Ditemukan 151 dokumen yang sesuai dengan query
M. Soenardi Djiwandono
Bandung: ITB Press, 1996
407 SOE t
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Cambridge, UK: Cambridge University Press, 2004
407.4 EUR
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Beatty, Ken
London : Pearson Education, 2003
418.007 BEA t
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Abstrak :
"This book provides educators with valuable insight into methods and opportunities for using technology to teach students learning a foreign language, offering theoretical and pragmatic cases-illustrate teaching strategies and methodologies, hardware and software development, administrative concerns, and cross-cultural considerations with respect to effective educational technologies"--
Hershey, PA: Information Science Reference, 2014
418.007 CAS (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Triana Mutia Riny
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis ini bertujuan untuk menyusun rubrik kelas Berbicara BIPA 1. Tesis ini membahas langkah-langkah penyusunan rubrik analitik untuk tes pencapaian (achievement test) kemahiran berbicara hingga dihasilkannya sebuah rubrik yang tepat untuk menilai Ujian Berbicara BIPA 1. Penelitian ini merupakan gabungan penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa rubrik yang memiliki enam objek performa dengan empat tingkatan kemampuan yang andal dan praktis.
ABSTRACT
The aim of this research is to design analytic rubrics in assessing the performance of the students in basic speaking class in BIPA. The research explains the stages of the process of designing analytic rubrics for achievement test in basic speaking class. This is a qualitative and quantitative research. This research result is analytic rubrics which includes performances of 6 objects and 4 levels. The rubrics is reliable and practically used.
2013
T32926
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Fashila Desfianti
Abstrak :
Tesis ini membahas pengaruh penerapan membaca kritis dalam proses pembelajaran kemahiran membaca bahasa Jepang pada tingkat universitas. Penelitian ini merupakan penelitian praeksperimental yang melibatkan dua kelompok pemelajar yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan eksplanasi tentang penerapan kegiatan membaca kritis dan pengaruhnya terhadap kemampuan pemelajar dalam proses pembelajaran kemahiran membaca TBJ. Populasi penelitian ini adalah pemelajar Indonesia jurusan bahasa Jepang sebagai bahasa asing (JFL) yang telah menerima pemelajaran bahasa Jepang selama dua tahun di universitas. Pemelajar di kelas eksperimen menerima pembelajaran kemahiran membaca dengan kegiatan membaca kritis, sedangkan pemelajar di kelas kontrol menerima pembelajaran kemahiran membaca dengan strategi membaca cepat dan latihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan membaca kritis tidak dapat meningkatkan kemampuan pemelajar secara signifikan. Namun, hasil kuesioner dan wawancara menunjukkan bahwa respon pemelajar terhadap penerapan kegiatan membaca kritis cukup positif. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa penggunaan tes terbuka lebih tepat diberikan kepada kelompok pemelajar yang mendapatkan kegiatan membaca kritis dibandingkan dengan tes pilihan ganda. Kendala yang dialami oleh pemelajar ketika mengikuti pembelajaran kemahiran membaca dengan kegiatan membaca kritis yaitu kesulitan dalam pemahaman kosakata dan struktur kalimat yang digunakan dalam teks berbahasa Jepang.
This thesis discusses the implementation of critical reading in the learning process of Japanese language reading skills on undergraduate level. This study is a pre-experimental study involving two groups of learners, which are divided into control and experimental classes. It aims to explain the effect of critical reading implementation on learners ability to comprehend Japanese texts in Japanese reading class. The study population was Indonesian learners majoring in Japanese as a foreign language (JFL) who have been studying Japanese for two years in university. In the experimental class, students received reading skills learning with critical reading activities, while students in the control class received reading skills learning with speed reading strategies and exercises. The result showed that the implementation of critical reading could not significantly improve learners reading abilities. However, the result of the questionnaire and interviews indicate that the students response to the implementation of critical reading activities was quite positive. In addition, the result showed that the use of open-ended questions is more appropriate to assess critical reading rather than multiple choice test. The constraints which were experienced by students when they took part in this course is understanding vocabulary and sentence structures which are used in Japanese texts.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
T54465
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Littlewood, William T.
New York: Cambridge University Press, 1994
418.007 LIT f (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
New York: Cambridge University Press , 1990
418.007 DEV
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Dubin, Fraida
Cambridge, UK: Cambridge University Press, 1986
428.007 1 DUB c
Buku Teks Universitas Indonesia Library
New York: Psychology Press, 2009
401.9 CRO
Buku Teks Universitas Indonesia Library