Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 317 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Syarif Hidayatullah
"Sejarah masuknya Islam di Indonesia, yaitu pada abad ke-VII. Perkembangan agama Islam di Indonesia menimbulkan pengaruh besar bagi negara Indonesia pada saat itu. Masuknya agama Islam di Nusantara dipelopori oleh pedagang-pedagang yang berasal dari Gujarat, India. Proses perkembangan Islam di Indonesia tidak dilakukan dengan kekerasan ataupun kekuatan militer, penyebaran Islam tersebut dilakukan secara damai dan berangsur-angsur melalui beberapa jalur, di antaranya melalui jalur perdagangan, perkawinan, pendirian lembaga pendidikan, dan lain sebagai-nya. Akan tetapi jalur yang paling utama dalam proses Islamisasi di Nusantara ini melalui jalur perdagangan, yang pada akhirnya melalui jalur damai perdagangan inilah Islam kemudian semakin menyebar luas sampai ke wilayah timur Indonesia seperti Maluku dan Papua. Sementara itu pada abad ke- XVII & XVIII, daerah timur Indonesia masih menganut animisme. Islamisasi di wilayah tersebut juga masih sangat terbatas, yaitu hanya disekitar pelabuhan. Para pedagang dan ulama-lah yang menjadi peran penting dalam Islamisasi di wilayah Timur Indonesia.

History of Islam was entered in Indonesia, namely in the VII century. Islam in Indonesia, brings a great influence to the country of Indonesia at that time. Arrival of Islam in the archipelago pioneered by traders from Gujarat, India. The process of the development of Islam in Indonesia was not performed by violence or military force, the spread of Islam carried out peacefully and gradually through multiple ways, including through a trade, marriage, establishment of educational institu-tions, and others as his. However, the most important pathway in the process of Islamization in the archipelago via trade, that the end through peaceful trade is Islam then progressively spread to the eastern parts of Indonesia such as Maluku and Papua. Meanwhile, in the XVII & XVIII century, eastern Indonesia still adhered to animism. Islamization in the region is still very limited, which is just around the harbor. The traders and the clerics who became an important role in the Islamization in Eastern Indonesia.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Hurgronje, Christiaan Snouck, 1857-1936
Jakarta: INIS, 1995
297.9 HUR k
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"Tulisan ini merupakan sebuah iktiar sederhana untuk mengungkap ilmu pengetahuan yang sejati menurut al-Qur'an terutama melalui kata kunci 'ilm. Dalam konteks 'ilm, al-Qur'an menggunakan konsep in untuk merujuk sesuatu yang signifikan dalam al-Qur'an. Doktrin tentang ilmu tampak dalam baik al-Qur'an dan hadis. Istilah 'ilm, al-Qur'an merujuk kepada dua hal yakni wahyu dan tanda-tanda yang ada di alam semesta. 'Ilm merupakan bagian yangg integral dan sentral dalam ISlam, bahkan 'ilm adalah Islam atau agama itu sendiri. Iman-Ilmu-Amal merupakan segitiga yang menjadi konsep kunci bagi revolusi peradaban yang dibawa Muhammad. 'Ilm yang Qur'aini adalah ilmu yang rasional dan fungsional. 'Ilm yang otentik adalah ilmu yang menggabungkan dimensi spiritual-intelektual-moral sekaligus material. Tuhan mengajarkan konsep-konsep kunci dalam al-Qur'an, termasuk 'ilm, menurut penulis untuk mengajarkannya adalah sebagai bentuk kasih sayangnya, karena hanya melalui penghayatan dan pengamalan konsep-konsep itu manusia bisa mengoptimalkan potensi kemanusiaannya dan memaknai hidupnya, mulai dari level pribadi hingga masyarakat yang lebih besar."
KONSTAINT 9:1 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Tulisan ini untuk mengetahui secara tepat kontruksi pemikiran yang dibangun oleh M. Quraish Shihab, khususnya tentang metode interpretasinya, yang diperlukan pelacakan atas biografi, latar sejarah, jejak dan karier intelektualnya. Yang demikian dimaksudkan untuk melihat secara utuh perubahan arah pemikiran dalam fase-fase intelektual sebagai akibat dari persinggungan dengan kehidupan ilmiah dan sosial yang dialami dan dilalui. Dalam mengkaji perjalanan intelektual Quraish Shihab diperlukan sistematika, baik dalam intelektual-akademik maupun itelektual sosial yang dilaluinya. Menuju upaya tersebut, penulis membagi jejak perjalanan intelektualnya ke dalam beberapa tahap atau fase, karena persoalan pembagian fase dan tahap inilah yang selama ini tidak atau kurang mendapat perhatikan dalam banyak tulisan dan artikel lainnya."
KONSTAINT 9:1 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Izzatul Laila
"Rousseau invited researcher about 257 years in the past, to back to the nature. It will purify the image of human beings through spiritual activities. In this case, human beings will feel the attendance of God in the universe and daily life. This view is developed by Qodiriyah Tarekat Followers."
Tulungagung: Lembaga penelitian, pengabdian dan penerbitan ( LP3M) STAIN Tulungagung, 2013
JDP 13 : 2 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Naupal
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2006
P-Pdf
UI - Publikasi  Universitas Indonesia Library
cover
Yon Machmudi
"[ABSTRAK
Pengenalan kembali ormas-ormas Islam ini menjadi penting agar para generasi muda lebih tertarik untuk mengukuhkan kembali peran-peran itu. Mengingat saat ini banyak ormas-ormas Islam yang memiliki nilai historis sangat penting bagi bangsa Indonesia tetapi seiring dengan perkembangan waktu mengalami kemundurun. Peran Ormas Islam sangat penting tidak hanya di awal-awal kemerdekaan tetapi terus berkembang hingga saat ini. Peran yang paling penting adalah keberadaan ormas sebagai soko guru penopang karakter bangsa Indonesia dan sebagai lahan persemaian bibit-bibit kepemimpinan bangsa. Ormas-ormas Islam yang dibahas dalam buku ini adalah ormas-ormas yang memiliki sejarah panjang di Indonesia.;The reintroduction of Islamic organizations is important in order that the younger generation of Indonesian Muslim to be more interested in reaffirming the significant roles of the mass Islamic organizations in Indonesia. Today many Islamic organizations that have historical roles in the past are very important for Indonesians but along with the experience of the decline of their roles today. In fact, Islamic organizations have showed their important role not only in the early days of independence, but they continue to grow until today . Their most important contribution is the existence of organizations as the pillar that support the character of the Indonesian nation and as a breeding ground seeds for the nation?s leadership. Mass organizations whic are discussed in this book are the Islamic organizations that have a long history in Indonesia;The reintroduction of Islamic organizations is important in order that the younger generation of Indonesian Muslim to be more interested in reaffirming the significant roles of the mass Islamic organizations in Indonesia. Today many Islamic organizations that have historical roles in the past are very important for Indonesians but along with the experience of the decline of their roles today. In fact, Islamic organizations have showed their important role not only in the early days of independence, but they continue to grow until today . Their most important contribution is the existence of organizations as the pillar that support the character of the Indonesian nation and as a breeding ground seeds for the nation?s leadership. Mass organizations whic are discussed in this book are the Islamic organizations that have a long history in Indonesia;The reintroduction of Islamic organizations is important in order that the younger generation of Indonesian Muslim to be more interested in reaffirming the significant roles of the mass Islamic organizations in Indonesia. Today many Islamic organizations that have historical roles in the past are very important for Indonesians but along with the experience of the decline of their roles today. In fact, Islamic organizations have showed their important role not only in the early days of independence, but they continue to grow until today . Their most important contribution is the existence of organizations as the pillar that support the character of the Indonesian nation and as a breeding ground seeds for the nation?s leadership. Mass organizations whic are discussed in this book are the Islamic organizations that have a long history in Indonesia, The reintroduction of Islamic organizations is important in order that the younger generation of Indonesian Muslim to be more interested in reaffirming the significant roles of the mass Islamic organizations in Indonesia. Today many Islamic organizations that have historical roles in the past are very important for Indonesians but along with the experience of the decline of their roles today. In fact, Islamic organizations have showed their important role not only in the early days of independence, but they continue to grow until today . Their most important contribution is the existence of organizations as the pillar that support the character of the Indonesian nation and as a breeding ground seeds for the nation’s leadership. Mass organizations whic are discussed in this book are the Islamic organizations that have a long history in Indonesia]"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
MK-Pdf
UI - Publikasi  Universitas Indonesia Library
cover
Setia Puji Larasati
"ABSTRAK
Kedatangan Islam ke berbagai wilayah di Nusantara tidak terjadi secara bersamaan. Islam sampai ke Nusantara berawal dari wilayah pesisir. Penyebaran Islam di wilayah Nusantara berlangsung secara perlahan dan melalui beberapa jalur. Pada artikel ini penulis akan membahas tentang jalur-jalur Islamisasi di Nusantara. Penulisan artikel ini menggunakan metode sejarah dengan cara studi pustaka. Teori yang digunakan dalam penulisan artikel ini merupakan hasil dari cacatan serta pendapat para ahli sejarah yang disertai bukti-bukti yang ada. Berdasarkan hasil bacaan dapat disimpulkan bahwa Islam pertama kali masuk ke Nusantara melalui para pedagang muslim yang singgah di Nusantara. Fase-fase masuknya agama Islam di Indonesia yaitu, para pedagang muslim singgah di pelabuhan Nusantara, adanya komunitas Islam di Indonesia dan berdirinya kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Jalur-jalur Islamisasi yang digunakan para pedagang muslim yaitu, jalur perdagangan, jalur perkawinan, jalur tasawuf, jalur pendidikan, jalur kesenian dan jalur politik.

ABSTRACT
The arrival of Islam to various parts of the Archipelago don rsquo t occur simultaneously. Islam arrive to the archipelago originated from the coast. The spread of Islam in the archipelago is slowly and through several ways. In this article, it will be discussed about the pathways of the islamization in the archipelago. The writing this article using the historical method by way of literature. The theory used in writing this article is the result of remarks and opinions of historians who accompanied the evidence. Based on the results of reading can be concluded that Islam first entered the archipelago through Muslim traders who stop in the archipelago. The phases of the arrival of Islam in Indonesia, that is Muslim traders stopped at the port of the archipelago, emergence the Islamic community in Indonesia, and the establishment of Islamic kingdoms in Indonesia. Pathways used Islamization of Muslim traders namely, trade line, line of marriage, sufism line, education line, line art and politics line."
Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Sulton Fatoni
"Banyak yang gagal paham tentang Islam Nusantara. Ada yang menuduh Islam Nusantara merupakan gerakan anti Arab, aliran baru, sekularisasi, pendistorsian, dan pendangkalan Islam. Ada pula yang menggugatnya sebagai bentuk sinkretis antara Islam dan agama Jawa. Bahkan ada yang lebay menganggap ide Islam Nusantara ditunggangi oleh liberalisme dan kapitalism"
Tangerang, Pondok Cabe: Pustaka IIMaN, 2017
297 MUH b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Mustari
"ABSTRAK
Penulis dalam jurnal ini akan membahas salah satu pengajian bertarekat Amaliyah yang berada di Majelis zikir as-Samawat al-Maliki tepatnya di daerah Kembangan, Jakarta Barat. Pendiri Majelis as-Samawat al-Maliki adalah Syaikh KH. Sa rsquo;adih al-Batawy. Pada saat pendirian majelis zikir as-Samawat al-Maliki ini dianggap berbeda pada tarekat pada umumnya, tarekat Amaliyah tidak memiliki silsilah langsung yang terhubung ke Rasulullah. Hal-hal yang penulis ingin bahas dalam jurnal ini yaitu sejarah munculnya tarekat Amaliyah di majelis zikir as-Samawat, silsilah guru tarekat Amaliyah, cara persebaran tarekat Amaliyah, pendiri tarekat Amaliyah yang berada di majelis zikir as-Samawat al-Maliki di Kembangan, Jakarta Barat. Tujuan dari penulisan jurnal ini adalah untuk mendeskripsikan tarekat Amaliyah beserta amalan-amalannya yang berada di majelis zikir As-Samawat Kembangan Jakarta Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah metode penulisan kualitatif melalui wawancara dan studi kepustakaan. Kesimpulan dari penelitian dalam jurnal ini adalah Amaliyah merupakan tarekat baru, walaupun tarekat Amaliyah bersifat baru namun sudah banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal itu dikarnakan metode zikir dan program pengobatannya yang digunakan tarekat Amaliyah ini tidak terlalu ekstrim dan sangat membantu bagi masyarakat Indonesia.

ABSTRACT
The author in this journal will discuss one of the Amaliyah inspired studies that are in the Assembly of dhikr as Samawat al Maliki precisely in Kembangan, West Jakarta. The founder of the Assembly as Samawat al Maliki is Shaykh KH. Sa 39 adih al Batawy. At the time of the establishment of the As Samawat al Maliki Assembly is considered different in the tariqa in general, the Amaliyah tariqa has no direct pedigree connected to the Messenger of Allah. Things that the author wants to discuss in this journal is the history of the emergence of the Amaliyah tarekat in the assembly of dhikr as Samawat, the lineage of the Amaliyah tariqa teacher, the way of the distribution of the Amaliyah congregation, the founder of the Amaliyah tariqa located in the assembly of dhikr as Samawat al Maliki in Kembangan, Jakarta West. The purpose of this journal is to describe the Amaliyah tarekat and its deeds in the assembly of dhikr As Samawat Kembangan West Jakarta. The method used by the authors in this study is the method of qualitative writing through interviews and literature study. The conclusion of the research in this journal is that Amaliyah is a new tarekat, although the Amaliyah tariqa is new but has been in great demand by the people of Indonesia. It was dikarnakan method of remembrance and treatment program used by Amaliyah tariqa is not too extreme and very helpful for the people of Indonesia."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   2 3 4 5 6 7 8 9 10 11   >>