Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 118 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rasdanelis
"Bahan ajar merupakan salah satu unsur dalam proses pengajaran, dan untuk mendapatkan itu salah satu tempatnya adalah perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis ketersediaan bahan ajar wajib pada silabus komponen mata kuliah jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk metode pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif.
Hasil penelitian ini memberikan gambaran tentang kondisi ketersediaan koleksi bahan ajar wajib jurusan PAI. Dengan demikian khususnya bagi perpustakaan dan umumnya bagi UIN SUSKA Riau sebagai lembaga induknya agar memberikan perhatian khusus terhadap ketersediaan koleksi bahan ajar wajib untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Learning material is one of several elements that support teaching process, and a library is a place where it found. This research has some purposes in identifying and analyzing the availability of the main learning materials in syllabi of literature of PAI Department, Tarbiyah Faculty, State Islamic University Sultan Syarif Kasim Riau. This research uses quantitative and qualitative approaches for data gathering, and descriptive method for technique analysis.
The result of this research gives description about the availability of the main literatures of PAI Department. Therefore the library especially and UIN SUSKA Riau generally have to give some attentions for the availability of the collection of main literature in improving learning quality."
2009
T26153
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ira Maryati
"Peran perpustakaan akademik dalam layanan pendukung penelitian (Research Support Services) telah menjadi isu global. Namun, peran tersebut belum dilakukan dengan baik oleh perpustakaan akademik di Indonesia; adopsinya masih rendah dibandingkan negara lain. Sistem informasi dapat mengatasi permasalahan tersebut melalui pengembangan model bisnis; menghasilkan perubahan proses bisnis yang diimplementasikan dalam prototipe perpustakaan digital layanan pendukung penelitian. Strategi implementasi yang tepat juga dibutuhkan untuk kesuksesan adopsi perubahan proses bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model bisnis perpustakaan digital layanan pendukung penelitian dan implementasinya berupa sebuah prototipe. Tujuan lainnya adalah mengembangkan strategi implementasi untuk perubahan proses bisnis yang diusulkan.
Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed-methods). Studi kualitatif melalui focus group disscussion (FGD) digunakan dalam membangun model bisnis yang diadopsi dari Business Model Canvas. Pengembangan prototipe menggunakan pendekatan object oriented dengan metode Rapid Application Development. Analisis usability secara kuantitatif dengan kuesioner system usability scale (SUS) digunakan untuk pengujian prototipe. Pengembangan strategi implementasi diperoleh dari wawancara dengan pakar dengan metode grounded theory method (GTM). Analisis data kualitatif menggunakan analisis konten dan analisis tematik.
Penelitian menghasilkan model bisnis dengan sembilan faktor kunci yang unik sesuai karakteristik perpustakaan akademik di Indonesia. Model bisnis tersebut telah dilakukan pemodelan proses bisnisnya menggunakan Unified Modelling Language (UML) dan diimplementasikan dalam prototipe; dimana hal ini belum dilakukan pada penelitian sebelumnya. Strategi implementasi juga telah dirancang untuk kesuksesan adopsi perubahan proses bisnis yang diusulkan. Dibandingkan dengan penelitian terdahulu, pada penelitian ini muncul isu terkait kesadaran staf dan kerjasama antar unit. Hal ini berkaitan dengan karakteristik organisasi nonprofit perpustakaan akademik; dimana pada penelitian sebelumnya strategi dirancang berdasarkan studi kasus organisasi profit. Secara praktikal, hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mengatasi keterbatasan pengembangan teknologi dan meningkatkan adopsi perubahan proses bisnis di perpustakaan akademik menuju layanan pendukung penelitian. Beberapa proses bisnis yang belum diimplementasikan karena berbagai keterbatasan penelitian berpeluang sebagai penelitian lanjutan untuk memperkuat penelitian ini.

The role of academic libraries in Research Support Services has become a global issue. However, this role has not been carried out well by academic libraries in Indonesia; the adoption is low compared to other countries. Information systems can overcome these problems through the development of business models; produce business process changes that are implemented in a prototype digital library of research support services. The appropriate implementation strategy is also needed for the successful adoption of business process reengineering. This study aims to create a digital library business model for research support services and its implementation in the form of a prototype. Another objective is to develop an implementation strategy for the adoption of the proposed business process.
This study uses a mixed method. Qualitative studies through focus group discussions (FGD) are used to build a business model adapted from the Business Model Canvas. The prototype development uses an object-oriented approach with the Rapid Application Development method. Quantitative usability analysis using a system usability scale (SUS) questionnaire was used for prototype testing. The development of the implementation strategy was obtained from interviews with experts using the grounded theory method (GTM). Qualitative data analysis used content analysis and thematic analysis.
The research resulted in a business model with nine unique key factors according to the characteristics of academic libraries in Indonesia. The business model has been modeling its business processes using the Unified Modeling Language (UML) and implemented in a prototype; which has not been done in previous studies. The implementation strategy has also been designed for the successful adoption of the business process reengineering. Compared to previous research, this study raises issues related to staff awareness and collaboration between units. This relates to the characteristics of the non-profit organization of academic libraries; where in the previous study the strategy was designed based on a case study of profit organizations. Practically, the results of this research can be used to overcome the limitations of technology development and increase the adoption of business process reengineering in academic libraries towards research support services. Several business processes that have not been implemented due to various research limitations have the opportunity as further research to strengthen this research.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zacky Irvan
"Berbagai informasi dikemas dalam bentuk-bentuk yang ringkas, mudah diakses serta dapat memuat banyak informasi. Salah satunya adalah CD-ROM yang memiliki yang memiliki kemampuan menyimpan sama banyaknya dengan 1.500 floppy disk. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penggunaan CD-ROM di per_pustakaan perguruan tinggi, terutama kaitannya dengan hak cipta. Data yang digunakan adalah hasil wawancara dengan 7 orang pustakawan dan juga 30 mahasiswa sebagai responden. Beberapa hal yang ditinjau dari penelitian ini adalah bagaimana kebiasaan responden dalam menggunakan informasi dalam CD-ROM dan terutama pengetahuan mereka mengenai hak cipta yang dikenakan pada informasi yang terdapat dalam CD-ROM tersebut. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah pengetahuan pustakawan dan pemakai mengenai hak cipta atas informasi dalam CD-ROM itu masih perlu ditambah dan juga diberikan pengertian yang lebih luas mengenai hak cipta atas informasi lersebut."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S15874
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Junita Sulistyorini
"Sesuai dengan Undang-undang Nomor 22 tahun 1961 mengenai Perguruan Tinggi di Indonesia diinyatakan bahwa perguruan tinggi adalah lembaga ilmiah yang mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di atas perguruan tingkat menengah dan yang memberikan pendidikan dan pengajaran berdasarkan kebudayaan kebangsaan Indonesia dengan cara ilmiah. Berdasarkan Undang-undang tersebut. Departemen Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan kemudian merumuskan doktrin Tridharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari tiga unsur yaitu pendidikan dan pengajaran_ penelitian ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat. Doktrin Tridharma Perguruan Tinggi berarti bahwa Perguruan Tinggi Indonesia mempunyai tiga fungsi. yaitu : (1) fungsi sebagai pusat pendidikan dan pengajaran (2) fungsi sebagai pusat ilmu pengctahuan dan (3) tungsi sosial perguruan iinggi dalaun rangka dedication of life civitas akademika. Ketiga fungsi itu tidak dapat berdiri sendiri. tetapi merupakan satu kesatuan ; dharma yang satu menunjang dharma yang lainnya. Untuk menunjang ketiga dharma perguruan tinggi tersebut maka perpustakaan diadakan di perguruan tinggi. Kebutuhan akan perpustakaan ini juga didukung oleh P.P.R.1. no. 30 tahun 1990 pasal 5 yang menyatakan bahwa setiap perguruan tinggi harus memiliki perpustakaan, pusat komputer, laboratorium/studio, dan unsur penunjang lain yang diperlukan untuk penyelenggaraan pendidikan tinggi. Menurut Atkinson yang dikutip oleh Roesma (1991:2) kualitas pendidikan dan penelitian di lembaga perguruan tinggi tergantung antara lain kepada kemampuan perpustakaannya, karena perpustakaan perguruan tinggi dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan penelilian perguruan tinggi tersebut, dengan cara mengumpulkan, mengolah, menyediakan, menyebarkan dan melestarikan informasi yang dibutuhkan oleh para star pengajar dan mahasiswa dalam kegiatan belajar dan mengajar. Pemakai perpustakaan perguruan tinggi (PT) adalah masyarakat PT yaitu star pengajar. mahasiswa dan anggota sivitas akademika lainnya. Namun dalam prakleknya, mayoritas pemakai perpustakaan PT adalah mahasiswa. Kaitan perpustakaan dengan aktivitas mahasiswa tercermin dalam kegiatan seperti membuat tugas-tugas karya tulis, pekerjaan rumah, menyiapkan bahan-bahan diskusi di kelas dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan penyelesaian tugas setiap mata kuliah yang ditempuh. Kegiatan tersebut dapat berjalan lancar dan mencapai hasil yang baik jika di perpustakaan tidak saja tersedia koleksi yang terpilih, akan tetapi juga berbagai layanan yang memadai. Salah satu layanan yang disediakan oleh perpustakaan adalah layanan rujukan. Layanan ini adalah salah satu layanan yang sangat vital karena mencakup hampir semua layanan dasar kepada pemakai yang mencari informasi di perpustakaan mulai dari memberikan jawaban atas pertanyaan yang mudah, seperti pertanyaan yang berkaitan dengan lokasi koleksi sampai kepada memberikan jawaban atas pertanyaan yang sulit serta bimbingan kepada pemakai yang meminta pemecahan masalah yang berkaitan dengan subjek informasi yang dicarinya. Tujuan layanan rujukan adalah memungkinkan pemakai perpustakaan menemukan informasi dengan cepat dan tepat, memungkinkan pemakai menelusur informasi dengan pilihan yang lebih luas dan mernungkinkan pemakai menggunakan koleksi rujukan dengan lebih tepat guna (Nurhadi, 1980:42). Menurut Batt (Katz & Fraley. 195:50) yang menjadi titik sentral dalam layanan rujukan adalah meja rujukan/inforniasi (reference/information desks). Lewat meja ini, pemakai dapat menemukan informasi yang ingin diketahui, dapat mengetahui layanan yang ditawarkan oleh perpustakaan, siapa yang dapat dihubungi, dan sebagainya. Meja rujukan/informasi merupakan refleksi dari keefektifan sistem perpustakaan karena apa yang terjadi di meja ini mempunyai pengaruh yang amat besar pada persepsi pemakai terhadap kesuksesan program perpustakaan. Di meja rujukan/informasi akan terjadi interaksi antara pemakai dengan pustakawan rujukan. Dalam interaksi ini akan terjadi proses negosiasi dalam bentuk tanya jawab rujukan antara pemakai dan pustakawan rujukan. Interaksi ini dipengaruhi oleh pengetahuan pustukawan rujukan terhadap subyck dan pertanyaan awal dari pemakai dan komunikasi non verbal seperti sikap dan bahasa tubuh dari pustakawan rujukan tersebut. Selain itu. dipengaruhi pula oleh pengetahuan pemakai terhadap subyek atau masalah yang ditanyakan serta bagaimana cara mereka niengemukakan pertanyaan. Pustakawan rujukan memegang peran yang penting dalam memberikan layanan di meja rujukan/informasi. Oleh sebab itu mereka sering dijadikan ukuran keberhasilan perpustakaan dalam melayani pemakainya. Davinson (Lederman. 1981:382) menyatakan bahwa peranan yang dimiliki pustakawan rujukan lebih terasa pada saat sekarang ini di mana iniormasi dan sistem yang dikelolanya sudah sedemikian rumit sehingga meningkatkan tuntutan pemakai untuk mengandalkan diri kepada pustakawan rujukan dalam mencari informasi. Pustakawan rujukan akan berperan sebagai mediator atau penghubung antara pemakai dengan koleksi perpustakaan pada khususnya dan dunia pengetahuan pada umumnya. Oleh sebab itu pustakawan rujukan harus menguasai koleksi yang dimiliki perpustakaan dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan karena kemampuan mereka dalam memanfaatkan koleksi secara efektif akan mempengaruhi kualitas layanan rujukan yang diberikan (Lancaster. 1977:74). Kualitas perpustakaan mempengaruhi kepuasan pemakai. Kepuasan pemakai terhadap layanan rujukan tidak saja tergantung pada keakuratan jawaban yang diberikan oleh pustakawan rujukan saja tetapi tergantung pula pada aspek tingkah laku (behavioral aspect) khususnya yang menyangkut interaksi antara pustakawan rujukan dan pemakai (Jardine. 1905). Menurut Young (Katz & Fraley. 1984:124), dibandingkan ketepatan dalam memberikan informasi maka cara berperilaku dari pustakawan rujukan akan mempengaruhi persepsi pemakai terhadap layanan. Ha1 ini didukung pula oleh Sluss (Katz & Fraley. 1986:85-96) yang menyatakan bahwa faktor tingkah laku akan menimbulkan kepuasan pemakai pada layanan rujukan walaupun jawaban yang diperoleh kurang akurat."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S15450
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Sugianti
"Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana tingkat efektifvitas, efisiensi, kemudahan dipelajari dan digunakan, kemampuan untuk mengingat bagaimana berinteraksi tanpa kesulitan atau kesalahan dari layanan antarmuka portal MM-Digilib telah tercapai di Perpustakaan Magister Manajemen FEUI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif . Untuk mengumpulkan data dalam penelitian kuantitatif ini dilakukan survey. Penelitian survei merupakan suatu penelitian kuantitatif dengan menggunakan pertanyaan terstruktur/sistematis yang sama kepada banyak orang, untuk kemudian seluruh jawaban yang diperoleh peneliti dicatat, diolah, dan dianalisis. Pertanyaan terstruktur/sistematis tersebut dikenal dengan istilah kuisoner. Kuesioner disebarkan pads mahasiswa MM FEUI sebagai subyek penelitian yang telah menggunakan MM_-Digilib sebagai obyek penelitian. Selain untuk mengetahui ketergunaan layanan antarmuka portal MM-Digilib, penelitian ini juga diharapkan dapat memberi ide bagi perpustakaan MM FEUI untuk perbaikan MM-Digilib ke depannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa hampir seluruh pengguna menyukai MM_-Digilib karena fungsi yang dimiliki. Hal ini menunjukkan bahwa tampilan antarmuka portal MM-Digilib masih perlu diperbaiki agar kelak bukan hanya fungsi yang dicari pengguna tetapi juga kehandalan tampilan antarmuka menjembatani pengguna dengan koleksi."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S15344
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eva Hariyani
"Skripsi ini membahas mengenai kemampuan literasi informasi mahasiswa Universitas Gunadarma kampus Depok. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan standar kompetensi literasi informasi di perguruan tinggi yang dibuat oleh ACRL (2000) sebagai alat ukur tingkat kemampuan literasi informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan jumlah sampel sebanyak 97 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi informasi mahasiswa Universitas Gunadarma sudah baik. Namun, dalam hal strategi pencarian informasi masih kurang baik. Penyelenggaraan program literasi informasi dalam hal strategi pencarian informasi, tentunya dibutuhkan oleh mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan literasi informasinya.

This thesis discusses about the information literacy skills of students of University of Gunadarma in Depok campus. This study used Information Literacy Competency Standards for Higher Education by ACRL (2000) as measuring instruments of information literacy skill. This study uses a quantitative approach with survey research method and sample of as many as 97persons.
The result showed that their information literacy skills was good. However, in terms of information search strategy is still not good. Implementation of information literacy programme, in terms of information search strategies is needed by students to improve their information literacy skills.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S47242
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewa Made Yoga
"[Skripsi ini membahas mengenai proses pengadaan jurnal elektronik di perpustakaan Universitas Indonesia dari sudut pandang pustakawan. Pengadaan dalam penelitian ini meliputi kegiatan: analisis kebutuhan informasi pemustaka, seleksi, pemesanan dan kendala yang dihadapi selama proses pengadaan jurnal elektronik. Tujuan penelitian ini membantu pustakawan Universitas Indonesia untuk berefleksi tentang apa yang telah dilakukannya dalam pengadaan jurnal elektronik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini adalah analisis kebutuhan informasi pemustaka tidak dilakukan secara serius, seleksi jurnal elektronik diserahkan kepada vendor dan kendala yang dihadapi adalah jurnal elektronik yang diembargo, sehingga pemustaka kehilangan akses sementara ke jurnal yang terbaru. Penelitian ini menyarankan perpustakaan Universitas Indonesia untuk merumuskan kebijakan pengadaan jurnal elektronik dan melakukan evaluasi dengan pihak fakultas terhadap jurnal elektronik yang sudah dilanggan.
;This thesis discusses about the process of acquisition of e-journals in University of Indonesia library from viewpoint of librarian. Acquisition process in this study include the following activities: information needs analysis, the selection, ordering and obstacles faced during aquisition of e-journals process. The thesis objective is to help the librarian University of Indonesia to reflect on what they had done in aquisition of e-journals. This study used a qualitative study with case study method. The results of this thesis are analyzes user information needs have not done seriously, selection activity of e-journals handed over to the vendor as provider information and the obstacle is embargo e-journals so user lost temporary access to latest e-journals. This thesis suggest formulate e-journals acquisition policies and do evaluation with faculty about e-journals had already subscribed.
;This thesis discusses about the process of acquisition of e-journals in University of Indonesia library from viewpoint of librarian. Acquisition process in this study include the following activities: information needs analysis, the selection, ordering and obstacles faced during aquisition of e-journals process. The thesis objective is to help the librarian University of Indonesia to reflect on what they had done in aquisition of e-journals. This study used a qualitative study with case study method. The results of this thesis are analyzes user information needs have not done seriously, selection activity of e-journals handed over to the vendor as provider information and the obstacle is embargo e-journals so user lost temporary access to latest e-journals. This thesis suggest formulate e-journals acquisition policies and do evaluation with faculty about e-journals had already subscribed.
, This thesis discusses about the process of acquisition of e-journals in University of Indonesia library from viewpoint of librarian. Acquisition process in this study include the following activities: information needs analysis, the selection, ordering and obstacles faced during aquisition of e-journals process. The thesis objective is to help the librarian University of Indonesia to reflect on what they had done in aquisition of e-journals. This study used a qualitative study with case study method. The results of this thesis are analyzes user information needs have not done seriously, selection activity of e-journals handed over to the vendor as provider information and the obstacle is embargo e-journals so user lost temporary access to latest e-journals. This thesis suggest formulate e-journals acquisition policies and do evaluation with faculty about e-journals had already subscribed.
]"
2015
S60855
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faisal Ardiansyah
"Penelitian ini membahas tentang arsitektur informasi situs Perpustakaan Universitas Gunadarma. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap situs perpustakaan Universitas Gunadarma berdasarkan empat prinsip dasar arsitektur informasi untuk situs yaitu, sistem organisasi, sistem pelabelan, sistem navigasi dan system pencarian . Penelitian menggunakan metode kuantitatif eksperimental.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa situs Perpustakaan Universitas Gunadarma sudah menerapkan beberapa komponen dasar arsitektur informasi. Selain itu, situs perpustakaan Universitas Gunadarma belum beradaptasi dengan tampilan mobile. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada pihak perpustakaan Unviersitas Gunadarma untuk meningkatkan dan mengembangkan arsitektur informasi serta beradaptasi dengan fitur mobile.

This resecarh discusses about the information architecture of Gunadarma University library situs. Aim of this research is for evaluate Gunadarma University library situs based on four basic principals of information architecture for a situs. The four prinicipals of information architecture for situs are organization system, labeling system, navigation system, search system. This research uses quantitative experimental method.
The result of this research shows that Gunadarma University library situs has applied some of basic components of information architecture. In addition, Gunadarma University library situs hasn rsquo t adapted with mobile interface. Based on this research, the author suggested to Gunadarma University library to improve and develop information architecture on this situs and adapted mobile feature.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S69963
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haznam Fahriza Widhiansyah
"Skripsi ini membahas mengenai tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan Miriam Budiardjo Resource Center (MBRC) FISIP UI. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FISIP dan FIA UI yang pernah atau sering menggunakan layanan MBRC. Metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penarikan sampel secara purposive dengan kriteria responden yang telah disebutkan. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Pertanyaan pokok dalam kuesioner diadopsi dari metode LibQual+TM yang memiliki 4 dimensi dan 21 indikator kualitas layanan MBRC. Kuesioner menggunakan skala Likert dengan 5 pilihan jawaban. Adapun metode analisis yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif, Importance Perormance Analysis (IPA), dan Indeks Kepuasan Pengguna (IKP). Kegunaan penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam rangka upaya peningkatan kualitas layanan MBRC secara berkala dan selalu berorientasi kepada pengguna. Hasil pembahasan penelitian ini menghasilkan nilai Indeks Kepuasan Pengguna (IKP) sebesar 51,03% yang mengindikasi bahwa responden cukup puas terhadap pelayanan MBRC. Hasil diagram IPA menunjukkan bahwa kebanyakan indikator masuk kedalam kuadran III yang berarti MBRC perlu memperhatikan kembali kualitas layanannya karena yang masuk ke kuadran ini adalah indikator yang memiliki kinerja yang tidak terlalu istimewa dengan tingkat kepuasan yang relatif rendah.

The focus of this study discusses the level of satisfaction from users of the quality of Miriam Budiardjo Resource Center (MBRC) FISIP UI services. The population in this study was FISIP and FIA UI students who had or often used MBRC services. The sampling method used in this study is a purposive sampling method with the criteria of the respondents mentioned. The instrument in this study used a questionnaire. The main questions in the questionnaire were adapted from the LibQual + TM method which has 4 dimensions and 21 MBRC service quality indicators. The questionnaire uses a Likert scale with 5 answer choices. The analytical methods used include descriptive statistical analysis, Importance Performance Analysis (IPA), and User Satisfaction Index (IKP). The usefulness of this research is expected to be a reference in order to improve the quality of MBRC services on a regular basis and always be user-oriented. The results of the discussion of this study resulted in the value of the User Satisfaction Index (IKP) of 51.03% which indicated that respondents were quite satisfied with the service of MBRC. The IPA diagram results show that most indicators fall into quadrant III, which means that MBRC needs to pay attention to the quality of its services because those who enter this quadrant are indicators that have not too special performance with a relatively low level of satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
London: Library Association, 1990
027.7 ACA
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   2 3 4 5 6 7 8 9 10 11   >>