Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 40 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hashemi Yuda Fadillah
"ABSTRAK
Bisnis properti merupakan industri yang sudah mapan. Perkembangan teknologi informasi global jika dibandingkan dengan bisnis properti memiliki jarak yang signifikan sekitar 5 tahun. Walaupun tertinggal dalam hal pengadopsian teknologi, beberapa ahli yakin bahwa inovasi disruptif dapat meranah ke industri ini. Pengembang global mulai mengikuti tren tersebut walaupun tingkat adopsinya masih lambat. Sebagai contoh, terdapat satu ERP yang populer di Indonesia untuk bisnis ini. Beberapa pengembang besar telah menggunakan perangkat lunak tersebut termasuk XYZ Property, tetapi pada saat sistem telah diimplementasikan pada kondisi waktu tertentu mengalami masalah penggunaan sehingga saat ini ditinggalkan penggunanya padahal investasi yang dilakukan cukup besar. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan ERP di XYZ Property. Penelitian ini menggunakan metode AHP untuk melakukan pemeringkatan terhadap faktor-faktor tersebut. Hasil pemilihan mendapatkan total 10 faktor dan 3 alternatif solusi. Data diperoleh berdasarkan kuesioner yang diserahkan ke delapan responden dari XYZ Property. Berdasarkan peringkat dari yang paling berpengaruh, faktor-faktor tersebut ialah: dukungan manajamen atas, pelatihan dan pengayaan, infrastruktur, kultur organisasi, kustomisasi ERP, manajemen perubahan, manajemen proyek, komunikasi, pelibatan pengguna, dan pengetesan perangkat lunak. Selanjutnya, berdasarkan urutan pemeringkatan, opsi alternatif implementasi sistem manajemen pengetahuan, menjadi alternatif yang direkomendasikan sebagai solusi.

ABSTRACT
Property industry is already at its mature stage. With the current global technology advancement, this industry is lagged behind 5 years. While some experts said it behind from every other business, some still believe there will be a disruptive innovation. The global trend for real estate developer is try to catching up, even though the adoption rate is quite slow. For example, there is one ERP system that were popular in Indonesia for this kind of business. Some of the major developer already using this system including XYZ Property, but after the implementation process have been complete in a short time they were facing issue with usability, so currently it has been abandoned by some of it users even though the investment cost is quite high. This research is to discover and analyze some of the factors regarding the usability of ERP system. In order to obtain the priorities of it factors, this research is using AHP as a method. This research can conclude there are 10 factors and 3 alternatives solution based on its selection result. Data were gathered from the questionnaire that were submitted to eight respondents within XYZ Property. With an order from the most influential, here are the list of the factors: top management support, user training, infrastructure, organization culture, ERP customization, change management, project management, communication, user involvement and software testing. As follows, according to the order of the alternative result, the option to implement a Knowledge Management System (KMS) is a recommended solution."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Arief Rahman Ar-Ridho
"Laporan magang ini berisi pembahasan mengenai evaluasi terhadap penerapan manajemen proyek terintegrasi pada proyek implementasi sistem Enterprise Resource Planning di PT HOPE, sebuah perusahaan penyedia jasa keuangan berbasis teknologi digital di Indonesia. Proyek ini melibatkan PT INFO sebagai konsultan teknologi dan pengembang sistem ERP PT HOPE. Tujuan proyek adalah mengintegrasikan sistem informasi akuntansi PT HOPE dengan WISH Holdings Inc. sebagai entitas induk. Evaluasi dilakukan melalui penilaian terhadap kelengkapan komponen dan kesesuaian dengan tujuan setiap proses pada manajemen proyek terintegrasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa manajemen proyek terintegrasi telah diterapkan pada keseluruhan proyek. Namun, terdapat ketidaksesuaian pada proses pemantauan dan penutupan proyek yang berdampak pada kelancaran operasi sistem setelah Go-Live dilakukan, sehingga dirumuskan rekomendasi yang bisa diterapkan pada proyek-proyek lainnya. Bagian akhir laporan magang ini berisi refleksi diri berdasarkan pengalaman yang dijalani selama magang karya akhir serta rencana pengembangan diri usai laporan magang ditulis.

This internship report contains discussion over the evaluation of project integration management practice within the implementation of Enterprise Resource Planning system at PT HOPE, a digital technology-based financial services provider in Indonesia. This project involved PT INFO as the technology consultant and developer of the system for PT HOPE. The objective was to integrate accounting information system between PT HOPE and Wish Holdings Inc. as its holding entity. Evaluation is performed through an assessment over component completeness and conformity with the objective of each project integration management process. The result showed that project integration management had been practiced throughout the whole project. Though a number of discrepancies were identified in the monitoring and closing processes of the project that impacted system operation after Go-Live, thus recommendations were formulated to be applicable in other projects. The last part of the report contains self-reflection based on the experiences gained during the internship accompanied by a self-development plan to be carried out after this report is completed."
2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Harianja, Kristian
"[ABSTRAK
Tesis ini dilakukan dengan tujuan apakah faktor-faktor seperti dukungan manajemen, partisipasi manajemen, komitmen manajemen, manajemen perubahan, dan kepuasan pengguna mempengaruhi keberhasilan sebuah implementasi ERP di PT Rahayu Santosa, sebuah perusahaan karoseri bus di Indonesia. Telaah kepustakaan digunakan sebagai langkah awal untuk dijadikan dasar penelitian. Kemudian dilakukan survei dan wawancara untuk mendapatkan informasi di lapangan sebagai bentuk konfirmasi dari teori yang ditelaah. Responden adalah seluruh pengguna Acumatica ERP di PT Rahayu santosa. Hasil penelitian menghasilkan faktor kepuasan pengguna, manajemen perubahan, dan komitmen manajemen menjadi faktor yang berpengaruh terhadap kesuksesan implementasi ERP di PT Rahayu Santosa.

ABSTARCT
This thesis is aimed to see wheter top management support, top management participation, top management commitment, change management, and user satisfaction influencing success in ERP (Enterprise Resource Planning) implementation in PT Rahayu Santosa, an Indonesian-based carroserrie company. This thesis is started with literature exploration to see what factors that commonly influence a success and also failure in ERP implementation. Then, survey and interview were conducted to confirm explorated literature with field reality. Survey and interview revealed that user satisfaction, change management, and top management commitment are factors which significantly influence success of ERP implementation., This thesis is aimed to see wheter top management support, top management participation, top management commitment, change management, and user satisfaction influencing success in ERP (Enterprise Resource Planning) implementation in PT Rahayu Santosa, an Indonesian-based carroserrie company. This thesis is started with literature exploration to see what factors that commonly influence a success and also failure in ERP implementation. Then, survey and interview were conducted to confirm explorated literature with field reality. Survey and interview revealed that user satisfaction, change management, and top management commitment are factors which significantly influence success of ERP implementation.]
"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arrijal Dzurrahman
"Penelitian ini bertujuan melakukan analisa implementasi ERP dan implikasinya, serta mendalami keberhasilan, hambatan dan juga tantangannya. Penelitian ini dilakukan dengan metode telaah sistematis atau systematic review. Telaah sistematis digunakan untuk melakukan tinjauan terhadap literatur terkait dengan ERP. Metode telaah sistematis ini diawali dengan kegiatan pencarian literatur / jurnal terkait pembahasan implementasi ERP. Pencarian literatur menetapkan periode pencarian mulai dari tahun 1990 hingga 2016 menghasilkan sebanyak 4,519 jurnal, dan terdapat 10 jurnal yang memenuhi kriteria. Informasi juga dikumpulkan melalui in-depth interview dengan pihak yang memiliki keterkaitan. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu tidak semua faktor kritikal dibahas pada penelitian ini dikarenakan penggunaan data sekunder sebagai bahan analisis.

This study aims to analyze the implementation of ERP and its implications, as well as explore the successes, obstacles and challenges. It was conducted using systematic review method. Systematic review is used to perform a review of the literature related to the ERP. Systematic review begins with a literature search journals related to the discussion of ERP implementations. Literature searching period starting from 1990 to 2016, resulted as many as 4.519 journals, and 10 journals that meet the inclusion criteria. Information were also gathered through in depth interviews with related parties. The limitations of the study were not all critical factors discussed because it uses secondary data for analysis."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S67123
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Akha Dewantoro
"Perkembangan industri dunia dengan melibatkan internet sebagai media integrasi seluruh kegiatan pada sebuah industri mendorong Industri Menengah Indonesia untuk bersaing dengan perusahaan besar baik lokal maupun internasional. Industri plastik Indonesia yang mengalami kenaikan permintaan selama sepuluh tahun terakhir menjadi salah satu peluang dalam mengembangkan integrasi dengan menerapkan ERP Open Source untuk mengintegrasikan kegiatan pada industri plastik tersebut. Aspek mobilitas yang diuji telah menunjukkan kemampuan ERP mampu diakses pada lingkup perusahaan rujukan dan dalam waktu stabil. Setiap kegiatan produksi membutuhkan pendukung berupa perawatan mesin produksi yang banyak diteliti untuk mencapai perawatan yang optimal dalam mengurangi kerugian berupa downtime dan penurunan produktivitas.
Pada Industri Menengah, perawatan yang sudah umum dilakukan berupa breakdown, preventif, dan prediktif tidak dilakukan secara sempurna sehingga memberikan biaya cukup tinggi dan downtime lebih lama. Dengan menciptakan sebuah ERP Open Source yang mencakup modul perawatan, pencegahan kerusakan dapat dilakukan dengan mengestimasi MTTF menggunakan Distribusi Weibull terhadap kerusakan yang terjadi pada komponen mesin produksi. Hasil estimasi yang dilakukan oleh ERP telah menunjukkan nilai kesalahan yang sangat kecil kurang lebih 4% dibandingkan dengan perhitungan analitis. Nilai PDF dan Probabilitas kerusakan telah diuji dapat terhitung sempurna. Penggunaan estimasi ini juga memberikan pengurangan downtime maupun biaya bagi industri lebih dari 20%.

Development of world industries involving internet usage for integration media in all industry activities motivate Medium Industries of Indonesia to compete with Big Industry both local and international. Plastic Industries of Indonesia which experienced increasing demand in the last ten years become one of opportunities in developing integration by applying ERP Open Source to integrate activities in those plastic industries. The tested mobility aspect has shown ERP capability can be accessed in referral company scope and in stable time. Every production activity need support in the form of production machine maintenance that has been widely studied to gain optimal treatments in order to reduce loss like downtime and decreasing productivity.
In Medium Industries, common maintenances are breakdown, preventive, and predictive cannot be done perfectly that gives high cost and longer downtime. By creating ERP Open Source that include maintenance module, failure prevention can be done by estimate MTTF using Weibull Distribution on production machine component failures. Estimation result by ERP has shown very small error value approximately 4% rather than analytical calculation. PDF and failure probability value have tested can be calculated perfectly. This estimation also give reduction both downtime and loss cost more than 20% for the referral industry.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Listya Zufri
"ABSTRAK
Proses order management merupakan salah satu proses pada supply chain management yang memiliki peran penting terkait dengan kepuasan pelanggan dan keuntungan yang akan didapatkan perusahaan. Untuk dapat terus bersaing dengan kompetitor dan dapat responsif dalam memenuhi kebutuhan pelanggan diperlukan rekayasa proses bisnis dengan metodologi Business Process Reengineering (BPR) demi meningkatkan efisiensi proses. Metode IDEF0 digunakan untuk memetakan dan menganalisis proses bisnis saat ini. Dari penelitian, yang dilakukan dengan empat skenario, menghasilkan rancangan proses bisnis baru dengan penurunan 22,45 hari.

ABSTRACT
Order management process is one of supply chain management process, which has an important role related to the customer satisfaction and profit of the company. The company should reengineering their business process to compete with other company and responsive to customer needs using Business Process Reengineering (BPR) in order to efficiency improving their business process. IDEF0 method is used tomap, review, and analyze existing business process. In this research, the existing and new business process design is simulated using Igrafx and the result shows reduced process time by 22,45 days.
"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62074
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ignatius Egan Tavalian
"

Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi atas prosedur audit atas pengendalian umum teknologi informasi pada Unit Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT DTN Indonesia, salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Unit PKBL merupakan bentuk tanggung jawab sosial dari PT DTN Indonesia dan unit ini memiliki laporan keuangan terpisah yang perlu diaudit karena dikonsolidasikan dengan laporan keuangan induk. Audit teknologi informasi dilakukan terhadap aplikasi enterprise resource planning SAP dari Unit PKBL PT DTN Indonesia. Terdapat empat prosedur yang akan dievaluasi, yaitu: prosedur pembuatan walkthrough, pengumpulan bukti audit, pengambilan sampel, dan pengujian pengendalian (test of control). Secara umum, proses audit yang dilakukan sudah sesuai dengan teori audit terkait. Namun, masih ada ruang untuk meningkatkan proses audit teknologi informasi KAP IE, misalnya dalam tahap pembuatan dokumentasi walkthrough yang dilakukan lebih awal.


This internship report aims to evaluate IT audit specifically on Information Technology General Controls (ITGC) procedure applied on community development unit of PT DTN Indonesia, one of Indonesia’s state-owned enterprise. Community Development Unit is a corporate social responsibility act by PT DTN Indonesia. This unit has its own separate financial report that needs to be audited because the report will be consolidated with its holding financial report. IT audit is carried on enterprise resource planning software SAP owned by community development unit of PT DTN Indonesia. There are four procedures which will be evaluated, as follow: procedure of making walkthrough documentation, gathering audit evidence, sampling, and test of controls. In general, audit procedures have been carried out appropriately according to relevant audit theories. However, there is still a room for improvement for future IT audit, for example on the making of walkthrough documentation.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Faiz Akmal
"Perum Bulog merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak pada bidang logistik pangan. Perum Bulog memiliki peranan sebagai alat perekonomian negara yang bersifat mandiri untuk memperkuat perekonomian negara dalam mengelola logistik pangan secara nasional dalam bentuk pelayanan masyarakat ataupun yang bersifat komersial. Sesuai dengan salah satu misi Perum Bulog yaitu “melaksanakan praktik manajemen unggul dengan dukungan sumber daya manusia yang profesional, teknologi terdepan, dan sistem yang terintegrasi”, Perum Bulog mengimplementasikan sistem yang terintegrasi yaitu sistem ERP. ERP bertujuan untuk membantu Perum Bulog dalam mengatasi permasalahan Perum Bulog dalam pengelolaan organisasi seperti denda pajak yang tinggi, banyaknya piutang tak tertagih, dan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses pengadaan dan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi manfaat bisnis dari implementasi ERP dan mengidentifikasi risiko tidak tercapainya manfaat bisnis. Benefit dependency network digunakan untuk menganalisis manfaat akibat perubahan proses bisnis. Manfaat yang sudah teridentifikasi kemudian diverifikasi dan diklasifikasi berdasarkan Tabel manfaat generik SI/TI. Manfaat bisnis yang sudah diverifikasi kemudian dianalisis sebab akibat dengan menggunakan systematic diagram sehingga menghasilkan manfaat bisnis utama. Manfaat bisnis utama yang sudah ditemukan kemudian dipetakan dengan menggunakan Metrik TI untuk membantu menghitung manfaat dari investasi ERP. Penelitian ini juga mengidentifikasi risiko untuk menunjang manfaat bisnis. Manfaat bisnis utama yang ditemukan diidentifikasi potensi risikonya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa investasi ERP mampu meningkatkan pendapatan karena meningkatnya kualitas laporan, mengurangi risiko piutang tak tertagih, meningkatkan produktivitas disebabkan restrukturisasi pembagian fungsi kerja, mengurangi biaya distribusi, mengurangi risiko kehilangan penyimpanan, dan meningkatkan pendapatan disebabkan meningkatkan kapasitas bisnis. Berdasarkan hasil dari identifikasi risiko tidak tercapainya manfaat, terdapat enam potensi risiko yang dapat menghambat pencapaian manfaat dari implementasi ERP. Potensi risiko yang telah diketahui dapat menjadi perhatian Perum Bulog agar manfaat investasi ERP dapat tercapai.

Perum Bulog is a State-Owned Enterprise company (BUMN) engaged in food logistics. Perum Bulog has a role as an independent state economic tool to strengthen the country's economy in managing national food logistics in the form of community services or commercial. In accordance with one of Bulog's mission to "implement superior management practices with the support of professional human resources, cutting edge technology, and integrated systems", Perum Bulog implements an integrated system that is the ERP system. ERP aims to assist Bulog in overcoming Perum Bulog problems in organizational management such as high tax fines, the number of uncollectible receivables, and the length of time needed to carry out the procurement and sales process. This study aims to identify the business benefits of ERP implementation and identify the risks of not achieving business benefits. The benefit dependency network is used to analyze the benefits due to changes in business processes. The benefits that have been identified are then verified and classified according to the generic SI / IT benefits table. The business benefits that have been verified are then analyzed cause and effect using systematic diagrams to produce key business benefits. The main business benefits that have been discovered are then mapped using IT Metrics to help calculate the benefits of ERP investment. This research also identifies risks to support business benefits. The main business benefits found were identified as potential risks. The results show that ERP investment can increase revenue due to improved report quality, reduce the risk of uncollectible accounts, increase productivity due to restructuring the division of work functions, reduce distribution costs, reduce the risk of lost storage, and increase revenue due to increasing business capacity. Based on the results of the identification of risks not achieving benefits, there are six potential risks that can hinder the achievement of benefits from ERP implementation. Potential risks that have been identified can be a concern by Perum Bulog so that the benefits of ERP investment can be achieved."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dita Cahyani
"

Industri Plastik Menengah berperan penting dalam rantai pasok bagi sektor strategis lainnya dengan banyaknya permintaan plastik untuk kebutuhan kemasan produk lainnya dan meningkat hingga mencapai 5% dalam lima tahun terakhir. Oleh karena itu, Industri Plastik Menengah berupaya untuk membantu meningkatkan kualitas serta kuantitas produksi dengan menerapkan teknlogi untuk meningkatkan efisiensi kerja dan hasil. Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan sebuah aplikasi sistem integrasi dan pertukaran data yang dapat membantu peningkatan kualitas dan kuantitas proses produksi pada Industri Plastik Menengah. Berdasarkan survey yang telah dilakukan, belum adanya penentuan pembelian bahan baku yang tetap oleh Industri Plastik Menengah. Dampak yang ditimbulkan yaitu ditemukannya losses yang memengaruhi proses produksi akibat keterlambatan bahan baku pada jadwal produksi. Solusi yang dapat diberikan dengan menerapkan modul Material Requirement Planning (MRP) sebagai modul pada ERP yang menyediakan dua teknik yang dapat merencanakan pembelian bahan baku dengan membandingkan biaya pengeluaran perusahaan dari segi biaya persiapan pembelian bahan baku dan biaya penyimpanan produk jadi.

Dalam penelitian ini didapatkan bahwa Teknik Lot-for-Lot dengan sistem pembelian bahan baku sesuai dengan jumlah permintaan produk jadi dapat menghasilkan pengeluaran biaya perusahaan lebih rendah hingga mencapai ¼ biaya perencanaan dengan Teknik Periodic Order Quantity (POQ) dengan sistem pembelian bahan baku berkala sesuai dengan intervalnya.

 


The Medium Plastic Industry plays an important role in the supply chain for other strategic sectors with the large demand for plastic for other product packaging needs and increases to reach 5% in the last five years. Therefore, the Medium Plastic Industry seeks to help improve the quality and quantity of production by applying technology to improve work efficiency and yield. Enterprise Resource Planning (ERP) is an application for system integration and data exchange that can help improve the quality and quantity of production processes in the Medium Plastic Industry. Based on the survey that has been carried out, there is no determination of the fixed purchase of raw materials by the Medium Plastic Industry. The impact that is caused is the discovery of losses that affect the production process due to delays in raw materials on the production schedule. Solutions that can be provided by applying the Material Requirement Planning (MRP) module as a module on ERP that provides two techniques that can plan raw material purchases by comparing the companys expenditure costs in terms of preparation costs for raw material purchases and the cost of storing finished products.

In this research, the Lot-for-Lot technique with a system of purchasing raw materials in accordance with the number of requests for finished products can result in lower corporate expenses up to a quarter of the planning costs with the Periodic Order Quantity (POQ) technique with periodic raw material purchasing systems in accordance with the interval.

 

"
Depok: Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Theodorus Adrian Adiatma
"Penelitian ini bertujuan untuk membantu mengevaluasi dan menyusun siklus pendapatan produk iklan dan Sponsorship pada salah satu perusahaan televisi berbayar di Indonesia, PT. Digital Vision Nusantara (PT. DVN). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik penelitian observasi dan wawancara terbuka. Selain itu penelitian ini membandingkan siklus pendapatan dari teori sistem informasi akuntansi dengan siklus pendapatan yang sudah berjalan dari perusahaan yang sejenis untuk menyusun siklus pendapatan yang sesuai dengan PT. DVN. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perusahaan perlu menerapkan pengendalian terhadap siklus pendapatan, sebagai upaya dalam menjaga kolektabilitas piutang perusahaan.

This research is conducted to help evaluate and design the advertising and sponsorship revenue cycle of one of the paid television companies in Indonesia, PT. Digital Vision Nusantara (PT. DVN). This study uses qualitative methods with observation and open interview research techniques. In addition, this study compares the revenue cycle from the accounting information system theory with the revenue cycle that has been running in the similar company to build a revenue cycle that fits PT. DVN. From this study it can be concluded that the company needs to apply control to the revenue cycle, in an effort to maintain collectability of the companys receivables."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 >>