Ditemukan 49 dokumen yang sesuai dengan query
Oxford: Butterworth-Heinemann, 2018
R 621.317 POW
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Mohan, Ned
"This text describes a variety of practical and emerging power electronic converters made feasible by the new generation of power semiconductor devices. Topics include an expanded discussion of diode rectifiers and thyristor converters as well as chapterson heat sinks and magnetic components."
Hoboken, NJ: John Wiley & Sons, 2003
621MOHP001
Multimedia Universitas Indonesia Library
Aji Nur Widyanto
"UPS seringkali digunakan dalam suatu instalasi listrik suatu bangunan dengan maksud untuk meningkatkan keandalan sistem tenaga listrik di tempat tersebut dalam penulisan ini dilakukan studi kasus di Rumah Sakit Jakarta. Untuk mencapai keandalan yang diinginkan, fungsi UPS erat kaitannya dengan manajemen beban. Pengaturan pelayanan beban yang akan dilayani UPS harus ditinjau dari beberapa segi agar mendapat hasil yang optimal dalam penulisan inl hal pertama kali yang dilakukan adalah menelaah pemakaian energi listrik untuk mengetahui beban apa saja yang terpasang, sehingga dapat diambil beberapa pertimbangan untuk menentukan pengaturan beban yang dapat dilayani oleh UPS serta melakukan analisa kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi dari kombinasi beban yang digunakan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S40110
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Smolenski, Robert
"Conducted electromagnetic interference (EMI) in Smart Grids presents specific EMI conducted phenomena as well as effective methods to filter and handle them once identified. After introduction to Smart Grids, the following sections cover dedicated methods for EMI reduction and potential avenues for future development including chapters dedicated to potential system services, descriptions of the EMI spectra shaping methods, methods of interference voltage compensation, and theoretical analysis of experimental results."
London: [, Springer-Verlag], 2012
e20418657
eBooks Universitas Indonesia Library
Naufal Auliya
"Peralatan-peralatan elektronik dan eletkronika daya yang mayoritas merupakan beban non-linear dan berbasis sistem pensaklaran pada sebuah sistem data center menyebabkan permasalahan kualitas daya lisrik yaitu berupa distorsi harmonisa. Maka dari itu dilakukan penilitan ini yang bertujuan untuk mengidentifikasi fenomena harmonisa pada sistem data center yang terdapat Uninterruptible Power Supply (UPS) sebagai sumber dari harmonisa. Untuk melihat fenomena harmonisa yang terjadi dilakukan dengan simulasi perangkat lunak ETAP 12.6.0. Selanjutnya akan dilihat bagaimana besar dari %THD dan %IHD melalui grafik hasil analisa harmonisa load flow yang nantinya akan dibandingkan dengan standar besar harmonisa IEEE 519-1992. Lalu akan dirancangan sebuah single-tuned passive filter dalam rangka untuk mereduksi distorsi harmonisa dengan memvariasikan nilai dari quality factor sehingga didapatkan filter yang paling optimal dengan tingkat %THD-v berada dibawah 5%.
Electronic and power electronic equipments that most of them are non-linear loads and switching-based equipments on a system of data center electricity causing power quality problems in the form of harmonic distortion. Therefore by doing this research which aims to identify harmonic's phenomenon on data center which has Uninterruptible Power Supply (UPS) as the source of harmonics. To see harmonic phenomenon that occurs is investigated by doing simulation in ETAP 12.6.0. Furthermore, we will see the characteristic of %THD and %IHD through the results of harmonic load flow analysis that will be compared with harmonic standard of IEEE 519-1992. Then will be designed a single-tuned passive filter in order to reduce harmonic distortion by varying the value of the quality factor to obtain the most optimal filter with the value of %THD-v in all buses below 5%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62928
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Ahlanur Ramadhan
"Algoritma Maximum Power Point Tracker MPPT membuat Sel Surya bekerja pada kondisi optimalnya dengan mencari daya maksimum dari Sel Surya. Algoritma MPPT yang digunakan pada penelitian ini adalah algoritma MPPT pengendali Proportional-Integrator PI , algoritma ini mencari kondisi optimal Sel Surya dengan menggunakan pengendali PI.
Hasil simulasi menunjukkan algoritma PI MPPT sudah dapat mengendalikan Sel Surya untuk bekerja pada kondisi optimalnya dengan rangkaian Boost Converter. Hasil pengujian algoritma PI MPPT juga sudah dapat mengendalikan Sel Surya untuk bekerja pada kondisi optimalnya dengan rentang waktu sampling PI MPPT 0.00005 sampai 0.0001 detik dan rentang beban yang digunakan adalah dua sampai empat lampu.
Maximum Power Point Tracker MPPT algorithm make the Solar Cell worked at optimal condition by tracking the maximum power of Solar Cell. MPPT algorithm that used in this research is MPPT algorithm with Proportional Integrator PI controller, this algorithm tracking the maximum power of Solar Cell by using PI controller. Result of the simulation shows that PI MPPT algorithm can controlled the Solar Cell to work at optimal condition with Boost Converter circuit. Result of experiment shows that PI MPPT algorithm can controlled too the Solar Cell to work at optimal condition with range time sampling of PI MPPT from 0.00005 until 0.0001 seconds and load range that is used are two until four lamps."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67841
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Leonardus Christanto Prasetyo
"Dengan semakin berkembangnya kendaraan listrik maka pengembangan pada teknologi penghematan energi pun mengalami kemajuan. Pada proses pengereman motor biasanya akan menimbulkan energi kinetik yang berlebihan, kelebihan energi kinetik ini biasanya akan diubah menjadi energi listrik yaitu berupa arus balik. Pada monorail ataupun kereta rel listrik arus balik ini akan masuk ke dalan jaringan DC link, namun apabila arus balik ini terlalu besar dapat menimbulkan over voltage yang dapat merusak komponen-komponen pada inverter.
Metode pengereman regeneratif dikembangkan untuk mengatasi permasalahan yang ditimbulkan karena arus balik ini, untuk mencegah timbulnya over voltage maka tegangan pada DC link dibatasi sehingga arus balik yang terjadi tidak begitu besar dan tegangan pada DC link dapat dijaga agar sesuai dengan acuannya. Dengan menggunakan metode ini arus dapat dibatasi namun sebagai kompensasinya diperlukan bantuan torsi mekanik agar pengereman dapat sesuai yang diinginkan.
Penggunaan bidirectional converter sudah banyak dikembangkan agar dapat menurunkan tegangan pada DC Link tanpa memerlukan bantuan torsi mekanik dari luar. Dengan menggunakan voltage control rangkaian ini dapat dikendalikan untuk dapat menyimpan energi berlebihan yang timbul pada proses pengereman kemudian dapat memberikan daya pada saat proses motoring.
With the recent revival of the electrical vehichle much advancement in power management has been made. Braking process cause surplus of kinetic energy in motor. These kinetic energy are converted to electrical energy in form of opposite current In electric vehicle such as monorail and electrical train this opposite current will be enter the DC link circuit, if the current is too large it can cause overvoltage that can damage components in inverter. Regenerative braking method is developed in order to solve this problem, to prevent the over voltage the DC link voltage must be limit so the opposite current is not to high. With this method the current will be limit but as the compensation the braking systems need mechanical torque. This bidirectional converter has been develop in order to reduce DC link voltage without need mechanical torque. These circuit can be controlled to save the kinetic energy that comes from the braking process and these energy can be used later for motoring condition."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S46777
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sembiring, Reynhard Josian
"Sejalan dengan semakin meningkatnya perkembangan penelitian dan pengembangan di bidang kendaraan listrik, maka dibutuhkan suatu sistem inverter tiga fasa yang memiliki efisiensi tinggi serta memiliki kecepatan switching yang cukup tinggi dan impedansi masukan yang tinggi sehingga tidak membebani rangkaian pengendali. Solusi untuk permasalahan itu adalah pemakaian IGBT dikarenakan IGBT cocok digunakan pada arus yang besar hingga ratusan ampere sehingga dapat diaplikasikan pada motor berdaya besar. Pada Skripsi ini akan dilakukan implementasi pengendalian inverter tiga fasa menggunakan teknik Space Vector Pulse Width Modulation(SVPWM) menggunakan NI COmpactRIO. Hasil yang didapatkan pada skripsi ini adalah tegangan dan arus keluaran dari inverter berbentuk sinusoidal dan memiliki beda fasa 1200.
Along with increased interest of the research and development in the field of electric car, then it is needed a three phase inverter system which has high efficiency and have high speed switching and also small input impedance so it will not loaded the control circuit. The solution is using IGBT as the power switching device in inverter because it has high efficiency and have high current capability so it is usied for high power motor. In this thesis the implementation of three phase inverter control using SVPWM and NI CompactRIO is been done. The results are the voltage and currents which has sinusoidal and three phase sinusoidal waveform."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S56348
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nainggolan, Agnes Grace Sella
"Pada skripsi ini akan dibahas mengenai perancangan desain Switched Reluctance Motor 3 fasa dengan kapasitas minimal 25 kW. Jumlah pole stator dan rotor yang digunakan adalah 12 pole stator dan 8 pole rotor. Penelitian berfungsi untuk melihat pengaruh perubahan parameter diameter stator dan rotor, parameter pole stator dan rotor, parameter dimensi slot, parameter air gap, parameter panjang stack, nilai AWG dan number of turn kawat. Dari hasil penelitian akan didapatkan nilai dari daya keluaran, torsi dan efisiensi. Dan dengan penelitian skripsi diharapkankan didapatkan efisiensi motor sebesar lebih dari 90%. Simulasi menggunakan Finite Element Method (FEM).
This thesis discuss about the design of 3 phase switched reluctance motor with minimum capacity 25 kW. The number of stator and rotor pole used in this thesis is 12 pole stator and rotor pole 8. The research is to see the effect of the changing parameters such as diameter of stator and rotor, dimension of stator and rotor pole, dimension of slot, air gap, stack length, value and number of turn AWG wire. The aims is to obtain the value of output power, torque and efficiency. With the efficiency is more than 90%. Simulation using Finite Element Method (FEM)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64927
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
"This book discusses topics related to power electronics, especially electromagnetic transient analysis and control of high-power electronics conversion. It focuses on the re-evaluation of power electronics, transient analysis and modeling, device-based system-safe operating area, and energy balance-based control methods, and presenting, for the first time, numerous experimental results for the transient process of various real-world converters."
Singapore: Springer Nature, 2019
e20508052
eBooks Universitas Indonesia Library