Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 170849 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gracesya Eunike
"Menanggapi perkembangan pesat kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan penggunaannya yang makin meluas, Uni Eropa memposisikan dirinya di garda terdepan pembentukan standar regulasi AI. Dengan “mendomestikasi” tren global menjadi suatu produk yang “khas” Eropa, Uni Eropa merespons AI sebagai teknologi bakalan yang membawa risiko dan peluang baru. Penelitian kualitatif ini menyoroti bagaimana Uni Eropa mengkurasi tata kelola AI, yang merupakan tren global, hingga menjadi sesuai dengan kepentingan regional melalui pendekatan yang berbasis risiko dan berorientasi pada manusia. Persepsi pembuat kebijakan Uni Eropa terhadap ancaman dan risiko AI, kepentingan untuk mempreservasi demokrasi, serta kekhawatiran terhadap kebebasan berinovasi menjadi perhatian utama penelitian ini. Dengan memanfaatkan konsep Domestikasi dan metode causal process tracing untuk menganalisis analisis literatur dan dokumen primer, penelitian ini menilik setiap proses yang ditempuh untuk menghasilkan EU AI Act. Interaksi antara berbagai kepentingan dari bermacam-macam aktor akhirnya menghasilkan pendekatan berbasis risiko yang preskriptif untuk mengklasifikasikan tingkat ancaman dan menetapkan perlindungan hak-hak fundamental. Selain itu, transformasi tren global ini juga berhasil menciptakan “trustworthy AI” sebagai merek dagang Uni Eropa yang unik. Pada akhirnya penelitian ini menegaskan bahwa brussels effect mampu direplika melalui EU AI Act dan membentuk standar AI global yang menunjang posisi Uni Eropa sebagai pemain sentral dalam domain AI.

In response to the rapid development of artificial intelligence (AI) and its increasingly widespread use, the European Union (EU) positions itself at the forefront of establishing AI regulatory standards. By “domesticating” the global trend into a distinctly European product, the EU responds to AI as an emerging technology carrying both novel risks and opportunities. This qualitative research highlights how the EU curates AI governance, as a global trend, to align with regional interests through a human-oriented, risk-based approach. EU policymakers' perceptions of AI threats and risks, interest to preserve democracy, and concern towards freedom to innovate constitute the primary focus of this research. Utilizing the Domestication concept and the causal process tracing method to analyze literature and primary documents, this research examines each process undertaken in producing EU AI Act. The interaction between diverse interests from various actors ultimately produced a prescriptive risk-based approach to classify threat categories and establish protections for fundamental rights. Furthermore, this transformation of the global trend successfully created 'trustworthy AI' as a unique trademark of the EU. Ultimately, this research affirms that the Brussels Effect can be replicated through the EU AI Act, shaping global AI standards that bolster the EU's position as a central player in the AI domain."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Hafsari Setyorini
"Kecerdasan Artifisial atau Artificial Intelligence (AI) merupakan teknologi yang memungkinkan mesin untuk menerima, mengolah, dan membuat keputusan berdasarkan data yang diterima. Kehadiran AI yang semakin menjamur di kehidupan masyarakat membuat pemerintah di berbagai negara berinisiatif untuk mengimplementasikan AI secara publik dengan mengeluarkan strategi AI nasional. Indonesia yang sudah mengeluarkan strategi AI nasional namun belum mengadopsi AI secara menyeluruh memiliki kesempatan untuk belajar dari negara lain agar adopsi AI di Indonesia berlangsung dengan efektif dan efisien.
Penelitian ini berfokus untuk menemukan pelajaran atau hikmah yang dapat digunakan oleh Indonesia dalam mengadopsi AI di ranah publik. Hal ini dicapai dengan meninjau aspek sosioteknis dalam implementasi AI dengan membandingkan kerangka kultur Hofstede, indeks kesiapan AI pemerintah 2022, dan survei menyangkut sikap publik dan perusahaan terhadap AI dari negara-negara pembanding. Aspek strategi juga diteliti dengan melihat strategi AI nasional di negara-negara pembanding dalam kerangka yang sama. Adapun negara-negara yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah Singapura, Malaysia, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Indonesia.
Hal pertama yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi aspek-aspek yang diperlukan untuk memahami strategi AI nasional. Setelah itu, dilakukan literature review dengan metode 3C+2S (compare, contrast, criticize, synthesize, summary) terhadap semua data untuk menentukan apakah kondisi sosial dan teknologi dipertimbangkan dalam strategi AI nasional dan menemukan kesamaan serta perbedaan dari seluruh aspek. Semua jawaban dari penelitian ini kemudian ditarik kesimpulan untuk menemukan poin-poin penting yang perlu diperhatikan dalam implementasi AI di Indonesia.
Hasil dari penelitian adalah kerangka kerja untuk memahami strategi AI nasional yang secara umum terdiri dari kondisi saat ini, strategi yang digunakan, dan komunikasi strategi kepada pihak lain. Dengan meneliti strategi AI nasional di keenam negara menggunakan kerangka kerja yang telah dibuat, ditemukan bahwa aspek sosial masih jarang dipertimbangkan dalam strategi AI nasional dibandingkan dengan aspek teknologi.
Penelitian ini juga menunjukkan walaupun Indonesia memiliki beberapa kemiripan secara budaya dengan negara lain, Indonesia mengalami ketertinggalan jauh dalam kesiapannya untuk mengadopsi AI khususnya dari sektor teknologi. Kesamaan lain terlihat pada bidang yang diprioritaskan dalam strategi dan kesediaan setiap negara untuk membentuk ekosistem yang dapat mendukung perkembangan AI di negaranya masing-masing.
Temuan dari penelitian ini mencakup beberapa poin, yaitu: penyatuan langkah strategis, berfokus untuk menyelesaikan permasalahan mendasar, dan penekanan pada pengembangan manusia.

Artificial Intelligence (AI) is technology that enables machine to accept, process, and make decisions based on data given. As AI becomes ubiquitous in the society, governments in multiple countries plan to implement AI in public sector through National AI Strategy. Indonesia as a country that hasn't fully adopt AI still has the chance to learn from other countries so that AI implementation in Indonesia's public sector could be done in an effective and efficient manner.
This study focuses on finding lesson learned that could be used by Indonesia in adopting AI in public. This study was done through reviewing sociotechnical aspect in AI implementation by comparing Hofstede's cultural framework, Government AI Readiness Index 2022, and surveys related to public and companies' attitude towards AI from compared countries. Strategy aspect is also studied by looking at national AI strategies in compared countries through the same lens. Countries that are involved in this study are Singapore, Malaysia, Japan, South Korea, Australia, and Indonesia.
The first step from this study is to identify aspects needed to understand national AI strategy. Afterwards, literature review with 3C+2S method (compare, contrast, criticize, synthesize, summary) is conducted to all data to determine whether social and technological condition is considered in national AI strategy and found similarities and differences from all aspects. All answers from the study then summarized to identify important points for AI implementation in Indonesia.
The result from this study is a newly created framework to understand national AI strategies that generally consists current condition, strategy used, and strategy communication to other parties. By using the framework to compare national AI strategies in six countries, it is found that social aspect is still rarely considered in national AI strategy comparing to the technology aspect.
This study also shows that despite the similarities in culture between Indonesia and other countries, Indonesia is lagging far behind in its readiness to adopt AI especially technology-wise. Other similarities are seen at national priorities in the strategy and each countries' willingness to build an ecosystem that supports AI development in their respective countries.
Findings from this study covers points as follows: strategic steps unity, focus to solve the root problems, and emphasis on human development.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dafania Valentine
"Perkembangan teknologi telah memberikan kemudahan bagi sejumlah pihak, salah satunya dalam membangun hubungan pelanggan. Hubungan pelanggan dapat dibangun serta dipelihara melalui sistem yang terintegrasi antara CRM dan AI. Keduanya memberikan solusi bagi perusahaan maupun institusi lainnya untuk memperoleh data serta memenuhi kebutuhan pelanggan. Oleh sebab itu, tulisan ini ingin melihat efektivitas penggunaan CRM dan AI dalam mengelola pelanggan yang bertujuan untuk mengetahui kebutuhan maupun perilaku para pelanggannya. CRM yang telah terintegrasi oleh AI, memberikan manfaat yang besar dibandingkan CRM tradisional. Atas manfaat yang diperoleh, CRM yang terintegrasi dengan AI sangat membantu perusahaan dalam efisiensi waktu maupun biaya serta efektivitas dalam pemenuhan kebutuhan pelanggan serta penyelesaian permasalahan yang sedang dihadapi. Dengan demikian, penggunaan CRM dan AI secara bersamaan dinilai lebih efektif dibandingkan dengan CRM tradisional.

Technological developments have made things easier for several parties, one of which is building customer relationships. Customer relationships can be built and maintained through an integrated system between CRM and AI. Both provide solutions for companies and other institutions to obtain data and meet customer needs. Therefore, this paper wants to see the effectiveness of using CRM and AI in managing customers to know the needs and behaviors of customers. CRM that has been integrated with AI provides great benefits compared to traditional CRM. Due to the benefits obtained, CRM integrated with AI helps companies in terms of time and cost efficiency as well as effectiveness in meeting customer needs and resolving the problems they are facing. Thus, using CRM and AI together is considered more effective than traditional CRM."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Septeria Marina Devi Hia
"Penelitian ini menganalisis pertanggungjawaban pidana terkait kesalahan yang dilakukan oleh artificial intelligence (AI) di Indonesia. Perkembangan teknologi AI membawa tantangan baru dalam hukum pidana, terutama karena Indonesia belum memiliki regulasi khusus yang mengatur AI. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaturan hukum yang berlaku saat ini, menelaah konsep pertanggungjawaban yang sesuai, serta mengusulkan model pertanggungjawaban yang adil dan seimbang. Penelitian menggunakan metode yuridis normatif dengan pendekatan analisis dokumen hukum, termasuk bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Data dikumpulkan secara sekunder dan divalidasi melalui wawancara dengan narasumber yang kompeten. Analisis data dilakukan secara kualitatif, dengan penarikan kesimpulan menggunakan logika deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indonesia membutuhkan regulasi khusus yang berfokus pada AI untuk menciptakan ekosistem teknologi yang andal, aman, dan bertanggung jawab. Penelitian ini juga mengusulkan pengakuan AI sebagai subjek hukum yang berdiri sendiri dengan kepribadian hukum elektronik. Status ini memungkinkan AI untuk bertanggung jawab atas tindakan atau keputusan yang dibuatnya, terutama dalam situasi otonom. Selain itu, semua pihak, termasuk pemerintah, pengembang, pengguna, dan masyarakat, memiliki peran dan tanggung jawab yang saling terkait dalam pengembangan dan penggunaan AI. Regulasi masa depan harus dirancang untuk menciptakan keseimbangan antara pengembangan teknologi dan perlindungan hukum.

This study analyzes criminal liability in cases of errors caused by artificial intelligence (AI) in Indonesia. The rapid development of AI technology has introduced new challenges in criminal law, particularly because Indonesia currently lacks specific regulations governing AI. This research aims to explore the existing legal framework, examine relevant liability concepts, and propose a balanced and equitable liability model.The study employs a normative juridical method with a document analysis approach, focusing on primary, secondary, and tertiary legal materials. Data were collected through secondary sources and validated via interviews with competent experts. Data analysis was conducted qualitatively, and conclusions were drawn using deductive reasoning. The findings indicate that Indonesia requires specific regulations addressing AI to establish a reliable, safe, and accountable technological ecosystem. The study also proposes recognizing AI as an independent legal subject with electronic legal personality. This status would enable AI to bear responsibility for its actions or decisions, particularly in autonomous situations. Additionally, all stakeholders, including the government, developers, users, and society, hold interconnected roles and responsibilities in the development and use of AI. Future regulations should be designed to balance technological advancement and legal protection effectively."
Jakarta: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2025
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zanetta Aisha Dharmawan
"Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah memberikan dampak signifikan pada industri desain, salah satunya melalui penggunaan plugin AI di Figma yang meningkatkan efisiensi kerja dan hasil inovatif dalam alur kerja yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik tugas dan teknologi dari teori TTF serta faktor-faktor dalam teori UTAUT terhadap niat pengguna dalam menggunakan plugin AI di Figma. Dengan pendekatan mixed-method, data dikumpulkan melalui wawancara secara daring dengan 12 responden dan menyebarkan kuesioner kepada 466 responden. Melalui analisis kualitatif ditemukan tiga dimensi task characteristic (task variability, task time sensitivity, dan task creativity) serta empat dimensi technology characteristic (perceived intelligence, adaptability, responsiveness, dan perceived novelty). Pengolahan data kuantitatif dilakukan dengan metode Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa task-technology fit, performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan perceived risk memengaruhi niat penggunaan plugin AI di Figma, terkecuali untuk facilitating conditions yang tidak berpengaruh secara signifikan. Pendekatan ini diharapkan memberikan wawasan tentang faktor-faktor yang memengaruhi niat awal pengguna dan menjadi panduan bagi pengembang AI untuk mendorong adopsi teknologi AI dalam desain.

The development of artificial intelligence (AI) technology has had a significant impact on the design industry, particularly through the use of AI plugin in Figma that enhance work efficiency and foster innovative outcomes in complex workflows. This research aims to analyze the influence of task and technology characteristics from the Task-Technology Fit (TTF) theory, as well as factors from the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), on users' intention to use AI plugin in Figma. Using a mixed-method approach, data was collected through online interviews with 12 respondents and a questionnaire distributed to 466 respondents. Qualitative analysis identified three dimensions of task characteristics (task variability, task time sensitivity, and task creativity) and four dimensions of technology characteristics (perceived intelligence, adaptability, responsiveness, and perceived novelty). Quantitative data analysis was conducted using the Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM) method. The results of this study reveal that task-technology fit, performance expectancy, effort expectancy, social influence, and perceived risk influence the intention to use AI plugin in Figma, except for facilitating conditions, which did not have a significant effect. This approach is expected to provide insights into the factors influencing initial user intention and serve as a guide for AI developers to promote the adoption of AI technology in design."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Made Indri Maharani Natiadewi
"Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah memberikan dampak signifikan pada industri desain, salah satunya melalui penggunaan plugin AI di Figma yang meningkatkan efisiensi kerja dan hasil inovatif dalam alur kerja yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik tugas dan teknologi dari teori TTF serta faktor-faktor dalam teori UTAUT terhadap niat pengguna dalam menggunakan plugin AI di Figma. Dengan pendekatan mixed-method, data dikumpulkan melalui wawancara secara daring dengan 12 responden dan menyebarkan kuesioner kepada 466 responden. Melalui analisis kualitatif ditemukan tiga dimensi task characteristic (task variability, task time sensitivity, dan task creativity) serta empat dimensi technology characteristic (perceived intelligence, adaptability, responsiveness, dan perceived novelty). Pengolahan data kuantitatif dilakukan dengan metode Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa task-technology fit, performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan perceived risk memengaruhi niat penggunaan plugin AI di Figma, terkecuali untuk facilitating conditions yang tidak berpengaruh secara signifikan. Pendekatan ini diharapkan memberikan wawasan tentang faktor-faktor yang memengaruhi niat awal pengguna dan menjadi panduan bagi pengembang AI untuk mendorong adopsi teknologi AI dalam desain.

The development of artificial intelligence (AI) technology has had a significant impact on the design industry, particularly through the use of AI plugin in Figma that enhance work efficiency and foster innovative outcomes in complex workflows. This research aims to analyze the influence of task and technology characteristics from the Task-Technology Fit (TTF) theory, as well as factors from the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), on users' intention to use AI plugin in Figma. Using a mixed-method approach, data was collected through online interviews with 12 respondents and a questionnaire distributed to 466 respondents. Qualitative analysis identified three dimensions of task characteristics (task variability, task time sensitivity, and task creativity) and four dimensions of technology characteristics (perceived intelligence, adaptability, responsiveness, and perceived novelty). Quantitative data analysis was conducted using the Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM) method. The results of this study reveal that task-technology fit, performance expectancy, effort expectancy, social influence, and perceived risk influence the intention to use AI plugin in Figma, except for facilitating conditions, which did not have a significant effect. This approach is expected to provide insights into the factors influencing initial user intention and serve as a guide for AI developers to promote the adoption of AI technology in design."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Az Zahra
"Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah memberikan dampak signifikan pada industri desain, salah satunya melalui penggunaan plugin AI di Figma yang meningkatkan efisiensi kerja dan hasil inovatif dalam alur kerja yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik tugas dan teknologi dari teori TTF serta faktor-faktor dalam teori UTAUT terhadap niat pengguna dalam menggunakan plugin AI di Figma. Dengan pendekatan mixed-method, data dikumpulkan melalui wawancara secara daring dengan 12 responden dan menyebarkan kuesioner kepada 466 responden. Melalui analisis kualitatif ditemukan tiga dimensi task characteristic (task variability, task time sensitivity, dan task creativity) serta empat dimensi technology characteristic (perceived intelligence, adaptability, responsiveness, dan perceived novelty). Pengolahan data kuantitatif dilakukan dengan metode Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa task-technology fit, performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan perceived risk memengaruhi niat penggunaan plugin AI di Figma, terkecuali untuk facilitating conditions yang tidak berpengaruh secara signifikan. Pendekatan ini diharapkan memberikan wawasan tentang faktor-faktor yang memengaruhi niat awal pengguna dan menjadi panduan bagi pengembang AI untuk mendorong adopsi teknologi AI dalam desain.

The development of artificial intelligence (AI) technology has had a significant impact on the design industry, particularly through the use of AI plugin in Figma that enhance work efficiency and foster innovative outcomes in complex workflows. This research aims to analyze the influence of task and technology characteristics from the Task-Technology Fit (TTF) theory, as well as factors from the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), on users' intention to use AI plugin in Figma. Using a mixed-method approach, data was collected through online interviews with 12 respondents and a questionnaire distributed to 466 respondents. Qualitative analysis identified three dimensions of task characteristics (task variability, task time sensitivity, and task creativity) and four dimensions of technology characteristics (perceived intelligence, adaptability, responsiveness, and perceived novelty). Quantitative data analysis was conducted using the Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM) method. The results of this study reveal that task-technology fit, performance expectancy, effort expectancy, social influence, and perceived risk influence the intention to use AI plugin in Figma, except for facilitating conditions, which did not have a significant effect. This approach is expected to provide insights into the factors influencing initial user intention and serve as a guide for AI developers to promote the adoption of AI technology in design."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Akhtar, Md Haseen
"This book presents select research writings from researchers and professionals around the globe on the application, potential, and limitations of AI in different domains. The topics covered include AI in product design, AI in architecture design, AI in textile design, AI in interaction design, and AI for society in general. The book also discusses various cross-applications of AI in other industrial sectors like urban planning and design, AI for inclusive future, etc. The book is a valuable reference for designers in multidisciplinary areas. This book is of interest for anyone who is a beginner, researcher, and professional interested in artificial intelligence and allied fields"
Singapore: Springer, 2024
006.3 AKH a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"The 19 revised full papers presented together with 9 short papers were carefully reviewed and selected from 57 submissions. The papers contain research results on theory and applicaiton of all aspects of AI."
Berlin: Springer-Verlag , 2012
e20409387
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
"This book constitutes the proceedings of the 7th Hellenic Conference on Artificial Intelligence, SETN 2012, held in Lamia, Greece, in May 2012. The 47 contributions included in this volume were carefully reviewed and selected from 81 submissions. They deal with emergent topics of artificial intelligence and come from the SETN main conference as well as from the following special sessions on advancing translational biological research through the incorporation of artificial intelligence methodologies, artificial intelligence in bioinformatics, intelligent annotation of digital content, intelligent, affective, and natural interfaces, and unified multimedia knowledge representation and processing."
Berlin: Springer-Verlag, 2012
e20410481
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>