Ditemukan 75795 dokumen yang sesuai dengan query
Dhafina Khansa Azzahra
"Enigma merupakan sebuah strategi spasial yang dapat menggeser pendekatan tektonik. Pendekatan tektonik dalam arsitektur kontemporer cenderung mengalami krisis dan kontradiksi dalam representasi bentuk final dan wujud materialnya. Arsitektur perlu hadir secara lebih performatif untuk memperkaya pengalaman dan sensori. Konsep ini melanjutkan sekaligus melawan konsep tektonika konvensional yang dibangun melalui pendekatan fungsi dan aturan. Oleh karena itu, spasial anti-tektonik perlu ditelusuri strategi pembentukannya. Enigma sebagai konsep yang berlawanan, tetapi saling berkaitan, bersifat kontradiktif tetapi memiliki kausalitas. Strategi ini dapat melanjutkan keteraturan tektonik menjadi bertumpuk aturannya. Enigma bekerja sebagai ruang berpikir, pemicu dematerialisasi, serta perspektif yang spekulatif. Arsitektur anti-tektonik kemudian hadir sebagai proses atau peristiwa ruang, fluktuasi data dalam ranah digital, serta representasi yang berlapis. Studi ini dilakukan pada proyek arsitektur interaktif untuk menunjukkan implementasi enigma sebagai strategi spasial anti-tektonik. Dengan menelusuri enigma, arsitek dapat menghadirkan konsep arsitektur kontemporer yang eksperimental dan eventual. Arsitek juga dapat melanjutkan serta membongkar keseragaman tektonik sehingga menjadi lebih fleksibel dan adaptif dalam mewadahi ruang yang kaya akan pengalaman.
Enigma is a spatial strategy that shifts the tectonic strategy. Tectonic strategy in contemporary architecture tends to face crisis and contradiction in the representation of its final form and material manifestation. Architecture needs to be more performative to enrich experience and sensory engagement. This both continues and contradicts the conventional concept of tectonics, which is constructed through functional and rule-based approaches. Thus, the spatial condition of anti-tectonics needs to be studied through its formative strategies. Enigma, as a concept that is contradictory yet interrelated, holds tension but also causality. This strategy can continue the logic of tectonic order into disorder. Enigma operates as a subjective precondition space, a force of dematerialization, and a speculative perspective. Anti-tectonic architecture is then present as a process or spatial becoming, a fluctuation of data in the digital realm, and a complex yet layered representation. This study is conducted through an interactive architectural project to demonstrate the implementation of enigma as a spatial strategy of anti-tectonics. By studying enigma, architects may present a more experimental and eventual concept of contemporary architecture. Architects can continue and deconstruct tectonic uniformity, so it becomes more flexible and adaptive in accommodating rich spatial experiences. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Dalziel, Allan J.
Melbourne: Lansdowne Press, 1967
923.2 EVA d
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Jones, Margaret
Sydney: McGraw-Hill, 1979
823.3 JON c
Koleksi Publik Universitas Indonesia Library
Field, Andy P.
London: Sage, 2016
519.5 FIE a
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Ikeda, Daisaku, 1928-
New York; San Francisco: Kodansha International, 1982
294.342 IKE st
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Ikeda, Daisaku, 1928-
Tokyo: Kodansha International, 1982
294.342 IKE l
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
2013
890 ENIGMA
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Aimee Suria Chendra
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran perceived value multidimensi, diantaranya service value (SV), process value (PV), dan relationship value (RV), sebagai faktor pendorong tingkat satisfaction (S) konsumen dan dampaknya pada attitudinal loyalty (AL) dan behavioral loyalty (BL) pada konsumen GoFood. Sampel terdiri dari individu berusia 17-55 tahun, menggunakan layanan GoFood setidaknya dalam tiga bulan terakhir, dan menjadikan GoFood sebagai aplikasi utama untuk pesan-antar makanan. Teknik sampling yang digunakan adalah judgemental sampling yang disebar melalui Google Form dan terkumpul sebanyak 362 responden. Analisis data dilakukan dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan software SmartPLS 4. Hasil penelitian membuktikan service value, process value, dan relationship value memiliki pengaruh signifikan terhadap satisfaction dan attitudinal loyalty, kecuali process value yang tidak ditemukan signifikansinya terhadap attitudinal loyalty. Satisfaction dan attitudinal loyalty masing-masing memiliki hubungan yang signifikan kepada behavioral loyalty dan keduanya (S, AL) memediasi seluruh variabel perceived value multidimensi (SV, PV, RV) dengan behavioral loyalty.
This study aimed to investigate the role of multidimensional perceived value, encompassing service value (SV), process value (PV), and relationship value (RV), as driving factors of satisfaction (S) and its impact on attitudinal loyalty (AL) and behavioral loyalty (BL) among GoFood users. The sample consisted of individuals aged 17-55 years, used GoFood services at least in the last three months and primarily used GoFood for food delivery. Judgemental sampling was employed with data collected through Google Forms, successfully collected 362 respondents. Data analysis was conducted using Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method with SmartPLS 4. The findings revealed that service value, process value, and relationship value significantly influenced satisfaction and attitudinal loyalty, except for process value, which did not exhibit a significant relationship with attitudinal loyalty. Satisfaction and attitudinal loyalty, respectively, demonstrated significant associations with behavioral loyalty. Additionally, both satisfaction (S) and attitudinal loyalty (AL) mediated the entire relationship between multidimensional perceived value variables (SV, PV, RV) and behavioral loyalty."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Horowitz, David
New York, NY: Praeger, 1972
330.956 94 HOR e
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Young, Warren C.
Colorado: Westview, 1987
330.156 YOU i
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library