Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 118 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Safyuni Lestari
"Skripsi ini membahas kebutuhan informasi mahasiswa strata satu (s-1) angkatan 2010 dalam mendukung proses belajar pada Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa jenis informasi utama yang dibutuhkan di dalam proses belajar adalah buku teks dan jenis informasi pendukung seperti jurnal ilmiah, kamus dan ensiklopedia. Namun ada beberapa jenis informasi yang kurang diminati oleh mahasiswa di dalam proses belajar, seperti majalah kesehatan dan kedokteran dan informasi kesehatan di dalam koran. Saluran informasi yang digunakan untuk mendukung dalam proses belajar adalah internet (google,yahoo), perpustakaan, dosen dan teman.

This thesis discusses the information needs of undergraduate students (S-1) class of 2010 in support of the learning process at the Faculty of Medicine, University of Tarumanagara. This study is descriptive quantitative research. The results of this research indicates that the main type of information needs in the learning process is a text book and the type of supporting information such as scientific journals, dictionaries and encyclopedias. But there are also several types of information which are less preferred for the students in the learning process, such as health and medicine magazines and health information in the newspaper. Channels of information uses to support the learning process are the internet (google, yahoo), library, teacher and friends."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S1918
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ribka Prima Setyanty
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang persepsi pustakawan mengenai pergeseran peran
pustakawan di abad elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi
pustakawan Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya Jakarta dan
mengetahui apa saja strategi yang dimiliki pustakawan Unika Atma Jaya dalam
menghadapi pergeseran perannya di abad elektronik. Penelitian ini adalah
penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh dengan
cara memeriksa dokumen terkait, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini
juga dikaitkan dengan kompetensi pustakawan abad 21 oleh American Library
Association.

ABSTRACT
This undergraduate thesis discusses the librarian perception about librarian?s
shifting role in electronic era. This research aims to determine perception of
Unika Atma Jaya Jakarta?s librarian about their shifting role and to get overview
about their strategy so they can survive in electronic era. This study was a
qualitative research with case study method. The research data obtained by
examining relevant documents, interviews, and observation. The results of this
study was also associated with the 21th century competencies of librarian by
American Library Association."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42189
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Wiwit Ratnasari
"Di era digital saat ini, informasi disajikan dalam berbagai format dan berbagai media. Perpustakaan sudah seharusnya terus mengembangkan koleksinya agar dapat memenuhi kebutuhan informasi penggunanya. Salah satu upaya yang dilakukan oleh perpustakaan adalah dengan menyediakan electronic resources. Biaya yang cukup besar ketika melanggan electronic resources menjadi perhatian apabila penggunaan tidak optimal. Banyak faktor yang dapat memengaruhi niat pengguna untuk menggunakan kembali layanan yang diberikan perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apa saja alasan yang mendasari pengguna untuk kembali menggunakan layanan perpustakaan e-resources IEEE Xplore di Universitas Indonesia. Mahasiswa dan Dosen Universitas Indonesia yang pernah mengakses IEEE Explore merupakan subjek dalam penelitian ini.
Penelitian ini menggunakan statistik inferensial dan pendekatan yang digunakan adalah metodologi kuantitatif dengan kuesioner yang diukur dengan skala likert sebagai instrumen penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian applied research yang mengambil studi kasus pada IEEE Xplore Digital Library yang dilanggan oleh Universitas Indonesia. Structural Equation Modeling SEM dilakukan untuk menguji hipotesis tentang hubungan antar variabel-variabel yang diamati dan variabel-variabel laten. Pengujian variabel-variabel ini dilakukan untuk memperoleh gambaran komprehensif mengenai keseluruhan model. Sejumlah 115 data responden dianalisa menggunakan prosedur structural equation modeling SEM berbasis varian dan menggunakan perangkat lunak SmartPLS v.3.2.6 . Hasil penelitian menunjukkan perceived usefulness dan satisfaction berpengaruh secara signifikan terhadap continuance intention.

In this digital era, information is presented in various formats and media. Library should continue to develop its collection in order to meet the information needs of its users. One of the efforts undertaken by the library is to provide electronic resources. The considerable cost of subscribing to electronic resources is being concerned if usage is not optimal. Many factors can affect users to reuse the services provided by the library. This study aims to examine what are the reasons underlying the users to re use IEEE Xplore e resources as library services. Students and Lecturers of University of Indonesia who have accessed IEEE Explore are the research subjects.
This study uses inferential statistics and the approach used is quantitative methodology with a questionnaire measured by Likert scale as a research instrument. This research is applied research at IEEE Xplore Digital Library which subscribed by University of Indonesia. Structural Equation Modeling SEM is performed to test the hypothesis about the relationship between the observed variables and the latent variables. Testing of these variables is done to obtain a comprehensive picture of the overall model. A total of 115 respondent data were analyzed using a variance based structural equation modeling SEM procedure and using SmartPLS software v.3.2.6 . The results showed that perceived usefulness and satisfaction had significant effect on continuance intention.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2004
R 027.7 PER
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Surabaya: Perpustakaan Universitas Kristen Petra, 2010
R 027.705982 FOR d (1)
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1980
R 027.7 TOW p
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Muntashir
"The research objective is to know the rank of state universities in Indonesia and its library by using Webometrics Rankings of world universities and web impact factor parameter, then analyze correlation between the rank of state universities in Indonesia and its library rank from both of parameters and also analyze correlation between WRWU rank with WIF rank at the state university libraries in Indonesia. This research using quantitative approach by means of webometrics analysis technical with using WRWU and WIF parameter. Research of the population is all of universities in Indonesia with sample 49 domain sites of university and its library. Data was obtained through search engine on May 19th 2011. The result shows that the highest rank based on WRWU parameter for the state university is The University of Gadjah Mada and for the library is Diponegoro University Library. The highest rank based of WIF parameter is State University of Surabaya while for library is the Bengkulu University. The results of correlation analysis shows that there is strong relation between the rank of State Universities in Indonesia with its library rank based of WRWU parameter, there is very low relation between the rank of state universities in Indonesia with the rank its library based of WIF parameter and also there is significant relationship between the rank of WRWU parameter with WIF parameter of State Universities Libraries in Indonesia."
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2012
020 VIS 14:2 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Febi Sugiarti
"Tesis ini membahas kegiatan sosialisasi dan pertukaran informasi antar perpustakaan perguruan tinggi melalui WhatsApp Group FPPTI DKI Jakarta. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi nilai yang membangun budaya virtual melalui kegiatan sosialisasi dan pertukaran informasi di WhatsApp Group FPPTI DKI Jakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi virtual. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipan terhadap konten WhatsApp Group dan wawancara kepada Pengurus Forum dan admin grup. Analisis data dilakukan terhadap konten WhatsApp Group FPPTI DKI Jakarta bulan Juni 2017-Februari 2019 yang dibatasi pada pengelolaan dan kerja sama perpustakaan. Sosialisasi dilakukan oleh Anggota dalam membagikan informasi atau pengetahuan tacit berdasarkan pengalaman anggota. Sementara itu, pertukaran informasi (exchange) dilakukan pada saat anggota membagikan dokumen manual atau prosedur kepada anggota yang lain melalui WhatsApp Group. Kesimpulan menunjukkan bahwa sosialisasi dan pertukaran informasi melalui WhatsApp Group yang dilakukan oleh anggota FPPTI DKI Jakarta membangun budaya virtual didasari oleh nilai kesopanan, saling percaya, saling menghargai, saling memotivasi, dan rasa kebersamaan. Budaya virtual di WhatsApp Group FPPTI DKI Jakarta juga telah menghilangkan sekat atau batasan ruang dan waktu serta tidak menunjukkan kedudukan anggota sebagai yang lebih tinggi diantara yang lain. Sementara itu, informasi yang dibagikan cenderung bersifat teknis, sehingga berimplikasi belum adanya pengembangan pengetahuan.

This thesis discusses socialization and information exchange between academic library through WhatsApp Group FPPTI DKI Jakarta. The research objective is to identify the values that build virtual culture through socialization and information exchange activities in WhatsApp Group FPPTI DKI Jakarta. The study uses a qualitative approach with virtual ethnographic methods. Data collection is done by participant observation of WhatsApp Group content and interviews with Head of FPPTI DKI Jakarta and group admins. Data analysis was carried out on the contents of WhatsApp Group FPPTI DKI Jakarta in June 2017-February 2019 which was limited to library management and cooperation. Socialization is carried out by members in sharing tacit information or knowledge based on members' experience. Meanwhile, the exchange of information is done when members share manual documents or procedures with other members through WhatsApp Group. The conclusion shows that the information dissemination and exchange through WhatsApp Group conducted by members of FPPTI DKI Jakarta to build a virtual culture based on the value of politeness, mutual trust, mutual respect, motivating each other, and a sense of togetherness. The virtual culture on WhatsApp Group of FPPTI DKI Jakarta has also removed barriers or space and time restrictions and does not indicate the position of members as being higher than others. Meanwhile, the information shared tends to be technical in nature, so it implies that there is no yet knowledge development."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naibaho, Kalarensi
"Sejak tahun 2002, Universitas Indonesia mengembangkan kurikulum untuk mahasiswa baru melalui Program Dasar Pendidikan Tinggi (PDPT). Metode belajar yang digunakan dalam PDPT adalah active learning dengan model Collaborative Learning (CL). Problem Based Learning (PBL) dan Computer Mediated Learning (CML). Metode active learning menuntut kemampuan tertentu khususnya dalam hal mengelola informasi. Perpustakaan dapat membantu mahasiswa dalam mengakses, mengevaluasi dan menggunakan informasi secara efektif dan efisien melalui pendidikan pengguna perpustakaan. Untuk mengetahui layanan seperti apa yang tepat bagi mahasiswa khususnya dalam hal mengelola informasi, perpustakaan perlu mengetahui kebutuhan pengguna perpustakaan. Salah satu cara adalah dengan mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa mencari, mengevaluasi dan menggunakan informasi.
Permasalahan dalam penelitian ini berfokus pada kemampuan mahasiswa Fakultas Psikologi UI 2003 dalam mencari dan menggunakan informasi dalam konteks active learning dan self regulated learning. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa menentukan dan mengidentifikasi informasi; 2) mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa mengakses informasi; 3) mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa mengevaluasi informasi dan sumber-sumbernya; 4) mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa menggunakan informasi; 5) mengetahui bagaimana pemahaman mahasiswa mengenai isu-isu sosial ekonomi informasi; dan 6) mengetahui bagaimana peran pendidikan pemakai yang diberikan perpustakaan bagi mahasiswa.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan disain deskriptif. Definisi information literacy yang digunakan adalah kemampuan mencari, mengevaluasi dan menggunakan informasi. Model operasional penelitian menggunakan Information Literacy Standards .for Higher Education yang dikeluarkan oleh American Library Association (ALA). Informan dalam penelitian ini terdiri dad 13 prang mahasiswa Fakultas Psikologi IIi yang mengikuti PDPT tahun 2003. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, sedangkan analisis dilakukan dengan merujuk pada standar dan pendapat para peneliti di bidang information literacy.Dari analisis terhadap hasil wawancara, disimpulkan bahwa : 1) kemampuan mengidentifikasi informasi masih tergolong novice; 2) kemampuan mengakses informasi digolongkan dalam kelompok intermediate; 3) kemampuan mengevaluasi informasi masih sangat rendah; 4) kemampuan menggunakan informasi cukup baik; 5) pemahaman mengenai legalitas informasi cukup baik; 6) hampir tidak ada manfaat pendidikan pemakai yang diberikan perpustakaan dalam kaitannya dengan information literacy. Sedangkan kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa adalah : mendefinisikan permasalahan untuk mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan, menentukan informasi yang relevan dan merangkum informasi yang diperoleh menjadi suatu ide baru. }Iasi] penelitian menyarankan bahwa perpustakaan perlu dilibatkan dalam pengembangan kurikulum; materi pendidikan pemakai perpustakaan hares dikcuibangkan sesuai dengan komponen-komponen yang ada dalam information literacy; Perpustakaan juga harus menvediakan sarana dan fasilitas yang mendukung peningkatan literacy mahasiswa."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
T39161
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yayan Mardianah
"ABSTRAK
Transfer pengetahuan adalah komunikasi pengetahuan dari sumber sehingga dipelajari dan diterapkan oleh penerima. Transfer pengetahuan tersebut dapat dilakukan melalui percakapan secara tatap muka alami dan interaksi sosial umum. Transfer pengetahuan dapat diterapkan pada berbagai bidang pengajaran, termasuk didalamnya pengajaran literasi informasi berupa orientasi perpustakaan. Literasi informasi merupakan faktor kunci dalam pembelajaran seumur hidup dan langkah pertama dalam mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini membahas transfer pengetahuan pada kegiatan literasi informasi di perpustakaan Universitas Prasetiya Mulya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis transfer pengetahuan dalam Introductory Program di Perpustakaan Universitas Prasetiya Mulya dan menganalisis hambatan-hambatan yang terjadi pada penerapan transfer pengetahuan. Proses transfer pengetahuan dapat tergambar melalui rangkaian kegiatan dalam program tersebut menggunakan model konversi pengetahuan SECI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi partisipan dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya secara umum mahasiswa merasa ldquo;mereka tidak mengetahui bahwa mereka tidak tahu rdquo;, artinya dalam hal memiliki keterampilan literasi informasi sebagai pembelajaran sepanjang hayat, mereka tidak menganggap ketrampilan tersebut penting untuk dimiliki. Hambatan dalam transfer pengetahuan di perpustakaan berkaitan dengan budaya dan struktur organisasi.

ABSTRACT
Knowledge transfer is knowledge communication from source so as to be learned and applied by recipient. Knowledge transfer can be performed through natural face to face conversation and general social interaction. Knowledge transfer can be applied on various teaching fields, including information literacy teaching in the form of library orientation. Information literacy is a key factor in life long learning and the first step in achieving education objectives. This research discusses knowledge transfer in information literacy activity at Universitas Prasetiya Mulya Library. The purpose of this research is to analyze knowledge transfer in Introductory Program at Universitas Prasetiya Mulya Library and obstacles in knowledge transfer implementation. Knowledge transfer process can be depicted through a series of activities in the program using SECI knowledge conversion model. The approach used in this research is qualitative with case study method. Data in this research were collected through participant observation and interview. The result of this research shows that Universitas Prasetiya Mulya students feel ldquo they do not know that they do not know rdquo , meaning that in terms of possessing information literacy skill as life long learning, they do not consider it important to have such skill. Obstacles in knowledge transfer at the library are related to culture and organization structure.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
T49681
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>