuat biaya operasional kapal menjadi semakin tidak terjangkau merupakan akar masalah dari kemiskinan yang dialami oleh nelayan kecil. Hal ini mengindikasikan perlunya solusi untuk mengurangi ketergantungan pada BBM. Energi listrik sebagai alternatif memiliki potensi karena lebih murah dan ramah lingkungan. Pada penelitian ini dilakukan pengujian kapal ikan untuk mengevaluasi dan mengoptimasi performa sistem propulsi dengan mengatur putaran BLDC Motor dan memilih sistem transmisi untuk performa kapal yang optimal.Dua tahap pengujian dilakukan: tahap pra optimasi menggunakan transmisi gearbox dan pulley belt dengan rasio 1:7,07, dan tahap pasca optimasi menggunakan transmisi pulley belt dengan rasio 1:1,6. Analisis data berfokus pada hubungan kecepatan putaran motor listrik dengan arus, daya dan kecepatan kapal menunjukkan peningkatan performa sistem propulsi kapal secara keseluruhan. Optimasi performa sistem propulsi telah berhasil dilakukan ditandai dengan meningkatnya kecepatan maksimum kapal, dari pengujian tahap pra optimasi yaitu 3,24 knot pada 3487,57 RPM, menjadi 4,14 knot pada 715,96 RPM saat pengujian pasca optimasi, sehingga parameter kecepatan kapal telah tercapai.

The increase in fuel prices, making the operational costs of ships increasingly unaffordable, is the root cause of the poverty experienced by small-scale fishermen. This indicates the need for solutions to reduce dependence on fuel. Electric energy as an alternative has potential because it is cheaper and environmentally friendly. In this study, tests were conducted on fishing vessels to evaluate and optimize the performance of the propulsion system by regulating the rotation of the BLDC motor and selecting the transmission system for optimal vessel performance. Two stages of testing were conducted: the pre-optimization stage using gearbox and pulley belt transmission with a ratio of 1:7.07, and the post-optimization stage using pulley belt transmission with a ratio of 1:1.6. Data analysis focused on the relationship between the speed of the electric motor, current, power, and vessel speed, showing an overall improvement in the vessel's propulsion system performance. The optimization of the propulsion system performance was successfully achieved, as indicated by the increase in the vessel's maximum speed from 3.24 knots at 3487.57 RPM in the pre-optimization test to 4.14 knots at 715.96 RPM in the post-optimization test, thus achieving the vessel speed parameters."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ameera Raissa Shafa
"Analisis tekno-ekonomi dilakukan untuk pabrik power-to-ammonia di Indonesia yang menggunakan proses elektrolisis air suhu tinggi. Proses yang diusulkan disimulasikan menggunakan Aspen HYSYS untuk simulasi pabrik amonia dan Microsoft Excel untuk analisis ekonomi dan variabel lain yang tidak dapat dihitung menggunakan Aspen HYSYS. Kapasitas produksi green ammonia 4945 MT/tahun dan rasio molar H2-ke-N2 menjadi 3:1 pertama kali ditentukan sebagai dasar pemodelan dan integrasi simulasi. Selanjutnya, kondisi operasi sintesis amonia diuji dengan beberapa variasi untuk mendapatkan suhu dan tekanan yang paling sesuai untuk proses tersebut, yang masing-masing menghasilkan 500oC dan 150 bar. Asesmen ekonomi menunjukkan bahwa CAPEX dan OPEX dalam penelitian ini menghasilkan harga produksi sebesar $901,66/MT. Langkah terakhir dilakukan dengan menganalisis dan mengevaluasi pengaruh harga jual green ammonia terhadap tiga variabel yaitu harga N2, harga listrik panas proses, dan harga jual O2 sebagai produk samping. Dengan membuat skenario berdasarkan variabel-variabel tersebut, harga jual green ammonia yang menguntungkan untuk mencapai payback period tidak lebih dari sepuluh tahun berkisar antara $1.290- $2.120/MT. Harga green ammonia jauh lebih tinggi dari amoniak konvensional. Oleh karena itu, disarankan untuk mengajukan subsidi saat penjualan.

A techno-economic assessment was performed for a power-to-ammonia plant in Indonesia that utilizes a high-temperature water electrolysis process. The proposed process was simulated using Aspen HYSYS for the ammonia plant simulation and Microsoft Excel for the economic analysis and other variables that can’t be calculated using Aspen HYSYS. The green ammonia production capacity of 4945 MT/year and the molar ratio of H2-to-N2 being 3:1 is first determined as a basis for the simulation modelling and integration. Subsequently, the ammonia synthesis operating condition is tested using several variations to find the most suitable temperature and pressure for the process, which results in 500oC and 150 bar, respectively. The economic assessment shows that the CAPEX and OPEX in this research produce a production price of $901.66/MT. The last step is done by analyzing and evaluating the ammonia selling price effect upon three variables: the price for N2, the price for process heat electricity, and the price for selling O2 as a by-product. By making scenarios based on those variables, the profitable green ammonia selling price to achieve not more than ten years payback period ranges from $1,290-$2,120/MT. The green ammonia price is much higher than conventional ammonia. Thus, proposing a subsidy when selling green ammonia is recommended."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fathir Fauzi
"ABSTRAK
Kapal ikan merupakan alat apung yang dipergunakan untuk melakukan penangkapan ikan, pengangkutan ikan, pengolahan ikan, pelatihan perikanan, dan penelitian/eksplorasi perikanan. Sistem propulsi merupakan salah satu komponen utama dalam perancangan sebuah kapal. Saat ini sistem propulsi yang mayoritas digunakan pada kapal ikan yaitu, sistem propulsi konvensional BBM . Penelitian ini dilakukan untuk merancang kapal ikan dengan sistem propulsi hybrid dan menganalisis perbandingan penggunaan antara sistem propulsi bahan bakar dengan sistem propulsi hybrid. Setelah dari perancangan awal dan analisis di dapatkan bahwa sistem propulsi elektrik secara efisiensi dan ramah lingkungan lebih baik dari sistem propulsi bahan bakar. Namun dari segi berat maka sistem propulsi bahan bakar lebih baik disbanding sistem propulsi elektrik.

ABSTRACT
Fishing vessel is a floating tool used for fishing, fish transportation, fish processing, fisheries training, and fisheries research exploration. The propulsion system is one of the main components in the design of a ship. Currently the propulsion system that is mostly used in fishing vessels is conventional propulsion system BBM . This research was conducted to design fish vessels with hybrid propulsion system and analyze the comparison of use between conventional propulsion system with hybrid propulsion system. After the initial design and analysis it was found that the electric propulsion system is better in an efficient and environmentally than the conventional propulsion system. But in terms of weight, the conventional propulsion system is better than the electric propulsion system.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yusuf Donner Dwiyantama
"Sistem propulsi merupakan salah satu komponen utama dalam perancangan sebuah kapal. Kapal. Kapal ikan merupakan kapal atau alat apung lainnya yang dipergunakan untuk melakukan penangkapan ikan, pengangkutan ikan, pengolahan ikan, pelatihan perikanan, dan penelitian/eksplorasi perikanan. Saat ini sistem propulsi yang mayoritas digunakan pada kapal ikan yaitu, sistem propulsi bahan bakar.
Penelitian ini dilakukan untuk merancang kapal ikan dengan sistem propulsi elektrik dan menganalisis perbandingan penggunaan antara sistem propulsi bahan bakar dengan sistem propulsi elektrik.
Setelah dari perancangan dan analisis di dapatkan bahwa sistem propulsi elektrik secara efisiensi dan energy ramah lingkungan lebih baik dari sistem propulsi bahan bakar. Namun dari segi berat dan biaya awal instalasi maka sistem propulsi bahan bakar lebih baik disbanding sistem propulsi elektrik.

Propulsion system is one of the main component in a ship designing process. Fishing ship is a ship other floating tools used for fishing, fish transportation, fish processing, fisheries training, and fisheries research exploration Today the majority propulsion system that used in fishing ship that, fuel propulsion system.
The purpose of this research are to design a fishing ship with an electric propulsion system and to analyze the comparison of the use between fuel propulsion system and electric propulsion system.
After the design and analysis, the electric propulsion system in an efficient and environmentally friendly energy is better than the fuel propulsion system. But from the weight and installation cost Diesel Propulsion better than electric propulsion.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Iqbal Risya
"Kendaraan listrik merupakan solusi transportasi ramah lingkungan yang berpotensi mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil. Meningkatnya popularitas kendaraan listrik sebagai alternatif transportasi berkelanjutan, memunculkan berbagai tantangan terkait pengoptimalan performa kendaraan tersebut. Untuk mengatasi tantangan-tantangan ini, diperlukan adanya pengoptimalan pada berbagai aspek seperti sistem penyimpanan energi, sistem pengisian, sistem penggerak, dan lainnya. Penelitian ini mengevaluasi kinerja motor BLDC sebagai sistem penggerak melalui pengujian dengan variasi arus dan beban motor. Pengujian bertujuan untuk mengamati pengaruh arus dan beban motor terhadap karakteristik waktu, tegangan, arus, suhu, torsi, dan rpm motor BLDC. Selain itu, penelitian ini juga meninjau dampak penambahan superkapasitor pada sistem propulsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi arus dan beban motor secara signifikan memengaruhi karakteristik performa motor BLDC. Penambahan superkapasitor pada sistem propulsi terbukti meningkatkan stabilitas kinerja motor di setiap variasi pembebanan. Analisis data menunjukkan peningkatan torsi dan rpm yang lebih stabil, serta pengurangan suhu operasional, yang secara keseluruhan meningkatkan keandalan sistem penggerak kendaraan listrik.

Electric vehicles are an environmentally friendly transportation solution that has the potential to reduce dependence on fossil fuels. The growing popularity of electric vehicles as a sustainable transportation alternative presents various challenges related to optimizing vehicle performance. To address these challenges, optimization is required in various aspects such as energy storage systems, charging systems, drive systems, and others. This study evaluates the performance of a BLDC motor as a drive system through testing with variations in motor current and load. The testing aims to observe the effect of motor current and load on the characteristics of time, voltage, current, temperature, torque, and RPM of the BLDC motor. Additionally, this study examines the impact of adding a supercapacitor to the propulsion system.

The results of the study show that variations in motor current and load significantly affect the performance characteristics of the BLDC motor. The addition of a supercapacitor to the propulsion system has been proven to improve motor performance stability under various load conditions. Data analysis indicates an increase in torque and more stable RPM, as well as a reduction in operational temperature, which overall enhances the reliability of the electric vehicle's drive system."

Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>